II Pengertian Al-Qur’an

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Iman Kepada Rasul Allah SWT
Advertisements

AL-QUR’AN : ANTAR YANG AURAL DAN KANONIK PRESENTED : AHMAD HOERUDDIN HAMBYAH FAUZI HASBIALLAH MUHAMMAD DEDES TRIYA ANDANI.
Pengertian, Kedudukan, dan Fungsi Al-Quran
Oleh: Prof. Dr. M. Ghalib M., M.A
MU’JIZAT AL-QURAN.
Hatib Rachmawan, S.Pd., S.Th.I.
Mengenal Al-Qur’an Oleh: Team Teaching
BERKENALAN DENGAN A LQUR’AN 1.AL-QUR`AN BERASAL DR “QARANA” (MENGHIMPUN) 2.BERASAL DARI “QIRAATUN” (BACAAN) PENGERTIAN AL- QUR’AN 3. AL-QUR’AN ADL JENIS.
II Pengertian Al-Qur’an
ALQUR’AN SEBAGAI SUMBER HUKUM ISLAM
By. Hardivizon, M.Ag. Hadis 1. Sumber hukum kedua dalam Islam 2. Lafalnya dari redaksi Nabi Muhammad sendiri, maknanya dari Allah 3. Kebanyakannya khabar.
KITAB ALLAH SWT AL QURAN.
MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM IMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
AKIDAH.
BERIMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
BAHAN AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
SUMBER-SUMBER HUKUM ISLAM
IMAN KEPADA RASUL-RASUL ALLAH
Fungsi Al-qur'an bagi kehidupan kita sehari hari
Hadits Rasulullah SAW, yaitu:
AL-QUR’AN DAN AL-HADIS SEBAGAI PEDOMAN HIDUP
SUMBER AGAMA DAN AJARAN ISLAM
KERUKUNAN ANTAR UMAT BERAGAMA
Al Qur’an sebagai sumber Utama Hukum Islam
DALIL-DALIL SYARA’ (Sumber-Sumber Hukum Islam)
AL-QUR`AN.
PENGERTIAN SUMBER HUKUM ISLAM DAN PENGERTIAN AL-QURAN SECARA BAHASA DAN ISTILAH Oleh kelompok 1 xiis1.
Ar-Risalah Pengertian Risalah Rasul dan Nabi Auliya dan Ulama.
As-Sunah yang memuat Sunnah Rasulullah
Bab V HUKUM ISLAM Universitas Narotama.
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Solihat Loading... Percayalah,,, Dengan ikhtiar dan niat yang baik www. Solihat wordpress.com Percayalah,,, Dengan ikhtiar dan niat yang.
BERIMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Ruang Lingkup Dan Perkembangan Studi al-Qur’an
Permasalahan Yang Berhubungan Dengan Nuzul al-Qur’an
Al-Qur’an Kelompok 6.
Sumber Hukum Islam Al-Qur’an Al hadist Ijtihad. ALQURAN SEBAGAI SUMBER HUKUM PERTAMA ISLAM DAN SEJARAH PEMBUKUAN ALQURAN.
SUMBER HUKUM ISLAM OLEH : MISWAN. S.Ag.,S.Kom.
IMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
Iman Kepada Kitab Pertemuan Ke-VI.
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
SISTIMATIKA AL-QUR’AN
“TAFSIR AYAT TENTANG PENEGAKAN HUKUM”
BERIMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
Assalamu’alaikum wr. Wb SUKABUMI, 30 Mei 2016 Ai Silvi Hilmiani 13.T Loading...
Sumber-sumber Ajaran Islam
W L M E O C E m T O y PRESENTATION.
E-ALQUR’AN HADITS KELAS XI Sulaiman, S.Sos.I
SUDAHKAH ANDA SIAP??? BERKONSENTRASILAH!!!!!.
Tata cara bersuci & sholat
Perkuliahan Tatap Muka ke-3 Al-Islam I, FIP-UMJ, 05 Oktober 2011
KONSEP DASAR AJARAN ISLAM
SUMBER-SUMBER HUKUM ISLAM
PENGERTIAN AL-QUR’AN Defenisi al-Qur’an adalah:
Al-Qur’an Sebagai Sumber Ajaran Islam
Disusun Oleh: Muhammad Ridwan, S.Pd.I
TASSAWUR ISLAM BIMBINGAN AL-QURAN TAJUK.
SUMBER HUKUM ISLAM YANG DISEPAKATI Kelompok 03: 1.M. Rif’an 2.M. Tajul Asrof 3.Ema Dwi Rohmatul Ummah.
PENGERTIAN AL-QUR’AN Defenisi al-Qur’an adalah:
BAB 1 DASAR-DASAR PENCARIAN KEBENARAN
PRA DIPLOMA PENGAJIAN ISLAM
Mukjizat dan Fungsi Al-quran
AQIDAH ISLAM Kelas VII Semester I. A. PENGERTIAN AKIDAH ISLAM 1.Pengertian Akidah Islam Menurut Bahasa Akidah adalah kata sifat dalam bahasa Arab yang.
PERKEMBANGAN DAKWAH NABI MUHAMMAD SAW PERIODE MEKKAH.
IMAN KEPADA KITAB KITAB ALLAH 1.Devintha Farahdila R. 2.Rafli Firmansyah 3.Salsabila Ainun.
QUR’AN DAN HADITS Disusun oleh: Wita Ratnawulan, S.Pd.I Tujuan Pelaksanaan Kegiatan Tujuan Pelaksanaan Kegiatan Materi.
Nama Kelompok : 1. Abdul Majid Ridwan 2. Kusnadi.
AL HADIST RAJA BATAR HASIBUAN PMI-B FDK UINSU 2019 DOSEN: H. MOHD IQBAL A. MUIN, LC,MA.
Transcript presentasi:

