ISTILAH- ISTILAH FIQHUL AKBAR AQIDAH IMAN IHSAN SUNNAH TAUHID SYARI’AH USHULUDDIN FIQIH USHULUL FIQH HAROKAH FIRQOH FIKROH TASAWUF THARIQOH MADZHAB MANHAJ ISTILAH DALAM ILMU AL QURAN: Tajwid Qiroat Tahsin Qiroat Murottal, Mujawwad, Mutholaah Rasm/tulisan Tafsir AsbabunNuzul Lahn/Lagam Lughoh Balaghoh ISTILAH DALAM ILMU HADITS: Mutawatir, shohih, hasan, dhoif, maudhu Mursal, muallaq, munqothi’, mudallas Asbabul wurud Sanad, rawi, matan, mukhrij hadits, takhrij hadits Mushtholahul hadits LIBERALISME PLURALISME SEKULARISME SYI’AH KHAWARIJ MURJI’AH MU’TAZILAH QADARIYAH JABARIYAH ASY’ARIYAH MATURIDIYAH
Bahasa = dari kata al ‘aqdu = kokoh, kuat, dan erat. Istilah umum = keyakinan yang kokoh akan sesuatu, tanpa ada keraguan. Aqidah Shohihah bersumber dari Alquran dan Assunnah Secara Syar’i = masalah - masalah ilmiyah yang berasal dari Allah dan Rosulnya, yang wajib bagi setiap muslim untuk meyakininya sebagai pembenaran terhadap Allah dan Rosul Nya. (pengantar ilmu aqidah islamiyah. Prof. Dr. Umar Sulaiman Alayqar) Aqidah bathilah atau fasidah bersumber dari akal dan nafsu. Contoh aqidah yahudi bahwa Uzair anak tuhan. Nasrani bahwa yesus anak tuhan AQIDAH
Tasawuf Akar kata shofa: bersih, suci, jernih/ kain wall dari kisah Hasan Al Bishri Tasawuf: proses penjernihan diri. Proses penyaringan hal yang kotor dalam diri Orangnya disebut sufi Penyaringannya dengan: syariat (idabah), Aqidah ilmunya tauhid, akhlaq. Contoh aliran yang menyimpang. Aliran abahiyun yang merasa diri sudah bersih. Tidak sholat. Jahlatulmutashowifah: mujassamah/tajassud (manunggaling kaula gusti) Muncul di tahun 110 H. Salah satu tokohnya Hasan Bashri. Melihat dari cara kehidupan kaum khalifah yang mewah HB memakai pakaian dari wall (shuf) dan dilihat oleh muridnya diikuti lahirlah tarekat. Diantara tokohnya: Hasan Albashri, ibnu taimiyah, ibnu Rusyd, Buya Hamka, dll
Ajaran Pokok Tasawuf Proses penyucian jiwa dan pendekatan diri kepada Allah swt. Tujuh Maqamat yang harus dilalui seorang shufi : Tobat, Zuhud, Sabar, Tawakal, Ridha, Mahabbah (cinta) dan Ma’rifat. Hal pokok tentang Tasawuf yang disepakati oleh semua pihak : 1. Kesucian jiwa untuk menghadap Allah sebagai Zat Yang Maha Suci. 2. Upaya pendekatan diri secara individual kepada-Nya.
Ibnu Arabi : Tasawuf sebagai berakhlak sesuai dengan Akhlak Allah swt. Zakaria Al-Anshari : Tasawuf sebagai cara mensucikan diri, meningkatkan akhlak dan membangun kehidupan jasmani dan rohani untuk mencapai kebahagiaan abadi. Ibrahim Basyuni (Sarjana Muslim : Mesir) : Mendefinisikan Tasawuf pada tiga tingkatan : 1. Al-Bidayah (Tingkat Permulaan) Kecenderungan jiwa dan kerinduannya kepada Yang Maha Mutlak 2. Al-Mujahadah : Pengamalan yang didasarkan pada kesungguhan, lebih menonjolkan akhlak dan amal dalam pendekatan kepada Allah SWT. 3. Al-Mudzaqat : Pengalaman batin dan perasaan keberagamaan terutama dalam mendekati Zat Yang Maha Mutlak.
Ikhwanul Muslimun Hizbut Tahrir Jihadi Salafi Dakwah dan Salafi Sururi (MENCAMPUR) Jamaah Tabligh ( Gerakan Dakwah ) Syiah Gerakan Islam yang bersifat transnasional.
