Tentang Mad

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PERJALANAN MENUJU ALLAH.
Advertisements

Tiga Bahasan Pokok dalam Agama Islam : Tuhan, Alam, Manusia
KEDUDUKAN HARTA DALAM ISLAM
Mad dan macamnya.
BAHASAN HARI INI APA AJARAN ISLAM YANG PALING ESENSIAL?
M. Nawawi Argumen Pengingkar Sunnah ونزلنا عليك الكتاب تبيانا لكل شيء وهدى ورحمة وبشرى للمسلمين (89 النحل ) وما من دابة في الأرض ولا طائر يطير بجناحيه.
بسم الله الرحمن الرحيم يَوْمَ تَرْجُفُ الْأَرْضُ وَالْجِبَالُ وَكَانَتِ الْجِبَالُ كَثِيبًا مَهِيلًا Pada hari bumi dan gunung-gunung bergoncangan, dan.
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Nikah Arti Nikah; Bahasa: الضم و الجمع (bergabung dan berkumpul), terkadang kata-kata ‘Nikah’ sebagai ungkapan berhubungan dan juga kata ini dimaksudkan.
A SMAUL H USNA Oleh M. Eko Raharjo, S.Ag. Standar Kompetensi : 3. Memahami Asmaul Husna Kompetensi Dasar: 3.1.Menyebutkan arti ayat – ayat Al-Qur’an yang.
AL QUR’AN Standar Kompetensi:
Pertemuan Ke-15 Rohmansyah, S.Th.I., M.Hum.
AQIDAH UNIT 9 Kelas Bimbingan Dewasa.
Forum Group Discussion Fakultas Sains dan Teknologi
MERETAS JALAN SEHAT SESUAI SYARIAH
Pimpinan Daerah Muhammadiyah
Menyebutkan arti Q.S. al-Ma’idah /5:90-91 dan 32 serta hadis tentang makanan dan minuman yang halal dan bergizi dengan benar. Menjelaskan makna isi kandungan.
HUKUM BACAAN QALQALAH DAN RA’
PROF.DR.KH.DIDIN HAFIDHUDDIN
TARGHIB & TARHIB DALAM DAKWAH
BAB 1 AL-QUR’AN Standar Kompetensi
BAB 7 AL- QUR’AN Standar Kompetensi
BAB 2 AL QUR’AN Tentang ETOS KERJA HOME SK/KD PETA KONSEP MATERI
Hukum Nun Sukun atau Tanwin
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
PROF.DR.KH.DIDIN HAFIDHUDDIN,MS
AKIDAH AKHLAQ Khalisa qATRUNNADA
BAB 1 AL-QUR’AN Standar Kompetensi
RISALAH DAKWAH TAZKIYATUN NAFS (Mensucikan Jiwa Masyarakat)
HUKUM BACAAN ALIF LAM SYAMSIYAH DAN ALIF LAM QAMARIYAH (LAM TA`RIF)
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
Permasalahan Seputar Agad Nikah
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
PENILAIAN HARIAN IMAN KEPADA HARI AKHIR.
IMAN KEPADA ALLAH SWT K 13 Kelas 7.
Hukum Mad dan Macam macamnya
Ciri-ciri orang munafik menurut al-qur’an
KERUKUNAN ANTAR UMAT BERAGAMA
إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ
الَّذِينَ هُمْ فِي صَلاَتِهِمْ خَاشِعُونَ
Kandungan Kalimat Syahadat (Madlulusy syahadah)
Nun mati & Mim mati Rian Hidayat, S.Pd.I.
REDAKSI AYAT الذين ينفقون في السراء والضراء والكاظمين الغيظ والعافين عن الناس والله يحب المحسنين ,134 ما أصاب من مصيبة في الأرض ولا في أنفسكم إلا في كتاب.
Murokabatullah يا رقيب
Syarat Diterimanya Syahadat (Syuruthu Qabulisy Syahadatain)
BAB 7 ASPEK AL-QUR’AN SK/KD SURAH AR-RUM, SURAH AL-A’RAF 56-58
PRINSIP DASAR & KARAKTERISTIK EKONOMI ISLAM
Keberuntungan Dr. Hardiwinoto, SE., M.Si.
BERLOMBA DALAM KEBAIKAN QS. AL FATHIR:32
BAHASAN HARI INI APA AJARAN ISLAM YANG PALING ESENSIAL?
By. Nazirman.
WASIAT DAN HIBAH.
MATERI UJIAN MELIPUTI :
AQIDAH UNIT 10 Kelas Bimbingan Dewasa.
MEMULIAKAN TAMU DAN ADAB BERTAMU
Perilaku beriman kepada Malaikat
مختارات في آداب المجالس.
القياس.
Mad & Waqof Rian Hidayat, S.Pd.I.
ETIKA BISNIS ISAM Dr. H. ANDI DARMAWANGSA, s.Ag., M. Ag.
Iman Kepada Kitab-Kitab Allah سبحانه وتعالى
TUJUAN MATERI Menerapkan Hukum Bacaan Mad dan Waqaf Untuk SMP Kelas VIII Semester 2 Menerapkan Hukum Bacaan Mad dan Waqaf Untuk SMP Kelas VIII Semester.
Kuliah singkat tentang keutamaan Al-Quran dan tata cara membacanya. Disampaikan pada acara Pesantren Kilat di SMK Jakarta Timur 2. Jakarta, Juni.
Standar Kompetensi Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah Kompetensi Dasar 1.Membaca Q.S. Al-Baqarah: 30, Al-Mu’minun:
كَانَ ظَلَّ بَاتَ صَارَ لَيسَ أَضْحَى أَصْبَحَ أَمسَى مادَامَ - مَازَالَ Kaana Bersaudara 1 إنَّ أَنَّ كَأَنَّ لَكنَّ لَعَلَّ لَيْتَ Inna Bersaudara 2.
KELUAR APLIKASI. Paket Soal No 1 Back تَبَٰرَكَ ٱلَّذِي بِيَدِهِ ٱلۡمُلۡكُ وَهُوَ عَلَىٰ كُلِّ شَيۡء قَدِيرٌ ١ ٱلَّذِي خَلَقَ ٱلۡمَوۡتَ وَٱلۡحَيَوٰةَ
TAJWID - HUKUM NUN SUKUN/TANWIN - HUKUM BACAAN MAD.
Kuperindah bacaanku dengan Tajwid
أَعُوذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ تقرب إلى الله ما استطعت واعلم أنك لن تتقرب إليه بشيء هو أحب إليه من كلامه Dekatkanlah dirimu kepada Allah.
Transcript presentasi:

