(BEBERAPA ASPEK TENTANG IBADAH DAN AKHLAK)

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Click to edit Master text styles –Second level Third level –Fourth level »Fifth level BAB VI MANAJEMEN BISNIS ISLAMI ekonomi.
Advertisements

Materi Al Qur’an Hadits
EKOSISTEM DALAM PERSPEKTIF AL QUR’AN
BAB 4 TAUBAT DAN RAJA’.
Bab IV Tanggung Jawab Manusia Sebagai Khalifah dan Hamba Alloh SWT
Pendidikan Agama Islam
AL-ISLAM KEMUHAMMADIYAHAN
KELOMPOK 2 ANISA KHAFIDA MADINATUL MUNAWAROH NURUL HASANAH
KEKUASAAN ADALAH AMANAH ALLAH S. W
BAB I Al-Baqarah; 30, al-Mu’minun; 12-14, az-Zariyat; 56, an-nahl; 78
 Abdul Ghofur  Setiawan Gusmadi  Tedi Hendrawan  Afniati Fitriah Duru  Indra arif bismantoro
Manusia dan Agama.
18 November 2013 Kafetaria FKUI Staf Ahli Pembinaan Internal- BPH-MPP FSI LEADERSHIP CAMP.
Ma’rifatul Insan Kompetensi Dasar : Mengetahui asal usul manusia
SEJARAH DAKWAH RASUALLAH SAW PERIODE MEKKAH
 Kata sains adalah terminologi bahasa Inggris “science” yang berarti pengetahuan ilmiah. Sedangkan dalam bahasa Arab kata “ilmu” berarti pengetahuan.
Pertemuan Ke 3 dan 4 Hakikat Manusia dalam Pandangan Islam
BAB I IBADAH DALAM ISLAM.
Tugasnya sebagai khalifah di bumi
RUANG LINGKUP AJARAN ISLAM AKIDAH (TAUHID)
BAB II IMAN DAN TAQWA.
Penanggulangan Bencana dalam Perspektif Islam “Spirit AL-MAUN dan Aktivisme Kemanusiaan Muhammadiyah” Rapat Kerja Nasional PP ‘Aisyiyah Lembaga Lingkungan.
KEBIJAKAN NASIONAL PENDIDIKAN KARAKTER 2011
BERIMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
    
Oleh: Rohmansyah, S.Th,I., M.Hum
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
MATA KULIAH TAUHID AQIDAH AKHLAK Dosen : Sarah Wulan, S.Ag, M.Pd
MENGENAL ALLAH Melalui asmaul husna
Dosen Pembimbing : DR. Tgk. Anwar, ST. M.Ag. MT.
KONSEP HUKUM ALAM Manusia, Ekosistem, harmonisasi dengan alam dan lingkungan kehidupan Oleh: Hafizh Budiman Irfan Aktori Abdillah.
BIODATA NAMA : SUPRIYADI,SPd.I TTL : PURWOREJO,14 SEP 1976 ALAMAT : PERUM SALSABILA 2 JATISARI, JATI ASIH, BEKASI TELP/HP :
ZAT DAN SIFAT TUHAN SERTA TAUHID RUBUBIYAH DAN TAUHID ULUHIYAH
IMAN PADA ALLAH SWT SMKN 22 JAKARTA Oleh : Miswan, S.Ag.S.Kom.
PERSENTASI KARYA ILMIAH AGAMA
Kontribusi Agama dalam Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Riset
[”Katakanlah: “Dialah Allah Yang Maha Esa [”Katakanlah: “Dialah Allah Yang Maha Esa. Allah adalah Tuhan yang bergantung kepadaNya segala sesuatu.
IMUNISASI MR.
Ulangan Harian Pendidikan Agama Islam
BAB 8 IMAN KEPADA MALAIKAT.
MATA KULIAH TAUHID AKIDAH AKHLAK Dosen: Sarah Wulan, S.Ag, MPd
MANUSIA DAN TUGASNYA SEBAGAI KHALIFAH
EKSISTENSI MANUSIA.
HAKEKAT MANUSIA MENURUT ISLAM
HAKIKAT MANUSIA MENURUT ISLAM
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Oleh: Wawan Hermawan, M. Pd Novi Rizal Umam, S.Pd., M.Si
MATA KULIAH TAUHID AQIDAH AKHLAK
TITIS OCTARY SATRIO D4 TEKNIK INFORMATIKA A
Al Baqorah: 30 Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi." Mereka berkata:
Manusia Dan Malaikat ALLAH SWT
Kesempurnaan Islam.
By : 1. Rizal hartono 2.Muhammad fajar
Manusia & Nilai-nilai Kemanusiaan Oleh: Arianto Achmad
Assalamualaikum wr. Wb. Alik Murih Prabowo A
O. Solihin Blog: Akidah Islamiyyah Katakanlah: "Dia-lah Allah, Yang Maha Esa. Allah adalah Tuhan yang.
HAKIKAT MANUSIA MENURUT ISLAM
ASSALAMUALAIKUM.
AQIDAH UNIT 2 Kelas Bimbingan Dewasa.
Nabi Saw Abu Bakar R.a Umar R.a Ustman R.a Ali R.a (Perspektif Islam Mencari Figur Kepemimpinan Ideal Di Negara Demokrasi)
BAB 2 PENCIPTAAN DUNIA DAN MANUSIA SERTA PERKARA TERPENTING
BAB 1: AKHLAK MUSLIM TERHADAP AGAMA ISLAM
Diploma Pengajian Islam Andalus
Kepentingan Mengenal Diri
Surah Al-Alaq Dengan nama Allah, Yang Maha Pemurah, lagi Maha Mengasihani
O. Solihin Blog: Akidah Islamiyyah Katakanlah: "Dia-lah Allah, Yang Maha Esa. Allah adalah Tuhan yang.
BAB 2: MENJAGA AKHLAK TERHADAP ALLAH
PELAJARAN 15 ASAS AKIDAH ISLAM
AQIDAH ISLAM Kelas VII Semester I. A. PENGERTIAN AKIDAH ISLAM 1.Pengertian Akidah Islam Menurut Bahasa Akidah adalah kata sifat dalam bahasa Arab yang.
IMAN KEPADA MALAIKAT. 1. Pengertian malaikat Allah Kata ‘malaikat’ berasal dari kata malak, bentuk jamaknya adalah malaikah. Kata malak memiliki arti.
Transcript presentasi:

(BEBERAPA ASPEK TENTANG IBADAH DAN AKHLAK) RISALAH ISLAMIYAH (BEBERAPA ASPEK TENTANG IBADAH DAN AKHLAK)

RISALAH ISLAMIYAH AQIDAH ( SISTEM KEYAKINAN ) IBADAH ( SISTEM PENGHAMBAAN ) AKHLAK ( SISTEM MORAL ? )

SIFAT SISTEM KEYAKINAN (AQIDAH) ADALAH: TAUHIDULLAH ( RUBUBIYYAH, ULUHIYAH….) KEYAKINAN DI LUAR TAUHID ADALAH SYIRIK. SYIRIK ADALAH SISTEM KEYAKINAN YANG MENGAKUI EKSISTENSI “ YANG LAIN” DI SAMPING EKSISTENSI ALLAH SWT

SIFAT SISTEM PENGHAMBAAN (IBADAH) ADALAH : ITTIBA’ ( MENGIKUTI TATA CARA YANG DIATUR OLEH RASULULLAH) SISTEM PENGHAMBAAN DI LUAR ITTIBA’ ADALAH BID’AH

SISTEM MORAL ( AKHLAK ) ADALAH MAHMUDAH ( PERILAKU YANG BAIK) SISTEM MORAL DI LUAR MAHMUDAH ADALAH MAZMUMAH ( PERILAKU BURUK, JAHAT,…

IBADAH TERBAGI DUA MAHDHAH : METODA PELAKSANAAN ( KAIFIYAT )NYA SECARA RINCI TELAH DITENTUKAN RASULULLAH SYARAT DITERIMANYA IBADAH MAHDHAH ADALAH IKHLASH DAN ITTIBA’ “ PRINSIP DASAR DALAM IBADAH ADALAH HARAM ( TERLARANG ) KECUALI ADA DALIL YANG MEMERINTAHKANNYA”

GHAIRU MAHDHAH : METODE PELAKSANAANYA TIDAK DIATUR SECARA DETAIL OLEH RASULULLAH. SYARAT DITERIMANYA : 1. MENGHARAP KERIDHOAN ALLAH 2. TIDAK BERTENTANGAN DENGAN SYARI’AT ALLAH “PRINSIP DASAR DALAM HAL DILUAR IBADAH ADALAH IBAHAH (BOLEH) KECUALI ADA DALIL YANG MELARANG”

FUNGSI MANUSIA ABDUN, IBADURRAHMAN ( QS. 51;56, 25 ; 63-67, DLL) DAN AKU TIDAK MENCIPTAKAN JIN DAN MANUSIA MELAINKAN SUPAYA MEREKA MENYEMBAHKU

KHALIFATULLAH FI AL ARDH (QS. 2;30) INGATLAH KETIKA TUHANMU BERFIRMAN KEPADA PARA MALAIKAT: “SESUNGGUHNYA AKU HENDAK MENJADIKAN SEORANG KHALIFAH DI MUKA BUMI”. MEREKA BERKATA:” MENGAPA ENGKAU HENDAK MENJADIKAN (KHALIFAH) DI MUKA BUMI ITU ORANG YANG AKAN MEMBUAT KERUSAKAN PADANYA DAN MENUMPAHKAN DARAH, PADAHAL KAMI SENANTIASA BERTASBIH MEMUJI ENGKAU DAN MENSUCIKAN ENGKAU?” TUHAN BERFIRMAN:” SESUNGGUHNYA AKU MENGETAHUI APA YANG TIDAK KAMU KETAHUI”

LANDASAN BERFIKIR ALLAH ABID – MA’BUD MAKHLUK-KHALIQ ABID – MA’BUD MANUSIA ALAM KHALIFAH

AKHLAK MAHMUDAH TRANSEDENTAL ( ILAHIYYAH ) BERDASARKAN NILAI-NILAI DAN PRINSIP DARI ALLAH UNIVERSAL, BERLAKU SECARA UMUM (TANPA BATAS WAKTU DAN TEMPAT)