IKHWANUL MUSLIMIN Persebarannya IM kurang lebih di 70 negara, mulai dari Eropa, Timur Tengah, Asia Tengah, Asia Tenggara hingga Amerika Serikat dan Kanada. Hingga kini pusat jaringan di IM Mesir. Sifat jaringan sangat fleksibel dan setengah tertutup. Nama gerakan berbeda-beda di setiap negara. Meskipun demikian, semua disatukan oleh pemikiran dan metodologi Ikhwan. Kekuatan utama gerakan ini adalah pembentukan kelompok-kelompok pengajian (halaqoh) Secara umum, gerakan Ikhwan sekarang ini terbelah dalam dua arus besar. Ikhwan Tarbiyah. Ikhwan Jihad
Jaringan Ikhwanul Muslimun Internasional IM Pasca Hasan al Banna Al Madrasatul Qutbiyah Dengan Kekerasan Al Madrasatul Hudaibiyah Parlementer Al Tafkir wa Hijrah atau Jamatul Muslimin (Sukri Mustofa) Jama’ah Islamiyah (Omar Abdurrahman) Jamaah Jihad Aj Jabhah Al Islamiyah Al Alamiyah li Jihadil Yahudi Wash Shalibiyyin atau Qiyadah al Jihad (Osama bin laden, Ami Hamzah Bangladesh, AYman Al Zawahiri) Penyatuan Jammah Islamiyah Dengan Tanzim al Jihad Jihad AFGAN Jama’ah Islamiyah Faksi Abu Yasir –Abu Thalal Jama’ah Jihad Faksi Sayyid Imam-Aiman Al Qaeda Hijrah ke Amerika Serikat Kelompok Perlawanan Kurdi- Jaringan Ikhwanul Muslimin IM Palestina, Qatar, Jordania, Lebanon, Kuwait, Syiria, Irak, Kurdistan, Afghan, pakistan RABITHAH MUJAHIDIN IM Asia Tenggara HA IM jaringan Hasan Al Hudaibiyah (70 negara) HAMAS IM Amerika dan Eropa (Imam Elkadi IM Asia Tengah dan Selatan P X Indonesia KMM Malaysia, MILF Philipina, PULO Tahiland, OSR Burma PAS Malaysia BRN Thailand, ARNO Burma GMIP Thailand Daulah Islamiyah Asia Tenggara 35
Canada USA Irak Belanda Inggris Perancis Jerman Spanyol Aljazair Libya Mesir Sudan India Arab Saudi Indonesia Pakistan Malaysia Australia Filipina Thailand Jepang Kirgiztan Uzbekistan Kazakhtan Rusia Turkmentan Turki Al Quds Yerussalem Iran JARINGAN IKHWANUL MUSLIMUN
Ikhwan versi tarbiyah merupakan ikhwan versi resmi. Secara internasional dikendalikan oleh Mursyid Am ketujuh yaitu Muhammad Mahdi Akif. Ikhwan versi Tarbiyah tidak terlalu radikal. Tujuan utamanya tetap, yaitu membentuk “daulah Islamiyah”. Namun, cara yang ditempuh bersifat non-kekerasan. Mereka dapat memanfaatkan istrumen demokrasi untuk mewujudkan cita-cita tersebut. Kemenangan partai Ikhwan di Aljazair, FIS, menjadi momentum penting bahwa jalur tarbiyah, moderat dan parlementarian, dapat menemukan efektivitasnya. Model tarbiyah kemudian diterima secara luas di beberapa negara, termasuk di Indonesia. Model ini sekarang menjadi katup penyelamat penting, tatkala Ikhwan Jihadi sedang terpukul di beberapa negara. IKHWANUL MUSLIMIN TARBIYAH
IKHWANUL MUSLIMUN VERSI TARBIYAH Perkembangan mutakhir memperlihatkan, gerakan Ikhwan Tarbiyah telah memperoleh kursi di parlemen secara cukup meyakinkan; diantaranya adalah : Mesir, 88 kursi (20 persen) Aljazair, 38 kursi (7 persen) Bahrain, 4 kursi dari 12 kursi (33 persen) Jordania, 20 kursi dari 84 kursi (23 persen). Kurdistan, 13 persen dari 275 (5 persen) Kuwait, 4 kursi dari 50 ( 8 persen) Maroko, 42 kursi dari 325 ( 13 persen) Palestina, 74 kursi dari 132 (56 persen) Tunisia, (14 persen) Yaman, 46 kursi dari 301 (22,6 persen) Turki, (34 persen) Bangladesh, 18 dari 300 kursi (6 persen) Indonesia, 45 kursi dari 550 kursi (8 persen)
Pertemuan Pemimpin Puncak Jamaah Ikhwanul Muslimun (Faksi Al Madrasatul Hudaybiyah/Parlementer) Pertemuan I 16 Juli 2006 di Kairo Mesir Pertemuan 2 Oktiber 2006 di Palestina Pertemuan IFIP Januari 2007 di Jakarta Membentuk IFIP (The International Forum for Islamic Parliaments) Ketua Umum IFIP Abdul Majid Al Manaserah, (Mantan Menteri Perindustrian Aljazair dan kader FIS-Aljazair (Partai terlarang). Jakarta sebagai Sekretariat Pusat Mursyid ‘Am Mohammad Mehdi Akef
IKHWANUL MUSLIMUN VERSI TARBIYAH Jalur Tarbiyah memasuki Indonesia pada dekade 1980-an. Tokoh penting yang mengusung jalur ini adalah Rahmat Abdullah dan Hilmi Aminudin Hasan. Ada tiga jalur penting pengembangan Ikhwan Tarbiyah di Indonesia. Kelompok Usroh di kampus. alumni Timur Tengah Alumni LIPIA, Pertemuan tiga jalur inilah yang selanjutnya melahirkan PKS sekarang ini.
PEMBENTUKAN IKHWANUL MUSLIMiN DI INDONESIA IM dideklarasikan di Indonesia (1994) dipimpin Rahmat Abdullah, alm. Sekarang dipimpin langsung oleh HA Fiqrah Kharaqah (1980) HA pulang dari Arab Saudi (79/80), dan diangkat menjadi Amirul Mujahidin Asia Tenggara, dan sebagaisang Muassis HA (Anak berangkat KeArab Saudi (74) dari Danu Hasan) HA mengajukan permohonan pembentukan Ikhwanul Muslimuin Indonesia (1989). IM Pusat kemudian mengirim Ibnu Gharisah untuk melakukan supervisi materi dan manhaj dakwah. Ada satu syarat: membantu perjuangan jihad IM di Afgan, Moro, Pattanio dan Bosnia. IM Indonesia kemudian mengirim kadernya ke Afgan, diantaranya: Muzammil Yusuf, Mafudz Sidik, Fathuddin Djafar, yang bergabung dengan Mujahidin pimpinan Burhanuddin Rabbani dan Abdullah Azzam (menurut informasi, ada kader yang dikirim. Mendirikan kelompok Tarbiyah di SMA dan PT. Muhammad Qutub (garis Radikal) Sayyid Hawwa HA di penjara Rahmat Abdullah jauh sebelumnya telah mengenal Tarbiyah IM melalui Bakir Said Abduh, Kuningan Timur (1978) Berguru kepada Tokoh2 IMInternasional yangberhubungan dengan kader Indonesia: Mana’ul Qathar Hidayat Nurwahid, Muslih Abdul Kariem, Salim Assegaf Al Jufrie, Syekh Abdul HalimMahmud Partai X 1998 Masjid Universitas KAMMI