اَلسَّلاَم ُعَلـَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ اَلسَّلاَم ُعَلـَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

SELAMAT DATANG DIPELAJARAN AL QUR’AN

TAJWID MAD IWAD MAD ARIDH LISUKUN MAD SHILAH

TUJUAN PEMBELAJARAN MAD IWADH Dapat menjelaskan pengertian mad iwadh Dapat menjelaskan pengertian mad iwadh Dapat menjelaskan terjadinya mad iwadh Dapat menjelaskan terjadinya mad iwadh Dapat menjelaskan yang membatalkan mad iwadh Dapat menjelaskan yang membatalkan mad iwadh Dapat menemukan contoh mad iwadh dari bacaan Dapat menemukan contoh mad iwadh dari bacaan Dapat melafalkan bacaan mad iwadh dengan benar Dapat melafalkan bacaan mad iwadh dengan benar

APA ITU MAD IWADH ? Iwadh berarti : Ganti ( Ganti dari tanwin )

KAPANKAH TERJADINYA MAD IWADH ? Mad iwadh terjadi apabila : 1. kata tersebut diakhiri dengan harakat fathah tain ( double fathah ). 2. kata tersebut harus diwaqofkan bacaannya. 3. dibaca, maka yang terdengar hanya suara fathah saja.

