PEMBAHASAN SUMBER AJARAN ISLAM A.AL-QUR’AN Pengertian Al-qur’an Nama- nama Al-qur’an Masa dan sejarah penulisan Al-qur’an Fungsi dan peranan Al-qur’an Al-qur’an dan ilmu pengetahuan Kemukzizatan Al-qur’an metodologi memahami Al-qur’an Buku ajar Deden Makbullah, M.Ag, pendidikan agama islam,penerbit Gunung Pesagi,Bandar Lampung,2006 9/22/2018
BAB 3 SUMBER AJARAN ISLAM al-qur’an sebagai sumber ajaran islam Al-qur’an adalah kalam Allah yang diturunkan kepada nabi terakhir “Muhamad SAW” melalui malaikat jibril Al-qur’an diturunkan kepada nabi terakhir yaitu : Muhamad SAW, atau muhamad bin abdullah yang lahir di mekah th.571 m. Al-qur’an diturunkan oleh allah melalui perantara malaikat jibril yang diturunkan secara berangsur-angsur selama 22 tahun 2 bulan 22 hari. 9/22/2018
lanjutan Al-qur’an ditulis dalam lembaran – lembaran (huruf) yang berbeda – beda, ditulis batu. Al-qur’an diturunkan dari generasi – kegenerasi dalam keadaan tetap dan terjaga keaslianya. Al-qur’an dimulai dari surat al-fatihah dan ditutup dengan surat an – nas.al-qur’an tersusun, bacaanya, artinya tidak akan berubah sampai akhir zaman. Al-qur’an, membacanya bernilai ibadah dan setiap ibadah berpahala. Hikmahnya yaitu : agar umat islam senang membaca dan menjaga al-qur’an 9/22/2018
Al-kitab : dinamakn al-kitab karena “ditulis” dengan pena. B.NAMA-NAMA AL-QUR’AN Allah SWT,MENERANGKAN kitab-nya yang ditiurunkan kepada Nabi MUHAMAD SAW dengan beberapa nama : Al-qur’an Al-kitab : dinamakn al-kitab karena “ditulis” dengan pena. Al-furqon, antara yang hak yang batil Az-zikir artinya peringatan Tanzil artinya bahwa Al-qur’an benar-benar diturunkan oleh Allah SWT. Imam As – Suyuthy dalam kitabnya al-itqan menyebut nama –nama lain dalam al-qur’an diantaranya: Almubin , Al-karim, Al-kalam , dan An-nuur. 9/22/2018
C .massa turunya al-qur’an al-qur’an itu dua kali di turunkan peretama diturunkan secara langsung dari lauh mahfuzhke baitul “izzah di langit dunia. Turun pada malam al-qodar (q.s. al-qodar ./97:1-05) bulan ramadahan (qs.al-baqarah/2:185) keduanya diturunkan secara berangsur selama 22 tahun ,22 hari yat pertama turun adalah :surat al-alaq/96:1-5) ayat yang terakhir turun adalah surat al-maidah /5:3) 9/22/2018
Hikmah al-qur’an diturunkan kebumi Bagi rasulullah saw. lanjutan Hikmah al-qur’an diturunkan kebumi Bagi rasulullah saw. Meringankan beliau dalam menerima wahyu. Memudahkan beliau dalam menyelesaikan kandungannya serta mencontohkan pelaksanaanya. Meneguhkan hati beliau dalam menghadapi tantangan dakwah. 9/22/2018
Memudahkan mereka menghafalnya Memudahkan mereka memahaminya 2.Bagi umat Memudahkan mereka menghafalnya Memudahkan mereka memahaminya Mempersiapkan bangunan keyakinan qur’ani dengan landasan yang kokoh dan sempurna Membangun umat menuju bentuk yang sejati. Meneguhkan bagi mereka dan meringankan beban dalam perjuangan dakwah. 9/22/2018
