Belajar Pemrograman Mobile Part 2.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
BORLAND DELPHI 1. Pengenalan Borland Delphi merupakan program aplikasi database yang berbasis Object Pascal dari Borland. Delphi juga memberikan fasilitas.
Advertisements

Instalasi dan pengenalan visual basic 6
Plugin GUI Builder berbasis XML Generator untuk Membuat Graphical User Interface Aplikasi Android pada Netbeans IDE 6.91 KoTA 105 Irwan Nugraha ( )
KOMPONEN DALAM DELPHI Form
KoTA 105 : Irwan Nugraha ( ) Rendy Azhary ( ) Taufik Rohmat ( )
PEMROGRAMAN APLIKASI BISNIS I (VISUAL STUDIO 2010)
Komponen Antarmuka Grafis
KELOMPOK 10 PROYEK 5 Formulir Pembelian Buku Web / HTML
Komponen Antarmuka Grafis
KONSEP DASAR APLIKASI LOTUS NOTES
Penjelasan Umum Penjelasan Umum PowerBulder 9.0 Aplikasi PowerBulder 9.0 berisi komponen Yang mencakup objek window, menu, function dan kode PowerScript.
ADD-ON Dasar HTML.
PERTEMUAN 3 PAB Bahasan: Layout,Class,Trigger Button Intent.
Instroduksi Pemrograman Android
Mobile Programming Intro Android.
ALGORITMA & PEMROGRAMAN 2 B
Graphical User Interface (GUI)
Operating System Structure
Pemrograman Visual Oleh : Erni Fatmawati.
Pertemuan 10 GUI (Graphical User Interface)
Louis Bertrand Secondra
Konsep Teknologi Informasi a
Algoritma & PEMROGRAMAN 2B (Visual basic)
KONSEP DASAR APLIKASI LOTUS NOTES
Pemrograman Mobile Android # 5
Pemrograman Visual (Borland Delphi 7.0)
Visual Studio 2008 Merupakan perangkat lunak yang terintegrasi. Di dalamnya terdapat beberapa perangkat lunak untuk pengembang ( Programmer ), antara lain.
KONSEP DASAR APLIKASI LOTUS NOTES
As’ad Djamalilleil Struktur Android As’ad Djamalilleil
Dasar Komputer & Pemrog. 2B
Kelas XII Semester Genap Tahun Pelajaran 2013 / 2014
Pengenalan Pemrograman Mobile.
Pengenalan Borland Delphi 7.0
Pemrograman Terstruktur I dengan Delphi
Struktur Aplikasi Android
Pemrograman Perangkat Mobile
KOMPONEN APLIKASI ANDROID
DISKUSI PERTEMUAN 3 Pemrograman mobile 2 Ti 15 D
Pertemuan 3 : Komponen Aplikasi Android
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Android Multimedia Pertemuan 7.
Permograman Mobile 2 Notification, dialog, dan intent.
Pemrograman Mobile Kelompok Pertemuan 4.
Pemograman mobile 2 Kelompok 3 Khoerul Umam ( )
Pemrograman Mobile Android Multimedia.
Presentasi materi pemrogaman mobile 2 pertemuan ke 3
Komponen Aplikasi Android
KELOMPOK 1 : PEMROGRAMAN MOBILE PERTEMUAN KE 3
Android Multimedia Vidio, Musik dan Gambar
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Nur Dwi Ramadani ( )
ANDROID MULTIMEDIA.
Dialog Intent & Notification
PEMROGRAMAN MOBILE 2 KELOMPOK 7 TI 15 D.
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Dina Murniati Putri (NIM )
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2
Komponen Aplikasi Android
Pengenalan Pemrograman Mobile PART 5 - FRAGMEN.
Dilla Alfianur Kumalasari 0238
9 Mobile Computing 2 SKS Dedy Alamsyah, S.Kom..
PENGENALAN Pemrograman MOBILE 2
Android database mysql dan webservice
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Moh.Solahudin ( )
Oleh : Rahmat Robi Waliyansyah, M.Kom.
Pemrograman GUI dengan Java
Mobile Computing Fery Updi, M.Kom..
PEMROGRAMAN MOBILE I KELOMPOK 4
Pemrograman Mobile Location Based Service
Pengenalan Visual Basic
PEMROGRAMAN MOBILE 1 PERTEMUAN 4
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Pemahaman XML Parsing.
Transcript presentasi:

Belajar Pemrograman Mobile Part 2

Anggota Kelompok 4 : Mailan Catur Rochman (15.11.0116) Lingga Catur Putra (15.11.0117) Chandra Setyawan (15.11.0118) Usman Nur Dimas I.P (15.11.0119) Nandana Afif N.F (15.11.0120) Achmad Ulfi (15.11.0121) Andru Dite S.Y (15.11.0122)

1. KOMPONEN2 APLIKASI ANDROID suatu bagian yang sangat penting dari suatu aplikasi Android karena dengan komponen-komponen inilah suatu aplikasi android dapat berjalan dengan baik.

