:: PRAKTIKUM CAD / CAM # 15 :: JURUSAN TEKNIK OTOMOTIF FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI PADANG http://pakdwi.edu.tf :: PRAKTIKUM CAD / CAM # 15 :: 3D EDITING Dwi Sudarno Putra, ST
MENU STANDARD 3D EDITING INTERSECT & INFERENCE REVOLVE 3D ALIGN & UNION SUBTRACT, SECTION & SLICE
MENU STANDARD 3D EDITING INTERSECT & INFERENCE REVOLVE 3D ALIGN & UNION SUBTRACT, SECTION & SLICE
STANDARD 3D EDITING Editing standard 3D yang dimaksud adalah editing yang sama dengan editing terhadap objek 2D, misalnya: Move & Copy. Stepnya hampir sama dengan editing terhadap 2D Selain itu ada beberapa Editing Objek yang khusus 3D yang bisa kita akses melalui langkah: modify3D Operation yakni perintah : 3D Array Mirror 3D Rotate 3D Align
MENU STANDARD 3D EDITING INTERSECT & INFERENCE REVOLVE 3D ALIGN & UNION SUBTRACT, SECTION & SLICE
INTERSECT Fungsi memperoleh sebuah objek baru yang dibentuk oleh beberapa objek yang saling bertumpang-tindih (berintersection) Contoh stepnya: Buat 2 objek silinder r.alas=0.5, t=2 Susun 2 silinder seperti gambar di samping Klik menu modifysolid editingintersect lalu tekan enter
INFERENCE Fungsi hampir sama dengan intersect hanya saja objek aslinya tetap ada Contoh stepnya: Buat 2 objek silinder r.alas=0.5, t=2 Susun 2 silinder seperti gambar di samping Klik menu drawsolid editinginterference Klik objek silinder 1, kemudian silinder 2 Akhiri dengan enter 2 kali Ketik Y untuk mengkonfirmasi pembuatan objek interfere Move objek hasil interfere untuk memisahkan hasil intersectnya
MENU STANDARD 3D EDITING INTERSECT & INFERENCE REVOLVE 3D ALIGN & UNION SUBTRACT, SECTION & SLICE
REVOLVE Fungsi menghasilkan objek 3D dari sebuah objek 2D dengan cara diputar mengelilingi poros tertentu Contoh stepnya: Buat gambar 2D dari polyline tertutup (atau dengan PEDIT) Pilih menu DrawRevolve Klik pada Polyline kemudian tekan enter Pilih referensi poros X atau Y Kemudian masukkan jauhnya pemutaran (misal 45o)
MENU STANDARD 3D EDITING INTERSECT & INFERENCE REVOLVE 3D ALIGN & UNION SUBTRACT, SECTION & SLICE
3D ALIGN Fungsi menyesuaikan sebuah objek sumber terhadap objek lainnya sebagai objek tujuan.
3D ALIGN Contoh: Buat Cylinder dengan jari-jari alas 1 dan tinggi 3 Buat Cone dengan jari-jari alas 1.5 dan tinggi 1
3D ALIGN TIPS! Klik Modify3D OperationAlign Lalu klik pada Cone Kemudian tekan enter Pilih titik tengah alas cone sebagai first source point dan kemudian titik tengah dari tutup atas silinder sebagai destination point lalu akhiri dengan enter TIPS! AGAR LEBIH MUDAH AKTIFKAN OSNAP TERLEBIH DAHULU
UNION Fungsi menggabungkan beberapa objek menjadi satu kesatuan D C B Contoh stepnya: Buat 4 objek 3D solid silinder masing masing dengan jari-jari alasnya A= 0.5;B=1;C=1.5; dan D=2 cm tingginya sama yaitu 1cm Dengan teknik Align susun ke 4 silinder seperti gambar di samping Lakukan union, klik menu modifysolid editingunion Klik pada keempat silinder kemudian tekan enter Untuk membuktikan bahwa keempat silinder sudah menyatu, klik pada salah satu silinder maka semua silinder akan terseleksi. B C A D
MENU STANDARD 3D EDITING INTERSECT & INFERENCE REVOLVE 3D ALIGN & UNION SUBTRACT, SECTION & SLICE
SUBTRACT Fungsi mengurangi/melubangi sebuah objek 3D Solid dengan objek 3D Solid yang lain. Contoh stepnya: Gunakan susunan silinder pada step union dan buat sebuah Box solid dengan ukuran 5 x 5 x 4. Susun silinder dan box seperti gambar di samping Klik menu modifysolid editingsubtract Klik pada box (solid yang akan di subtrack) kemudian tekan enter Klik pada silinder (solid yang mensubtract) kemudian tekan enter untuk mengakhiri subtract Lakukan Render untuk mengetahui hasilnya
SECTION Fungsi membuat section/potongan dari sebuah rancangan objek 3D Contoh step 3 point Section: Gunakan objek 3D hasil subtract silinder dan Box pada materi sebelumnya Klik menu drawsolidssection Pilih objek 3D yang akan di ambil potongannya (klik pada objek) Ketik 3 Points kemudian tekan enter atau langsung klik pada ke tiga titik di posisi 1, 2 dan 3 Maka akan muncul tampilan seperti di samping Bila kita pisahkan maka kita akan melihat hasil potongannya 2 1 3
SLICE Fungsi membentuk objek solid baru yang tidak baku dengan cara memotong sebuah objek menjadi 2 bagian Contoh object slice / memotong dengan objek: Gunakan objek 3D pembahasan materi subtarct Untuk memasukkan objek pemotong ketik UCS Diikuti dengan ketik 3 lalu tekan enter Lalu klik di 1, 2 dan 3. maka sumbu koordinat akan berpindah Gambar sebuah lingkaran dengan r=2 dan pindahkan ke tengah objek 3D solid 2 1 3
SLICE Fungsi membentuk objek solid baru yang tidak baku dengan cara memotong sebuah objek menjadi 2 bagian Contoh object slice / memotong dengan objek: Klik DrawSolidsSlice Pilih objek 3D solid yang akan di Slice kemudian tekan enter Ketik O kemudian enter lalu lanjutkan dengan klik pada lingkarannya Ketik B untuk menghasilkan ke dua objek yang dipotong untuk mengetahui berhasil tidaknya slice pindahkan salah satu bidang 3D hasil slice
That’s all for today