D.Sejarah penulisan AL-QUR’AN Penulisan al-qur’an ,al-qur’an diwahyukan berangsur-angsur dari tahun 610-632 m,melalui perantara malikat jibril.setiap ayat turun nabi muhamad saw, memerintahkan kepada sahabat untuk menghafal dan menulisnya .mereka diantaranya : abu bakar, umar usman, ali bin abi thalib, zaid bin sabit, ubay bin ka’ab dan lain-lain. Mereka tulis pada kayu, pelepah kurma, batu, tulang orang dan lain-lain. Penulisan dibawah pengawasan rasulullah saw. 9/22/2018
Penulisan pada masa khalifah Abu Bakar . lanjutan Penulisan pada masa khalifah Abu Bakar . Abu bakar menjadi khalifah pertama (632- 634 m) Pe4nulisan pada masa khalifah usman. Pada masa usman khalifah usman bin affan penyebaran islam semakin luas,dan daleg yang digunakan, yaitu dialek quraisy,dengan dialek yang seragam dimasa usman itulah yang disebut mushaf usman. 9/22/2018
E.FUNGSI DAN PERANAN AL-QUR’AN Al-qur’an sebagai petunjuk hidup. Alqur’an diturunkan oleh allah swt kepada manusia adalah sebagai petunjuk setiap umat manusia untuk mencapai kedamaian dan kebahagiaan hakiki. Al-qur’an sumber berbagi informasi al- qur’an sebagaim petunjuk hidup, juga sebagai sumber dari segala informasi, baik informasi tentang hukum, sejarah, kehidupan dunia, hari kiamat, kehidupan di akhirat, maupu sumber dari segala sumber ilmu pengetahuan alam nyata dan alam ghaib. 9/22/2018
Al –qur’an sebagai obat lanjutan Al –qur’an sebagai obat Jika manusia menerima dan percaya al-qur’an, niscahya semua penyakit akan hilang, manusia akan tenang dan damai hidupnya. Firman allah “dan kami turunkan al-qur’an suatu yang menjadi obat dan rahmat bagi orang – orang yang beriman dan al-qur’an itu tidaklah menambah kepada orang – orang yqang zhalim selain kerugian “ (qs. Al-isra /17:82) 9/22/2018
Scara umum isi kandungan al-qur’an terdiri atas: F. KANDUNAGN AL-QUR’AN Al-qur’an terdiri dari 114 surat, 6256 ayat , 74-439 kalimat (kata) dan 323 .015 huruf. Scara umum isi kandungan al-qur’an terdiri atas: Pokok – pokok keyakinan/ keimanan/ akidah yang melahirkan ilmu kalam, ilmu tauhid, ilmu teologi. Pokok-pokok aturan atau hukum yang kemudian melahirkan ilmu hukum atau ilmu fikih. 9/22/2018
Pokok – pokok tentang ibadah mahalhah (pengabdian kepada allah) lanjutan Pokok – pokok tentang ibadah mahalhah (pengabdian kepada allah) Pokok – pokok aturan tingkah laku atau (ahlak ) Petunjuk tentang tanda- tanda alam yang menunjukan adanya allah. Petunjuk mengenai hubungan golongan kaya dan miskin. Sejarah para nabi dan umat yang terdahulu 9/22/2018
G. AL-QUR’AN DAN ILMU PENGETAHUAN Ayat al-qur”an yang pertama turun adalah surat al-alak / 96:1-5 Dengan membaca ayat tersebut manusia dapat mengenal allah melalui ciptaanya dan memperoleh pengetahuan yang luas. Kata- kata : ya qilun (pengembnagan potensi akal) Yatakkarun (pengembnagan potensi pikir) Yanzburun) pengembnagan potensi nalar) 9/22/2018
Ya’lamun (pengembangan pengetahuan) lanjutan Ya’lamun (pengembangan pengetahuan) Ululalbab (pengembangan potensi pikir dan zikir secara seimbang) Allah swt menurunkan al-qur’an karena menghendaki manusia unggul ahklaknya dan unggul pengetahuanya yang kelak dapat membawa manusia bahagia di dunia dan akhirat. 9/22/2018