BAGAIMANA CARA MEMBACA MAD IWADH ? Mad Iwadh dibaca panjang : 2 harakat ( 1 alif ). Contoh : عَجَبًا ( 1 …( ‘ajabaa ). بِنَاءً …(binaaaaa’aa )

CONTOH MAD IWADH حَسَنًا. وَلَدًا. كَذِبًا. أَسَفًا. سَدًّا. هُدًى.

CONTOH DALAM KALIMAT فَقَالُوا إِنَّا سَمِعْنَا قُرْءَانًا عَجَبًا (1 وَلَنْ نُشْرِكَ بِرَبِّنَا أَحَدًا (2 الَّذِي جَعَلَ لَكُمُ الْأَرْضَ فِرَاشًا وَالسَّمَاءَ بِنَاءً إِنَّكَ بِالْوَادِ الْمُقَدَّسِ طُُوًى (12) إِذْ نَادَى رَبَّهُ نِدَاءً خَفِيًّا (3) عَلَى أَنْ تَجْعَلَ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ سَدًّا(94

ADAKAH PENGECUALIAN MAD IWADH ? Mad Iwadh tidak akan terjadi apabila : kata tersebut diakhiri dengan huruf “ta marbuthah”( ة ), walaupun berharakat fathahtain ( double fathah ). Mad Iwadh tidak akan terjadi apabila : kata tersebut diakhiri dengan huruf “ta marbuthah”( ة ), walaupun berharakat fathahtain ( double fathah ). Contoh : وَكُنْتُمْ أَزْوَاجًا ثَلاَثَةً ( 7 Contoh : وَكُنْتُمْ أَزْوَاجًا ثَلاَثَةً ( 7

CATATAN PENTING! Apabila kata diakhiri dengan “ta marbuthah” ( ة ) yang berharakat fathah tain ( double fathah ), maka cara membacanya : huruf “ta marbuthah” tersebut berubah bunyi menjadi “ha”. Contoh : ثَلاَثَةً ( dibaca : tsalaatsah )

CONTOH KATA YANG BUKAN MAD IWADH كَلِمَةً كَلِمَةً رَحْمَةً رَحْمَةً ءَالِهَةً ءَالِهَةً قَائِمَةً بَارِزَةً كَبِيرَةً

TUJUAN PEMBELAJARAN MAD ARIDH Dapat menjelaskan pengertian mad aridh Dapat menjelaskan terjadinya mad aridh Dapat menemukan contoh mad aridh dari bacaan Dapat membedakan mad aridh dengan mad iwadh Dapat melafalkan bacaan mad aridh dengan benar

APA YANG DIMAKSUD DENGAN MAD ARIDH ? Setelah huruf mad terdapat huruf hidup yang diwaqafkan

KAPANKAH TERJADINYA MAD ARIDH LISSUKUN ? Mad Aridh terjadi bila : Setelah huruf mad ada huruf yang berharakat hidup Kata tersebut diwaqofkan Tidak diakhiri dengan harakat fathah tain

CONTOH DENGAN HURUF MAD ا عَلَّمَهُ الْبَيَانَ (4 عَلَّمَهُ الْبَيَانَ (4 وَالنَّجْمُ وَالشَّجَرُ يَسْجُدَانِ (6 وَالنَّجْمُ وَالشَّجَرُ يَسْجُدَانِ (6 وَالْحَبُّ ذُو الْعَصْفِ وَالرَّيْحَانُ (12 وَالْحَبُّ ذُو الْعَصْفِ وَالرَّيْحَانُ (12 وَخَلَقَ الْجَانَّ مِنْ مَارِجٍ مِنْ نَارٍ (15) وَخَلَقَ الْجَانَّ مِنْ مَارِجٍ مِنْ نَارٍ (15) فِيهِمَا فَاكِهَةٌ وَنَخْلٌ وَرُمَّانٌ (68 فِيهِمَا فَاكِهَةٌ وَنَخْلٌ وَرُمَّانٌ (68

CONTOH DENGAN HURUF MAD وْ وَعِظَامًا أَئِنَّا لَمَبْعُوثُوْنَ (47 فَلَا أُقْسِمُ بِمَوَاقِعِ النُّجُوْمِ (75 وَإِلَى اللَّهِ تُرْجَعُ الْأُمُوْرُ (5 فِي سِدْرٍ مَخْضُوْدٍ (28 وَإِنَّ اللَّهَ لَعَفُوٌّ غَفُوْرٌ (2

