Permograman Mobile 2 Notification, dialog, dan intent.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
3 – Activity and Intent Willy, M.Kom.
Advertisements

BORLAND DELPHI 1. Pengenalan Borland Delphi merupakan program aplikasi database yang berbasis Object Pascal dari Borland. Delphi juga memberikan fasilitas.
M.K. Pemrograman Web (AK )
BAHASA PEMROGRAMAN JAVA
Nama : Adhitya Purwa Saputra Nim :
MATA KULIAH :DESAIN WEB
Struktur Kode Program MIDlet As’ad Djamalilleil
GUI & Event Handling Viska Mutiawani, M.Sc.
MIDlet User Interface (2) As’ad Djamalilleil
APLIKASI PETA SMA SWASTA DI BEKASI TIMUR PADA SMARTPHONE ANDROID
PEMROGRAMAN BEORIENTASI OBJEK
Membuat Baris Menu.
Menu.
Komponen-Komponen dalam J2ME
Perancangan Pencatatan Transaksi Formulir Pertemuan 23 s.d 24 Matakuliah: F0712 / Lab Sistem Informasi Akuntansi Tahun: 2007.
Dibuat oleh : Tinaliah, M. Kom Triana Elizabeth, M. Kom.
KONSEP DASAR APLIKASI LOTUS NOTES
Penjelasan Umum Penjelasan Umum PowerBulder 9.0 Aplikasi PowerBulder 9.0 berisi komponen Yang mencakup objek window, menu, function dan kode PowerScript.
PROGRAM APLIKASI MOBILE EMHA TAUFIQ LUTHFI PERTEMUAN 2.
Pertemuan 12. Pemrograman Window Sejauh ini Anda melakukan pemrograman pada level konsul Java sesungguhnya juga mendukung pemrograman Window. Salah satu.
Pengenalan Visual Studio 2008
Mobile Programming Pertemuan 8 Presented by Mulyono Poltek NSC Surabaya.
Mobile Programming Intro Android.
Membuat Macro.
Graphical User Interface (GUI)
High Level User Interface
Perancangan Formulir Pertemuan 11 s.d 12
Operating System Teknik Produksi dan Penyiaran Program Radio Kelompok Teknologi Informasi dan komunikasi Penyusun : Ahadiat,S.ST Dadang Abdurrakhman,S.Pd.
Algoritma & PEMROGRAMAN 2B (Visual basic)
MIDP High-Level User Interface
Oleh Arief Bahtiar dan Tim
KONSEP DASAR APLIKASI LOTUS NOTES
MIDlet User Interface (2)
Struktur Kode Program MIDlet
KONSEP DASAR APLIKASI LOTUS NOTES
As’ad Djamalilleil Intent As’ad Djamalilleil
Menu.
Mobile Teknologi Pertemuan 3
Pertemuan 1 Pemrograman Visual Intro ‘n Delphi Intro
Pemrograman Terstruktur I dengan Delphi
Android AN’ ANQINUDIN L.,S.Kom.
Diskusi Pertemuan 4 Anggota : Kukuh Prasetyo Adhi ( ) Warsito Aji ( ) Karima Dewi R ( ) Alfano Kurniawan W ( ) Bagus.
Pengenalan Pemrograman Mobile PART 3.
Pemrograman Mobile Kelompok Pertemuan 4.
Pemrograman Mobile 2 Pertemuan 4.
P E R T E M U A N 5 FRAGMENT.
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Kelompok 1 Rizky Aditya
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Nur Dwi Ramadani ( )
Pemrograman Mobile Kelompok Nur Dwi Ramadani
Android Multimedia Anggota kelompok: Kukuh Prasetyo Adhi ( )
Notification dialog intent
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2
Dialog Intent & Notification
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Dina Murniati Putri (NIM )
Notification, Dialog, dan Intent
Penerapan Notification,Dialog dan Inten
FRAGMENT Pemrograman Mobile 2 Disusun Oleh :
Pengenalan Pemrograman Mobile PART 5 - FRAGMEN.
Kelompok 3 Khoerul Umam Dwi Yulianto K.W
9 Mobile Computing 2 SKS Dedy Alamsyah, S.Kom..
ANALISA DAN PERANCANGAN
Penerapan Notification, Dialog & Intent Pada Program Android Studio
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Moh.Solahudin ( )
Mobile Computing Fery Updi, M.Kom..
INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER HUMAN COMPUTER INTERACTION.
FRAGMENT PEMROGRAMAN MOBILE 2.
Dialog, NOTIFICATion, Intent
Pemrograman Perangkat bergerak Dosen: RBD
PEMROGRAMAN MOBILE 1 RPS 8
Pokok Bahasan Registrasi Pengguna MDN Pelaporan Verifikasi.
Transcript presentasi:

Permograman Mobile 2 Notification, dialog, dan intent. Nama Anggota Kelompok: • Dina Murniati Putri (NIM.15.11.0292) • Erlangga Putra Buana (NIM.15.11.0294) • Irvinda Yudha Febrian (NIM.15.11.0295) • Nugraga Dani Aji (NIM.15.11.0290) • Rahman Al Firous (NIM.15.11.0285) • Tegar Juniar Wibowo (NIM.15.11.0291)

Pendahuluan Seringkali kita memakai apliakasi terdapat event-event yang memberitahukan user dalam menggunakan aplikasi tersebut. Event-Event itu dapat berupa peringatan, pemberitahuan, konfirmasi, atau berpindah antar form atau User Interface baru. Berikut akan kami jelaskan mengenai apa itu Notification, Dialog, dan Intent beserta contoh penerapan kedalam software aplikasi.