DDII (eks Masyumi) 1967 KADERISASI DDII (Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia) DAN MUNCULNYA LDK - KAMMI Gerakan Usroh
DDII (eks Masyumi) 1967 EKSISTENSI KEGIATAN DDII DAN MUNCULNYA ABU RIDLO
Mewabahnya gerakan Jihadi dipicu oleh perang Afganistan. Bahan baku utama gerakan ini terutama berasal dari gerakan Ikhwan sayap radikal dan Salafy sayap radikal. Pemikir besarnya adalah Abdullah Azzam, Aiman Zawahiri, dan Sheikh Abu Muhammad Al Maqdisy. Sedang operator utamanya adalah Usamah bin Laden (berbeda dalam nama dan bahasa, namun bersatu dalam bentuk dan tujuan - muhtalilifah al Asma’ wa al lughat Muttahidah al Asykal wa al aghrad). Pertemuan antara pengikut ikhwan sayap radikal dan salafy radikal inilah yang menjadi tiang utama gerakan jihadi. Pengikut gerakan ini sebagian besar adalah alumni Afgan, Moro dan Chechnya. JIHADI: (IKHWANI DAN SALAFY)
Al Qaeda Osama bin Laden Jaringan Salafi Jihadi/Ikhwan Radikal Gulbuddin Hekmatyar Khalid Sheikh Mohammed Sultan Bashiruddin Mahmood Riduan Isamuddin Hambali Samir al- Husseini Sidi Tayyeb Saudi Hassan al-Tourabi Khalid al Fawwaz Sheikh Omar Bakri Mohammed Anwar al-Sayed Shaabane Mesir Sheikh Omar Abdel Rahman Abdurajak Janjalani International Islamic Relief Organization (IIRO) Abdessalem Boulanwar Fadel Chaih al-Dalii Yaman Suleiman abu Ghaith Kuwait Abdul Rasul Sayyaf Umar al-Faruq dll Ittihad-i-Islam Abu Sayyaf Group Moro Islamic Liberation Front (MILF) Lashkar-e-Toiba Islamic Coordination Council Mercy International Relief National Movement for the Restoration of Pakistani Sovereignty Jaish-e-Mohammed Harkat-ul-Mujahideen Harakut-ul-Ansa Sipah-e-Sahaba Salifiya Movement of Preaching and Combat Armed Islamic Group Markaz ad Dawa wal Irshad dll Jemaah Islamiah Tokoh-Tokoh Kelompok radikal
Abu Sayyaf Group (ASG) didirikan sekitar tahun 1990 oleh Abdurajak Abubakar Janjalani, yang makin radikal setelah berpergian ke negara-negara Timur Tengah. Tahun 1988, Janjalani dilaporkan berjumpa Osama bin Laden di Pakistan dan berjuang bersama melawan invasi Soviet di Afghanistan. Setelah itu, Janjalani mulai mengembangkan misinya untuk mengubah Filipina selatan menjadi negara Islam. Setelah secara permanen kembali ke Filipina dari Timur Tengah, Janjalani merekrut anggota dari Front Pembebasan Nasional Moro (MNLF) yang kecewa dengan organisasinya, untuk menjadi cikal bakal ASG. Eks-MNLF ini dikenal lebih radikal dalam ideologi mendirikan negara Islam independen daripada mantan organisasi induknya. Abu Sayyaf dalam bahasa Arab berarti bapak ahli pedang. Kelompok separatis Abu Sayyaf terdiri milisi yang berbasis di sekitar kepulauan selatan Filipina, seperti Jolo dan Basilan. Menurut kantor berita Associated Press, jumlah pengikutnya hingga tahun 2015 sekitar 400 orang. Setelah pasukan polisi Filipina tewaskan Janjalani dalam baku tembak 1998, ASG retak. Satu faksi dipimpin saudaranya, Khadaffy Janjalani, faksi lain dipimpin Galib Andang. Ketika aliran dana Al Qaida berkurang, kelompok teror itu mencari uang lewat penculikan. Tahun 2000, ASG menculik 21 orang dari sebuah resor di Malaysia. Foto: Mereka berpose di kamp setelah membebaskan 3 sandera ASG konsolidasi lagi & lakukan beberapa serangan besar di awal 2000-an. Termasuk serangan paling mematikan di Manila Bay yang menewaskan 116 orang tahun Terpidana terorisme Indonesia UMAR PATEK, pernah didapuk jadi anggota Majelis Syura Abu Sayyaf pada tahun Tahun 2014 sekelompok orang yang mengaku anggota ASG memublikasikan video untuk mendeklarasikan loyalitas terhadap ISIS. Para ulama dan pejabat percaya bahwa kesetiaan ASG kepada IS semata-mata untuk mempromosikan kepentingan sendiri. IS diyakini tidak memberikan dana atau dukungan material lain untuk ASG.
Umar Patek (bom bali 1)
JIHADI: IKHWANI DAN SALAFY Bahan baku gerakan jihadi di Indonesia terutama berasal dari aktivis Darul Islam (DI) Faksi Abdullah Sungkar. Dalam konteks rekrutmen dan pematangan jamaah jihad, Abdullah Sunkar dan Baasyir merupakan tokoh kunci. Basis pendukung gerakan Jihadi umumnya masih didominasi pengikut DI, khususnya jaringan pesantren Ngruki serta alumni Afgan dan Moro.
NII/DI 1949 Al Qaeda and Radical Islamic Network Salafi Jihadi di Indonesia Abu Bakar Ba’asyir Abdullah Sungkar DI Fillah MMI (2000) Jama’ah Islamiyah (JI)- (1991) Alumni Afghan. RM ke Pertemuan di Malaysia DI Sabillah Salafi Radikal Tujuan : Khilafah Islamiyah Metode: Kekerasan/Teror Aksi di Poso, Ambon Untuk Mendapatkan simpati Dari umat Islam, dan propaganda untuk melawan Barat.
