ALGORITHMA LINGKARAN Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
MATA KULIAH MATEMATIKA III( 3 SKS )
Advertisements

TRIGONOMETRI Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Vektor Vektor memiliki besaran dan arah. Beberapa besaran fisika yang
Hieronimus Edhi Nugroho,M.Kom
MATEMATIKA KELAS XI IPA
ALGORITHMA GARIS Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom.
TURUNAN logaritma, eksponensial dan TRIGONOMETRI
Menyusun Persamaan Kuadrat
MGMP MATEMATIKA SMK DKI JAKARTA
Integral Lipat-Dua Dalam Koordinat Kutub
IDENTITAS TRIGONOMETRI
Disusun oleh : Fitria Esthi K A
Komputer Grafik Rudy Gunawan
PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN FUNGSI TRIGONOMETRI
INTEGRAL RANGKAP DUA Yulvi Zaika.
TRIGONOMETRI Sri Harjati, S.Pd. NIP:
Matematika SMK Persiapan Ujian Nasional Trigonometri Kelas/Semester: II/2.
MATA KULIAH MATEMATIKA III( 3 SKS ) SEM. GANJIL 2013/2014.
PENGERTIAN SUDUT JURUSAN
PENGERTIAN SUDUT JURUSAN
Latihan Soal 1 Note : Perhatikan titik berikut pada gambar di samping:
Pembentuk Grafik Grafik dapat terbentuk dengan berbagai pola : Titik
SMA Negeri 15 Tangerang TRIGONOMETRI Matematika SMA
GEOMETRI DALAM BIDANG Pertemuan 14.
※ KOORDINAT KARTESIUS & KOORDINAT KUTUB
TRIGONOMETRI KAPITA SELEKTA SMA Ratna Sariningsih.,M.Pd.
Kelompok 5 : Asri H M Salman Galileo Pandji Zamzami Rizky Gifari
MODUL XIII REGRESI DAN KORELASI 1. Regresi Linear
Menyelesaikan Perhitungan Soal Menggunakan Aturan Sinus dan Aturan Cosinus Hukum Sinus ialah pernyataan tentang segitiga yang berubah-ubah di udara. Jika.
BAB 8 TRIGONOMETRI Sumber gambar : peusar.blogspot.com.
TRIGONOMETRI.
VektoR.
STATISTIK II Pertemuan 14: Analisis Regresi dan Korelasi
Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom
STATISTIK II Pertemuan 14: Analisis Regresi dan Korelasi
Sistem koordinat Kartesius
Pertemuan II – Grafika Komputer
TEL 2112 Dasar Komputer & Pemograman Nama dan Nilai Data
1.4 SISTEM KOORDINAT EMPAT BIDANG
SATUAN, ARAH, DAN PENENTUAN POSISI DALAM ILMU UKUR TANAH
Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom
MENGGAMBAR DENGAN PIXEL (KONVERSI SCAN)
Vektor Vektor memiliki besaran dan arah. Beberapa besaran fisika yang
※ KOORDINAT KARTESIUS & KOORDINAT KUTUB
IDENTIFIKASI MATERI ESENSIAL UN 2017 MATEMATIKA IPA.
VEKTOR SK DAN KD INDIKATOR ANALISIS VEKTOR PERKALIAN VEKTOR
ALGORITHMA GARIS Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom.
Pertemuan Ke-6 REGRESI LINIER
TRANSFORMASI 2 DIMENSI Oleh : Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom
Assalamualaikum wr.wb Desaign By Septika Ayu Assari.
REGRESI LINEAR oleh: Asep, Iyos, Wati
PERBANDINGAN TRIGONOMETRI PADA SEGITIGA SIKU-SIKU
TRIGONOMETRI.
Teknologi Grafika -Uniska
Pertemuan II – Grafika Komputer
Rumus - Rumus Trigonometri
maka . sehingga titik Q adalah (-x,y). Perbandingan trigonometrinya:
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
MATEMATIKA DASAR PERTEMUAN 9 FUNGSI.
※ KOORDINAT KARTESIUS & KOORDINAT KUTUB
Kumpulan Materi Kuliah. Algoritma Pembentuk Lingkaran Komputer Grafik.
KELOMPOK 7 TADRIS MATEMATIKA-A/ IV BADRIYAH EKA RISMA HANDAYANI FANDI.
Vektor Vektor memiliki besaran dan arah. Beberapa besaran fisika yang
※ KOORDINAT KARTESIUS & KOORDINAT KUTUB
PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN FUNGSI TRIGONOMETRI
1 VEKTOR SK DAN KD INDIKATOR BESARAN VEKTOR PENJUMLAHAN VEKTOR ANALISIS VEKTOR PERKALIAN VEKTOR.
Aturan Pencarian Turunan
※ KOORDINAT KARTESIUS & KOORDINAT KUTUB
Klik Shapes Untuk ke subbab materi Atau keluar Keluar Program.
BIMBEL: SURYA SOLUTION191 VEKTOR Kompetensi Dasar(KD) INDIKATOR BESARAN VEKTOR PENJUMLAHAN VEKTOR ANALISIS VEKTOR PERKALIAN VEKTOR.
Transcript presentasi:

ALGORITHMA LINGKARAN Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom

ALGORITHMA LINGKARAN Menggambar lingkaran dapat menggunakan rumus : sin dan cosinus Algorithma Bresenham Pemakaian sinus dan cosinus membutuhkan memori karena melibatkan angka pecahan serta komputasi yang rumit dalam menentukan nilai sinus dan cosinus

ALGORITHMA LINGKARAN y x apabila α dari 0o s/d 359o maka x1=cos(α) *R kita akan memperoleh koordinat titik-titik yang membentuk sebuah lingkaran x1=cos(α) *R y1=sin(α) * R

BRESENHAM’S CIRCLE Algorithma lingkaran bresenham melibatkan angka integer dan tidak membutuhkan pembagian. Algorithma yang disajikan berikut ini hanya membahas pada kuadran I yaitu pada x ≥ 0 dan y ≥ 0

Ada 3 pilihan titik dari (xi,yi), yaitu :H,V, dan D. Jarak antara H,V dan D terhadap lingkaran sesungguhnya dirumuskan sebagai : mH=| (x1+1)2+(y1)2 – R2 | mD=| (x1+1)2+(y1-1)2 – R2 | mV=| (x1)2+(y1-1)2 – R2 | Titik yang dipilih adalah nilai paling kecil diantara mH,mD dan mV (xi,yi) (xi+1,yi) mH (xi+1)2+(yi-1)2 mV mD (xi+1,yi-1) (xi,yi-1) R x Lingkaran yang diinginkan

(xi,yi) 1 2 5 3 4 (xi+1,yi) (xi,yi-1) (xi-1,yi-1) (xi+1,yi-1) (xi+1,yi+1) mH mD mV

Algorithma Lingkaran Bresenham : Δi=(xi+1)2+(yi-1)2-R2 Δi < 0 maka α=mH - mD (kasus 1 dan 2) bila α ≤ 0 maka pilih mH bila α > 0 maka pilih mD Δi > 0 maka (kasus 3 dan 4) β = mD – mV bila β ≤ 0 maka pilih mD bila β > 0 maka pilih mV Δi = 0 maka pilih mD (kasus 5)

TUGAS Implementasikan algorithma lingkaran Bresenham ke dalam salah satu bahasa pemrograman. Tugas kelompok (maks 3 orang). Kumpulkan listing program dan printout hasil program. Dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.