CONTOH DENGAN HURUF MADيْ أُولَئِكَ فِي الْأَذَلِّيْنَ (20) أُولَئِكَ فِي الْأَذَلِّيْنَ (20) وَهُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيْمُ (1 وَهُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيْمُ (1 فَقَدْ ضَلَّ سَوَاءَ السَّبِيْلِ فَقَدْ ضَلَّ سَوَاءَ السَّبِيْلِ إِنَّ اللَّهَ سَمِيعٌ بَصِيْرٌ (1 إِنَّ اللَّهَ سَمِيعٌ بَصِيْرٌ (1 هَلْ أَدُلُّكُمْ عَلَى تِجَارَةٍ تُنْجِيكُمْ مِنْ عَذَابٍ أَلِيْمٍ (10) هَلْ أَدُلُّكُمْ عَلَى تِجَارَةٍ تُنْجِيكُمْ مِنْ عَذَابٍ أَلِيْمٍ (10)

BAGAIMANA CARA MEMBACA MAD ARIDH ? Mad Aridh dibaca bisa dengan 2, 4, atau 6 harakat. Mad Aridh dibaca bisa dengan 2, 4, atau 6 harakat. Contoh : غَفُورٌ Contoh : غَفُورٌ Dibaca : 1 : Ghafuur ( 2 harakat ) Dibaca : 1 : Ghafuur ( 2 harakat ) 2 : Ghafuuuur ( 4 harakat ) 2 : Ghafuuuur ( 4 harakat ) 3 : Ghafuuuuuur ( 6 harakat ) 3 : Ghafuuuuuur ( 6 harakat )

TUJUAN PEMBELAJARAN MAD SHILAH Dapat menjelaskan pengertian mad shilah Dapat menjelaskan mad shilah qashirah Dapat menjelaskan mad shilah thawilah Dapat menjelaskan yang membatalkan mad shilah Dapat menemukan contoh mad shilah qashirah dan thawilah dari materi bacaan Dapat melafalkan bacaan mad shilah

APA YANG DIMAKSUD DENGAN MAD SHILAH ? Mad Shilah adalah : memanjangkan bacaan pada kata yang diakhiri “ Ha Dhamir “ ( هُِ ), yang berharakat dhammah atau kasrah.

CONTOH “Ha Dhammah” وَيُتِمُّ نِعْمَتَهُ عَلَيْكَ وَإِنَّا لَهُ لَنَاصِحُونَ أَفَتَتَّخِذُونَهُ وَذُرِّيَّتَهُ أَوْلِيَاءَ أَوْ نَتَّخِذَهُ وَلَدًا “Ha Kasrah” مِنْ قَبْلِهِ لَمِنَ الْغَافِلِينَ … وَإِخْوَتِهِ ءَايَاتٌ لِلسَّائِلِينَ مِنْ بَعْدِهِ قَوْمًا صَالِحِينَ أَنْ تَذْهَبُوا بِهِ وَأَخَافُ فَلَمَّا ذَهَبُوا بِهِ وَأَجْمَعُوا

KENAPA “HA DHAMIR YANG BERHARAKAT FATHAH TIDAK MENJADI MAD SHILAH ? Karena “Ha Dhamir” ( ه ) apabila berharakat fathah, maka bentuknya berubah menjadi : هَا, dan bentuk seperti itu bukan mad shilah, tetapi mad ashli. Contoh : وَهَمَّ بِهَا, وَأَلْفَيَا سَيِّدَهَا, مِنْ أَهْلِهَا

ADAKAH “HA DHAMIR” YANG TIDAK MENJADI MAD SHILAH ? “Ha Dhamir” tidak menjadi mad shilah, jika: 1.Sebelum “Ha Dhamir” ada harakat s ukun Contoh : لأَبِيْهِ, إِلَيْهِ, فِيْهِ, وَأَخُوْهُ, أَوِ اطْرَحُوْهُ, وَأَلْقُوْهُ

