Seni rupa & desain Indonesia dalam industri kreatif Pertemuan 13

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Lanskap Sejarah Historical Landscape Naniek Kohdrata
Advertisements

Lanskap Sejarah dan Lanskap Budaya
Bab 1 Pemasaran Mengatur Hubungan Pelanggan yang Menguntungkan
PENGERTIAN SENI. Adaptif Seni merupakan salah satu pemanfaatan budi dan akal untuk menghasilkan karya yang dapat menyentuh jiwa spiritual manusia.
MENGAPA PERLU KARYA SENI BERMUATAN HAM?
STIKES BANTEN BSD CITY RIKSA WIBAWA RESNA
Fakultas Seni Rupa dan Desain Tahun Akademik 2007/2008
“Mengenal Jawa Barat Dengan Kaos Oblonk”
PROGRAM P3SWOT (PENELITI, PENULIS,
RENCANA PROGRAM PERFILMAN Bidang Tradisi, Seni dan Film
Bimtek KTSP 2009 PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL NOMOR 23 TAHUN 2006 NOMOR 23 TAHUN 2006Tentang STANDAR KOMPETENSI KELULUSAN (SKL)
MENEMUKAN/MENCIPTAKAN Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)
APRESEASI SENI BUDAYA.
(Penjelasan bahasa rupa & semiotika)
Bab 9 Pengembangan Produk Baru dan Strategi Siklus Hidup Produk
MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL NOMOR 23 TAHUN 2006 Tentang
APRESIASI SENI & BUDAYA ISLAM
SENI TEATER.
Sosialisasi KTSP PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL NOMOR 23 TAHUN 2006 NOMOR 23 TAHUN 2006Tentang STANDAR KOMPETENSI KELULUSAN (SKL) DEPARTEMEN PENDIDIKAN.
Pertemuan 7 : Pemasaran E-commerce
Konsep Promosi E-Commerce
MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL NOMOR 23 TAHUN 2006 Tentang
SETYANINGSIH SLAWI, 12 JULI Pendidikan Kedwibahasaa dalam Pembangunan Katakter Generasi Muda Keadaan kebahasaan di Indonesia  Bahasa daerah (746)
PENGANTAR DKV 4 Kode : DVK 314 Bobot : 2 SKS
Seni dan Institusi.
Sosialisasi KTSP PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL NOMOR 23 TAHUN 2006 NOMOR 23 TAHUN 2006Tentang STANDAR KOMPETENSI KELULUSAN (SKL) DEPARTEMEN PENDIDIKAN.
Program : IPA/IPS/Bahasa
KONVERGENSI MEDIA.
NUR AFNI HIDAYAH, Perancangan Katalog Studio Seni Grafis sebagai Media Promosi Jurusan Seni Rupa FBS UNNES.
Mata Pelajaran Seni Budaya
1.2Tujuan Tujuan dari pengembangan produk ukiran dari suku Kamoro, Timika adalah untuk dapat menjadi produk ukiran yang memiliki suatu ciri khas dan berbeda.
Resources Jaringan internet cepat & terdistribusi menyeluruh Kegiatan kreatif Masyarakat kampus sejumlah ±18000 orang Penelitian / kegiatan praktis science.
YUNITA MUSTIKANINGTYAS, Miniatur Desain Iklan Neon Box Outdoor Rokok Andelan.
CV. ARENA SONGKET.
Lingkungan Pemasaran Pertemuan 03.
Online PR Judhie Setiawan
DESKOMVIS 4 Kode : DVK 314 Bobot : 2 SKS Dosen : 5787 – Teguh Imanto Diskripsi Matakuliah Daftar Pustaka / Referensi Penilaian Perkuliahan Topik Perkuliahan.
Mengelola isi halaman web
PENGANTAR DKV 4 Kode : DVK 314 Bobot : 2 SKS
Dasar-Dasar Periklanan
Matakuliah : U0032 | SEJARAH SENI RUPA DAN
PENGANTAR DKV 4 Kode : DVK 314 Bobot : 2 SKS Dosen : 5787 – Teguh Imanto Diskripsi Matakuliah Daftar Pustaka / Referensi Penilaian Perkuliahan Topik Perkuliahan.
PENGANTAR DKV 4 Kode : DVK 314 Bobot : 2 SKS Dosen : 5787 – Teguh Imanto Diskripsi Matakuliah Daftar Pustaka / Referensi Penilaian Perkuliahan Topik Perkuliahan.
1 Sains, Teknologi dalam Seni Rupa Indonesia Pertemuan 12 Matakuliah: U0032/Sejarah SR & Kebudayaan Indonesia II Tahun: 2006.
PENGANTAR DKV 4 Kode : DVK 314 Bobot : 2 SKS Dosen : 5787 – Teguh Imanto Diskripsi Matakuliah Daftar Pustaka / Referensi Penilaian Perkuliahan Topik Perkuliahan.
Muhammad Neil El Himam Badan Ekonomi Kreatif
PRODUK KREATIF INDONESIA MASIH SULIT DIAKSES. Dikutip dari Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo membuka pameran Inacraft Jokowi menaruh perhatian.
EKONOMI KREATIF BERBASIS BUDAYA LOKAL: SOLUSI DALAM ERA MEA
DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
Strenght : Keaneka ragaman kebudayaan asli Indonesia
DAMPAK PEMBANGUNAN PARIWISATA
PENGANTAR DKV 4 Kode : DVK 314 Bobot : 2 SKS
SENI, SENI RUPA, dan DESAIN
WIRAUSAHA KAOS UNIK, KREATIF, DAN BERKUALITAS SEKALIGUS MEDIA EDUKASI UNTUK MEMBANGUN GENERASI MUDA BERKARAKTER DAN BERJIWA NASIONALISME.
SENI RUPA PAMERAN SENI RUPA.
PROGRAM TEAM KERJA DAN AKTIVITAS USAHA
Seni Lukis Indonesia Modern PraNasionalisme Pertemuan 6
APRESEASI SENI BUDAYA.
TINJAUAN DESKOMVIS Kode : DKV 217 Bobot : 2 SKS
KOMUNIKASI MASSA CYBER COMMUNICATION.
GRAFIKA & PUBLISISTIK,MENGAPA By SR Jannah
Pendekatan dalam melakukan apresiasi
Creative Industry dalam Komunikasi Pariwisata
PARINKRAF-UMT FAKULTAS PARIWISATA DAN INDUSTRI KREATIF
SENI, SENI RUPA, dan DESAIN
POTENSI EKONOMI KREATIF INDONESIA PADA SEKTOR KULINER
DESAIN KOMUNIKASI VISUAL MEDIA CETAK
PERENCANAAN PRODUK PARIWISATA
DEPARTEMEN PENDIDIKAN SENI RUPA FAKULTAS PENDIDIKAN SENI DAN DESAIN UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA 2015 Sekilas pandang.
Asisten Praktikum Tujuan Dibentuk Inkubator Bisnis Mengembangkan usaha baru dan usaha kecil yang potensial menjadi usaha mandiri, sehingga mampu.
Transcript presentasi:

Seni rupa & desain Indonesia dalam industri kreatif Pertemuan 13 Matakuliah : W0502 | SEJARAH SENI RUPA INDONESIA Tahun : 2009/2010 Seni rupa & desain Indonesia dalam industri kreatif Pertemuan 13

PENGARUH TEKNOLOGI DAN MARKETING DALAM SENI Perkembangan seni tidak luput dari teknologi. Berbagai bentuk seni yang ada, mengalami sedikit banyak perkembangan dalam teknik dan material. Video Art Muncul pula bentuk-bentuk seni yang baru karena perkembangan teknologi tersebut. Di antaranya adalah seni digital, video art, dll. Melalui jaringan internet publikasi dan pemasaran karya seni juga menjadi lebih cepat dan mudah. Digital art 3

PENGARUH TEKNOLOGI DAN MARKETING DALAM SENI ‘Pemasaran’ karya seni secara konvensional biasanya melalui galeri yang memamerkan karya-karya seni. Galeri seni sebenarnya bukan hanya merupakan ruang pamer bagi karya-karya seni, tetapi juga berperan sebagai ‘show room’, karena biasanya karya seni yang dipamerkan juga dijual di sana. Edwin’s Gallery, Jakarta 4

PENGARUH TEKNOLOGI DAN MARKETING DALAM SENI Bahkan di masa kini, galeri tidak hanya menjadi tempat memamerkan karya dan berjual beli karya, banyak galeri dilengkapi pemandu untuk menjelaskan karya seni, kafe dengan hotspot untuk makan minum dan berinternet, berdiskusi seni atau peluncuran produk seni, tempat aktivitas workshop seni ,dll. Bahkan ada pula yang dilengkapi taman dan tempat peristirahatan. Selasar Sunaryo, Bandung 5

PENGARUH TEKNOLOGI DAN MARKETING DALAM SENI Dalam perkembangan seni kontemporer, selain peran galeri, terdapat peran kurator ataupun pengulas seni yang biasanya memberikan tinjauan atas suatu pameran ataupun karya seni. Umumnya mereka juga dikenal sebagai kritikus seni. Kritikus seni juga berperan dalam ‘mengangkat nama’ seorang seniman. Umumnya kritikus menulis untuk rubrik-rubrik seni pada media-media massa maupun terbitan khusus seni. Jim Supangkat Agus Dermawan T. 6