4 KOMPONEN UTAMA INTENT sebuah pesan yang dapat mengizinkan sebuah aplikasi melakukan sesuatu sesuai intent tersebut.

Broadcast Receivers Broadcast Receivers merespon terhadap pesan broadcast dari aplikasi lain atau dari system, Contohnya: aplikasi juga dapat melakukan broadcast agar aplikasi lain tahu bahwa beberapa aplikasi yang telah di-download ke dalam perangkat dan dapat mereka gunakan.

SERVICE CONTENT PROVIDERS komponen yang berjalan di background untuk melakukan operasi yang berjalan panjang, Contohnya: sebuah service dapat memainkan music di background sementara pengguna dalam aplikasi yang berbeda atau service dapat mengambil data dalam jaringan tanpa menghalangi interaksi user dengan sebuah activity. CONTENT PROVIDERS Komponen content provider menyuplai data dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya pada saat diminta datanya. Request ini ditangani oleh metode dari kelas Content Resolver. Data nya mungkin dapat disimpan di file system, di database atau di suatu tempat secara keseluruhan.

Komponen Deskripsi KOMPONEN TAMBAHAN Fragments Merepresentasikan sebuah porsi dari User Interface dalam sebuah Activity. Views Elemen User Interface yang digambar pada layar seperti tombol, list, formulir, dan lain lain. Layouts Hierarki dari view yang mengontrol format layar dan tampilan dari view. Intents Objek pesan yang dapat digunakan untuk meminta aksi dari komponen aplikasi lain. Resources Elemen eksternal, seperti: string, konstanta dan gambar. Manifest File Konfigurasi untuk aplikasi. http://www.insinyoer.com/komponen-aplikasi-android/

2. HYRARCHY OF SCREEN ELEMENTS Setiap kelompok tampilan merupakan container tak terlihat yang mengelola tampilan anak, sementara tampilan anak iniDapat berupa control masukan atau widget lain yang menggambar sebagian Dari UI. http://developer.android.com/guid/topics/ui/overview.html

3. PROSES THREAD THREAD Dalam dunia IT, thread adalah pelaksanaan instruksi terkecil dari program komputer yang dapat dikelola secara independen sesuai dengan jadwal. Sebuah thread adalah jalan eksekusi sederhana dalam proses.

PROCESS Secara umum, serangkaian terus menerus dari tindakan untuk mencapai hasil yang spesifik. Namun, dalam dunia komputer, proses adalah sebuah contoh dari mengeksekusi program komputer.

PERBEDAAN PROSES & THREAD THREAD PROCESS digunakan untuk tugas-tugas sederhana, sementara proses yang digunakan untuk tugas-tugas yang berat-berat seperti pelaksanaan aplikasi. thread lebih mudah untuk membuat karena mereka tidak memerlukan ruang alamat yang terpisah. Proses sulit untuk membuat karena membutuhkan duplikasi proses induk dan alokasi memori thread dalam berbagi proses yang sama ruang alamat yang sama. Proses tidak berbagi ruang alamat yang sama, thread saling bergantung karena mereka berbagi ruang alamat yang sama. Proses yang independen satu sama lain http://www.sridianti.com/perbedaan-proses-dan-thread-dalam-os.html

4. SIKLUS HIDUP ACTIVITY Komponen yang dapat dilihat oleh pengguna, sehingga mereka dapat berinteraksi dengan aplikasi. Activity memiliki siklus hidup (lifecycle) yang merupakan kondisi yang akan dialami saat diciptakan sampai dihancurkan.

FLOWCHART ACTIVITY https://www.petanikode.com/ android-activity/

5. PROJECT STRUCTURE 1). Manifest (app/manifest/AndroidManifest.xml ) Pada folder pertama yaitu manifest, yang berisi file AndroidManifest.xml. File ini berisi informasi tentang package (paket ) pada project kalian, yang didalamnya terdapat komponen Aplikasi seperti , Activity ,Services ,User Permission, Content Provider dll. 2.) Java(app/packagename/MainActivity.java) Pada folder kedua ini Java, yang terdapat nama package berisi file class Activity java, yang bias kita ambil contoh bernama MainActivity.java   3) Resource (app/res/drawable/filegambar) Di folder ketiga yaitu folder drawable ,yang merupakan isi dari folder resource. Folder drawable digunakan  untuk menyimpan file-file gambar berformat .jpg atau .png. 4) Resource (app/res/layout/activity_main.xml) Di folder keempat yaitu layout ,yang merupakan isi dari folder resource. Folder layout digunakan untuk menyimpan file-file layout yang merupakan tempat membuat komponen User Interface (antarmuka ).