Sejarah NII Diproklamasikan pada 7 Agustus 1949 oleh Sekarmadji Maridjan Kartosuwiryo Diproklamasikannya NII untuk meneruskan proklamasi 17 Agustus 1945 Dikenal juga sebagai Darul Islam/ Tentara Islam Indonesia (DI/TII) Doktrin utamanya Iman-Hijrah-Jihad 25
Konflik dengan RI NII meluas ke wilayah Aceh, Sulawesi Selatan dan Kalimantan Selatan NII dianggap gerombolan pemberontak yang harus diberantas Tahun 1962 Kartosuwiryo ditawan dan dieksekusi Aceh berdamai tahun 1962, diikuti Sulawesi Selatan tahun 1965 setelah tewasnya Qahhar Mudzakar 26
Struktur NII Kartosuwiryo Komandemen Perang Seluruh Indonesia (KPSI) Komandemen Perang Wilayah Besar (KPWB) Komandemen Perang Wilayah (KW) KW1 Priangan Utara KW2 Jawa Tengah KW3 Jawa Timur KW4 Sulawesi KW5 Kalimantan KW6 Aceh KW7 Priangan Selatan 27
Kepemimpinan NII Pasca Kartosuwiryo, diangkat Abu Daud Beureuh sebagai Imam NII pada tahun1974 Tahun 1975 Abu Daud ditangkap dan NII kembali tanpa pemimpin tunggal. Muncul faksi-faksi baru dalam tubuh NII Imam untuk wilayah Jawa diangkat Adah Djaelani. Pada kepemimpinannya dibentuk Komandemen Wilayah VIII Lampung dan Komandemen Wilayah IX Jakarta Raya yang meliputi Bekasi, Jakarta, Tangerang dan Banten 28
Komandemen Wilayah IX Dipimpin oleh Abu Karim Hasan Menciptakan doktrin baru, Mabadi Tsalatsah Beliau wafat tahun 1992, kedudukannya digantikan oleh Abu Toto alias Abu Ma’ariq alias Abu Ma’arif alias Syamsul Alam alias Syaikh AS Panji Gumilang Tahun 1996, Abu Toto menjadi Imam NII dan mulai merubah sistem keuangan serta doktrin dasar NII dan juga Mabadi Tsalasah Dimulainya pengerukan dana besar-besaran dan pelencengan aqidah 29
Mabadi Tsalasah Tauhid Rububiyah, Mulkiyah, Uluhiyah (RMU) Rububiyah diartikan hukum, Mulkiyah berarti tempat, Uluhiyah berarti umat. RMU didefinisikan sebagai Negara Menerapkan periodisasi Mekah dan Madinah. Mekah representasi sistem yang batil (NKRI) dan Madinah representasi sistem yang haq (NII) Diluar NII adalah kafir, dzalim, fasik 30
Program 6 NII KW9 Hujumat Tabsyiriah (perekrutan) Tilawah Musyahadatul hijrah Tazkiyah Iqtisodiyah (ekonomi) Penguasaan titik-titik strategis Tarbiyah (pendidikan) Pendidikan Formal (Mahad Al Zaytun) Pendidikan Non Formal Shihah (kesehatan) Pembangunan rumah sehat Pembagunan mental Ad Difa (pertahanan) Tentara Islam Indonesia Maliyah (keuangan) 9 pos keuangan negara 31
Menuju Futuh Program Jangka Panjang Lima Tahun I, tahun / Tahapan memahamkan umat akan jati dirinya sebagai mujahid. Program Jangka Panjang Lima Tahun II, tahun / Tahapan pelaksanaan hukum Islam secara internal Program Jangka Panjang Lima Tahun III, tahun / Tahapan pelaksanaan hukum Islam secara eksternal 32
Program Perekrutan Tilawah adalah usaha da’wah untuk memahamkan Tauhid RMU, caranya dengan mengajak anggota baru Taftis atau pengecekan untuk persiapan anggota baru untuk hijrah Musyahadatul Hijrah adalah pindah kewarganegaraan dan berbaiat, setelah tahap ini anggota baru memiliki nama tsani atau nama kedua, diistilahkan dengan nama kanan Tazkiyah atau pembinaan setelah menjadi warga negara NII/ jamaah 33
Modus Perekrutan Mengajak dengan alasan menemui teman yang baru kembali dari Timur Tengah atau teman yang mendapat pencerahan lewat seminar tentang bangkitnya Islam Mengajak dengan alasan mencarikan kerja Mengajak ke rumah teman atau semacamnya Setiap jamaah memiliki target 10 orang untuk dihadirkan setiap bulan, umumnya teman kuliah, SMU, SMP dan SD Bagi perekrut tanpa target, umumnya “hunting” di kampus- kampus, mal dan toko buku Semua modus berakhir di Malja (kantor/markas) dan proses doktrinasi akan dilakukan di dalam kamar tertutup Pemberi materi seorang laki-laki, umumnya seorang Mas’ul (pimpinan) 34
Karakteristik Perekrut Untuk merekrut menggunakan dua orang jamaah, satu orang pemancing dan lainnya pengajak Pemancing bertugas menentukan target, mengawal serta memotivasi calon jamaah Pemancing berpura-pura sebagai calon jamaah yang juga baru diajak Pemancing dan pengajak mengawal calon jamaah hingga tahap hijrah, termasuk menginap dirumah calon jamaah dan pencarian dana untuk shadaqah Umumnya perekrut melakukan screening lewat dialog tentang gerakan sesat untuk mengukur pengetahuan calon jamaah tentang NII Yang dihindari oleh perekrut adalah anak polisi dan anak tentara 35
Karakteristik Malja Rumah kontrakan bulanan maupun tahunan Tempatnya tertutup dan umumnya lesehan Masuk dan keluar anggota diatur Mengaku dihuni oleh mahasiswa dan digunakan untuk tempat membuat skripsi, event organizer atau pos MLM Tidak pernah bersosialisasi Dari depan selalu terlihat sepi Mobilitasnya 24 jam 36
Program Pendanaan Setiap jamaah diwajibkan memenuhi 9 pos keuangan setiap bulannya sesuai dengan target masing-masing Setoran dana dilakukan setiap hari Dana disetorkan berjenjang ke setiap tingkatan dalam struktur organisasi Dana akan terpusat ke rekening pribadi Abu Toto atau AS Panji Gumilang Alokasi dana digunakan untuk pembangunan Ma’had Al Zaytun di Indramayu 37