2. Setelah “Ha Dhamir” ada alif lam (ال ) / harakat sukun. Contoh :أَنْ يَأْكُلَهُ الذِّئْبُ لِيُدْحِضُوا بِهِ الْحَقَّ أَوْ قُطِّعَتْ بِهِ اْلأَرْضُ 3. Diwaqofkan Contoh : (3 )اِلَى أُمِّهِ …

ADA BERAPA MACAM MAD SHILAH ?  Mad Shilah ada 2 macam : 1. Mad Shilah Qashirah 1. Mad Shilah Qashirah 2. Mad Shilah Thawilah 2. Mad Shilah Thawilah

APA BEDANYA ANTARA SHILAH QASHIRAH DENGAN THAWILAH ? QASHIRAH : 1. Setelah “Ha Dhamir” tidak terdapat huruf hamzah. 2. Dibaca panjang 2 harakat ( 1 alif ) THAWILAH THAWILAH 1. Setelah “Ha Dhamir” terdapat huruf hamzah. terdapat huruf hamzah. 2. Dibaca panjang 2, 4, 5 harakat

PERHATIKAN CONTOHNYA QASHIRAH عَنْ نَفْسِهِ وَغَلَّقَتِ إِنَّهُ لاَ يُفْلِحُ الظَّالِمُونَ إِنَّهُ مِنْ عِبَادِنَا الْمُخْلَصِينَ قَمِيْصَهُ مِنْ دُبُرٍ إِنَّهُ مِنْ كَيْدِكُنَّ THAWILAH رَأَيْنَهُ أَكْبَرْنَهُ …بِتَأْوِيْلِهِ إِنَّا نَرَاكَ تُرْزَقَانِهِ إِلاَّ نَبَّأْتُكُمَا مِنْ دُوْنهِِ إِلاَّ أَسْمَاءً فِي سُنْبُلِهِ إِلاَّ قَلِيلاً

PENGECUALIAN KATA Lafzul jalalah ( الله ) tidak termasuk mad shilah, karena “Ha” pada lafaz tersebut bukan “Ha” dhamir.

صَدَقَ اللهُ الْعَظِيْمُ AL HAMDULILLAH SELESAILAH PELAJARAN KITA HARI INI TENTANG TAJWID. BILA BELUM JELAS SILAKAN BERTANYA KEPADA GURUMU !

KONSENTRASIKAN FIKIRANMU! KITA AKAN MENGGALI KEMBALI BAB TAJWID LEBIH DALAM MELALUI BEBERAPA PERTANYAAN

TENTUKAN HUKUM MAD YANG SUDAH KALIAN PELAJARI ! لَ لَقَدْ كَانَ فِي يُوسُفَ وَإِخْوَتِهِ ءَايَاتٌ لِلسَّائِلِينَ إِ إِنَّ أَبَانَا لَفِي ضَلَالٍ مُبِينٍ وَ وَأَخَافُ أَنْ يَأْكُلَهُ الذِّئْبُ وَأَنْتُمْ عَنْهُ غَافِلُونَ اقْتُلُوا يُوسُفَ أَوِ اطْرَحُوهُ أَرْضًا أَ أَرْسِلْهُ مَعَنَا غَدًا يَرْتَعْ وَيَلْعَبْ

TENTUKAN HUKUM MAD YANG SUDAH KALIAN PELAJARI ! قَ قَالُوا لَئِنْ أَكَلَهُ الذِّئْبُ فَ فَلَمَّا ذَهَبُوا بِهِ وَأَجْمَعُوا أَنْ يَجْعَلُوهُ فِي غَيَابَةِ الْجُبِّ وَ وَجَاءُوا أَبَاهُمْ عِشَاءً يَبْكُونَ مَا أَنْتَ بِمُؤْمِنٍ لَنَا وَلَوْ كُنَّا صَادِقِينَ قَالَ الَّذِي اشْتَرَاهُ مِنْ مِصْرَ لِامْرَأَتِهِ أَكْرِمِي مَثْوَاهُ

