PERANGKAT LUNAK PEMBELAJARAN KOLABORATIF DARING God Bless & & SIMULA SI KOMUNIKAS I DIGITAL Pembelajaran dengan memanfaatkan kelas maya (cyber class) merupakan.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
OLEH: NI KOMANG DEPI LESTARI
Advertisements

Pemanfaatan Komputer - 1
SILABUS 2012 Status Mata Kuliah Pengantar Kuliah Materi E-Learning
Konsep e-Learning Oleh Dwi Susanto 1 1.
RANCANGAN E-LEARNING REPDIS BERMUTU 2014
Internet sebagai media pembelajaran Jurusan Informatika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 2012 Pengantar TIK.
Riza Arifudin Riza Arifudin
E-LEARNING E-LEARNING KELOMPOK III HEDI SUSANTO HERY WAHYUDI HUSMADIA
WELCOME TO MYPRESENTATION
Kegunaan Web Bagi Pendidikan
Metode Pembelajaran E-Learning
Oleh : Kepala BTKIP KAL-TENG
Pemahaman Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pembelajaran
Komputer untuk Pendidikan
DIKLAT TEMATIK Pengenalan E Learning ICT TERAPAN PPPPTK PKn IPS
LEARNING MANAGEMENT SYSTEM BERBASIS ANDROID PADA LABORATORIUM KOMPUTER
KOMUNIKASI DALAM JARINGAN
Komponen E-Learning Musdalifah Dj PTIK-A.
MATERI PELATIHAN E-LEARNING
Simulasi Digital Kelas Maya.
Kelompok 3 Pipih Resti Rohaeni
PELATIHAN PEMANFAATAN TIK UNTUK PEMBELAJARAN
4/19/20151 Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan Kementerian Pendidikan Nasional 4/19/20151 Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan.
E-Learning by : AIRA 2009.
MUSDALIFAH DJ PTIK-A Blended Learning Versus E-Learning.
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT
Komunikasi dalam Jaringan
ELEMEN KOMUNIKASI 1. Komunikator (who) 2. Pesan (what) 3.  Media atau sarana (channel) 4. Komunikan (whom) 5. Pengaruh atau akibat (effect).
E-Learning SMKN 2 Kediri
Mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital
Metode Pembelajaran E-Learning
SISTEM MANAJEMEN PEMBELAJARAN
GURU PEMBELAJAR Disampaikan pada sosialisasi Guru Pembelajar
TUTORIAL ONLINE (TUTON)
Pembekalan Admin Guru Pembelajar
Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi & Komunikasi
Standard Kelengkapan Mata Kuliah Online
Konsep Kelas Maya.
Kegiatan 6a Pengenalan Fitur-Fitur Sistem Guru Pembelajar Moda Daring Waktu: 30 JP Disampaikan oleh: Disiapkan oleh: Tim Pengembang.
SISTEM INFORMASI ASIH ROHMANI, M.KOM.
COMPUTER MEDIATED LEARNING UNIVERSITAS INDONESIA
Mengembangkan E-learning
1.
OM SWASTYASTU.
Komponen E-Learning
Oleh Slamet Zakaria, M.Pd
Memilih dan merancang media dalam LMS
Media Pembelajaran Berbasis Web Interaktif
SISTEM MANAJEMEN PEMBELAJARAN
Blended Learning Versus E-Learning
E-Learning dan Strategi Implementasinya
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
SISTEM PEMBELAJARAN DARING
Mengembangkan E-learning
PERAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PEMBANGUNAN WILAYAH
PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH PAKET C
Pembelajaran Kolaboratif Online berbasis EDMODO
PENGALAMAN PEMANFAATAN E-LEARNING DI POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA
Komunikasi dalam jaringan (daring/online)
Memilih dan merancang media dalam LMS
II. KELAS MAYA Kegiatan Belajar 5: Memahami Kelas Maya – Perangkat Lunak Pendukung Kelas Maya.
Kegiatan 6a Pengenalan Fitur-Fitur Sistem Guru Pembelajar Moda Daring Waktu: 30 JP Disampaikan oleh: Disiapkan oleh: Tim Pengembang.
Kegiatan Pembelajaran
SIMULASI DIGITAL Komunikasi Dalam Jaringan dan Kelas Maya
KULIAH DARING - SPADA INDONESIA
Schoology sebagai Learning Management System
Pengantar E-Learning.
Kelas maya merupakan sebuah learning management system (LMS) yang dikembangkan khusus untuk memfasilitasi terjadinya pembelajaran virtual antara siswa.
Kelompok 5 Hasri Novidawati Purba Kristin Nanda Sitorus Marisa Monika Artauli Nainggolan.
SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL – KOMUNIKASI DALAM JARINGAN Dino Lesmana Hadi Teknologi Komunikasi dan Informatika PPG-UNY-S52019.
Transcript presentasi:

PERANGKAT LUNAK PEMBELAJARAN KOLABORATIF DARING God Bless & & SIMULA SI KOMUNIKAS I DIGITAL Pembelajaran dengan memanfaatkan kelas maya (cyber class) merupakan sebuahupaya untuk mendorong pembelajaran yang dilaksanakan kapan saja dan dimana saja Materi Modul SIMULASI dan KOMUNIKASI DIGITAL Kelas X Semester 2. Halaman 69-75

KOMPETENSI DASAR Menganalisis fitur perangkat lunak pembelajaran kolaboratif 3.11 Menggunakan fitur perangkat lunak pembelajaran kolaboratif 4.11

TUJUAN PEMBELAJARAN mampu menjelaskan keunggulan pembelajaran jarak jauh 1. mampu menerapkan prosedur pendaftaran sebagai siswa dalam kelas maya 2. mampu memilih fitur yang tepat dalam aktivitas khusus sesuai perintah 3. mampu melaksanakan tugas secara daring 4. mampu menggunakan materi pelajaran, file, atau sumber belajar daring 5.

KELAS MAYA Konektivitas - akses terhadap beraneka ragam informasi ‘tersedia’ dalam skala global. Fleksibilitas - belajar dapat dilaksanakan di mana saja dan kapan saja Interaksi - evaluasi belajar dapat dilaksanakan seketika dan mandiri dengan memanfaatkan TIK Kolaborasi - penggunaan perangkat diskusi dapat mendukung pembelajaran kolaborasi di luar ruang kelas Peluang pengembangan - konten digital dapat terus- menerus dikembangkan sehingga dapat memperkaya pembelajaran dalam kelas konvensional Motivasi - multimedia dapat membuat pembelajaran lebih menarik 1. E-learning

KELAS MAYA Model Adjunct Model Mixed/Blended Model Daring Penuh/Fully Online 2. Model e-learning Dengan kata lain, e-learning dapat berfungsi sebagai: 1)Tambahan/Pengayaan pembelajaran (supplement); 2)Pengganti sebagian pembelajaran (complement); atau 3)Pengganti seluruh pembelajaran (replacement).

KELAS MAYA Dalam pembelajaran yang memanfaatkan e-learning dibutuhkan berbagai komponen pendukung, yaitu: 1.Perangkat keras (hardware): komputer, laptop, netbook, maupun tablet. 2.Perangkat lunak (software): Learning Management System (LMS), Learning Content Management System (LCMS), Social Learning Network (SLN). 3.Infrastruktur: Jaringan intranet maupun internet. 4.Konten pembelajaran. 5.Strategi interaksi/komunikasi pemanfaatan e-learning dalam pembelajaran. 2. Model e-learning

Komponen pendukun e-learning pembelajaran

Jenis perangkat lunak pendukung kelas maya Secara umum dikenal dua jenis aplikasi yaitu aplikasi Learning Management System (LMS). Akan tetapi dalam perkembangan selanjutnya, seiring meluasnya pemanfaatan Social Network (SN) khususnya Facebook, muncullah aplikasi Social Learning Network (SLN) sebagai salah satu alternatif bentuk kelas maya.

Learning Management System (LMS) LMS adalah sebuah aplikasi yang berfungsi mengadministrasikan secara otomatis berbagai kegiatan pembelajaran atau aktivitas daring. berbagi sumber belajar, berinteraksi, dan berdiskusi dengan siswa, menyampaikan pengumuman, memberi tugas maupun ujian, serta memberikan penilaian, sedangkan siswa dapat membaca materi belajar, menjawab pertanyaan, berdiskusi, serta mengirimkan tugas dan menjawab soal-soal ujian. Contoh dari LMS antara lain; Moodle, Dokeos, aTutor.

Social Learning Network/s (SLN/SLNs) Social learning network (SLN) atau Jejaring Sosial untuk Pembelajaran, Penggunaan Social Network (SN) untuk pembelajaran dalam pendidikan formal. Penggunaan SN oleh para pelajar dalam sebuah kolaborasi/diskusi yang dilaksanakan secara informal. Penggunaan laman yang secara khusus dirancang untuk pembelajaran melalui jejaring sosial (SLN). Penggunaan SLN yang secara khusus dikembangkan sendiri oleh guru.

Soal Diskusi Kelompok

Kesimpulan

See You Again