By ; Siti lailatul Fuadiyah Zulia Khoirun Nisa’ KHITTHOH NAHDLIYAH By ; Siti lailatul Fuadiyah Zulia Khoirun Nisa’
DEFINISI KHITTHOH NAHDLIYAH PROSES PERUMUSAN KHITTHOH NAHDLIYAH ISI DAN BUTIR KHITTHOH NAHDLIYAH
Definisi Khitthoh Nahdliyah Kata khitthoh berasal dari Bahasa Arab yang berarti Garis.Jadi Khittoh Nahdlotul Ulama berarti garisnya Nahdlotul Ulama .Maksudnya Garis yang di ikuti oleh Nahdlotul Ulama. Garis perjuangan Nahdlotul Ulama. atau garis kepribadian Nahdlotul Ulama. bahkan dapat juga diartikan jati diri Nahdlotul Ulama seutuhnya. MENU
Poses Perumusan Khitthoh Nahdliyah Sebab utama timbulnya kesulitan perumusan khitthoh tersebut adalah : Khitthoh NU itu lebih mudah dihayati oleh oleh warga NU melalui keteladanan . pengamalan ,nasihat atau petunjuk berangsur angsur yang dibewujud tulisan ,pada kaum Nahdiyah ,termasuk para tokohnya ,belumlah membudaya . Warga NU pada umumnya belumterbiasa menerima pesan rikan oleh ulama ,dibanding diberikan secara terulis tertulis sekalikus lengkap berbentuk risalah . Tradisi tulis menulis (literate culture } dalam bentuk mengarang dan merumuskan pikiran pikiran dalam–pesan atau pikiran pikiran secara tertulis .yang demikian itu karena budaya membaca dikalangan mereka masih belum tinggi . MENU NEXT
Ada dua keputusan yang sangat penting pada saat munas ulama’ NU 1983 yaitu : Pertama : Penjernihan kembali pandangan dan sikap NU terdadap pancasila yang di tuangkan dalam Deklarasi tentang Hubungan Pancasiala dan islam , dan Rangcangan Mukhodimah Anggaran Dasar NU . Kedua : Pemantapan tekat kembali ke Khithoh NU, yang dituangkan dalam Pokok-pokok pikiran tentang pemulihan khithoh NU 1926 MENU
Isi Dan Butir Khitthoh Nahdliyah Mukaddimah NU didirikan atas dasar kesadaran dan keinsyafan bahwa setiap manusia hanya bisa memenuhi kebutuhannya bila bersedia hidup bermasyarakat. MENU NEXT
Pengertian MENU NEXT Khitthoh N U adalah landasan berfikir ,bersikap dan bertidak ’ Landasan tersebut adalah Faham islam ahlussunah waljamaah diterapak sesuai dgn kondisi Khithoh NU juga di gali dari intisari perjalanan sejarah khitmatnya dari masa kemasa . Numendasarkan faham keagamaan kepada sumber ajararan agama islam Al-Qur’an ,As Sunah ,Al-Ijma’dan Al Qiyas. Dalam memahami ,menafsirkan Islam dari sumber diatas NU mengikuti faham Aswaja dengan jalan pendekatan Al Madhab. Bidang Aqidah : aswaja yang di pelopori oleh Imam Abul Hasan Al-Asy’ary dan imam abu mansur Al Maturidy. Bidang Fiqih : jalan pendekatan AL Madzhab .salah satu abu Hanifah AnNukman ,Imam Malik bin Anas,imam Muhamad bin Idris Asy syafi’ Dan imam Ahmad bin Hambal. Bidang Tasafuf : mengikuti Imam Al-Junaidi Al Baghdady dan Imam Al-Ghozaly dan Imam yang lain . NU mengikuti pendirian ,bahwa islam adalah agama yan fitri yang bersifat menyempurnakan segala kebaikan yang sudah dimikiki manusia
Sikap Kemasyarakatan NU NEXT MENU Sikap Kemasyarakatan NU Dasar pendirian keagamaan NU menumbuhkan sikap kemasyarakatanYang bercirikan : Sikap Tawashuth dan I’tidal = tengah-tengah /tidak ektrim Sikap Tasamuh = Toleran terhadap perbedaan Sikat Tawazun= seimbang dalam kehidupan Amar Ma,ruf Nahi Mungkar. = memiliki kepekaan utuk mendorong perbuatan baik dan menolak yang dapat menjerumuskan .
Prilaku Yang Di Bentuk Oleh Dasar Keagamaan Dan Kemasyaarakatan NU Menjujung tinggi nilai nilai maupun Norma agama islam Mendsahulukan kepentingan bersama dari pada pribadi . Menjujung tinggi sifat ke ikhlasan dalam berkhidmad dan berjuang Menjujung tinggi persaudasaan ,persatuan ,dan mengasihi . Meluhurkan kemulyaan Norma ,menjujung tinggi kejujuran , Menjunjung tinggi kesetiaan (loyalitas) Menjujung tiunggi nilai amal ,kerja dan pritasi sebagai amal ibadah . Menjujung tinggi ilmu pengetahuan serta ahlinya . Selalu siap untuk menyesuaikan diri dengan perubahan Kebersamaan di tengan kehidupan berbangsa dan ber negara. END MENU
TERIMAKASIH