TENTUKAN HUKUM MAD YANG SUDAH KALIAN PELAJARI ! وَلِنُعَلِّمَهُ مِنْ تَأْوِيلِ الْأَحَادِيثِ وَلِنُعَلِّمَهُ مِنْ تَأْوِيلِ الْأَحَادِيثِ وَاللَّهُ غَالِبٌ عَلَى أَمْرِهِ وَاللَّهُ غَالِبٌ عَلَى أَمْرِهِ وَلَمَّا بَلَغَ أَشُدَّهُ ءَاتَيْنَاهُ حُكْمًا وَعِلْمًا وَلَمَّا بَلَغَ أَشُدَّهُ ءَاتَيْنَاهُ حُكْمًا وَعِلْمًا وَرَاوَدَتْهُ الَّتِي هُوَ فِي بَيْتِهَا عَنْ نَفْسِهِ وَغَلَّقَتِ الْأَبْوَابَ وَرَاوَدَتْهُ الَّتِي هُوَ فِي بَيْتِهَا عَنْ نَفْسِهِ وَغَلَّقَتِ الْأَبْوَابَ إِنَّهُ لَا يُفْلِحُ الظَّالِمُونَ إِنَّهُ لَا يُفْلِحُ الظَّالِمُونَ

TENTUKAN HUKUM MAD YANG SUDAH KALIAN PELAJARI ! كَ كَذَلِكَ لِنَصْرِفَ عَنْهُ السُّوءَ وَالْفَحْشَاءَ إِ إِنَّهُ مِنْ عِبَادِنَا الْمُخْلَصِينَ وَ وَاسْتَبَقَا الْبَابَ وَقَدَّتْ قَمِيصَهُ مِنْ دُبُرٍ فَ فَلَمَّا سَمِعَتْ بِمَكْرِهِنَّ أَرْسَلَتْ إِلَيْهِنَّ لَمَّا رَأَيْنَهُ أَكْبَرْنَهُ وَقَطَّعْنَ أَيْدِيَهُنَّ

TENTUKAN HUKUM MAD YANG SUDAH KALIAN PELAJARI ! وَلَقَدْ رَاوَدْتُهُ عَنْ نَفْسِهِ فَاسْتَعْصَمَ وَلَقَدْ رَاوَدْتُهُ عَنْ نَفْسِهِ فَاسْتَعْصَمَ نَبِّئْنَا بِتَأْوِيلِهِ إِنَّا نَرَاكَ مِنَ الْمُحْسِنِينَ نَبِّئْنَا بِتَأْوِيلِهِ إِنَّا نَرَاكَ مِنَ الْمُحْسِنِينَ وَيُتِمَّ نِعْمَتَهُ عَلَيْكَ وَيَهْدِيَكَ صِرَاطًا مُسْتَقِيمًا وَيُتِمَّ نِعْمَتَهُ عَلَيْكَ وَيَهْدِيَكَ صِرَاطًا مُسْتَقِيمًا وَكَانَ ذَلِكَ عِنْدَ اللَّهِ فَوْزًا عَظِيمًا وَكَانَ ذَلِكَ عِنْدَ اللَّهِ فَوْزًا عَظِيمًا وَكَانَ اللَّهُ عَلِيمًا حَكِيمًا وَكَانَ اللَّهُ عَلِيمًا حَكِيمًا

TENTUKAN HUKUM MAD YANG SUDAH KALIAN PELAJARI ! فِيهَا فَاكِهَةٌ وَالنَّخْلُ ذَاتُ الْأَكْمَامِ فِيهَا فَاكِهَةٌ وَالنَّخْلُ ذَاتُ الْأَكْمَامِ وَخَلَقَ الْجَانَّ مِنْ مَارِجٍ مِنْ نَارٍ وَخَلَقَ الْجَانَّ مِنْ مَارِجٍ مِنْ نَارٍ رَبُّ الْمَشْرِقَيْنِ وَرَبُّ الْمَغْرِبَيْنِ رَبُّ الْمَشْرِقَيْنِ وَرَبُّ الْمَغْرِبَيْنِ وَكُنْتُمْ أَزْوَاجًا ثَلَاثَةً وَكُنْتُمْ أَزْوَاجًا ثَلَاثَةً فَأَصْحَابُ الْمَيْمَنَةِ مَا أَصْحَابُ الْمَيْمَنَةِ فَأَصْحَابُ الْمَيْمَنَةِ مَا أَصْحَابُ الْمَيْمَنَةِ

