فقه الجنايات (FIQH AL-JINAYAT)

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
HUKUM PERIKATAN pertemuan ke 12
Advertisements

KDRT Kekerasan Dalam Rumah Tangga.
DEWI NURUL MUSJTARI FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
   Pendidikan Agama Islam ( PAI )
Menu Utama Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator
POKOK-POKOK HUKUM PIDANA oleh : Susan Fitriasari Heryanto,M.Pd
KETENTUAN PIDANA DALAM SISTEM PERADILAN DI INDONESIA
Hukum Pidana Islam Rabu, 19 Desember Masih Relevankan Hukum Pidana Islam diterapkan?  Jawabannya: Tentu masih. Sebagai sistem hukum yang telah.
1 KONSEP PEMIDANAAN DALAM ISLAM DAN KEMUNGKNAN IMPLEMENTASINYA DI NEGARA HUKUM INDONESIA Oleh SABRI SAMIN.
RUANG LINGKUP, TUJUAN DAN CIRI-CIRI HUKUM ISLAM
Hukum Mawaris dalam Islam
POKOK-POKOK HUKUM PIDANA
PENGANTAR HUKUM INDONESIA
J. Tindakan Pidana Terhadap Pelajar
Bunuh Diri dan Euthanasia
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
SANKSI PELANGGARAN HUKUM PERANG
RUANG LINGKUP, TUJUAN DAN CIRI-CIRI HUKUM ISLAM
JINAYAH By Abdul Muthalib. JINAYAH Secara terminologi → perbuatan yang dilarang oleh syarak karena dapat menimbulkan kerusakan agama, jiwa, akal, dan.
Penyertaan dan Pengulangan dalam Melakukan Tindak Pidana
TINDAKAN YANG PERLU DILAKUKAN UNTUK PENGAMANAN RUMAH KITA
PENYALAHGUNAAN NARKOBA DALAM PANDANGAN ISLAM
AKIBAT PERKAWINAN & PUTUSNYA PERKAWINAN
PERJANJIAN PERKAWINAN Menurut KUHPerdata
PERADILAN SYARIAT ISLAM DI ACEH
Percobaan (Poging) Oleh: Riswan Munthe.
AKIBAT PERKAWINAN & PUTUSNYA PERKAWINAN
PENGHINAAN.
FIQIH JINAYAAT Oleh: Muhaimin, S.H.,M.Kn.
AL-KHILAFAH SISTEM POLITIK DALAM ISLAM & MAJELIS SYURO
Pertemuan ke-2.
Hafidz Abdurrahman Syariah Islam.
DALAM PERLINDUNGAN KONSUMEN
MENGHINDARI PERGAULAN BEBAS
MAKANAN,MINUMAN DAN PENYEMBELIHAN
Pengantar Hukum Indonesia Materi Hukum Pidana
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ ASPEK AKHLAK
Pencegahan Perkawinan
ADAT DAN TRADISI JAMBI BERSAMA ANASALFIA MANAJEMEN
PERJANJIAN PERKAWINAN Menurut KUHPerdata
Oleh: IRA ALIA MAERANI, S.H., M.H. FAKULTAS HUKUM UNISSULA
PENGAWASAN TINDAK KEKERASAN
Macam-macam Delik.
Faiq Tobroni, SHI., MH. Pertemuan Kesembilan
UNTUK MENGHADAPI PERUSUH / KERUSUHAN PADA UMUMNYA
BAB I JINAYAH DALAM ISLAM (PEMBUNUHAN DAN QISHASH
QISHASH Pengertian Menurut syara' Qishash adalah melakukan pembalasan yang sama terhadap perbuatan atau pembunuhan atau melukai atau perusakan anggota.
Pertanggungjawaban pidana dalam islam
P E NO L O G I FAKULTAS HUKUM UNIKOM.
Anang Zubaidy Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia April 2013
Dimodifikasi dari bahan kuliah Fully H. R, FHUI
STIKES MUHAMMADIYAH MANADO
Kajian Ahad pagi Ust. Muslih Husain
MENGHINDARI PERGAULAN BEBAS
Lulusan perguruan tinggi dituntut untuk memiliki:
Macam-macam Hukuman Ditinjau dari segi pertalian satu hukuman dengan lainnya Hukuman Pokok (al-’uqubah al-ashliyah), yaitu hukuman pokok yang telah ditetapkan.
Pembatalan Hukuman Dalam hukum Islam, hukuman menjadi batal (gugur) dikarenakan ada sebab tertentu. Sebab-sebab ini bersifat khusus dan kondisional karena.
PENGERTIAN JENAYAH.
Pengantar Hukum Indonesia Materi Hukum Pidana
INSTITUSI KEHAKIMAN.
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Kekerasan Dalam Rumah Tangga.  KDRT adalah salah satu bentuk kekerasan berdasar asumsi yang bias gender tentang relasi laki-laki dan perempuan,  KDRT.
Hudud & Qisas, ini faktanya...
Pidana & Pemidanaan di Berbagai Negara
Hafidz Abdurrahman Syariah Islam.
Hafidz Abdurrahman Syariah Islam.
Hafidz Abdurrahman Syariah Islam.
BAB I JINAYAH DALAM ISLAM (PEMBUNUHAN DAN QISHASH.
Transcript presentasi:

فقه الجنايات (FIQH AL-JINAYAT) الجناية : مَنْ جَنَى يَجْنِي في الأصل: أخذ الثمر من الشجر، فنقلت إلى إحداث الشر ثم إلى الشر ثم إلى فعل مجرم وهو كل فعل محظور يتضمن ضررا على النفس أو على غيرها Al-Jinayah, dari kata jana, yajni, artinya mengambil buah dari pohonnya, kemudian berubah menjadi perilaku kejahatan, kejahatan, perbuatan kriminal, sehingga al-jinayah diartikan sebagai semua perbuatan yang dilarang yang mengakibatkan kemudharatan/kerusakan pada jiwa dsb.

وإنما تجمع من الجنايات: لأن الفعل المحرم أنواع: Kata al-jinayat menjadi kata plural karena perbuatan yang dianggap perbuatan kriminal bermacam-macam, al: منها ما يتعلق بـ“العرض“ ويسمى قذفا أو شتما أو غيبة Berkenaan dengan Al-’Irdh” (harga diri), disebut Qadzf (tuduhan); Syatm (umpatan); Ghibah (menghasud). منها ما يتعلق بـ“المال“ ويسمى غصبا أو سرقة أو خيانة أو قطع الطريق Berkenaan dengan “al-maal” (harta), disebut ghashb (perampokan); sariqah (pencurian); khiyanah (penghiyanatan) qat’u al-thariq (perampokan dgn kekerasan) atau disebut juga al-hirabah (perampokan dgn kekerasan)

منها ما يتعلق بـ“النفس“ ويسمى قتلا أو إحراقا أو صلبا أو خنقا أو تغريقا Berkenaan dengan “al-nafs” (jiwa), disebut sebagai Al-Qatl (membunuh); Al-Ihraq (membakar); Al-Shalb (mensalib); Al-Khanq (mencekik); Al-Taghriq (menenggelamkan) منها ما يتعلق بـ“الطرف“ ويسمى قطعا أو كسرة أو شخا Berkenaan dengan “al-tharaf” (anggota tubuh), disebut al-qath’u (memotong); al-kasr (mematahkan).

الجناية على النفس مثل القنل وهي ثلاثة: Al-Jinayat ‘ala an-nafs (Tindakan kriminal terhadap jiwa) yaitu pembunuhan, yaitu ada tiga: “قتل العمد” (qatl al-’amd (pembunuhan disengaja); قتل شبه العمد (qatl syibh al-’amd (pembunuhan serupa dengan sengaja) dan قتل الخطأ (qatl al-khatha’ (pembunuhan tidak sengaja)

الجناية ما دون النفس هو كل فعل محرم وقع على الأطراف أو الأعضاء مثل الضرب والجرح Al-Jinayat ‘ala maa duna an-nafs (Tindakan kriminal yang bukan jiwa) yaitu semua tindakan pidana/kriminal yang mengenai bagian anggota tubuh seperti al-dharb (memukul) dan al-jarah (melukai).

العقوبات الشرعية (Al-’Uqubat Al-Syar’iyah) الحدود (al-hudud) التعزير (al-ta’zir) القصاص (al-qishsh) الدية (al-diyah) الكفارة (al-kaffarah) العفو (al-’afwu)

الحدود (Al-Hudud) الحد هو المنع وسمي الباب حدا لمنعه الناس الدخول Al-Hadd secara bahasa artinya “al-man’u” (pencegahan/ penghalang). Pintu rumah disebut sebagai “hadd” karena mencegah manusia masuk rumah الحد في الشرع هو عقوبة مقدرة شرعا سواء أكان حقا لله أو للعبد Al-Hadd secara istilah adalah sanksi yang telah ditentukan oleh Allah, sama halnya berkenaan dengan hak Allah atau hak manusia

حقوق الله وحقوق العبد (Huquq Allah wa Huquq al-’abd) Hak Allah dan Hak Manusia الزنا (hadd al-zina) : sanksi perzinahan القذف (hadd al-qadzf): sanksi tuduhan palsu الشرب والمسكر (hadd al-syurb wa al-muskir): sanksi minuman memabukkan السرقة (hadd al-sarikah): sanksi pencurian الحرابة (hadd al-hirabah): sanksi perampokan dengan kekerasan البغي (hadd al-baghyu): sanksi pembangkangan/ pemberontakan الردة (hadd al-riddah) : sanksi kemurtadan القتل (hadd al-qatl/al-qishash): sanksi pembunuhan/ kisas

حد الزنا (Hadd Al-Zina) : Sanksi Hukum bagi Pelaku Zina غير محصن (Ghair Muhsin): Pelaku zina yang belum menikah (al-jild / didera 100 kali) محصن (Muhsin): Pelaku zina yang sudah menikah (al-rajm /dirajam sampai mati)