II Pengertian Al-Qur’an 1. Etimologis Allah Swt memilih beberapa nama bagi wahyu-Nya, yang berbeda sekali dari bahasa yang biasa digunakan masyarakat Arab untuk penamaan sesuatu, Nama-nama itu mengandung makna yang berbias dan memiliki akar kata. Di antara beberapa nama itu yang paling terkenal ialah al-Kitab dan al-Qur'an. Adapun penamaan wahyu itu dengan Al-qur'an memberikan pengertian bahwa wahyu itu tersimpan di dalam dada manusia mengingat nama al-Qur'an sendiri berasal dari kata قراْ – يقراْ – قراءة .Qara'a , yaqra'u , qira'atan yang artinya adalah bacaan atau yang dibaca.dan didalam kata qira'ah terkandung makna : agar selalu di ingat.

2.Terminologis Para ulama dalam memberikan definisi Al-Qur'an sangatlah beragam sesuai sudut pandang masing masing diantaranya : Manna' Al-qaththan: “ Kitab Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW, dan orang yang membacanya akan memperoleh pahala “ Al-Jurjani “ Yang diturunkan kepada Rasulullah SAW, ditulis dalam mushaf, dan diriwayatkan secara mutawatir tanpa keraguan “. Abu Syahbah “ Kitab Allah yang diturunkan baik lafadz maupun maknanya kepada Nabi terakhir, Muhammad SAW, diriwayatkan secara mutawatir, yakni dengan penuh kepastian dan keyakinan, serta ditulis pada mushaf, mulai dari awal surat Al-Fatihah sampai akhir surat an-Nas. Ulama usul Fiqih dan Fiqih. “ Kalam Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad, lafadz-lafadznya mengandung mukjizat, membacanya mempunyai nilai ibadah, diturunkan secara mutawatir, dan ditulis pada mushaf, mulai dari al-Fatihah sampai an-Nas.

B. Nama-nama al-Qur'an Kalam Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw., tidak hanya dinamakan al-Qur'an, tetapi juga memiliki beberapa nama: 1. Al-Qur'an:QS ( disebut dalam al-Qur'an 58 kali ).Al-Isra.9 Dinamai al-Qur'an karena ia dibaca. 2. Al-Kitab ( disebut dalam al-Qur'an 261 kali ):QS.Al-Anbiya.10 Dinamai dengan al-kitab karena ia ditulis 3. Al-Furqan ( disebut dalam al-Qur'an 7 kali ):QS.Al-Furqan.1 Dinamai dengan al-Furqan karena ia membedakan antara yang hak dengan yang bathil. 4. Adz-Dzikr ( disebut dalam al-Qur'an 24 kali ):QS.Al-Hijr.9 Dinamai dengan adz-Dzikr karena ia adalah suatu peringatan dari Allah yang diturunkan kepada manusia.