لَوْ نَشَاءُ لَجَعَلْنَاهُ حُطَامًا فَظَلْتُمْ تَفَكَّهُونَ ءَأَنْتُمْ تَزْرَعُونَهُ أَمْ نَحْنُ الزَّارِعُونَ

نَحْنُ جَعَلْنَاهَا تَذْكِرَةً وَمَتَاعًا لِلْمُقْوِينَ لَهُ مُلْكُ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ يُحْيِي وَيُمِيتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ هُوَ الَّذِي خَلَقَ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضَ فِي سِتَّةِ أَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوَى عَلَى الْعَرْشِ يَعْلَمُ مَا يَلِجُ فِي الْأَرْضِ وَمَا يَخْرُجُ مِنْهَا وَمَا يَنْزِلُ مِنَ السَّمَاءِ وَمَا يَعْرُجُ فِيهَا

يُولِجُ اللَّيْلَ فِي النَّهَارِ وَيُولِجُ النَّهَارَ فِي اللَّيْلِ ءَامِنُوا بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ وَأَنْفِقُوا مِمَّا جَعَلَكُمْ مُسْتَخْلَفِينَ فِيهِ فَالَّذِينَ ءَامَنُوا مِنْكُمْ وَأَنْفَقُوا لَهُمْ أَجْرٌ كَبِيرٌ وَمَا لَكُمْ لَا تُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَالرَّسُولُ يَدْعُوكُمْ لِتُؤْمِنُوا بِرَبِّكُمْ وَقَدْ أَخَذَ مِيثَاقَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ مُؤْمِنِينَ أُولَئِكَ أَعْظَمُ دَرَجَةً مِنَ الَّذِينَ أَنْفَقُوا مِنْ بَعْدُ وَقَاتَلُوا

مَنْ ذَا الَّذِي يُقْرِضُ اللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا فَيُضَاعِفَهُ لَهُ وَلَهُ أَجْرٌ كَرِيمٌ يَ يَوْمَ تَرَى الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ يَسْعَى نُورُهُمْ بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَبِأَيْمَانِهِمْ بُشْرَاكُمُ الْيَوْمَ جَنَّاتٌ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا ذَلِكَ هُوَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ حَ حَتَّى جَاءَ أَمْرُ اللَّهِ وَغَرَّكُمْ بِاللَّهِ الْغَرُورُ

وَأَنَّهُ كَانَ رِجَالٌ مِنَ الْإِنْسِ يَعُوذُونَ بِرِجَالٍ مِنَ الْجِنِّ قُلْ أُوحِيَ إِلَيَّ أَنَّهُ اسْتَمَعَ نَفَرٌ مِنَ الْجِنِّ فَقَالُوا إِنَّا سَمِعْنَا قُرْءَانًا عَجَبًا  يَ هْدِي إِلَى الرُّشْدِ فَآمَنَّا بِهِ وَلَنْ نُشْرِكَ بِرَبِّنَا أَحَدًا  وَ أَنَّهُ كَانَ يَقُولُ سَفِيهُنَا عَلَى اللَّهِ شَطَطًا أَنَّا ظَنَنَّا أَنْ لَنْ تَقُولَ الْإِنْسُ وَالْجِنُّ عَلَى اللَّهِ كَذِبًا

