PERTEMUAN KE 14 Umat Katolik dan Hak Asasi Manusia.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
KRISTUS, HUKUM DAN INJIL
Advertisements

Bab IX HUKUM.
11 APRIL 1963, YOHANES XXIII - PT
Un Charter Latar Belakang
Sabda Kehidupan Oktober 2010 "Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri" (Mt 22,39)
HAK ASASI MANUSIA Pengertian menurut :
KATEKESE ANALISIS SOSIAL
HAK ASASI MANUSIA PERKULIAHAN TGL 30 DESEMBER 2009.
HAM Untuk mempertahan kan hidup (ps 28 a) Membentuk keluarga (28b)
HUKUM PIDANA INTERNASIONAL
PERSAMAAN DI DEPAN UNDANG-UNDANG
? HAK AZASI MANUSIA.
7. JANGAN MENCURI Allah menuntut manusia menghormati hak milik orang lain. Hak milik pribadi bisa diakui jika yg dimiliki didapat atau diterima dgn cara.
Persoalan Hak Asasi Manusia
Instrumen Hukum HAM International dan Peradilannya
KELOMPOK 8 1. Masyarakat Kasus Marsinah termasuk pelaggaran HAM karena melanggar hak hidup seorang manusia Hak berpendapat Marsinah sebagai warga negara.
Prinsip Hak Asasi Manusia
Kisah empat lilin ..
KERUKUNAN UNIVERSITAS ESA UNGGUL JAKARTA.
BAB 5 Kita Semua Sederajat dan Bersaudara
PROFILE Nama : Yuliana, S.Pd, Gr TTL : 29 Juli 1988 Alamat : Yogyakarta Pendidikan : S 1 Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum UNY Pendidikan Profesi Guru.
GEREJA DAN PENEGAKAN HAM
Pendidikan kewarganegaraan
Hak Asasi Manusia.
INSTRUMEN HAM INDONESIA
HAM Indonesia dan PBB SURYA ARIYANDA
KEMAJEMUKAN BANGSA INDONESIA
Warga Negara 1 Hak asasi pribadi (personal rights) 2 Hak asasi ekonomi (property rights atau harta milik) 3 dan perlakuan yang sama dalam keadilan.
Kebenaran (Righteousness)
Bab 5 Hak Asasi Manusia.
PELAKSANAAN HAK ASASI MANUSIA (HAM) DALAM RELASI HUKUM DAN KEKUASAAN SERTA DALAM MENGHADAPI ISU-ISU GLOBAL Kelompok 10 Anesta Ebri Dewanty
Ajaran sosial gereja ARTI DAN MAKNA AJARAN SOSIAL GEREJA
CIRI KEPEMIMPINAN KATOLIK
HAK ASASI ANAK Minggu ke 13.
KERUKUNAN NURWITO, S.Ag., M.Pd. UNIVERSITAS ESA UNGGUL JAKARTA.
Hak Asasi Manusia Oleh: Yesi Marince.
15 SEPTEMBER 1981, YOHANES PAULUS II – LE
Hak Asasi Manusia.
BAB XI GEREJA DAN DUNIA.
BAB XI GEREJA DAN DUNIA.
PERLINDUNGAN DAN PENEGAKAN HAK ASASI MANUSIA ( HAM)
PERLINDUNGAN DAN PENEGAKAN HAK ASASI MANUSIA
IMAN KRISTEN DAN HAK ASASI MANUSIA.
PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN by DANIEL ARNOP HUTAPEA, S
KEJUJURAN DAN KEADILAN TIDAK AKAN TERCAPAI TANPA KEIKHLASAN
INSTRUMEN HAM INDONESIA
Instrumen HAM Modern.
SIAPAKAH MANUSIA DALAM ROMA 7?
Bab 1 Hak Asasi Manusia.
PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN by DANIEL ARNOP HUTAPEA, S
Pemahaman Dasar Tentang HAM
Istilah Ham Istilah lain dari Hak Asasi Manusia (HAM) diantaranya sebagai berikut : Human rights Fundamental rights Basic rights.
Sejarah Perkembangan HAM
TUJUAN PEMBERIAN MATERI HAM
KAJIAN HAK ASASI MANUSIA
HIDUP BARU DALAM KRISTUS
BAB V GEREJA DAN DUNIA PERMASALAHAN YANG DIHADAPI DUNIA
Pdt. Gerry CJ Takaria.
BAB VI HAK ASASI MANUSIA
PENTAKOSTA Lesson 2 for July 14, 2018.
SAMBUTAN KASIH Lesson 10 for June 9, 2012.
BAB III MEMPERJUANGKAN KELUHURAN MARTABAT MANUSIA
PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN by DANIEL ARNOP HUTAPEA, S
Hukum ALLAH. Hukum ALLAH Waktu ALLAH menyampaikan hukum di atas Bukit Sinai, Allah tidak hanya menyatakan diri-Nya sendiri sebagai penguasa tertinggi.
HAM serta Hak dan Kewajiban Warga Negara
BAB VI HAK ASASI MANUSIA
Hak-hak Asasi Manusia (HAM)
ADAKAH HAM DALAM ISLAM??? ADA APA DENGAN HAM? Adi Mansah.
HAK ASASI MANUSIA SL. Harjanta, S.IP. M.SI.
Transcript presentasi:

PERTEMUAN KE 14 Umat Katolik dan Hak Asasi Manusia

Hukum cinta kasih menjadi landasan perjuangan Hak Asasi Manusia tanpa pandang bulu karena keyakinan bahwa manusia diciptakan secitra dengan Allah, maka hak-hak dasar sebagai manusia perlu dijaga, dihargai. Manusia menjadi makhluk yang amat unik dan tergantikan oleh apapun dan siapapun, sehingga setiap orang dipanggil untuk membangun hidup sosial dengan berdasar pada prinsip nilai keadilan, kebenaran, kasih dan damai.

Setiap anak yang lahir dan setiap orang yang hidup amat berharga. Dia berharga bukan hanya karena dicintai, disayangi oleh sesamanya tetapi terlebih karena dia membawa gambaran Allah yang unik dan tergantikan oleh apapun. Keyakinan ini meresapi seluruh aktivitas perjuangan untuk menghargai Hak Asasi Manusia kapan dan di manapun. Perjuangan tersebut terarah pada manusia sebagai manusia. Martabatnya sebagai pribadi dan citra Allah perlu dijaga.

Gagasan citra Allah mengandung dua pengertian penting berikut: pertama, dalam arti tertentu: pikiran manusia sama dengan pikiran Allah. Artinya, kendati manusia terbatas dan tidak selalu baik tetapi manusia dapat mengenali kebaikan demi kebaikan. Manusia dapat memilih dan merencanakan masa depannya dengan menentukan menjadi manusia macam apapun sesuai keputusan moral yang dibuatnya. Manusia memiliki kehendak bebas yang membuatnya dapat memilih sesuai keinginannya. Hal ini juga yang membedakan manusia dari binatang selain pikiran rasional.

Contohnya, seekor anjing dapat dilatih memburu, melacak pencuri tetapi anjing tersebut tidak memahami mengapa pencuri itu salah. Atau juga seekor anjing tidak dapat dengan bebas memilih menjadi anjing pencuri, tetapi manusia justru dengan kehendak bebasnya menentukan arah hidupnya. Ia menjadi tuan atas dirinya

. Kedua, manusia dipanggil mengambil bagian dalam hidup abadi Allah sendiri: hidup di dunia ini merupakan awal dari kisah yang berlanjut sesudah kematian. Setiap orang memiliki masa depan abadi di surga atau terpisah ke neraka. Gagasan ini sesungguhnya mengajak setiap orang membangun hidup suci dimanapun karena ia membawa gambaran Allah di dalam dirinya.

Dalam konteks perjuangan HAM, setiap umat katolik merasa hal ini menjadi sebuah panggilan bagi dirinya. Penggilan ini menuntut setiap orang (katolik) berjuang demi keselamatan manusia, termasuk penghargaan atas seluruh hidup dan kerjanya.

Hak-hak dasar manusia perlu diperhatikan dan dijaga agar tidak dilanggar. Maka usaha untuk mengurangi ataupun mengekang hak-hak tersebut mesti dianggap sebagai kejahatan terbesar yang perlu dilawan.

. Demi menjaga kelangsungan hak-hak asasi tersebut, maka Sidang Umum PBB mengesahkan dan mendeklarasikan: UNIVERSAL DECLARATION OF HUMAN RIGHTS di San Fransisko, California pada tahun Deklarasi ini memuat tiga puluh pasal yang mengatur bagaimana hidup dan hak-hak manusia mesti dijamin dan dijaga.

Umat Katolik menyambut baik deklarasi ini melalui Paus Yohanes XXIII yang melihatnya sebagai langkah pembaharuan terbesar ke depan bagi seluruh dunia. Sri Paus lalu menjabarkan dan membicarakan Hak Asasi Manusia dalam Ensikliknya: “PACEM IN TERRIS” (Damai di Bumi, 1963) yang menekankan gagasan dan pandangan kristiani bahwa manusia memiliki hak-hak asasi karena diciptakan secitra dengan Allah.

Setiap manusia benar-benar seorang pribadi yang dianugerahi inteligensi dan kehendak bebas maka ia mempunyai hak- hak yang bersifat universal dan tidak dapat dilanggar. Setiap manusia memiliki jiwa rasional dan diciptakan menurut citra Allah, maka kita dipanggil untuk mengatasi dan menyingkirkan segala macam diskriminasi yang mempengaruhi hak-hak dasar karena berlawanan dengan maksud Allah (GS. 29).

TERIMAKASIH 