MEMAHAMI KONSEP MASHLAHAH

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Nilai dasar pergerakan (NDP) PMII
Advertisements

IJTIHAD SUMBER HUKUM ISLAM YANG KETIGA PGSD 1 E.
Hukum Pidana Islam Rabu, 19 Desember Masih Relevankan Hukum Pidana Islam diterapkan?  Jawabannya: Tentu masih. Sebagai sistem hukum yang telah.
ISTILAH KUNCI DALAM MEMPELAJARI HUKUM ISLAM
PENGANTAR HUKUM ISLAM M. Sularno Prodi Hukum Islam
SYARI’AT ISLAM.
UNIVERSITAS GUNADARMA
SUMBER-SUMBER HUKUM ISLAM
ZAKAT PENGERTIAN ZAKAT Secara Bahasa (lughat), berarti : tumbuh; berkembang dan berkah (HR. At-Tirmidzi) atau dapat pula berarti membersihkan atau.
Muhammad Bahrul Ilmi, SE Lecturer of Accounting Economic Faculty STIE Surakarta.
Hukum, HAM, dan Demokrasi dalam Islam
PERTEMUAN KE 3 AGAMA ISLAM
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Sarnita Purnama Sari ( )
A GAMA I SLAM DISUSUN OLEH: MISNANI. S.Ag. M.Pd. I.
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Hukum Islam dan kontribusi Umat islam Indonesia
USHUL FIQH PEMBAHASAN PENGERTIAN USHUL FIQH RUANG LINGKUP USHUL FIQH
Kerangka Dasar Agama Islam Dan Ajaran Hukum Islam (Bagian Pertama)
PENDAHULUAN U S H U L F I Q I H.
Sarnita Purnama Sari ( )
Oleh : Ronny Mugara, S.Pd., M.Pd
PRODI PERBANKAN DAN EKONOMI ISLAM JURUSAN SYARIAH STAIN PEKALONGAN
BAB V HUKUM, HAM DAN DEMOKRASI DALAM ISLAM Nurhasan, M.Ag
HERTIANA IKASARI, SE, MSi
Landasan Teori Istilah: Kerangka Konseptual; Kerangka Teori;
HUKUM SYARA’ (1).
Pertemuan ke-2.
PETA KONSEP USHUL FIQH ( Pengantar ).
SUMBER HUKUM ISLAM DAN HUKUM ISLAM DISUSUN OLEH CHAIRUNNISA
SUMBER HUKUM ISLAM Oleh: Deden Mulyadi, S.Pd.I.
SUMBER HUKUM ISLAM OLEH : MISWAN. S.Ag.,S.Kom.
Kerangka Dasar Agama dan Ajaran Islam
AGAMA ISLAM APAKAH ISLAM ITU SATU ATAU BANYAK? MANA ISLAM YANG BENAR?
SYARI’AT ISLAM.
BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM
Apakah Lobi Itu? 2.
Kajian Islam Komprehensif
Tujuan Instruksional Umum:
KONSEP DASAR EKONOMI ISLAM
Di persembahkan oleh: Ayu Fadillah Fitri Dwi Lestari Miftahul A’la
JAUHAR FARADIS EL MASYKURY
M. Syaifullah Kh HUKUM EKONOMI SYARIAH - 3A
Oleh: Muhsin Hariyanto
Makna Akhlak, etika dan moral
Tuhan Yang Maha Esa dan Ketuhanan
KELOMPOK 11 ANGGOTA:1.ZAM-ZAM HIDAYA 2.NUNUNG 3.YAYI LATIFA 4.FIFI
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
HAKIKAT PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
PRESENTED BY: YENI NURHASANAH
AKASIOLOGI Rahma Apriani Wakano
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
STUDI ISLAM 3 HAKIKAT ISLAM DAN KARAKTERISTIKNYA
HAKIKAT MANUSIA DALAM ISLAM
KAIDAH MINOR SANAD BERSAMBUNG
Kerangka Dasar Agama dan Ajaran Islam
KAIDAH MINOR SANAD BERSAMBUNG
Kepemimpinan Islam Disusun oleh: Sarnita Purnama Sari( ) Dyah noventy( ) Siti Khalimah( ) Gunarsih Mayasari( )
INTEGRASI AKIDAH, SYARIAH DAN AKHLAK
Pengantar Ushul Fiqh (Pertemuan 1)
MOH. IRFAN HILMI MATA KULIAH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
BAB 3 SYARIAH DALAM KEHIDUPAN MUSLIM
Makna Tasyri’ Dari segi bahasa: 1-Sumber air 2-Jalan yang lurus
UNIVERSITAS GUNADARMA
MEMANFAATKAN ANUGERAH ALLAH SWT
Objek Kajian Fiqh, Ushul Fiqh, Tujuan, dan Kegunaan
AGAMA DAN DUNIA: IMPLIKASI KATEGORISASI BAGI IDEOLOGI MUHAMMADIYAH
PRODI - S1 AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS GUNADARMA PRODI - S1 AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS GUNADARMA 1 1 AKUNTANSI SYARIAH.
ETIKA DAN MORAL. MANUSIA AHLAK ETIKA MORAL Makna Etika dan Moral Etika adalah filsafat moral. Antara etika dan moral dapat dijadikan sebagai bentuk konsep.
BUKU PEMBANDING Buku pembanding : Pengantar Ekonomi Syariah (PUSTAKA SETIA) BUKU UTAMA Buku utama : Akuntansi Syariah di Indonesia (MADENATERA) Dibuku.
Transcript presentasi:

MEMAHAMI KONSEP MASHLAHAH Oleh: Muhsin Hariyanto

FRAME WORK MASHLALAH “Konsep Maqâshid al-Syarî‘ah mengindikasikan urgensi pengkajian yang mendalam untuk menggali tujuan nash untuk menangkap pesan (moral) syariahnya. Pada poin inilah al-Syâtibî menetapkan suatu frame work yang menjadi tujuan esensial syariat yang bersifat universal dan absolut. Tujuan essensial tersebut adalah untuk merealisasikan mashlahah (tahqîq al-mashlahah).”.

PENGERTIAN DASAR: “Maqâshid al-Syarî‘ah adalah tujuan akhir dan rahasia-rahasia yang dimaksudkan Syâri‘ (Allah) dalam setiap hukum yang ditetapkanNya”.

CAKUPAN MAQÂSHID AL-SYARΑAH “Yang termasuk dalam bagian Maqâshid al-Syarî‘ah antara lain: menjaga peraturan, merealisasikan kebaikan (mashâlih), menghindarkan keburukan (mafâsid), menegakkan nilai-nilai egaliter manusia.”

TIGA ISTILAH: “Ada tiga istilah yang disebutkan al-Syâtibî, yaitu Maqâshid al-Syarî‘ah, al-Maqâshid al-Syar‘iyyah fi al-Syarî‘ah dan Maqâshid min Syar‘i al-Hukm. Meski dengan istilah yang berbeda namun dari isyarat yang diberikan al-Syâtibî ketiga terma tersebut mempunyai maksud yang sama.”

LANDASAN KONSEPTUAL “MAQÂSHID AL-SYARΑAH” “Konsep Maqâshid al-Syarî‘ah dibangun di atas teori ‘illat (motif; cause) dan konsep mashlahah yang telah menjadi wacana hangat dalam pembahasan jurisprudensi Islam sebelum al-Syâtibî.”

ANTARA ‘ILLAT DAN MASHLAHAH ‘Illat dan Mashlahah sendiri merupakan satu teori yang saling terkait antara satu sama lain di mana keduanya merupakan sesuatu yang menjadi tujuan pemberlakuan Syariah.

BENTUK MASHLAHAH: Mashlahah dapat dilihat dari dua bentuk, yaitu: Maqâshid al-Syâri‘ (tujuan Allah sebagai pembuat hukum) Maqâshid al-Mukallaf (tujuan mukallaf sebagai pelaksana hukum)

KATEGORI MAQÂSHID AL-SYÂRI‘: Tujuan awal Syariat: kemaslahatan manusia di dunia dan akherat. Aspek ini berkaitan dengan hakikat Maqâshid al-Syarî‘ah. Syariat: sebagai sesuatu yang harus dipahami. Aspek ini berkaitan dengan urgensi bahasa agar Syariat dapat difahami dan mashlahah dapat dicapai. Syariat: sebagai hukum taklîf yang harus dilaksanakan. Aspek ini berkaitan dengan pelaksanaan ketentuan-ketentuan Syariat dalam rangka merealisasikan mashlahah. Selain itu juga berkaitan dengan kemampuan manusia dalam melaksanakan Syariat. Tujuan Syariat dalam membawa manusia ke bawah naungan hukum. Aspek ini berkaitan dengan kepatuhan manusia sebagai mukallaf terhadap Syariat di mana ia bertujuan untuk membebaskan manusia dari kekangan hawa nafsu