وَأَنَّا مِنَّا الْمُسْلِمُونَ وَمِنَّا الْقَاسِطُونَ وَأَنَّا لَا نَدْرِي أَشَرٌّ أُرِيدَ بِمَنْ فِي الْأَرْضِ أَمْ أَرَادَ بِهِمْ رَبُّهُمْ رَشَدًا وَأَنَّا لَا نَدْرِي أَشَرٌّ أُرِيدَ بِمَنْ فِي الْأَرْضِ أَمْ أَرَادَ بِهِمْ رَبُّهُمْ رَشَدًا وَأَنَّا مِنَّا الصَّالِحُونَ وَمِنَّا دُونَ ذَلِكَ كُنَّا طَرَائِقَ قِدَدًا وَأَنَّا مِنَّا الصَّالِحُونَ وَمِنَّا دُونَ ذَلِكَ كُنَّا طَرَائِقَ قِدَدًا وَأَنَّا لَمَّا سَمِعْنَا الْهُدَى ءَامَنَّا بِهِ فَمَنْ يُؤْمِنْ بِرَبِّهِ فَلَا يَخَافُ بَخْسًا وَلَا رَهَقًا وَأَنَّا لَمَّا سَمِعْنَا الْهُدَى ءَامَنَّا بِهِ فَمَنْ يُؤْمِنْ بِرَبِّهِ فَلَا يَخَافُ بَخْسًا وَلَا رَهَقًا

إِذْ نَادَى رَبَّهُ نِدَاءً خَفِيًّا وَإِنِّي خِفْتُ الْمَوَالِيَ مِنْ وَرَائِي وَكَانَتِ امْرَأَتِي عَاقِرًا فَهَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ وَلِيًّا وَإِنِّي خِفْتُ الْمَوَالِيَ مِنْ وَرَائِي وَكَانَتِ امْرَأَتِي عَاقِرًا فَهَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ وَلِيًّا يَرِثُنِي وَيَرِثُ مِنْ ءَالِ يَعْقُوبَ وَاجْعَلْهُ رَبِّ رَضِيًّا يَرِثُنِي وَيَرِثُ مِنْ ءَالِ يَعْقُوبَ وَاجْعَلْهُ رَبِّ رَضِيًّا يَازَكَرِيَّا إِنَّا نُبَشِّرُكَ بِغُلَامٍ اسْمُهُ يَحْيَى لَمْ نَجْعَلْ لَهُ مِنْ قَبْلُ سَمِيًّا يَازَكَرِيَّا إِنَّا نُبَشِّرُكَ بِغُلَامٍ اسْمُهُ يَحْيَى لَمْ نَجْعَلْ لَهُ مِنْ قَبْلُ سَمِيًّا يَايَحْيَى خُذِ الْكِتَابَ بِقُوَّةٍ وَءَاتَيْنَاهُ الْحُكْمَ صَبِيًّا يَايَحْيَى خُذِ الْكِتَابَ بِقُوَّةٍ وَءَاتَيْنَاهُ الْحُكْمَ صَبِيًّا الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَنْزَلَ عَلَى عَبْدِهِ الْكِتَابَ وَلَمْ يَجْعَلْ لَهُ عِوَجًا الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَنْزَلَ عَلَى عَبْدِهِ الْكِتَابَ وَلَمْ يَجْعَلْ لَهُ عِوَجًا

وَمَنْ أَظْلَمُ مِمَّنْ ذُكِّرَ بِآيَاتِ رَبِّهِ فَأَعْرَضَ عَنْهَا وَنَسِيَ مَا قَدَّمَتْ يَدَاهُ إِنَّا جَعَلْنَا عَلَى قُلُوبِهِمْ أَكِنَّةً أَنْ يَفْقَهُوهُ وَفِي ءَاذَانِهِمْ وَقْرًا وَإِنْ تَدْعُهُمْ إِلَى الْهُدَى فَلَنْ يَهْتَدُوا إِذًا أَبَدًا(57)وَرَبُّكَ الْغَفُورُ ذُو الرَّحْمَةِ لَوْ يُؤَاخِذُهُمْ بِمَا كَسَبُوا لَعَجَّلَ لَهُمُ الْعَذَابَ بَلْ لَهُمْ مَوْعِدٌ لَنْ يَجِدُوا مِنْ دُونِهِ مَوْئِلًا(58)