Animasi 3D Aplikasi sederhana Rigging Free Powerpoint Templates Adam ab-2012 Free Powerpoint Templates
Rigging? Masih ingat?
Buka Blender dan hapus default cube > Ubah tampilan menjadi Front Ortho [Numpad 1 (tampak depan)> Numpad 5(orthographic / perspektif] > Add [Shift A] > Mesh > UV Sphere > Setting Segment: 16 dan Rings: 8 Atau bebas settingannya
Masuk Edit Mode [TAB] > Seleksi Vertex paling bawah > Snap [Shift S] > Cursor to Selected
Kembali ke Object Mode [TAB] > Wireframe View [Z] >Add [Shift A] > Armature > Single Bone Kembali ke Solid View [Z] > Object Data > Display: Aktifkan B-Bone dan X-Ray.
Pastikan Armature berada tepat di tengah-tengah dari UV Sphere Pastikan Armature berada tepat di tengah-tengah dari UV Sphere. Untuk memastikannya, kita dapat melihat menggunakan Quad View [Ctrl Alt Q]. Setelah pas berada di tengah, untuk kembali ke tampilan sebelumnya dengan menekan tombol yang sama [Ctrl Alt Q].
Dengan Armature terseleksi masuk edit mode [TAB] > seleksi bagian atas Bone dan tarik searah sumbu Z [G > Z] (Jangan Rotate [R] maupun Scale [S] Bone )> Posisikan Bone di bawah UV Sphere. Untuk memastikan ujung bone atas berada di vertex paling bawah gunakan snap [Shift S] > Selection to Cursor
Masih pada Edit Mode, Add [Shift A] > muncul sebuah bone baru > pindah ke Object Mode [TAB] > Seleksi UV Sphere > Masuk Edit Mode [TAB] > Seleksi vertex paling atas > Snap [Shift S] > Cursor to Selected > Masuk Object Mode [TAB] > Seleksi ujung bone atas > Snap [Shift S] > Selected to Cursor > Add [Shift A]. Total bone ada 3.
Pada edit Mode, Beri nama pada masing-maing bone dengan cara klik menu Bone. Bone paling bawah: ground, bone tengah: body, dan bone paling atas: control.
Masih pada Edit Mode, seleksi bone body Masih pada Edit Mode, seleksi bone body. Parent dengan ground dan aktifkan Connected. Aktifkan Deform > Segment 12.
Masuk Pose Mode [Ctrl TAB] > Bone Constraint > Add Constraint > Stretch To > Target: Armature, Bone: control Masuk ke Edit Mode > Pilih bone control > Parent ke ground.
Kembali ke Object Mode > Seleksi UV Sphere > Masuk Edit Mode > Select All [A] > Object Data > Vertex Group > Add > Beri nama badan (nama vertex group sama dengan nama bone, termasuk besar kecil hurufnya) > Assign
Kembali ke object mode dan tambahkan Modifiers > Add Modifier > Armature > Object: Armature dan Vertex Group: badan.
Sekarang untuk menggerakkan UV Sphere tersebut tinggal menggerakkan bone control pada pose mode. Sedangkan untuk maju atau mundur kita tinggal gerakkan bone ground.