BAB VIII: THE CLASH OF CIVILIZATION

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Ilmu merupakan kata yang berasal dari bahasa Arab, masdar dari ‘alima – ya’lamu yang berarti Tahu atau Mengetahui. Dalam bahasa Inggeris Ilmu biasanya dipadankan dengan kata Science,
Advertisements

MUQODDIMAH AN-NIZHOM AL-IJTIMA’IY. FAKTA DI MASYARAKAT Terjadi Kesalahan Persepsi Masyarakat Menyamakan antara Anzhimatul mujtama’ dengan An-Nizhom Al-
Memahami Prinsip Kebijakan Luar Negeri India dan Pakistan
Epistemologi Nasionalisme
A GAMA I SLAM DISUSUN OLEH: MISNANI. S.Ag. M.Pd. I.
PENDIDIKAN DAN PEMBEBASAN DALAM PANDANGAN PAULO FREIRE
MODERNISASI Mencakup suatu proses transformasi total kehidupan bersama yang tradisional atau pramodern dalam artian teknologis serta organisasi sosial.
MODERNISASI DAN GLOBALISASI
modern&postmo - joice cs
PERMASALAHAN POLITIK MODERN
Anggota : 1.Puspa Nurmawati Novita Selfiani Muhammad Yusuf efendi Galang Septi Bayu A Vicka Nandhya R
Peradaban dan Islamisasi Ilmu
Sarana berfikir ilmiah
DISUSUN OLEH: MISNANI. S.Ag. M.Pd. I
Problematika Umat Islam
BUDAYA MASSA DAN BUDAYA POPULER
Evaluasi Materi Sejarah & Perkembangan Seni Rupa Pertemuan 13
PEMIKIRAN MASA YUNANI ROMAWI KUNA
TEORI SOSIOLOGI KONFLIK KLASIK
MEKANISME PERUBAHAN SOSIAL
KEPENTINGAN NEGARA BESAR DI TIMUR TENGAH
Geopolitics: The End or A New Beginning? Kelompok 8 Jamal Bakarsyun Lita Adinda Ismer Adytya Erlangga Ratna Desi.
Pendidikan, Sosial Budaya ISLAM PembangunanSDM Pendidikan Modernisasi Demokrasi.
Mewujudkan Nilai-nilai Islam dalam Kehidupan Modern: Sebuah Tantangan*
Konsep Dan Hakikat Nasionalisme
Nasib, S.Pd, MM PERILAKU KONSUMEN Sumarwan, Ujang, 2003, Perilaku Konsumen, Ghalia Indonesia, Jakarta Selatan.
SISTEM SOSIAL BUDAYA INDONESIA DALAM KRISIS
PEMBENTUKAN KOMUNITAS ASIA RAYA DITINJAU DARI SUDUT PANDANG POLITIK
MODERNISASI DAN GLOBALISASI
AIK PROGRAM PASCASARJANA (S-2 dan S-3) PTM
Bedah Karya Buku Sederhana
CULTURE AND DEVELOPMENT
Worldview: Cultural Explanations
Dr. Dewi Kurniasih, S.IP.,M.Si.
Dr. Dewi Kurniasih, S.IP.,M.Si.
Program Studi Ilmu Komunikasi
Program Studi Ilmu Komunikasi
Hakikat Ruang Publik & Opini Publik
KONFIGURASI SISTEM GLOBAL
Kekuatan Sosial Politik Indonesia IPEM4437/3SKS
MASYARAKAT MADANI CIVIL SOCIETY INGGRIS) CIVITAS DEI (LATIN)
SISTEM EKONOMI Pertemuan 4.
3. Kebijakan Pemerintah dalam bidang keagamaan
Oleh: Syukur Pendekatan Studi Islam IAIN SALATIGA
WHY KOENTJORONINGRAT PERUBAHAN KEBUDAYAAN ??
BAB 3 MUNCULNYA NASIONALISME INDONESIA
PENGANTAR STUDI ISLAM APA ITU PENGANTAR STUDI ISLAM (PSI)?
Peluang dan Tantangan Peradaban Islam
BAB 4 ETIKA BISNIS 1. ETIKA DALAM ORGANISASI 2. PEMBENTUKAN NILAI ETIKA 3. ETIKA DALAM ORGANISASI 4. ARGUMEN PRO DAN KONTRA TERHADAP TANGGUNG JAWAB SOSIAL.
NAMA : IKA NPM : PRODI/KELAS :HUKUM EKONOMI SYARIAH/B/4 MATA KULIAH : PUSKOM.
HIMPUNAN MAHASISWA ISLAM KOMISARIAT IM TELKOM
1. Konsep Masyarakat Madani Pengertian Masyarakat Madani
RENAISANS EROPA Oleh rudi irawanto SLIDE 6.
Feminisme Oleh kelompok 12: Agata Safira
Dinamika Kawasan Eropa
WHY KOENTJORONINGRAT PERUBAHAN KEBUDAYAAN ??
DIscussion.
Welcome to the gate of Sociology
PERUBAHAN SOSIAL MATERI SOSPEND.
Konsep Kebudayaan Dalam Islam
Assalamualaikum.
Nama : Farhan Azis.P NPM : Kelas/Semester : A2/5
ASEAN & GOOD NEIGHBOR POLICY
Militer dan Budaya Politik Indonesia
BAB 3 MODEL PENAWARAN TENAGA KERJA
Peradaban dan Islamisasi Ilmu
pembangunan ekonomi + tingkah-laku politik – unik  penjajahan
GEOSTRATEGI KETAHANAN NASIONAL (2).
ANDREAS SIHOMBING FEBRIANO HALOMOAN GABRIELLA ANNALICIA MERLIN APRILIA.
Mewaspadaai Ancaman Terhadap Kedudukan NKRI
Transcript presentasi:

BAB VIII: THE CLASH OF CIVILIZATION Ambiya mursalin Kelompok 8

Seorang ilmuan politik dari Harvard, Samuel P Seorang ilmuan politik dari Harvard, Samuel P. Huntington menjadi sangat terkenal dengan mempopulerkan wacana “the clash of civilitations” (benturan antar pradaban). Sebab melalui bukunya Huntington mengarahkan barat untuk memberikan perhatian khusus untuk islam. Menurutnya diantara pradaban besar yang masih eksis hingga kini, hanya islamlah yang berpontensi besar mengoncang peradaban barat, sebagai mana dibuktikan dalam sejarah. Diantara berbagai tawaran alternative hubungan islam-barat, tema “clash ofcivilizations” kemudian yang menjadi popular dan menjadi kenyataan dalam kebijakan politik international.

Seperti di tekankan oleh Huntington, saat berdialog dengan Anthony Gidden, pada late spring 2003, bahwa militant islam adalah ancaman bagi barat. Harus dibedakan antara islam militant dan islam pada umumnya. Islam militant adalah ancaman yang nyata terhadap barat. Dalam dialog dengan Anthony Gidden ia menekankan bahwa, dari 32 konflik besar yang terjadi pada tahun 2000, lebih dari dua pertiga nya adalah konflik antara muslim dan non-muslim. Sehingga Eropa dan amerika perlu menyiapkan strategi bersama untuk menghadapi ancaman dari islam militant terhadap keamanan mereka dan masyarakat.

Merunurut Huntington, islam adalah satu-satunya pradaban yang telah menempatkan keselamatan barat dalam keraguan, setidaknya dua kali dalam sejarah. Pernyataan ini secara umum menggambarkan bahwa betapa barat perlu mewaspadai kebangkitan islam, sebab hanya islamlah satu-satunya peradaban yang pernah mengancam eksistensi barat.

Dalam bukunya, the clash of civilizations Huntington menyebutkan, pada abad ke-20, berbagai faktor telah meningkatkan konflik antara islam dengan barat. Diantara nya ialah: Pwetumbuhan muslim yang sangat cepat. Kebangkitan islam telah memberikan keyakinan baru kepada muslim atas ketinggian nilai disbanding nilai peradaban barat. Secra bersamaan barat berusaha menglobalkan nilai dan intitusinya, untuk menjaga superior militer dan ekonominya, sehingga ikut campur dalam konflik dunia muslim. Hal ini, memicu kemarahan diantara kaum muslim. Runtuhnya komunisme. Menigkatnya interaksi.

Huntington juga membuat wacana baru yang mengingatkan barat, jika generasi muda islam tidak “diperhatikan” maka mereka akan menjadi militan, dan memperkuat kebangkitan islam, yang akan mengancam barat. Ancaman islam disini bisa diartiakan secara luas, dan bukan diartikan soal ideology semata, tapi juga pasti berimbas pada soal ekonomi yang menjadi kepentingan kapitalis. Untuk menyikapi hal ini, masyarakat tersebut harus dimodernisasi secara menyeluruh. Dan apabila sudah dimodernisasi, mereka akan dengan senang hati menelan apapun yang ditawarkan kepada mereka. Untuk menjadi kan mereka menjadi modern, para industrial harus memisahkan mereka dari keyakinan agama, kebudayaan, dan nilai-nilai mereka yang menentang barangw konsumsi dan tatanan baru.