PENGARUH TEKNOLOGI DAN MARKETING DALAM SENI Tentunya ada pihak lain yang sangat diharapkan oleh para seniman, yaitu para kolektor dan pecinta seni, yang mengapresiasi karya mereka dan membelinya. Sehingga mereka dapat menjaga kelangsungan hidup dan kerja seninya. Kesemuanya ini tergabung dalam suatu industri seni bersama-sama dengan bidang lainnya yang mendukung, seperti : balai lelang, manajemen seni, kehumasan dan publikasi, penerbitan katalog, dll. Koleksi seni Oei Hong Djien, Magelang 7

PERKEMBANGAN DESAIN Desain, yang merupakan seni terapan telah terasa perkembangannya sejak masuknya pengaruh Barat pada masa Indies. Desain Fashion, Desain Interior, Desain Produk maupun Desain Grafis banyak mempengaruhi gaya hidup pada masa itu. Hanya saja desainer ataupun arsitek masih didominasi oleh bangsa Barat. Des Indes Hotel, Weltevreden, Batavia 8

PERKEMBANGAN DESAIN Perkembangan desain lebih lanjut tidak lepas dari peranan berdirinya perguruan tinggi seni. Sehingga pemahaman akan gaya-gaya dan trend internasional dapat diperbaharui dan diaplikasikan. Sebaliknya, gaya-gaya lokal juga digiatkan untuk dikaji guna pelestarian dan sumber inspirasi lebih lanjut. Hotel Indonesia, Jakarta 9

PERKEMBANGAN DESAIN Perkembangan dan kemajuan teknologi, seperti komputer, material, alat gambar memberikan pengaruh yang lebih banyak lagi. Sehingga pekerjaan desain dapat diselesaikan dengan lebih efisien dan efektif. Selain dimudahkan dalam memproduksi karya, teknologi juga memberi akses yang tidak sedikit pada pemasaran karya seni dan desain, misalnya dengan situs-situs web, blog, friendster, facebook, dll membuka kesempatan luas bagi peluang usaha desain . 10

INDUSTRI KREATIF Istilah Industri Kreatif mengacu pada sektor industri yang berfokus pada penciptaan dan eksplorasi hal-hal berikut yang memiliki keaslian estetika, seperti: Produk-produk kekayaan intelektual seperti: musik, buku, film, game, dll Usaha yang bergerak pada jasa kreatif seperti periklanan, publikasi Kegiatan yang berhubungan dengan seni dan budaya seperti : pertunjukan seni seperti teater dan tari, dll Aktivitas kepariwisataan dan keolahragaan Aktivitas usaha desain, produksi dan penjualan obyek atau jasa seni seperti: perhiasan, adibusana, puisi, dan penulisan kreatif lainnya, seni rupa, kerajinan, dll Paper Craft Desain Kaos 11

INDUSTRI KREATIF Label-label independen (indie) bermunculan sebagai upaya alternatif untuk membebaskan pekerja kreatif dari dominasi pemegang merk besar, yang sering dirasa membatasi kreativitas, baik di bidang musik, film, buku, termasuk produk, fashion dan desain grafis, game, animasi serta komik. Produk-produk indie dipasarkan lewat jaringan internet, festival-festival indie, maupun distro, dengan segmentasi yang biasanya kalangan muda. Distro yang menjadi tempat memasarkan produk-produk desain baik desain fashion, desain grafis, maupun desain produk dengan label independen 12

IDENTITAS BUDAYA LOKAL | tujuan Penerapan identitas budaya lokal pada karya-karya kontemporer seni mapun desain biasanya bertujuan tertentu, diantaranya adalah : Memberikan kekhasan pada karya, sehingga memiliki kekuatan dalam menghadapi daya saing global. Menampilkan identitas etnik tertentu yang berhubungan dengan konsep karya, misalnya filosofi perlambangan yang diwakili oleh karakter image seperti misalnya ragam hias atau figur khas untuk mewakili citra daerah tertentu di Indonesia. Mewakili citra tradisional sesuai konsep yang direncanakan. Melestarikan dan mengembangkan lebih lanjut kekayaan warisan budaya Indonesia. 13

IDENTITAS BUDAYA LOKAL | karya seni Heri Dono| Supersemar|2006 F. Widayanto| Leyehan|2007 14

IDENTITAS BUDAYA LOKAL | kriya 15

IDENTITAS BUDAYA LOKAL | karya desain Le Bo Ye | Jakarta Good Food Guide Le Bo Ye| Light of Hope Le Bo Ye| Identitas Usaha Warung Enak 16

IDENTITAS BUDAYA LOKAL | karya desain Iklan Bumbu Masak 17

IDENTITAS BUDAYA LOKAL | karya desain 18

IDENTITAS BUDAYA LOKAL | karya desain 19