UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TANTRI WIDHA RAHAYU 29103145
Meningkatkan hasil belajar IPS dengan penerapan model Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media gambar pada siswa kelas 4 SDN Barukan 02 Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang semester 2 tahun 2016/2017. TUJUAN PENELITIAN
Senang merasakan atau melakukan sesuatu secara langsung. Senang bermain. Senang berkelompok. Senang bergerak. Senang merasakan atau melakukan sesuatu secara langsung. KARAKTERISTIK SISWA
HASIL BELAJAR DALAM IPS Hasil belajar dalam IPS adalah perubahan tingkah laku peserta didik yang didalamnya mencangkup bidang kognitif, afektif dan psikomotorik, karena telah mencapai penguasaan dari sejumlah bahan atau materi IPS yang diberikan dalam proses belajar mengajar yang dapat diamati dan diukur.
Model Pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) Berbantuan Media Gambar Teams Game Tournament (TGT) merupakan model pembelajaran kooperatif dengan membentuk kelompok-kelompok dan memaikan permainan dengan anggota kelompok lain untuk memperoleh skor bagi tim mereka dalam bentuk pertanyaan yang berkaitan dengan materi pembelajaran. Teams Game Tournament (TGT) berbantuan media gambar yaitu pembelajran dengan membentuk kelompok-kelomok dan memainkan permainan dengan kelompok lain dengan berbantuan media gambar yang dapat mempermudah siswa dalam melakukan permainan akademik.
SINTAK TAHAP 1 TAHAP 2 TAHAP 3 TAHAP 4 TAHAP 5 Penyajian Kelas / Class Presentation TAHAP 2 Belajar Kelompok / Teams TAHAP 3 Permainan/ Games TAHAP 4 Turnamen TAHAP 5 Penghargaan
JENIS PENELITIAN Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas / PTK (classroom action research).Penelitian ini dilakukan melalui 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 3 tahap meliputi: Perencanaan Tindakan Observasi serta refleksi
Setting dan karaktristik objek penelitian SD N Barukan 02, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang Dalam penelitian ini analisis data dilakukan dengan menggunakan bebrapa teknik yaitu Uji Validitas dan Uji Reliabilitas
Data Hasil Belajar Pra siklus, Siklus I, Siklus II Tuntas 10 12 16 Tidak tuntas 7 5 1 Nilai maksimal 80 85 95 Nilai minimal 50 70
KESIMPULAN Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan peneliti dapat membuat kesimpulan bahwa model pembelajaran Teams Games Tournamen (TGT) berantuan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar materi IPS kelas IV SDN Barukan 02. hasil belajar siswa kelas IV tahap pra siklus, siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Hasil belajar dari tahap pra siklus dengan KKM yang telah di tentukan guru yaitu ≥ 71 dari 17 siswa terdapat 8 siswa yang tuntas dan 9 siswa tidak tuntas. Pada siklus I dari KKM yang sudah ditetapkan ada 12 siswa yang sudah tuntas dan 5 siswa yang tidak tuntas. Dan pada siklus II dari 17 siswa ada 16 siswa yang tuntas dan 1 siswa yang tidak tuntas. penelitian ini sudah dinyatakan berhasil karena ketuntasan telah mencapai 94% sedang indikator yang ditetapkan hanya 80%.