Lanjutan http://www.malasngoding.com/ struktur-project-android-studio/ 5) Resource (app/res/mipmap/ic_launcher), Di folder kelima yaitu mipmap yang merupakan isi dari folder resource. Folder mipmap digunakan untuk menyimpan file ,  icon launcher aplikasi yang bernama ic_launcher. 6) Resource (app/res/values), Di folder keenam yaitu values , yang merupakan isi dari folder resource. Folder values digunakan untuk menyimpan file-file seperti string.xml , styles.xml , dan color.xml.string.xml berisi resource  data-data text yang akan digunakan untuk komponen Aplikasi.styles.xml berisi resource tentang tema seperti Toolbar, yang akan digunakan untuk komponen Aplikasi.color.xml. berisi resource warna-warna dari file styles.xml. 7)  Gradle, adalah build tools yang digunakan pada Android Studio, untuk mencompile- merun project Aplikasi yang akan kalian buat. Jika di Eclipse build tools yang digunakan adalah Ant. Pada build.gradle  digunakan untuk mengidentifikasi versi OS ,SDK,library yang akan kalian gunakan pada Aplikasi. http://www.malasngoding.com/ struktur-project-android-studio/

STRUCTURE XML Sebuah dokumen XML harus berisi element root, elemen ini merupakan parent dari element-element yang lain. Elemen dalam dokumen XML membentuk struktur pohon. Sebuah pohon dimulai dengan root dan memiliki cabang sampai level yang paling rendah. Semua elemen dapat mempunyai sub elemen(elemen child). http://dwi.staff.unisbank.ac.id/2012/10/24/struktur-dokumen- xml-xml-tree/

7. JENIS – JENIS LAYOUT Layout adalah suatu tampilan tata letak di android studio untuk mengatur penempatan text/gambar yang sudah terkonsep.jadi layout di sini adalah bagian terpenting untuk memperindah tampilan pada aplikasi yang kita buat nyaman di lihat bagi pengguna. Layout di bagi menjadi 2 yaitu: Linear Layout, design tampilan pada aplikasi kita dengan tata letak secara vertical dan horizontal dimana tata letak aplikasi kita hanya bisa memasukan media secara mendatar dan menurun. Relative Layout, design tampilan pada aplikasi kita dengan tata letak secara bebas tanpa aturan sesuai keinginan kita.tidak seperti Linear Layout yang hanya terpaku pada salah satu tampilan vertical dan horizontal

Contoh Linear Layout Contoh Relative Layout https://medium.com/@kalifardy56/mengenal-jenis-layout- android-studio-335a63666ff7

8. MENDESAIN USER INTERFACE DAN LAYOUT Di Layout Editor Android Studio, Anda bisa dengan cepat membangun layout dengan menyeret widget ke dalam editor desain visual sebagai ganti menulis XML layout secara manual. Editor ini bisa menampilkan pratinjau layout Anda dalam berbagai versi dan perangkat Android, dan Anda secara dinamis bisa mengubah ukuran layout untuk memastikannya berfungsi dengan baik pada berbagai ukuran layar. Sumber 404

Penjelasan Palette: Menyediakan daftar widget dan layout yang bisa Anda seret ke dalam layout di editor. Component Tree: Menampilkan hierarki tampilan untuk layout Anda. Klik sebuah item di sini untuk melihatnya dipilih dalam editor. Toolbar: Menyediakan tombol untuk mengonfigurasi penampilan layout di editor dan untuk mengedit properti layout. Design Editor: Menampilkan layout Anda bersama tampilan Design dan Blueprint. Properties: Menyediakan kontrol properti untuk tampilan yang dipilih saat ini.

9. ANDROID UI CONTROL Text View Merupakan widget yang berfungsi untuk menampilkan dan mengkostumisasi sebuah teks. Edit Text Merupakan widget yang berfungsi untuk memasukan dan mengedit sebuah teks. Contohnya : kolom input ketika LogIn pada Facebook,E-mail,Twitter,dll. Button Merupakan widget yang berfungsi untuk mengeksekusi sebuah perintah atau melakukan aksi yang telah ditentukan. Spinner Merupakan widget yang berfungsi untuk menampilkan daftar item drop down. CheckBox Merupakan widget yang berfungsi sebagai daftar menu yang disediakan untuk pengguna memilih menu dengan cara menceklis salah satu pilihan menu pada sebuah kotak. Radio Button Merupakan widget yang berfungsi sebagai daftar menu yang disediakan untuk pengguna memilih menu dengan cara mengklik salah satu pilihan menu pada sebuah lingkaran. https://www.tutorialspoint.com/android/android_user_interface_ controls.htm

10. Contoh program UI dalam aplikasi Membuat widget CheckBox dan TextView yang akan kita masukan ke file layout activity_main.xml.