Klompok 2 Dedi wahyudi ( ) Muhammad ichan ( )

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
3 – Activity and Intent Willy, M.Kom.
Advertisements

Membuat Class Sendiri Atribut Pertemuan : Object Oriented Programming.
Free Powerpoint Templates Page 1 Free Powerpoint Templates Mobile Computing Dengan Android Pertemuan 7 View Component Oleh: Adam Arif Budiman STMIK Bani.
Struktur Project Android
Mobile Programming Pertemuan 3 Presented by Mulyono
Pengaktifan Activity secara Explicit
Mobile Programming Intro Android.
UI Controls dengan Widget TextView, EditText dan Button
Pemrograman Mobile Android # 11
Pengelolaan Database Lanjutan
Inheritance Pertemuan 8
Content Provider pada Android
Identifier, Keyword, dan Tipe data
Pemrograman Bergerak Pembuatan Service 1.
JFC dan Swing U Abd. Rohim, MT mailto:
Struktur Class Java Android
Pemrograman Perangkat Mobile
Pengelolaan Database Lanjutan 2
As’ad Djamalilleil Struktur Android As’ad Djamalilleil
As’ad Djamalilleil Intent As’ad Djamalilleil
Tipe Data, Variabel, dan Operator
Pemrograman Bergerak Pembuatan Activity 1.
Layouting Tampilan Pengenalan Layout Android
Mekanisme penyimpan data pada Android
Komponen GUI Menambahkan Komponen.
Mobile computing – Android Activity dan Intent
Pemrograman Berorientasi Object
Content Provider pada Android
Pemrograman Berorientasi Object
Pertemuan 3 : Komponen Aplikasi Android
Android multimedia Anggota : Ragil Setiawan ( )
Diskusi Pertemuan 4 Anggota : Kukuh Prasetyo Adhi ( ) Warsito Aji ( ) Karima Dewi R ( ) Alfano Kurniawan W ( ) Bagus.
P E R T E M U A N 5 FRAGMENT.
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Moh.Solahudin ( )
Komponen Aplikasi Android
KELOMPOK 1 : PEMROGRAMAN MOBILE PERTEMUAN KE 3
Pemrograman Mobile Kelompok Nur Dwi Ramadani
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2
Anggota Kelompok: 1. Rinta Setyo Nugroho 2. Anan Ar Rozzaq
PEMROGRAMAN MOBILE 2 KELOMPOK 7 TI 15 D.
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Dina Murniati Putri (NIM )
Notification, Dialog, dan Intent
FRAGMENT KELOMPOK 3 Abdurahman Agung Edi W Eko Prasetyo Fahrul Rosi
Penerapan Notification,Dialog dan Inten
FRAGMENT Pemrograman Mobile 2 Disusun Oleh :
Kelompok 3 Khoerul Umam Dwi Yulianto K.W
Pemrograman Mobile Kelompok Pertemuan 5.
Pengenalan Pemrograman Mobile PART 5 - FRAGMEN.
KELOMPOK 6 Ragil Setiawan Muhamad Ma’ruf Siti Roudhotul Janah
Kelompok 3 Khoerul Umam Dwi Yulianto K.W
Fragment Nama anggota : Andian Ramadhan
FRAGMENT Nama anggota :
PERTEMUAN 5 KELOMPOK 2.
PMO Pertemuan Ke 5 Fragment
Webservice mobile Nama Kelompok : Ragil Setiawan ( )
ANDROID LOCATION BASED SERVICE
Mobile Programming Intent dan Activity.
Mobile Programming Folder Resources (Res) dan tata kelolanya
PEMROGRAMAN MOBILE 1.
PEMROGRAMAN MOBILE PERTEMUAN KE-5
PEMROGRAMAN MOBILE I KELOMPOK 4
Arif Risqiantoro Dadang wahyu utomo Isnan aditia
FRAGMENT PEMROGRAMAN MOBILE 2.
Dialog, NOTIFICATion, Intent
Pemrograman Perangkat bergerak Dosen: RBD
Pemrograman Perangkat bergerak Dosen: RBD
Pemrograman Berorientasi Objek
Pemrograman Perangkat bergerak Dosen: RBD
PEMROGRAMAN MOBILE 1 PERTEMUAN 4
Komponen activity Dosen: Maimun, S.T., M.T.. 1. Activity Kegiatan apa yang akan ditampilkan dan dilakukan user pada sebuah window Berisi lifecycle / daur.
Transcript presentasi:

Klompok 2 Dedi wahyudi ( 15.11.0060 ) Muhammad ichan ( 15.11.0061 ) Anggi pradana ( 15.11.0064 ) Taufik hidayat ( 15.11.0069 ) Novianto ( 15.11.0074 )

Fragment Fragment Merupakan Bagian Dari UI Dalam Activity. Kita Dapat Menggabungkan Beberapa Fragment Dalam Activity Untuk Membuat Multi-pane UI.Ada Beberapa Hal Yang Kamu Perlu Tahu Tentang Fragment Yaitu, Fragment Memiliki Siklus Hidup(lifecycle) Sendiri, Dapat Proses Event Sendiri, Dan Dapat Ditambah Atau Dihapus Ketika Activity Sedang Jalan. Anda Bisa Mengombinasikan Beberapa Fragmen Dalam Satu Aktivitas Untuk Membangun UI Multipanel Dan Menggunakan Kembali Sebuah Fragmen Dalam Beberapa Aktivitas.

Cara membuat fragment Dalam ACTIVITY

Pada Bagian Activity_main Pada Bagian Activity_main.xml , Karena Kita Menggunakan Fragment , Kita Menggunakan Framelayout , Untuk Menumpukan Atau Overlaping View. Disini Kita Pindahkan Ke Dalam Activity_main,xml. Sebagai Placeholder, Nilai Atribut Id Bernama Frame_content. Android:id="@+id/Frame_content“

Pada Bagian Mainactivity.Java Package Com.Okedroid.Contohfragment; Import Android.Os.Bundle; Import Android.Support.V4.App.Fragmentmanager; Import Android.Support.V4.App.Fragmenttransaction; Import Android.Support.V7.App.Appcompatactivity; Public Class Mainactivity Extends Appcompatactivity {     @Override     Protected Void Oncreate(bundle Savedinstancestate) {         Super.Oncreate(savedinstancestate);         Setcontentview(r.Layout.Activity_main);         Fragmentmanager Fragmentmanager = Getsupportfragmentmanager();         Fragmenttransaction Transaction = Fragmentmanager.Begintransaction();         Fragmentpertama Fragmentpertama = New Fragmentpertama();         Transaction.Add(r.Id.Frame_content, Fragmentpertama);         Transaction.Addtobackstack("fragmentpertama");         Transaction.Commit();     } }

Pada Bagian Pertama Fragment , Di Layout.Xml <?Xml Version="1.0" Encoding="utf-8"?> <Relativelayout Xmlns:android="http://Schemas.Android.Com/Apk/Res/Android" Android:layout_width="match_parent" Android:layout_height="match_parent" Android:background="#43a047" > <Button Android:text="masuk Ke Fragmentkedua" Android:layout_width="wrap_content" Android:layout_height="wrap_content" Android:layout_centervertical="true" Android:layout_centerhorizontal="true" Android:id="@+id/Button1" Android:textallcaps="false"/> <Textview Android:text="belajar Di Okedroid.Com" Android:layout_width="wrap_content" Android:layout_height="wrap_content" Android:layout_marginbottom="78dp" Android:id="@+id/Textview" Android:textsize="24sp"  Android:layout_alignparentbottom="true“ Android:layout_centerhorizontal="true“ /> </Relativelayout>