حد القذف (Hadd al-Qadzf): Sanksi Tuduhan Palsu Zina (yaitu didera sebanyak 80 kali) Unsur tindak Jarimah Al-Qadzf (tindak pidana tuduhan zina) ada tiga: Menuduh zina atau mengingkari nasab Orang dituduh itu muhsin (telah menikah) Ada o’tikad jahat

حد السرقة أو جريمة السرقة (Hadd Al-Sariqah atau Jarimah al-sariqah) Sanksi Pencurian (pencurian adalah mengambil harta orang lain secara diam-diam dengan i’tikad tidak baik). Mengambil secara diam-diam adalah mengambil barang tanpa sepengetahuan pemiliknya dan tanpa kerelaannya Sanksi hukumnya adalah potong tangan

حد الحرابة أو قطع الطريق (Hadd al-hirabah; qath’u al-thariq) Sanksi Perampokan /pengacau keamanan Jarimah al-hirabah dapat terjadi karena: Seseorang pergi dengan niat untuk mengambil harta orang lain secara terang-terangan dan mengadakan intimidasi, namun tidaak jadi mengambil barang dan tidak membunuh Seseorang mengambil harta orang lain dengan terang-tarangan tanpa ada intimidasi dan pembunuhan Seseorang berniat mengambil harta orang lain dengan niat merampok, tapi ia membunuh tanpa mengambil harta Seseorang mengambil harta orang lain disertai dengan pembunuhan si pemilik

حد المسكر أو حد الشرب (Hadd al-muskir / hadd al-syurb) Sanksi Meminum Minuman yang Memabukkan, sanksinya didera sebanyak 80 kali/ 40 kali Yang memabukkan disebut dengan “Al-Khamr” Hadis: كل مسكر خمر وكل خمر حرام (أبو داود) (Kullu muskirin khamr wa kullu khamrin haram( semua yang memabukkan itu adalah khamar dan semua yang kategori khamar adalah haram)

حد الردة (Hadd al-riddah) Sanksi Murtad وَمَنْ يَرْتَدِدْ مِنْكُمْ عَنْ دِينِهِ فَيَمُتْ وَهُوَ كَافِرٌ فَأُولَئِكَ حَبِطَتْ أَعْمَالُهُمْ فِي الدُّنْيَا وَالْآَخِرَةِ وَأُولَئِكَ أَصْحَابُ النَّارِ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ (البقرة: 217)

التعزير (Al-Ta’zir) التعزير في اللغة : المنع ثم اشتهر معناه في التأديب والاهانة Al-Ta’zir secara bahasa artinya al-man’u (pencegahan), kemudian diartikan sebagai al-ta’dib (pembinaan) dan al-ihanah (penghinaan) التعزير في الشرع : العقوبة الشرعية على جناية لا حد فيها Al-ta’zir secara istilah: sanksi hukum terhadap pebuatan kriminal yang belum ditetapkan hukumannya

القصاص (Al-Qishash ) القصاص في اللغة القطع والمماثلة القصاص في الشرع هو معاقبة الجاني بمثل جنايته

الدية () الدية هو المال الواجب بالجناية على النفس الأرش هو المال الواجب المقدر شرها يالاعتداء على ما دون النفس

العفو هو الاسقاط وهو التنازل عن القصاص مجانا الكفارة في اللغة المحو وهي جزاء مقدر من الشرع لمحو الذنب وَمَا كَانَ لِمُؤْمِنٍ أَنْ يَقْتُلَ مُؤْمِنًا إِلَّا خَطَأً وَمَنْ قَتَلَ مُؤْمِنًا خَطَأً فَتَحْرِيرُ رَقَبَةٍ مُؤْمِنَةٍ وَدِيَةٌ مُسَلَّمَةٌ إِلَى أَهْلِهِ إِلَّا أَنْ يَصَّدَّقُوا فَإِنْ كَانَ مِنْ قَوْمٍ عَدُوٍّ لَكُمْ وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَتَحْرِيرُ رَقَبَةٍ مُؤْمِنَةٍ وَإِنْ كَانَ مِنْ قَوْمٍ بَيْنَكُمْ وَبَيْنَهُمْ مِيثَاقٌ فَدِيَةٌ مُسَلَّمَةٌ إِلَى أَهْلِهِ وَتَحْرِيرُ رَقَبَةٍ مُؤْمِنَةٍ فَمَنْ لَمْ يَجِدْ فَصِيَامُ شَهْرَيْنِ مُتَتَابِعَيْنِ تَوْبَةً مِنَ اللَّهِ وَكَانَ اللَّهُ عَلِيمًا حَكِيمًا (النساء: 92)

الجنايات: الجناية على النفس القتل قتل العمد وعقوبته العقوبة الأصلية (القصاص) العقوبة البدلية (الدية) العقوبة التبعية (حرمان الميراث والوصية)

العقوبة قتل شبه العمد: العقوبة الأصلية : الدية المغلظة الكفارة العقوبة التبعية التعزير