9 Pos Keuangan Nafaqoh Daulah: Infaq Tazkiyatun nafs Harakah Qirodh Harakah Idikhor Harakah Ramadhan Harakah Qurban Aqiqah Shadaqah Khos Shadaqah Minal Shadaqah: Shadaqah Istidzan Shadaqah Munakahat Shadaqah Tahkim Shadaqah Tartib Shadaqah Hijrah Tabungan Pendidikan Anak 38
Struktur Organisasi NII KW9 memiliki struktur negara bayangan layaknya RI, dari Presiden hingga Lurah Ibukota Negara bertempat di Ma’had Al Zaytun, Indramayu Struktur organisasi terbagi dua: Struktur Fungsional yang muncul ke permukaan Struktur Teritorial yang bergerak dibawah tanah Setiap struktur menggunakan kode yang menunjukkan selnya masing-masing, misal berarti wilayah 9 (Jakarta) daerah 3 (Jaksel) kabupaten 2 (Cilandak) Kecamatan 2 (Cilandak Barat) dan Desa 04, dibaca; jamaah dari desa 4 Cilandak Barat 39
Penyelewengan Aqidah Menafsirkan Al Qur’an sesuai dengan kepentingan Organisasi Membagi shalat menjadi dua, shalat ritual dan shalat universal Melaksanakan Haji ke Ibukota Negara (Indramayu) Mengkafirkan orang diluar kelompoknya Menyamakan posisi Negara dengan Allah, dan para pimpinannya sebagai rasul Menghalalkan segala cara untuk memenuhi target 40
Mekanisme Pembelaandiri Tutup Mulut untuk menjaga rahasia Menjawab pertanyaan dengan pertanyaan Memutarbalikkan fakta dengan alasan fitnah Pura-pura sadar Mencari masalah lain untuk mengalihkan permasalahan Melaporkan kepada pimpinan bila keamanannya terganggu Membuang atau membakar semua data yang ada bila terdeteksi 41
Data Terakhir Jumlah jamaah orang dan terkonsentrasi di Jakarta Mayoritas anggota NII KW9 adalah mahasiswa Setoran setiap bulan untuk infaq Rp ,00, ini diluar 8 pos keuangan lain Setiap 2 hari masuk anggota baru sebanyak 60 orang, 40 orang laki- laki dan 20 orang perempuan 42
HIZBUT TAHRIR Perbedaannya dengan ikhwan adalah penolakannya terhadap konsep demokrasi dan tekanannya terhadap paham kekhalifahan. Metode perjuangan: tiga tahap (kaderisasi, sosialisasi, dan merebut kekuasaan). Agenda utamanya adalah mewujudkan proyek kekhalifahan dunia Pusat jaringan kemungkinan berada di The West Bank dan kini dikendalikan oleh Abu Rashta. Wilayah pengembangan utama HT adalah negara-negara Asia Tengah, seperti Uzbekistan, Tajikistan dan Kazahtan. HT juga kuat di Asia Selatan, terutama Bangladesh dan Pakistan.
Hizbut Tahrir Internasional Taqyudin Nabhani Sheikh Abdul Qadim Zallum, seorang profesor al Azhar University dan salah seorang pendiri Palestinian Islamic Jihad. Khaled Hassan, pendiri organisasi Fatah (salah satu faksi yang tergabung dalam Palestina Liberation Organisation) didampingi oleh tokoh spiritual HT Syeikh Asaad Tamimi. Khalid Al Fawwas Omar Bakri Abu Musab al Zarqawi Klalid Sheikh Muhammad Al Muhajirun (London) At Tauhid (Jerman) Al Anshar al Islam (Irak) Qiyadah Al Qaeda Jamal Hawood Akram Yudasev HT Asia Tengah Uzbekistan, Chechnya, Kyrgysztan, Tajikistan. Kazakhstan,Turkmenistan dan Barat Laut China. Pusat gerakan ini di Provinisi Badakhstan, Afganistan, dipimpin oleh Yuldashev Barclay Bank di London - Bank Al Shamal Islamic, Sudan - At Taqwa Management AG, Swiss - Bank of Credit end Commerce International (BCC) HT Asia Tenggara Indonesia, Malaysia, Philipina, dan Australia Eropa Barat Inggris, Perancis, Belanda dan Jerman Skandanivia Swedia, Rumania, Denmark, Norwegia Amerika USA dan Kanada Asia Selatan Pakistan, Bangladesh, India Afrika Utara Aljazair, Sudan, Maroko, Tunisia Eropa Timur Bosnia, Serbia, Polandia Pusat HT di Yordania 31
Canada USA Irak Belanda Inggris Perancis Jerman Spanyol Aljazair Libya Mesir Sudan India Arab Saudi Indonesia Pakistan Malaysia Australia Filipina Thailand Jepang Kirgiztan Uzbekistan Kazakhtan Rusia Turkmentan Turki Al Quds Yerussalem Iran JARINGAN HIZBUT TAHRIR Asia Tengah: Rencana Kekhilafahan
Gerakan Hizbut Tahrir di Indonesia berawal dari para aktivis masjid kampus Mesjid Al-Ghifari, IPB Bogor. Dibentuk kemudian halaqah- halaqah (pengajian-pengajian kecil) untuk mengeksplorasi gagasan- gagasan HT. Sebuah konferensi Internasional soal Khilafah Islamiyah digelar di Istora Senayan pada Konferensi juga menandai lahirnya organisasi Hizbut Tahrir di Indonesia. Organisasi ini langsung memproklamirkan diri sebagai partai politik yang berideologi Islam, namun menolak bergabung dengan sistem politik yang ada. Penolakan ini merupakan bentuk baku dari HT Internasional. Pimpinan HTI sekarang adlah Hafidz Abdurrahman. Dalam pengembangannya, sasaran dakwah HT adalah masjid-masjid jami di kabupaten. HIZBUT TAHRIR