Fragmentpertama.Java Package Com.Okedroid.Contohfragment; Public View Oncreateview(layoutinflater Inflater, Viewgroup Container, Bundle Savedinstancestate) { View View = Inflater.Inflate(r.Layout.Fragment_pertama, Container, False);         ((Mainactivity) Getactivity()).Getsupportactionbar().Settitle("fragment Pertama");         ((Mainactivity) Getactivity()).Getsupportactionbar().Setsubtitle("(fragment_pertama.Xml)");         ((Mainactivity)getactivity()).Getsupportactionbar().Setdisplayhomeasupenabled(false);         Buttonsatu = (Button) View.Findviewbyid(r.Id.Utton1);         Return View;  }   @Override             Public Void Onclick(view View) {                 Fragmentkedua Fragmentkedua = New Fragmentkedua();                 Getfragmentmanager().Begintransaction()                         .Replace(r.Id.Frame_content, Fragmentkedua)                         .Addtobackstack(null)                         .Settransition(fragmenttransaction.Transit_fragment_open)                         .Commit();             } }); } } Package Com.Okedroid.Contohfragment;  Import Android.Os.Bundle; Import Android.Support.V4.App.Fragment; Import Android.Support.V4.App.Fragmenttransaction; Import Android.View.Layoutinflater; Import Android.View.View; Import Android.View.Viewgroup; Import Android.Widget.Button; Class Fragmentpertama Extends Fragment {     Private Button Buttonsatu;     Public Fragmentpertama() {     }   @Override

UI FLEXIBLE dengan FRAGMENT Saat Mendesain Aplikasi Untuk Mendukung Berbagai Ukuran Layar, Anda Bisa Menggunakan Kembali Fragmen Dalam Konfigurasi Layout Berbeda Untuk Mengoptimalkan Pengalaman Pengguna Berdasarkan Ruang Layar Yang Tersedia.

Pada Layar Besar, Kedua Fragmen Muat Dari Sisi Ke Sisi, Tetapi Pada Perangkat Handset, Hanya Satu Fragmen Muat Dalam Satu Waktu, Jadi Fragmen Harus Menggantikan Satu Sama Lain Seiring Pengguna Bernavigasi. Kelas Fragmentmanager Menyediakan Metode Yang Mengizinkan Anda Untuk Menambahkan, Membuang, Dan Mengganti Fragmen Ke Sebuah Aktivitas Pada Waktu Proses Untuk Menciptakan Pengalaman Dinamis.

COMMUNICATING WITH OTHER FRAGMENTS Agar Fragmen Dapat Berkomunikasi Sesuai Dengan Aktivitasnya, Anda Dapat Menentukan Sebuah Antarmuka Di Kelas Fragment Dan Menerapkannya Di Dalam Activity. Fragmen Menangkap Implementasi Antarmuka Selama Metode Siklus Hidup Onattach () Dan Kemudian Dapat Memanggil Metode Antarmuka Untuk Berkomunikasi Dengan Aktivitas.

Contoh komunikasi fragment to activity Public Class Headlinesfragment Extends Listfragment {     Onheadlineselectedlistener Mcallback;     // Container Activity Harus Mengimplementasikan Interface Ini    Public Interface Onheadlineselectedlistener {         Public Void Onarticleselected(int Position);     }     @Override     Public Void Onattach(activity Activity) {         Super.Onattach(activity);         // Ini Memastikan Bahwa Aktivitas Penampung Telah Dioperasikan // Interface Callback. Jika Tidak, Ini Membuang Pengecualian         Try {             Mcallback = (Onheadlineselectedlistener) Activity;         } Catch (Classcastexception E) {             Throw New Classcastexception(activity.Tostring()                     + " Must Implement Onheadlineselectedlistener");         }     } }        

Sekarang Fragmen Tersebut Dapat Mengirimkan Pesan Ke Aktivitas Dengan Memanggil Metodearticleselected () (Atau Metode Lain Di Antarmuka) Dengan Menggunakan Instance Mcallback Dari Antarmuka Onheadlineselectedlistener.

S e k I a n . . . . . . . T e r I m a k a s I h