Iman P. Hidayat Register Akuntan D. 44 748. tujuan dasar laporan keuangan akuntansi syari’ah yang bersifat  “materi” adalah untuk pemberian informasi(akuntansi),

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
CABANG-CABANG FILSAFAT
Advertisements

Tiga Karakteristik Kehidupan
MPK Kuantitatif Program Ekstensi Ilmu Komunikasi Semester Genap 2007/2008.
PENGANTAR AKUNTANSI II
GOOD MORNING.
Iwan Triyuwono Jurusan Akuntansi – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya
PANCASILA DITINJAU ASAL MULANYA
HAKEKAT MANUSIA HARYONO.AS NIP
Disusun oleh : YUNI DESTIA ( ) HOTDI SITORUS ( ) MULIATIE ( )
Penjelasan GBPP & Kontrak Perkuliahan
ANTARA PSIKOLOGI BARAT
BAB 4 Kerangka Dasar Penyusunan dan Penyajian Laporan Keuangan Syariah (KDPPLKS). Kerangka dasar merupakan rumusan konsep yang mendasari penyusunan dan.
Agama : Seperangkat nilai atau aturan yang mengikat para pengikutnya untuk menyembah Tuhan dan berbakti kepada-Nya demi mencapai kesejahteraan dan kebahagiaan.
”SUSUSAYA” MELAMPAUI PARADIGMA-PARADIGMA METODOLOGI PENELITIAN
PANCASILA SEBAGAI SISTEM FILSAFAT
PENDIDIKAN PANCASILA PANCASILA SEBAGAI SISTEM FILSAFAT Kelompok 3 :
Hubungan Sains dan Agama
Kelompok 7 Erwin Prasetyo Thomas Rico
Kerangka Dasar Agama Islam Dan Ajaran Hukum Islam (Bagian Pertama)
Sumberdaya Alam (Natural resources)
Pert. 3 Dr. H. Syahrial Syarbaini, MA.
KEMAJUAN PERADABAN DUNIA (Hubungan Iman Kristen dg Ilmu Pengetahuan)
REKONSTRUKSI KERANGKA DASAR KONSEPTUAL UNTUK AKUNTANSI DAN
WORKSHOP “RESEARCH DENGAN METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF”
Tujuan & Prinsip Bisnis Syariah
BISNIS DAN PERLINDUNGAN KONSUMEN
SEJARAH DAN METODOLLOGI
AKUNTANSI SEKTOR PUBLIK
AKUNTANSI SYARIAH Iwan Triyuwono Universitas Brawijaya
KERANGKA DASAR PENYUSUNAN DAN PELAPORAN KEUANGAN BANK SYARIAH
1 AKUNTANSI INTERNASIONAL MODUL 1 PERTEMUAN KE 1 DOSEN :
Manusia Dan Kebudayaan
ALIRAN FILSAFAT NATURALISME
Filsafat Sosiologi Komunikasi
O N T O L O G I I L M U ONTOLOGI : onto yang berarti wujud (being) dan logi yang artinya ilmu jadi ontologi berarti ilmu tentang wujud atau ilmu tentang.
Karakteristik Kualitatif Laporan Keuangan (Ikatan Akuntan Indonesia)
PENDEKATAN GEOGRAFI.
NEGARA INDONESIA DAN PANCASILA
ETIKA DAN KAIDAH BERAGAMA DALAM KESEHATAN
Bab 5 Kerangka Dasar Penyusunan Dan Penyajian Laporan Keuangan Syariah
Ilmu dan Kebudayaan.
FILOSOFI METODE PEndidikan BERbASIS TAUHID
Islam Dan Kerangka Dasarnya
FILSAFAT ILMU Memahami Manusia & Kebudayaan Cipta Rasa Karsa Manusia Ilmu Pengetahuan Budaya Nasional.
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
MODUL 6 ETIKA & FILSAFAT KOMUNIKASI
Pemasaran Syariah Pengertian Pemasaran Syariah
Pancasila sebagai sistem filsafat, perbandingan filsafat pancasila dengan sistem filsafat lainnya didunia.
Pengantar Manajemen Menu Utama Pengantar Manajemen Kompetensi Materi
Pengertian dan ruang lingkup filsafat
MATAN KEYAKINAN DAN CITA CITA (MKCH) MUHAMMADIYAH 1.Muhammadiyah adalah gerakan Islam dan da’wah amar ma’ruf nahi mungkar, beraqidah Islam dan bersumber.
FILSAFAT PENDIDIKAN IDEALISME
Filsafat Perennial (Sayyed Housein Nasr)
KONSTRUCTED REALITIES
Oleh: Hamid Fahmy Zarkasyi
C2M Orang Tau Kita Kristian
Kelompok 3 : FIRMANSYAH FAJAR SASI SAMUDRA ANGGITA AYU
BAB 4 Kerangka Dasar Penyusunan dan Penyajian Laporan Keuangan Syariah (KDPPLKS). Kerangka dasar merupakan rumusan konsep yang mendasari penyusunan dan.
BAB 2. PENGEMBANGAN AKUNTANSI SYARIAH
MemahamiISLAM Sebagai Pandangan Hidup Oleh: Hamid Fahmy Zarkasyi.
Manusia dan Alam Semesta Kelompok 1: 1. SEPTIANING CLARISTA PUTRI QURFISTANA DYAH NOVITA ULFA NOVIA NINGRUM PERMATA
Materi. Terima Kasih !!!
DNJ //Landasan Pendidikan
Bab 5 Kerangka Dasar Penyusunan Dan Penyajian Laporan Keuangan Syariah
O N T O L O G I I L M U ONTOLOGI : onto yang berarti wujud (being) dan logi yang artinya ilmu jadi ontologi berarti ilmu tentang wujud atau ilmu tentang.
Etika dan Nilai dalam Pembangunan Unit 7
KONSEP AKUNTABILITAS BERBSISI PADA NILAI-NILAI BARIFOLA (STUDI PADA KEARIFAN BUDAYA ADAT TIDORE) Bidang Ilmu Akuntansi Syariah Diajukan Oleh: SAFRUDIN.
HUBUNGAN MANUSIA – KEBUDAYAAN
MemahamiISLAM Sebagai Pandangan Hidup Oleh: Hamid Fahmy Zarkasyi.
HUBUNGAN HUKUM ISLAM DG AGAMA ISLAM. Pendahuluan Sebelum masuknya hukum Islam, rakyat Indonesia menganut hukum adat yang bermacam-macam sistemnya dan.
Transcript presentasi:

Iman P. Hidayat Register Akuntan D

tujuan dasar laporan keuangan akuntansi syari’ah yang bersifat  “materi” adalah untuk pemberian informasi(akuntansi),  “spirit” adalah untuk akuntabilitas (cf. Baydoun and Willett 1994).

 Pemberian informasi seolah-olah merupakan “badan,” sedangkan akuntabilitas adalah “ruh.”  “Badan” tidak akan eksis tanpa “ruh.” Demikian juga sebaliknya, “ruh” tidak dapat membumi tanpa “badan.”

 “Materi” dan “spirit” memang berbeda, tetapi keduanya tidak dapat dipisahkan. Dalam wacana filsafat idealisme, “spirit” dianggap lebih abadi dibandingkan dengan “materi.” Persisnya, menurut Idealisme Jerman dikatakan bahwa “the ultimate reality of the universe is spiritual rather than material in nature (Burrell and Morgan 1979, 326).

 Hal yang sama juga diungkapkan Triyuwono (2000c, 243; lihat juga Dhaouadi 1993) bahwa “the spiritual dimension is the departing point and more powerful than the materialistic one in their continuing dynamic interaction. However, they are complementary with a preferential difference.” Meskipun “spirit” lebih tinggi dan lebih kuat dibanding “materi,” tetapi ia tidak terpisah dengan “materi.”

 Dalam konteks akuntansi syari’ah, maka dapat kita katakan bahwa posisi akuntabilitas lebih substansial, atau menjadi “jiwa,” atau menjadi dasar “etika,” dari (pada) pemberian informasi. Dengan demikian, akuntabilitas merupakan spirit (ualitas) akuntansi syari’ah.

Dalam konteks akuntansi syariah, manusia seolah-olah mengikat kontrak dengan Tuhan. Dalam kontrak tersebut Tuhan sebagai (The Ultimate Principal) menugaskan manusia untuk menyebarkan rahmat/kesejahteraan (dalam bentuk ekonomi, sosial, spiritual, politik, dan lain-lainnya) pada manusia yang lain (stakeholders) dan alam (natural environment).

 bentuk dan informasi akuntansi syari’ah diharapkan dapat mempengaruhi terciptanya realitas kehidupan bisnis yang sarat dengan nilai-nilai etika syari’ah dan dapat menghantarkan manusia pada “kesadaran ketuhanan” (Godconsciousness).

adalah untuk memberikan: (1) akuntabilitas dan (2) informasi. Akuntabilitas  merupakan representasi dari unsur spirit (ruh, atau, jiwa), atau unsur etika, atau unsur ukhrawi, atau unsur feminin. Informasi  merupakan representasi dari unsur materi, atau unsur ekonomi, atau unsur duniawi, atau unsur maskulin. Kedua tujuan dasar tersebut menjadi satu-kesatuan yang tidak terpisahkan dan menjadi kekuatan dariakuntansi syari’ah.