Notification Notification adalah salah fitur pada perangkat Android, yang akan menampilkan antar muka (User Interface) baik berupa pesan pemberitahuan, icon, text, background proses, dll., yang dapat kita lihat pada status bar. Kemudia user atau pengguna Android, dapat mengusap ke bawah (meng-expand), lalu memilih notifikasi tersebut, untuk melihat lebih detail lagi tentang informasi, salah satu notification tersebut.

Membuat Notifikasi Menetapkan informasi dan tindakan UI bagi pemberitahuan dalam objek NotificationCompat.Builder. Untuk membuat pemberitahuan itu sendiri, panggil NotificationCompat.Builder.build(), yang akan mengembalikan objek Notification berisi spesifikasi Anda. Untuk mengeluarkan pemberitahuan, Anda meneruskan objek Notification ke sistem dengan memanggil NotificationManager.notify(). Objek Notification harus berisi yang berikut ini: Ikon kecil, yang diatur dengan setSmallIcon() Judul, yang diatur dengan setContentTitle() Teks detail, yang diatur dengan setContentText()

Dialog Dialog adalah jendela kecil yang meminta pengguna untuk membuat keputusan atau memasukkan informasi tambahan. Dialog tidak mengisi layar dan biasanya digunakan untuk kejadian modal yang mengharuskan pengguna untuk melakukan aksi sebelum bisa melanjutkan. Kelas Dialog adalah kelas basis untuk dialog, namun Anda harus menghindari pembuatan instance Dialog secara langsung. Sebagai gantinya, gunakan salah satu subkelas berikut: AlertDialog : Dialog yang bisa menampilkan judul, hingga tiga tombol, daftar item yang dapat dipilih, atau layout khusus. DatePickerDialog atau TimePickerDialog : Dialog berisi UI yang sudah didefinisikan dan memungkinkan pengguna memilih tanggal atau waktu.

Contoh dialog

Kelas dialog Kelas-kelas ini mendefinisikan gaya dan struktur dialog Anda, namun Anda harus menggunakan DialogFragment sebagai kontainer dialog Anda. Kelas DialogFragment menyediakan semua kontrol yang Anda perlukan untuk membuat dialog dan mengelola penampilannya, sebagai ganti memanggil metode pada objek Dialog.

AlertDialog. Builder builder = new AlertDialog. Builder( AlertMain AlertDialog.Builder builder = new AlertDialog.Builder( AlertMain.this); builder.setTitle("Contoh Alert"); builder.setMessage("Alert dengan 1 Action Button "); builder.setPositiveButton("OK", new DialogInterface.OnClickListener() { public void onClick(DialogInterface dialog, int which) { Log.e("info", "OK"); }

Intent Intent adalah suatu perintah java di dalam bahasa pemrograman Android yang digunakan untuk berpindah dari layout activity sekarang ke activity lain. Intent merupakan suatu pesan yang digunakan untuk mengaktifkan tiga komponen dasar pada aplikasi Android yaitu Activity, Service, dan Broadcast Receiver. Aktifasi pada komponen-komponen tersebut bisa terjadi pada aplikasi yang sama atau berbeda, seperti menjalankan Activity, inisiasi Service, atau pengiriman pesan kepada Broadcast Receiver. Pada saat terjadi komunikasi antar komponen, Intent menyimpan paket informasi yang digunakan pada proses tersebut.

Berikut ini adalah beberapa contoh mekanisme pengiriman Intent pada masing-masing jenis komponen Object Intent untuk menjalankan Activity baru atau memerintahkan Activity melakukan sesuatu dengan mempassing object Intent pada fungsi Context.startActivity() atau Acvity.startActivityForResult(). Object Intent untuk menginisiasi sebuah Service baru atau melakukan sesuatu pada Service yang sedang berjalan dengan mempassing object Intent pada fungsi Context.startService(). Object Intent untuk mengirimkan pesan kepada seluruh Broadcast Receiver dengan mempassing object Intent pada fungsi Context.sendBroadcast(), Context.sendOrderedBroadcast(), atau Context.sendStickyBroadcast().

Intent untuk melakukan aktifitas tertentu Intent dapat memanggil aplikasi lain untuk mengerjakan aktifitas tertentu, seperti memanggil aplikasi Gmail untuk mengirim email, aplikasi browser seperti Opera atau Chrome untuk membuka halaman website, atau aplikasi Maps untuk menampilkan lokasi pada peta. Beberapa contoh pemanfaatan Intent untuk melakukan aktifitas tertentu dengan bantuan aplikasi lain : Intent untuk mengirim email Intent untuk membuka halaman website Intent untuk menampilkan lokasi pada peta

Alur program untuk intent Program dijalankan. Menampilkan Halaman Utama (MainActivity) dengan 2 tombol untuk menuju halaman ke dua dan tombol keluar. Klik tombol Menuju Halaman Kedua – maka aplikasi akan menampilkan Halaman Kedua (ActivityKedua). Di Halaman Kedua, Klik tombol Menuju Halaman Utama – maka aplikasi akan kembali menampilkan tampilan layar halaman utama. Klik tombol Keluar – maka akan keluar aplikasi. Selesai.