Gerakan Salafi Dakwah merupakan bagian dari paham Wahabi. Gerakan ini untuk membendung pengaruh Ikhwanul Muslimin, Syiah, Hizbut Tahrir, Jamaah Tabliqh dan aliran lainnya. Gerakan ini berkembang secara internasional melalui jaringan guru- murid ulama-ulama Wahabi dan dukungan dana pemerintah Arab Saudi. Tokoh sentral gerakan ini adalah Bin Bazz, Nashiruddin Al-Bani, dan Skheh Mugbil. Pendekatan : tekstual, kemurnian aqidah, dan apolitik SALAFI DAKWAH
Gerakan salafi baru muncul di Indonesia pada awal dekade 1980-an. Alumni LIPIA angkatan pertama, kini menjadi tokoh terkemuka di kalangan salafi. Generasi pertama LIPIA tersebut sangat anti terhadap kelompok Ikhwanul Muslimin, Hizbut tahrir, Jamaah Tabligh dan Darul Islam. Di Indonesia sendiri, banyak sekali kalangan salafi termasuk sururiyah atau yang mempunyai pandangan yang berbeda dengan kalangan salafi puritan. SALAFI DAKWAH DAN SALAFI SURURI
Oleh karena modus pengembangan berbasis pesantren, maka gerakan salafy di Indonesia umumnya bertabrakan langsung dengan konstituen NU. Hal ini sudah terjadi di NTB di mana sejumlah konflik terbuka sudah berlangsung. Meskipun secara teoritis dapat seiring dengan Persis, namun dalam kenyataannya Salafy cenderung mengambil jarak dengan Persis. Salafy juga mengambil sikap konfrontatif dengan Ikhwan, Syiah maupun Jamaah Tablig. SALAFI DAKWAH DAN SALAFI SURURI
Tokoh dan Pesantren Salafy Sururi di Indonesia: 1. Yusuf Ustman Baisa, Lc (dulu di Ma'had Ali Al Irsyad Tengaran dan d'ai resmi al-Lajna al-Khairiyah a- Musytarakah), 2. Syarif Fuad Hazza' (da'i dari Mesir dan kaki tangan Jum'iyyah Islamiyah Kuwait. Ma'had al-Irsyad. Tengaran, Salatiga), 3. Abu Nida' Khomsaha Sofwan, Lc (Mudir Yayasan At-Turats, Yogyakarta, bekerja sama dengan yayasan sempalan Islam-hizbi- Ihya'tul Turats Kuwait dan al-Haramain Foundation) 4. Aunur Rafiq Ghufron, (Ma'had Al Furqan, Gresik ) 5. Abu Haidar, dkk (As Sunnah, Bandung ) 6. Kholid Syamhudi (Ma'had Imam Bukhari ) 7. Ust Abu Husham Muhammad Nur Huda, Ust Abu Ali Noor Ahmad Setiawan, ST, MT, Aris Munandar, SS (LBI Al Atsary Jogjakarta) 8. Ahmas Faiz Asufuddin (Ma'had Imam Bukhari, Solo dan Pimpinan Umum Majalah as Sunnah ) 9. Abu Qatadah, Yazid Zawwa, Abdul Hakim Abdat (Al Haramain-Al Sofwah-DDII eks Masyumi ). 10. Abu Nida, dll (Islamic Center Bin Baz ) 11. Abu Abbas, Abu Isa, Abu Mush'ab, Mujahid (Mahad Jamilurahman Bantul). 12. Abu Nida Chomsaha Sofwan dkk, (Yayasan Majelis At Turats Al Islamy Jogjakarta) 13. Umar Budiargo, Lc, Khudlori, Lc, Aris Munandar, SS, Ridwan Hamidi, Lc (PP Taruna Al Qur'an), (alumni Madinah, disebut tokoh freeline). 14. Muhammad Yusuf Harun, MA, dai al Sofwa, (L-Data pusat) (aldakwah.org) 15. Abu Umar Abdillah (pernah klik dgn tokoh Khawarij, Farid Ahmad Okbah dari PP Al Irsyad.
Salafy Indonesia yang non politik 1. Al Ustadz Muhammad Umar As Sewed, Jafar Umar Talib dan Syaikh Abdullaah Al-Farsi. 2. Al Maidani, pengasuh PP Al Anshor Jogjakarta, Al Ustadz Abdul Mu'thidan ustadz Qomar Su'aidi, Lc, 3. Pompes Dhiyaus Sunnah Cirebon, Ustadz Muhammad Umar As sewed 4. Ustadz Abdurahman Wonosari (Murid Syaikh Muqbil bin Haadi, Dammaj, Yaman 5. Al Ustadz Abu Usamah bin Rawiyah An Nawawi 6. Lajnah Dakwah As Salafiyyah Jl. Parakan Asih No. 15, Bandung Jabar 7. Ma'had Ittiba'us Sunnah : Jl. Syuhada No. 02 Sampung - Sidorejo - Plaosan - Magetan - Jawa Timur 8. Abu Yahya Riski (tidak bergabung dengan ustadz Salafy, menyendiri, belum umumkan taubatnya, tinggal di Klaten) 9. Abdullah Amin (tidak bergabung dengan ustadz Salafy, menyendiri, belum umumkan taubatnya, masih memakai fasilitas ma'had Ighotsah Dammam, Kediri) 10. Ustadz Askari (Sudah bertaubat, aktif dakwah di Balik Papan, Kaltim) 11. Ustadz Muhammad Sarbini (Sudah bertaubat, aktif dakwah di Muntilan, Magelang) 12. Ibnu Yunus (sudah bertaubat, aktif berdawah di Makassar, informasi dari ustadz Azhari Asri sms tgl 22/9/2005) 13. Abu Mas'ud (sudah bertaubat, salah seorang rekannya hadir di Daurah Masyayikh Yaman kemarin)
GERAKAN SYIAH Jaringan Syiah internasional sekarang ini terbagi dalam dua wilayah. Pertama, wilayah utama yaitu daerah bekas wilayah imperium Persia. Dalam wilayah utama, pengembangan Syiah dilakukan dengan pendekatan politik dan kultural. Wilayah kedua adalah wilayah pinggiran dimana areanya meliputi negara-negara di luar wilayah imperium Persia. Dalam wilayah ini, pendekatan kultural lebih diutamakan. Dalam wilayah bekas Persia, terdapat lima maraji penting yaitu: Marja Irani. Tokoh utama Marja Irani adalah Ali Hosseini KhameneiAli Hosseini Khamenei Marja Iraq. Tokoh utamanya adalah Ali Hosseini SistaniAli Hosseini Sistani Marja Bahrain. Tokoh utama : Issa Ahmed Qassim.Issa Ahmed Qassim Marja Lebanon. Tokoh utama : Mohammad Hussein Fadlallah.Mohammad Hussein Fadlallah Marja Afganistan, tokoh utama : Qorban Ali Kaboli”.Qorban Ali Kaboli Lima Maraji inilah yang sekarang menjadi kiblat pengembangan Syiah Internasional.