SIFAT-SIFAT AL-QUR’AN Nur ( Cahaya ). Firman Allah surat an-Nisa 174 : Hudan (petunjuk), Syifa (obat), Rahmat, Mau’idhoh. Yunus 57: Mubarak (yang diberkati). Firman Allah surat Al-An’am 92: Mubin (yang menerangkan). Firman Allah surat Al-Maidah ayat 15: Busyro (khabar gembira). Firman Allah surat Al-Baqarah ayat 97 Aziz (yang mulia). Firman Allah surat Fushshilat ayat 41 Majid (yang dihormati). Firman Allah surat Al-Buruuj ayat 19-20 Basyir (pembawa khabar gembira ) dan Nadzir (pemebawa peringatan). Firman Allah surat Fushshilat ayat 3-4

C. Perbedaan antara al-Qur'an dengan hadis qudsi. adalah kalam Allah yang diriwayatkan oleh Nabi, hanya saja redaksinya disusun sendiri oleh Nabi sedangkan maknanya datang dari Allah. Misalnya: " Rasulullah s.a.w. mengatakan mengenai apa yang diriwayatkannya dari tuhan-Nya" " Rasulullah s.a.w. mengatakan : Allah Ta'ala telah berfirman atau berfirman allah Ta'ala "

Ada beberapa perbedaan antara al-Qur'an dengan hadis qudsi: 1. Kalam Allah yang diturunkan kepada Nabi saw., yang mengandung tantangan dan sebagai mukjizat 2. Al-qur'an dinukilkan/diriwayatkan secara mutawatir. 3. Al-Qur'an, baik redaksi maupun maknanya, datang dari Allah Membaca al-Qur'an, secara eksplisit, dinilai sebagai ibadah dan berpahala. Hadis Qudsi 1. Tidak mengandung tantangan dan i'jaz. 2. Hadis qudsi, sebagaimana hadis pada umunya, ada yang mutawatir dan kebanyakan diriwayatkan secara ahad/ghairu mutawatir. Karena itu, secara kualitas, hadis qudsi bisa saja sahih, hasan atau dla'if. 3. Hadis qudsi, redaksinya datang dari Nabi dan maknanya datang dari Allah. 4. Membaca hadis qudsi hanya dianggap sebagai ibadah secara umum.

Pengertian Wahyu Secara bahasa, wahyu memiliki beberapa arti: 1. Instink/Garizah atau naluri yang terdapat pada binatang, seperti wahyu pada lebah.QS.An-Nahl.68. 2. Ilham fitri (ilham yang sesuai dengan naluri dasar manusia)/ seperti wahyu terhadap Ibu Nabi Musa.QS.Al-Qosos.7. 3. Tipu daya dan bisikan setan untuk menjadikan yang buruk kelihatan indah dalam diri manusia.QS.Al-An’am.121. 4. Memberikan Isyarat kepada orang lain .QS.Maryam:11/ 5. Penyampaian informasi dari Allah kepada para nabi-Nya, baik secara langsung maupun melalui perantaraan malaikat Jibril atau lainnya QS/Asy-Syura: 51

E. Cara-cara turunnya wahyu. Dalam surat asy-Syura ayat 51, Allah berfirman: Berdasarkan ayat tersebut, dapatlah diketahui bahwa cara-cara turunnya wahyu, termasuk cara turunnya al-Qur'an, adalah sebagai berikut: Tanpa melalui perantaraan. Allah memasukkan wahyu-Nya dengan menghunjamkan atau menghembuskan kalam-Nya langsung ke dalam hati Nabi. Mimpi yang benar di dalam tidur. Allah Swt berkata langsung tanpa ada tabir atau penghalang kepada Nabi-Nya. Seperti yang terjadi pada nabi Musa. ولما جاء موسى لميقاتنا وكلمه ربه قال رب اْرني اْنظر اليك. الاعراف : 143 وكلم الله موسى تكليما. النساء : 164

Melalui perantaraan Allah mengutus seorang malaikat kemudian malaikat tersebut menyampaikan wahyu dari Allah kepada para Nabi. Pada saat Malaikat Jibril akan menyampaikan wahyu, a.adakalanya di dahului oleh suara gemerincing lonceng. Datang kepadanya suara seperti dencingan lonceng dan suara yang amat kuat yang mempengaruhi factor-faktor kesadaran, sehingga ia dengan segala kekuatannya siap menerima pengaruh itu. Cara ini yang paling berat pada rasul. اذا قضى الله لاْمر فى السماء ضربت الملائكة باْجنحتها خضعانا لقوله كالسلسة على صفوان. رواه البخارى. b. Malaikat menjelma menjadi manusia biasa agar Nabi merasa aman dan Nyaman. Cara ini yang lebih ringan dirasakan rasul, karena adanya kesesuaian antara pembicara dengan pendengar.

التكاثر