(Agama, Ssosial dan Kemanusiaan sebagai Misi Awal Islam) By: Syamsul Wathani.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Keteladanan Rasulullah Saw. DALAM MEMBINA UMAT PADA PERIODE MAKKAH
Advertisements

TOLERANSI DALAM BERAGAMA
Matan Keyakinan dan Cita-Cita Hidup Muhammadiyah
Oleh: Prof. Dr. M. Ghalib M., M.A
Ushul Al-’Amal Al-Khairi fil Islam
AL-QURAN MEMAHAMI DAN MENGHAMPIRINYA
NABI MUHAMMAD SAW. DAN PERUBAHAN MASYARAKAT ARAB
Agama Islam Pertemuan ke-3.
Pendidikan Agama Islam
TAQWA Oleh Biki Zukfikri Rahmat DI SAMPAIKAN PADA MATA KULIAH
DISUSUN OLEH: MISNANI. S.Ag. M.Pd. I
HUBUNGAN AGAMA, NEGARA DAN HUKUM
Keteladanan Rasulullah Saw. DALAM MEMBINA UMAT PADA PERIODE MAKKAH
ISLAM SEBAGAI WAY OF LIFE YANG KOMPREHENSIF DAN SEMPURNA
S K I Konsep Kebudayaan Islam Nilai-Nilai Islam Dalam Budaya Indonesia
وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ
Bab V HUKUM ISLAM Universitas Narotama.
Assalamu'alaikum ETIKA, MORAL DAN AKHLAQ Oleh: Nurhasan, M. Ag Hmmm…..
A. Manusia dan Alam Semesta
Strategi Pengembangan Sains-Teknologi di Dunia Islam Sekarang
BERIMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
Arah Program Kajian Islam Ahad Pagi Di Masjid “ Daarul Iman “
ZAKAT DAN PAJAK oleh Farida P
Qodho’ dan Qodar Pengertian Dalil Jenis Kisah Hikmah.
MEMBANGUN MASYARAKAT MADANI
Oleh: Rohmansyah, S.Th,I., M.Hum
MATA KULIAH TAUHID AQIDAH AKHLAK Dosen : Sarah Wulan, S.Ag, M.Pd
Bab III MORALITAS.
BAB VI IBADAH HAJI.
KONSEP (PENGERTIAN), HUKUM, TUJUAN, URGENSI, DAN HAKIKAT DAKWAH
GEREJA YANG KONTEKSTUAL
Agama? Apakah agama itu?.
BERIMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
Perjuangan Nabi Muhammad saw.
IMAN PADA ALLAH SWT SMKN 22 JAKARTA Oleh : Miswan, S.Ag.S.Kom.
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KETIKA SAINS MENDIKTE AYAT
METODE DAKWAH QS. AN-NAHL/16: 125 QS. AL-AHZAB/33: 21
1. Konsep Masyarakat Madani Pengertian Masyarakat Madani
Sayid Sabiq Guru Besar Universitas Al-Azhar Kairo
Etika, Moral, dan Akhlak Oleh : Kelompok 5
PERKEMBANGAN ISLAM AWAL
KONSEP TUHAN MANUSIA & ALAM
PRINSIP2 EKONOMI SYARIAH
Politik dalam Islam Pegangan Guru. Politik dalam Islam Rumusan Masalah 1.Apa itu politik islam? 2.Nilai-nilai dasar dalam politik islam? 3.Apa itu negara.
PERILAKU TERPUJI ADIL, RIDHA DAN AMAL SHALEH
KODE D.11.2 TAFSIR SURAT ASY-SYU’ARA 214 OBJEK PENDIDIKAN
MODUL IHES 1 Kemenjadian Dalam Pendidikan
KONSEP DASAR AJARAN ISLAM
Kesempurnaan Ajaran Islam
BAHAN AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
STUDI ISLAM 3 HAKIKAT ISLAM DAN KARAKTERISTIKNYA
KLASIFIKASI AYAT AL-QUR’AN (MAKKIYAH MADANIYAH)
Disampaikan di Dauroh Marhalah I KAMMI Daerah Bandung
BERIMAN KEPADA RASUL-RASUL ALLAH S.W.T.
Project date 20/09/2007 HAKIKAT IBADAH PUASA Dyah Susanti
Asal mula agama? Ketika manusia menemukan tiga hal: kebenaran, kebaikan dan keindahan , gabungan ketiganya dinamakan suci, manusia ingin mengetahui siapa.
TEOLOGI ISLAM SEBAGAI PENGETAHUAN RASIONAL
TOLERANSI SEBAGAI ALAT PEMERSATU BANGSA
Hubungan antara Akidah dan Akhlak
MOH. IRFAN HILMI MATA KULIAH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KONSEP PEMBANGUNAN ISLAM.
LEADERSHIP AND ENTREPRENEURSHIP
DAKWAH: Saling menasihati dan Berbuat Baik (Ihsan)
BAB 1 : UMAT ISLAM DAN DUNIA ISLAM
Pendidikan Agama Islam
Pertemuan 1 1. Pengertian Aqidah 2. Istilah lain Aqidah 3. Ruang lingkup Aqidah 4. Urgensi Aqidah.
IMAN KEPADA KITAB ALLAH SWT. DENGAN MEMBACA Y  N  Y  QW  Y  W  N  WQ  Y  TPV  Y  TN Y 
Modul ke: Fakultas Program Studi Pendidikan Agama Islam Etos Kerja Islam Dian Febrianingsih, M.S.I 08 PSIKOLOGI Psikologi.
ETOS KERJA DALAM ISLAM 1. keutamaan kerja 2. karakter Rasul dalam bekerja 3.syarat-syarat mendapatkan syurga dalam bekerja 4.norma-norma etika dalam bekerja.
Transcript presentasi:

(Agama, Ssosial dan Kemanusiaan sebagai Misi Awal Islam) By: Syamsul Wathani

Dalam sejarah, Arab bangsa yang keras. Karakter ; ta’assub (komunalisme), karakter keras, memegang ajaran pendahulu. Al-Qur’an dan hadapan realitas (nilai- kultur); Nabi sbg man of action. Arab sbg khitab, dialektika apa yang didapat dgn yang dihadapi Bagaimana paradigma al-Qur’an menjawab realitas kondisi Arab pra-Islam saat itu?

Al-Qur’an trn dlm realitas hidup/brjln Sejarah SosialPsiko-sosial

Al-Qur’an : Paradigma Sosial Sejarah SosialPsiko-Sosial  Keadan psikologi yang berlaku scr komunal.  Mempengaruhi sikap/etika/karakter dan segala pola/laku lainnya : 1.Sulit bersatu (tanangan bagi itiihad al-muslim ). 2.Berperang ( ttgn bgi islah). 3.Jahihilah ( lawan dari al-hilm) 4.kejam dan balasa dendam (ttgn bg al-’afw ). 5.Angkuh dan sombong. AArab ( local history ) sebagai fokus kajian. MMelihat sosial Masy. Arab 1.Problem sosail 2.Kondisi ekonomi-sosial 3.Interaksi sosial 4.Struktur dan dimensi sosial masy. AArab ; n omaden, komunal, dgn masy ; arsitokrat dan badui. AArab sbg local : aspek sosial dan moralitas.

Dorongan psikologis diproleh dari dorongan fisiologis (biologis). Agama tidak sejalan dengan karakter kemanusiaan. Sandaran agama adalah kehidupan dunia. Agama membutuhkan kematangan individu, dan keseimbangan mental. Faktor duniawi dan psikologis Arab. Mereka berjanji, bersyukur namun dengan cepat pula berbuat aniaya (Q.S Yunus 22-23). Mereka pula sering berdoa namun kembali pada kemusyrikan (Q.S al-Ankabut 65). Arab : Moral, etic and religion Narasi SejarahNarasi al-Qur’an Moral-etic : emosi, tumpang tindik nilai dan etika, oligarki, kapitalis (riba). Religion ; manifestasi ajaran Isma’iliyyah, Watsaniyyah Moral-etic : zalim, bermusuhan, ingkar janji, menipu, dll. Religion ; mempunyai dewa-dewa alam yang terkait dengan penghidupan mereka. Masy Arab : jin adalah sekutu Tuhan dalam mengatur kehidupan : Aagama bumi, simbiosis mutualistik Allah sbg objek dr yg dideskripsikan (kepentingan). Sang Penguasa Ka’bah Tuhan berurusan dalam hal penciptaan, tidak untuk akhir hayat mereka

Islam awal dan firtah beragama hanif bagi manusia. Jika diperhatikan khitab nya, ajaran tauhid ini banyak menyentuh keberagamaan kelas bawah. Ayat yang banyak turun dimasa awal ini mengenai kisah kisah nabi terdahulu, seperti; Nabi Yusuf, Nabi Sulaiman, Nabi Musa dan kisah lainnya. Memuat ajaran dakwah, alur kisahnya akan menjadi stimulus yang dapat membentuk kepribadian bertauhid dan humanis. Berpegang pada prinsip dasar al-Qur’an, seperti, keadilan, kejujuran, solidaritas kemanusiaan dan persamaan,. Semangat yang dibawa dalam humanisasi ( ukhrijat lin nas ) ini adalah membawa manusia kepada tempat selayaknya, kembali kepada fitrah. Nabi menyadari, bahwa misi suci wahyu ini ingin memperbaiki moralitas masyarakat yang rusak. Diantaranya dengan berdialog secara argumentatif, ‘aqliyah, dan bijak, hikmah. Mengajak umat yang “tak beradab”, jāhilliyah, ke jalan yang berkeadaban, madāniyyah

Humanisasi : Komunas menuju ukhwah, gerakan gender, manusia itu harapan memperbaiki (khaira ummah) Liberasi : nahyu munkar, membebaskan manusia dari kekejaman, kemiskinan, domisasi struktur yang menindas dan hegemoni palsu. Melawah hukmu al-jahiliyah. Transedensi; al-imanu billah, Perubahan terhadap paganisme Arab ‘monotheisme sementara. Al-Qur’an Agama/Kemanusiaan Dehumanisasi – liberasi - transedensi Muslim-Muttaqin