5 ciri syiah 1. Beriman kepada imam yang 12 yang tidak percaya dianggap kafir 2. Pengganti Nabi harusnya Ali. Yang lainya dianggap kafir karena merebut khilafah 3. Al quran sekarang tidak original. Yang ori banyak nama ali 4. Berkeyakinan Bada’ (Alloh tidak tahu apa yang terjadi besok) 5. Keyakinan Taqiyyah (susah berhujjah banyak alasan dan banyak berkedok) Syiah zaidiyah tidak seperti Rofidhoh. Penulis subulussalam imam shon’ani termasuk syiah zaidiah (menerima imam lain) Syiah Rofidhoh menulak imam zaid karena menerima yang lain
Secara kultural, Syi’ah telah masuk ke Indonesia bersamaan dengan kedatangan Islam ke Nusantara melalui jalur perdagangan dan dakwah dalam bentuknya yang taqiyah. Setelah terjadi Revolusi Islam Iran (1979), pada awal gerakannya bersifat intelektual, namun sejak kehadiran alumnus Qum gerakan Syi’ah mulai mengembangkan Fiqh Syi’ah, sehingga muncullah lembaga-lembaga Syi’ah. Syi’ah di Indonesia ada dua corak: Syi’ah Politik, untuk membentuk Negara Islam (para pengikut ide-ide politik dan intelektual Syi’ah) Syi’ah non politik, untuk membentuk masyarakat Syi’ah (para pengikut fiqhiyah syi’ah) GERAKAN SYIAH
Syiah mengalami perselisihan, namun tidak mengarah kepada perpecahan, karena saling melengkapi: Kubu pertama adalah LKAB (Lembaga komunikasi Ahlul Bait) yang merupakan wadah para alumni al Qum. Kubu ini dimotori oleh ICC Jakarta yang merupakan perpanjangan tangan pemerintah Republik Islam Iran (RII). LKAB membawai Yayasan Al Munthazar, Fathimah Aqilah, Ar Radiyah, Mulla Sadra, An Naqi, Al Kubra, Al Washilah, MT Ar Riyahi dan gerakan dakwah Al Husainy. LKAB berkantor di Jl Bintaro KODAM Grand Bintaro Jaksel. Kubu kedua dipegang oleh IJABI. Dalam kubu ini metode taqiyah kurang disenangi. Sebaliknya, IJABI tampak lebih pluralis. Hal ini terlihat dari beberapa tokoh Sunni yang menjadi pengikut IJABI. Kiblat IJABI, bukanlah ke Iran, melainkan Marja Lebanon di bawah pimpinan Ayatollah Sayyed Mohammad Hussein Fadlallah. Tokoh utama di Indonesia adalah Dr Jalaluddin Rahmat. Ayatollah
Akhmad Barakbah, Umar Shahab dan Husein Shahab, balik Ke Indonesia pada tahun 1970-an Muncul tokoh Intelektual SYiah Dari kalangan Kampus, yakni Jalaluddin Rahmat Tahun 80-an, Pengiriman Mahasiswa ke Qum Iran Revolusi Iran, 1979 Tokoh-tokoh Muda dari Kampus UI: Sayuti As Syatiri ITB: Haidar Bakir Jayabaya: Zulfan Lindan UNPAD:.. Kampus-kampus ini Merupakan basis Pengembangan awal Di kalangan mahasiswa IJABI Didirikan, 2000 Perkembangan Syiah di Indonesia Kader-kader Syi’ah di Partai Politik AAB ZL SS Pemerintah Iran Islamic Culture Center (ICC). Yayasan Al Huda, Jakarta (Hakimollah) Pada tahap ini, Sebelum meletusnya Revolusi Iran, Syiah Yang berkembang di Indonesia bercorak fiqih. Pusatnya di YAPI Bangil, Jawa Timur pimpinan Ustad Husen Al Habsyi Dakwah melalui Media (Penerbitan) Yayasan2 Yang berdakwah Melalui program2 Keagamaan dan kemasyarkatan 38 Berencana Membangun Sekolah Syiah di Kopang Lombok Tengah
Sayied Sami Khadra didampingi Hasyim Al Habsyi Dan Ali Muthalib Assegaf Saat melihat lokasi pembangunan Sekolah Syi’ah di Kopang Lombok Tengah
Lembaga-Lembaga Syiah di Indonesia: Yayasan Al Kisa Bali Yayasan Al Hasyimi Lombok Yayasan Al ishlah Makasar Yayasan paradigma Makasar Yayasan Fikratul Himmah Makasar Yayasan Sadra Yayasan Pinisi Yayasan LSIIJ Makasar Yayasan Lentera Makasar Yayasan Nursaqolin Sulsel Yayasan Hibtain Riau Yayasan Al Hakim lampung Yayasan Pintu Ilmu Palembang Yayasan AL Bayan palembang Yayasan Ulul Albab Aceh Yayasan Amali Medan Kumail palembang Yayasan AL Muntadzar Kalsel Yayasan Ar Ridlo Kalsel Ust. Ali Ridlo Alatas Kaltim Madrasah Nurul Imam Selat Sagawin Irian Jaya Yayasan Al Mujtaba Purwakarta Yayasan Saifik Bandung Yayasan Al Ishlah Jakarta Yayasan Dar tagrib Jepara Al Hadi Pekalongan Yayasan AL Amin Semarang Yayasan AL Khoirat Demak Yayasan AL WahdahSolo Yayasan Raudah Fikr Yogyakarta Yayasan Al Mawaddah Kendal Yayasan Al Mujtaba’ Wonosobo Yayasan Safinatunnajah Wonosobo Yayasan Al Mahdi Jember MT Al Alawi Probolinggo Yayasan AL Muhibbi Probolinggo Yayasan Attaqi kedai Hijau Pasuruan Yayasan Az Zahra Malang Yayasan Ja’far Ash Shodiq Bondowoso Yayasan AL Yassin Surabaya Yayasan Al Itrah Jember