PENGENALAN AUTODESK 3DS MAX

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Penggunaan Symbol di dalam Movie Flash
Advertisements

MEMBUAT GAMBAR CLEAN-UP DAN SISIP Kode : MMP.AN
Menggambar dengan Macromedia Flash
BORLAND DELPHI 1. Pengenalan Borland Delphi merupakan program aplikasi database yang berbasis Object Pascal dari Borland. Delphi juga memberikan fasilitas.
Penuntun Kelas VIII Semester 2
Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom
Animasi 3D dengan Software 3Ds Max
Dasar 3 Dimensi Spesifikasi Koordinat 3D
Variasi Animasi dalam Flash
KOMPUTER GRAFIS I TEKNIK DASAR MEMBUAT OBJEK 3D 1. THICKNESS
KOMPUTER GRAFIS TEKNIK CAMERA Dalam 3D Studio Max, kamera dibuat dengan memilih tombol create dalam command panel, lalu.
Animasi.
PROGRAM S1 TEKNIK INFORMATIKA SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI NURUL JADID MOH. FURQAN, S. Kom.
:: PRAKTIKUM CAD / CAM # 13 ::
KLIK FORMAT KLIK UNIT. ISI KOTAK DRAWING UNIT SEPERTI CONTOH PASTIKAN UNIT TO SCALE DI ISI CENTIMETER KALAU SUDAH DIISI SEMUA KLIK OK.
Kelas XII/ 1 Oleh: Adhe Whisnu K.
KOMPUTER GRAFIK KONSEP DASAR KOMPUTER GRAFIK
28. Hatch Hatch adalah command untuk membuat arsir.
Menu & Ikon Perangkat lunak pembuat presentasi
PERANGKAT LUNAK : APLIKASI PRESENTASI Tim Asisten Praktikum Penerapan Komputer Departemen Ilmu Komputer Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Institut.
C. GAMBAR Picture pada dasarnya Ms-Word bukan aplikasi pengolah gambar. Namun Ms-Word menyediakan fasilitas untuk menampilkan gambar dari file lain. Untuk.
KOMPUTER GRAFIKA TRANSFORMASI 3D (KONSEP 3 DIMENSI)
MENGUASAI CARA MENGGAMBAR CLEAN UP & SISIP
Teknologi Dan Rekayasa
Pengantar komputer & teknologi informasi 2a
GRAFIK By : dewi.
Pengantar Komputer Grafik
Nisn.data.kemdiknas.go.id 25/10/2017.
Computer Aided Design Gambar Listrik.
Produksi 3D untuk Desainer
Pengantar Grafika 3D Fakultas Ilmu Komputer 2014
KOMPUTER GRAFIS VIDEO TOPIK 4 MENGGAMBAR BENTUK DUA DIMENSI
APLIKOM II PERTEMUAN KE IV.
OLEH : SONIA RUKMARDI SARI KELAS : X2
Louis Bertrand Secondra
Pertemuan 2 Menggunakan Layer Nurul Mustawatira P.
B. Nebel, Univ. Freiburg, FAW
Konsep 3D dan Representasi Objek 3D
KULIAH -9 MEMULAI GAMBAR DENGAN 3D MAX
Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom
Curves dan NURBS Mail merge.
MICROSOFT POWER POINT 2007 APLIKASI KOMPUTER 2.
Animasi 3D dengan Blender
Microsoft Word 2007.
Modeling Concept & Technique
GEOMETRI TIGA DIMENSI.
MENGIDENTIFIKASI FUNGSI MENU DAN IKON PADA PENGOLAH ANIMASI
BAB 5 MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK PENGOLAH KATA
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom
Grafika Komputer - Pengantar
Kelas XII Semester Genap Tahun Pelajaran 2013 / 2014
MENJALANKAN SLIDE PRESENTASI
TEKNIK KONSTRUKSI KAYU.
Pengantar dan Konsep Realisme Grafik Komputer
:: PRAKTIKUM CAD / CAM # 14 ::
Animasi Tweening.
#2 Animasi Sigit Pambudi, M.Eng
Kegiatan Belajar 2: Teknik Animasi Tweening
4. Kegiatan Belajar 4: Teknik Animasi Motion Guide
TUGAS REVIEW JURNAL GRAFIKA KOMPUTER
Sketch Up 2014 Juan Timothy.
Konsep 3D dan Representasi Objek 3D
SELAMAT DATANG!!! Loading... ? Animasi Tweening MENU UTAMA Tujuan Indikator Materi Pokok Video Silakan Anda ganti judul utama, kelas dan semesternya.
kita bisa mengubah arah penulisan teks dalam Text Box. Langkah
PEMBAHASAN MATERI Grafik Berbasis Vektor dan Bitmap Pengertian Grafis Bentuk komunikasi visual yang dirancang dengan menggunakan kombinasi kordinat titik-titik.
SELAMAT DATANG!!! Loading... ? Animasi Tweening MENU UTAMA Tujuan Indikator Materi Pokok Video Silakan Anda ganti judul utama, kelas dan semesternya.
PPG DALAM JABATAN Merancang model obyek 3 dimensi : Fitur dasar aplikasi pemodelan 3 dimensi PROFESIONAL PAKET KEAHLIAN MULTIMEDIA KELOMPOK KOMPETENSI.
NoNamaPenjelasan 1 Header Menu utama Blender yang terdiri dari File, Add, Render dan Help 2 Viewport tampilan yang terdiri dari objek 3D dan objek.
SELAMAT DATANG!!! Loading... ? Animasi Tweening MENU UTAMA Tujuan Indikator Materi Pokok Relaksasi Silakan Anda ganti judul utama, kelas dan semesternya.
Transcript presentasi:

PENGENALAN AUTODESK 3DS MAX

Main Toolbar Select & Link untuk membuat link/ hubungan antara suatu objek dengan objek lainnya. Unlink Selection untuk melepaskan hubungan antar objek. Bind to Space Warp untuk menghubungkan antara objek terpilih dengan objek space warp

VIEWPORT Ruang kerja / layar kerja, tempat dimana kita dapat melakukan proses pekerjaan dalam membuat animasi. Terdiri dari beberapa bidang viewport yang sama besarnya. Viewport yang aktif adalah yang dikelilingi garis berwarna kuning.

Cara Menampilkan Viewport Aktifkan Viewport Toggle (terletak di pojok kanan bawah) Views – Viewport Configuration – Layout Alt + W

ViewCube Adalah alat yang dapat membantu mengubah viewport secara cepat hanya dengan sekali klik pada label sudut pandang ViewCube. Views – ViewCube – Show the ViewCube

Tools Pemodelan

Create : Membuat Objek baru, pencahayaan, kamera, dll Modify : Modifikasi dan editing objek Hierarcy : Mengelola hubungan antar objek dalam suatu hirarki/tingkatan dan parameter inverse kinematic. Motion : Mengatur gerakan/ animasi objek Display : Mengatur tampilan objek dalam layer (menampilkan objek, menyembunyikan, dll) Utilities : Mengakses beberapa fasilitas tambahan yang tidak ada di panel sebelumnya

Pemodelan Obyek 3 Dimensi

Model : bentuk atau rancangan suatu benda atau obyek. Pemodelan 3D dibagi menjadi : 1. Obyek apa yang ingin dibentuk sehingga dapat ditentukan obyek dasar pembentuknya. 2. Metode pemodelan obyek 3D 3. Pencahayaan 4. Animasi

3 Metode Popular dalam Pemodelan 3D Primitives Modeling NURBS Modeling Sculpt Modeling

Primitives Modeling Prosedur pemodelan ini memerlukan bentuk-bentuk geometri primitive, seperti bola, silinder, kerucut atau kubus. Cocok untuk aplikasi teknis, kurang cocok untuk bentuk-bentuk organic.

NURBS Modeling Proses yang popular saat ini. NURBS adalah cara pemodelan permukaan secara parametrik yang umumnya digunakan dalam grafik komputer. Dapat memodelkan sembarang permukaan, geometri analitik (lingkaran, elipsis, bola, dll). Kurva dapat dibentuk dengan hanya tiga titik saja.

Sculpt Modeling Merupakan metode baru pemodelan 3D. Memiliki 2 type yaitu Displacement dan volumetric.

Pada 3ds Max, terdapat 2 type objek yang dapat digunakan untuk membuat obyek 3 dimensi yaitu Geometry dan Shape. Geometry : kumpulan obyek geometri dalam bentuk 3 dimensi yang dapat digunakan sebagai bentuk dasar obyek. Shape : obyek dasar dalam format 2 dimensi, contoh garis, persegi panjang, dll.

Silahkan buat 3 objek  box, silinder, cone Cone diletakkan di atas silinder Box dirotasi 90 derajat sb x. Letakkan di bawah silinder Warna berbeda-beda

Tools Create Geometry Shapes Lights Cameras Helper Space Warps System

Standard, Atmospheric Apparatus, Camera Match, Manipulators, VRML97 dan Reactor Forces, deflectors, Geometric/ Deformable, Modifier Based, Reactor dan Particles & Dynamics Bones, Biped, Ring Array, Sunlight, dan Daylight

PENGISI WAKTU LUANG Jelaskan perbedaan tipe Lights Standard dan Photometric! Jelaskan perbedaan tipe Cameras Target dan Free! Jelaskan perbedaan Bones dan Biped!