H .kemukzizat al-qur’an Mukzizat al-qur’an : keajaiban yang luar biasa disertai tantangan dan selamat dari perlawanan. Kemukzizatan dari segi bahasa .al-qur’an dari segi bahasa, menunjukan bahwa al-qur’an adalah segala sesuatu hal diluar kemampuan manusia . Kemukzizatan ilmiah .kemukzizatan ilmiah Al-qur’an terletak pada doronganaya untuk berfikir dan menggunakan akal. Kemukzizatan ilmiah dan diluar kemampuan manusia. Kemukzizatan.Informasi tentang masa lalu, maupun masa yang akan datang hingga informasi tentang hari kiamat. Al-qur’an dilihat dari berbagai segi adalah mukzizat, untk membuktikan kemukjizatannya al-qur’an menantang siapapun yang masih meragukannya.al-qur’an adalah wahyu allah, firman allah . 9/22/2018
I. Metodologi memahami al-qur’an Tejemah .terjemah adalah : menyalin atau memindahkan dari satu bhasa kebahasa lain. Terjemahan al-qur’an berarti : menyalin atau memindahkan dari bahasa al-qur’an ke bahasa lain secara umum ada dua model yaitu : Terjemah harfiah yaitu : menerjemahkan “bahasa” al-qur’an kata atau perkata kedalam bahasa al-qur’an dan bahasa sendiri . Terjemah makawiyah adalah yaitu : menterjemahkan makna “kandungan” bahasa al-qur’an secara terperinci dan benar berdasarkan keyakinan-keyakinan penerjemah walaupun secara harfiahnya tidak cocok dengan teksnya. 9/22/2018
Materi tafsir, semua ayat boleh di tafsirkan keculi : TAFSIR tafsir secara bahasa adalah : penjelasan atau pengungkappanya. Menurut az-zamaksyari, tafsir adalah : pengetahuan untuk memahami kitabbullah yang diturunkan allah kepada nabi Muhamad SAW. Yang menjelaskan maknanya, mengeluarkan hukum-hukum dengan hikmah-hikmahnya. Menurut dr. quraish shibab ada dua hal ayang harus diperhatikan dalam penafsiran al – qur’an yaitu : Materi tafsir, semua ayat boleh di tafsirkan keculi : Ayat yang tidak mungkin dijangkau pengertianaya, seperti alif laam miim, shod, dan qaaf di awal surat . Ayat yang di ketahui secra umum artinya, tetapi tidak dapat di jangkau ke dalam maknanya oleh fikiran manusia, seperti masalah penafsiran (hal-hal yang tidak dapat dipahami secara fisik) 9/22/2018
Orang yang menafsirkan harus memiliki syarat: lanjutan Orang yang menafsirkan harus memiliki syarat: Pengeatahuan bahasa arab dengan berbagai bidangnya, Pengetahuan ilmu- ilmu al-qur’an dan sejarah turunya hadist – hadist nabi dan ushul fikih (kardali-dali hukum islam) Pengetahuan tentang prinsip-prinsip keagmaan. Pengetahuan tenytang disiplin ilmu yang menjadi materi bahasa ayat. 9/22/2018
Ulama tafsir mendefinisikan takwil senbagai-berikut : Takwil contohnya: mengembalikan atau memalingkan makna . Secara istilah takwil adalah :mengembalikanya dengan makna lain ayang sejiwa dengannya. Al-qur’an menyebut takwil dengan arti : “mencari kebenaran “ Ulama tafsir mendefinisikan takwil senbagai-berikut : Menerangkan atau menjelaskan apa yang terdapat dalam kalimat baik sesuai dengan teksnya ataupun tidak . Memalingkan makna ayat kepada makna yang lebih kuat dari makan yang tampak. Seperti mengalihkan pengertian “tangan “ menjadi “kekuasaan “ 9/22/2018