Yayasan Al Hujjah Jember Ya[isma Malang Yayasan Al kautsar Malang YAPI Pasuruan Yayasan Al Hasyim Surabaya Yayasan Al Qaim Surabaya FAJAR AL Iffah Jember Yayasan Fatimah Jakarta Tazkia Sejati Jakarta Yayasan Al Mahdi Yayasan AL Muntazar Komp Taman Kota Yayasan Madina Ilmu Sawangan Shaff Muslimin Indonesia, Cawang IPABI Bogor Yayasan Intan Islamic Center Jakarta Yayasan Asshodiq Pengajian Umum Abiha (HJ Andriyanti) Pengajian Al Bathul Yayasan Babul Ilmi Pengajian Haurah MPII Condet Yayasan Az Zahra Yayasan Al Kautsar Jawa Timur Yayasan Islam Al Baqir Jawa Timur Yayasan Al Jawad Bandung Yayasan Muthahhari Bandung Majlis Taklim Al Idrus Purwakarta Yayasan Al kadzim Cirebon Yayasan Al baro’ah Tasikmalaya Yayasan 10 Muharrom Bandung Majlis Taklim Annur Tangerang Yayasan As Shodiq Bandung Yayasan As Salam Majalengka Yayasan Al mukarromah Bandung MT Al Jawad Tasikmalaya 39
Para pengikut Syi’ah keturunan Arab melakukan gerakan dengan bertaqiyah (sikap menyembunyikan diri), tidak mau berterus terang mengakui sebagai pengikut syi’ah, secara dhahir mereka tampil sebagai orang syafi’i, seperti Habib Ali Baagil (otak pengeboman Gedung BEJ), Habib Husein Al Habsyi (Presiden Ikhwanul Muslimin Indonesia), Abdullah As Segaf (Ikatan persatuan Ahlul Bait Indonesia), Habib Saleh Al Idrus (majelis Dzikir Nurkhaerat Poso- tokoh perlawanan Poso) dll. Jaringan Syiah di Jawa Timur berpusat di Ponpes YAPI Bangil pimpinan Ustad Husen Al Habsyi, sedangkan jaringan Syi’ah di Jawa tengah ber[usat di Ponpes Al Hadi Pekalongan pimpinan Ahmad Baraqbah dan Toha Musawa. Di Yogyakarta bepusat di Yayasan Roushan Fikr yang dipimpin oleh Sofwan (kader Syiah radikal).
Langkah utama Syi’ah Indonesia saat ini: Mengkonsolidasikan semua yayasan Syi’ah dan meminimalisir perbedaan Berupaya keberadaanya diterima oleh kalangan muslim Indonesia dengan melakukan kegiatan- kegiatan sosial. Berupaya mendirikan Marja al Taqlid sebuah institusi agama yang sangat terpusat, diisi oleh ulama-ulama syi’ah terkemuka dan memiliki otoritas penuh untuk pembentukan pemerintah dan konstitusi Islam
JAMAAH TABLIG (Gerakan Dakwah) Apolitik Gabungan antara wahabisme dan suffisme. Menjadi bahan baku bagi gerakan sunni radikal (Harakatul Mujahidin) Jamaah Tabligh di Indonesia mempunyai anggota yang cukup banyak. Anggota Jamaah Tabligh di Indonesia sangat bervariasi, mulai dari artis seperti Gito Rollies sampai dengan tentara, kalangan profesional dll. Sasaran utama pengembangan Jamaah Tablig umumnya kalangan perkotaan terutama yang tidak menyukai aktivitas politik dan ada minat terhadap sufisme. Sebanyak anggota jamaah tabligh siap khuruj ke berbagai pelosok di Indonesia.
Penutup 1. Gerakan Islam transnasional masih akan terus berkembang luas di masyarakat Indonesia. 2. Akan menggerogoti basis-basis gerakan Islam lokal. Basis Muhammadiyah di perkotaan umpamanya, sekarang ini sedang digerogoti oleh jamaah Ikhwan dan HT. Jamaah tabligh mengerogoti beberapa konstituen penting NU di perkotaan. Sedangkan gerakan salafi, berusaha mengambil jamaah NU puritan dengan pendekatan pesantren. Adapun Jamaah Tabligh sedang mengincar komunias- komuntas sufi. 3. Untuk sementara ini, konflik besar antara gerakan Islam lokal dan gerakan Islam Transnasional memang belum terjadi. Namun, letupan- letupan kecil sudah terjadi, seperti kasus di NTB.
Penutup 3. Sesama jaringan internasional di Indonesia ternyata terlibat ketegangan yang kuat. Jamaah Ikhwan umpamanya, tidak pernah bertemu dengan HT. Sedangkan Salafi sangat getol mengecam gerakan Ikhwan, HT, maupun Jamah Tablig. 4. Meskipun terjadi persaingan yang serius, semua gerakan transnasional tersebut ternyata bertemu dalam agenda terwujudnya pemerintahan Islam. Kecuali Salafi Dakwah dan Jamaah Tablig yang, untuk sementara, bersifat apolitik. 5. Apabila melihat kecenderungannya, maka jamaah Ikhwan, HT dan Syiah tampaknya paling berpotensi untuk terus membesar. Ketiga jaringan ini untuk masa yang akan datang menjadi saingan serius gerakan Islam lokal. 6. Gerakan Islam lokal (Sunni moderat) tampaknya paling ketinggalan dalam kompetisi global ini. Hal ini karena, gerakan Islam lokal semata-mata berbasis nation-state dan tidak mempunyai jaringan internasional yang kuat.