Beredarnya Paham Sekularisme, Pluralisme, dan Liberalisme

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PENGELOLAAN WAKAF SEJARAH WAKAF PENGERTIAN DAN KETENTUAN WAKAF
Advertisements

AL HAKIM (yang berhak membuat hukum)
“... dan yang menjadikan kamu (manusia) sebagai khalifah di bumi? Apakah di samping Allah ada tuhan (yang lain)? Amat sedikitlah kamu mengingati (Nya).”
TOLERANSI DALAM BERAGAMA
Latar Belakang Masalah
ANTISIPASI SEKULARISME TERHADAP KETATANEGARAAN INDONESIA
Oleh : Abu Hasan Budi Aribowo
HOME DEMOKRASI DLM ISLAM
SEMINAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
MENJADI ULAMA SUKSES MULIA
LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH
ANTISIPASI MUNCULNYA PAHAM SEKULARISME DALAM PRAKTEK KETATANEGARAAN DI INDONESIA WIDAYANTI DAMELIA
Pengertian & Ruang Lingkup Bisnis Syariah
Ayat-ayat Al-Qur’an Mengenai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Fungsi Wahyu dan Akal dalam Memahami Akidah
Asas – Asas Hukum Islam.
DALIL-DALIL SYARA’ (Sumber-Sumber Hukum Islam)
HUBUNGAN AGAMA, NEGARA DAN HUKUM
Kerangka Dasar Agama Islam Dan Ajaran Hukum Islam (Bagian Pertama)
KERANGKA DASAR AGAMA ISLAM
وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ
PROBLEMATIKA UMMAT ISLAM DEWASA INI
Bab 4 Iman, Ilmu dan Teknologi
BAB IX KERUKUNAN UMAT BERAGAMA
BAB II IMAN DAN TAQWA.
KONSEP AL-HAAKIM (PEMBUAT HUKUM).
DINUL ISLAM DAN EKONOMI ISLAM (LKS)
ASPEK HUKUM PERBANKAN SYARIAH
IMAN KEPADA QADA & QADAR
Hakikat Beriman Kepada Qadha & Qadar
Oleh: Rohmansyah, S.Th,I., M.Hum
بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KONSEP (PENGERTIAN), HUKUM, TUJUAN, URGENSI, DAN HAKIKAT DAKWAH
BAHASAN HARI INI PENGERTIAN & FUNGSI AL-SUNNAH & AL-HADITS
BERIMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
IBD MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP Disusun oleh: syarifah alawiyah
Sekilas mengenai ekonomi islam
IMUNISASI MR.
METODE DAKWAH QS. AN-NAHL/16: 125 QS. AL-AHZAB/33: 21
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
SUDAHKAH ANDA SIAP??? BERKONSENTRASILAH!!!!!.
SUDAHKAH ANDA SIAP??? BERKONSENTRASILAH!!!!!.
III. IMPLEMENTASI IMAN DAN TAQWA DALAM KEHIDUPAN MODERN
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
DASAR-DASAR FILOSOFIS PENDIDIKAN ISLAM: HAKIKAT KEBENARAN DAN PENGETAHUAN NILAI KEBAIKAN DAN KEINDAHAN Oleh: IDRUS : SYAPUANSYAH.
السلام عليكم ورحمت الله وبركاته
PETA PEMIKIRAN ISLAM INDONESIA
HUKUM ISLAM Uswatun Hasanah dan Tim
ISU PEMIKIRAN ISLAM KONTEMPORER
M. Irvan pratama NABIL MUMTAZ
BAB IV. PERILAKU TERPUJI ADIL, RIDHA DAN AMAL SALEH
Hak asasi manusia dan demokrasi DALAM islam
Pemikiran Politik (siyasah)
ISLAM DALAM DISIPLIN ILMU
By : 1. Rizal hartono 2.Muhammad fajar
UQDATUL KUBRO Dari mana saya? Mau apa saya? Mau kemana saya?
EKONOMI SYARIAH KELOMPOK : Syaifullah Abdurrachman M. Razi
Pengertian Agama Islam
BAB 16 SALAH FAHAM TERHADAP ISLAM
BAB 16 SALAH FAHAM TERHADAP ISLAM
Pengertian Agama Islam
Ayat Al-Quran tentang Hijrah
BAB VII Menjaga Sikap Istiqamah.
PLURALISME DALAM ISLAM
Pengertian Agama Islam
NILAI-NILAI AGAMA DAN BUDAYA YANG RELEVAN
 Pengertian : Secara etimologi, ijtihad berasal dari kata al jahd atau al juhd, yang berarti al masyaqat (kesulitan dan kesusahan) dan at thaqat (kesanggupan.
BAB 16 SALAH FAHAM TERHADAP ISLAM
UJI COBA Ali Ridha.
Transcript presentasi:

Beredarnya Paham Sekularisme, Pluralisme, dan Liberalisme Pengertian Sekularisme, Pluralisme, dan Liberalisme. Pluralisme agama adalah suatu paham yang mengajarkan bahwa semua agama adalah sama dan karenanya kebenaran setiap agama adalah relatif. Liberalisme agama adalah memahami nash-nash agama (Al-Qur’an & Sunnah) dengan menggunakan akal pikiran yangg bebas; dan hanya menerima doktrin-doktrin agama yang sesuai dengan akal pikiran semata. Sekularisme agama adalah memisahkan urusan dunia dari agama; agama hanya digunakan untuk mengatur hubungan pribadi dengan Tuhan, sedangkan hubungan sesama manusia diatur hanya dengan berdasarkan kesepakatan sosial.

Respons terhadap hadirnya Sekularisme, Pluralisme, dan Liberalisme. Respon MUI (Majelis Ulama Indonesia) Keluarnya Fatwa nomor: 7/MUNAS VII/MUI/11/2005 tentang PLURALISME, LIBERALISME DAN SEKULARISME AGAMA. Fatwa ini antara lain ditetapkan berdasarkan firman Allah Swt berfirman: “Barangsiapa mencari agama selain agama Islam, Maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu)daripadanya, dan Dia di akhirat Termasuk orang-orang yang rugi.”  (QS. Ali Imran [3]: 85) “Sesungguhnya agama (yang diridhai) disisi Allah hanyalah Islam...” (QS. Ali Imran [3]: 19) Pandangan Intelektual Islam Sekularisme adalah landasan demokrasi. Luthfi Assyaukanie mengatakan, negara yang demokratis adalah negara yang sekular. Sekularisme bukan meminggirkan agama tetapi pembagian peran Seorang guru besar yaitu Abdul Munir Mulkhan membagikan sekularisme dalam dua aspek yaitu: [1] teoritis; dan [2] fakta dilapangan. Secara teoritis sebenarnya sekularisme bukanlah teori yang menolak agama. Tetapi persoalan-persoalan agama itu perlu dipisahkan dengan agama dengan negara merupakan pandangan yang benar