History of Indonesian Art & Culture

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PRINSIP-PRINSIP DASAR DESAIN TAMAN
Advertisements

Membuat Hiasan Pada Busana
ALBUM HIASAN PADA BUSANA
SENI BATIK KELAS : XII IPS/Bahasa SEMESTER : 2 Program : IPS/Bahasa
Presentasi Seni Budaya
MEMBUAT POLA MOTIF HIASAN BUSANA DAN LENAN RUMAH TANGGA
Lambang Negara Indonesia adalah Burung Garuda
KOLEKSI BLOUSE BATIK ANNABEELLA
Suku malvaceae Malvaceae adalah suku kapas kapasan yang dicirikan adanya epycalyx pada perbungaan jenis jenisnya. Adanya lendir pada organ tubuhnya Jenis.
SENI KRIYA BATIK.
Profil potensi daerah istimewa Yogyakarta
SENI RUPA RAGAM HIAS.
Rafi dan Luthfi. Daerah Istimewa Jogjakarta merupakan propinsi kecil kedua, setelah propinsi DKI Jakarta dan terletak di tengah Pulau Jawa, dikelilingi.
Kriya Tekstil Indonesia
SMK PRAKTIK TANPA TEORY ADALAH GAGAL TEORY TANPA PRAKTIK ADALAH MIMPI
BAB I APRESIASI KARYA SENI RUPA TERAPAN DAERAH BANYUMAS
PIPIT TANJUNG BIKI, SEJARAH PERKEMBANGAN KERAJINAN BATIK DI TINJAU DARI SOSIAL BUDAYA DI KABUPATEN BATANG TAHUN
BAB II BERKARYA SENI RUPA
MENGHIAS KAIN.
Profil Potensi Daerah Istimewa Yogyakarta (produk dan kerajinan)
BATIK DESKRIPSI BATIK.
Profil potensi daerah istimewa yogyakarta ( produk dan kerajinan )
Profil potensi diy1 By:Safiya aJani Hando Class:4 D.
PRAKARYA & KEWIRAUSAHAAN
LAPORAN ANTARA OLEH: Dra. Djandjang Purwosedjati, M. Hum.
By:dimas rizky khautal hilmy
PROFIL POTENSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
PENGERTIAN SENI RUPA CABANG-CABANG SENI RUPA
Sejarah Batik Indonesia yang Mendunia
BATIK.
TUGAS PRAKARYA KAIN TRADISIONAL INDONESIA FITA PRATIWI ANIFA
ALL ABOUT “YOGYA’’ BY : RAFLI, WILDAN.
Kelompok: II Anggota: 1. Adzani Bangkit Kumbara2 / X4 2. Amalia Mega Anjani6 / X4 3. Dina Ayu Fadzila10 / X4 4. Febri Ana Rizqiani14 / X4 5. Ika Maharani.
PEMBUATAN BATIK Dea Marantika ( )
Bismillahirrohmanirrohim
BAB I APRESIASI KARYA SENI RUPA
SENI RUPA BATIK CELUP IKAT.
Konstruksi Geometris.
UNSUR UNSUR DESAIN BUSANA
EMBROIDERY.
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
Bidang dan Raut, Gelap terang dan Ruang
Produk Kerajinan Tekstil
PENDIDIKAN SENI VISUAL TAJUK : HARMONI
SMA HARAPAN 1 MEDAN Jl. Imam Bonjol No. 35 Medan.
Pendidikan Ketrampilan
RAGAM HIAS PADA BAHAN TEKSTIL
INDUSTRI BATIK di INDONESIA
SENI RUPA (VISUAL ART) Skema Warna.
Putri Rosary Rezy Junio Stefanus hans Tasya Berlianna Venny Veronica
Bab 1 Peta dan Pemetaan.
Rangkuman Pengertian produk kerajinan dengan teknik jahit adalah benda benda kerajinan yang di buat dengan cara jahit .pengertian di jahit ya itu di.
UNSUR SENI KE-4 RUPA.
EBONI DAN SAMAN.
Dyah Ayu Annisa Mulia (XI IPA 5/11)
BAB VI. BATIK MONOKROMATIK
Frengki Sanjaya Putra
Oleh Achmad Baichaqi Y ( )
Berkarya seni rupa.
MAKALAH INDUSTRI BATIK
MENGENAL TEKNIK - PENGOLAHAN dan proses WARNA ALAM
KAIN TAPIS LAMPUNG OLEH : KELOMPOK 16 KORTEN : Ahmad Salsabila.
SENI RUPA DUA & TIGA DIMENSI
KAJIAN MOTIF BUNGA MAWAR PADA KELOM GEULIS SHENY TASIKMALAYA
CAHAYA, WARNA, DAN PENGLIHATAN
Designed by: Hj.SajapHj.Maswan
BATIK PEKALONGAN Dening : Ahmad Rifqi M. Wildan Ifqie A.
Tugas Kewirausahaan Kerjinan Tekstil DISUSUN OLEH : Anggi Lestari
MENGENAL BATIK A.JENIS MOTIF BATIK Batik Bojonegoro SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN KELAS VI SEMESTER I.
Materi 1 dan 2 Berkarya Seni Rupa Dua Dimensi (2D) dan Tiga Dimensi (3D) Rohani A., S.AN SMK PUSTEK Serpong Kelas X Ada yang pernah mengunjungi pameran?
Transcript presentasi:

History of Indonesian Art & Culture Oleh: Michael N., S.Sn

Pertemuan ke-2: Sekilas mengenal batiK BATIK INDONESIA Pertemuan ke-2: Sekilas mengenal batiK

Suatu Wastra dapat disebut batik bila: DEFINISI Batik adalah Wastra, yaitu sehelai kain yang dibuat secara tradisional dan terutama digunakan dalam matra tradisional. Suatu Wastra dapat disebut batik bila: Menggunakan teknik celup rintang yang menggunakan lilin sebagai perintang warna Pola ragam hias khas batik ....? Dalam terminology bahasa jawa, “Batik” berasal dari kata “Tik”, berarti kecil atau gambar yang serba rumit. “Mbatik” artinya membuat titik. Referensi: Batik-Pengaruh Jaman dan Lingkungan

BAHAN baku PEMBUATAN BATIK Kain dari serat alami (kapas, sutera, rayon, dll), pada akhirnya disebut Mori. BAHAN pembantu PEMBUATAN BATIK Malam / “lilin batik” sebagai bahan perintang dan pewarna. Tiga jenis lilin batik: Lilin klowong (untuk nglowong dan ngisen-iseni) Lilin tembokan (untuk nembok) Lilin Biron (untuk mbironi)

Batik Tulis, menggunakan canthing tulis JENIS BATIK Berdasarkan cara penempelan motif, batik dapat diklasifikasi menjadi dua: Batik Tulis, menggunakan canthing tulis Batik Cap, menggunakan canthing cap BATIK TULIS-canthing tulis (abad 17)

BATIK CAP-canthing cap (pertengahan abad 19)

PROSES PEMBUATAN BATIK diwarna sogan diwarna ungu diwarna putih mbathik/klowongan = proses menciptakan motif batik dan menutup daerah2 yang akan diwarna sogan (coklat) Nembok = menutup daerah yang akan tetap berwarna putih Medel = proses pencelupan ke warna biru Kerokan = kain medel dikerok bagian yang telah diklowongi untuk nantinya diwarna coklat Mbironi = menutup bagian yang berwarna biru dengan lilin Nyoga = proses pencelupan ke warna sogan Ngelorod = proses terakhir untuk menghilangkan lilin Keseluruhan proses batik tulis +-3 bulan medel nembok ngerok dan nggirah nglorod nyoga mbathik mbironi

TERMIONOGY Mbathik Ngisen-iseni Nembok Medel Membuat pola batik (nglowong) Mengisi, bisa berupa garis lurus, lengkung, titik-titik, dsb. Menutup bagian-bagian pola yang akan dibiarkan tetap berwarna putih dengan lilin batik. Mencelup mori yang telah diberi lilin batik ke dalam warna biru TERMIONOGY

TERMIONOGY Ngerok dan Nggirah Mbironi Nyoga Nglorod Menghilangkan lilin dari bagian-bagian yang akan diberi warna soga (cokelat) Menutup bagian-bagian yang akan tetap berwarna biru dan tempat-tempat yang terdapat cecek. Mencelup mori ke dalam larutan soga Menghilangkan lilin batik dengan air mendidih. Tahap ini sekaligus merupakan tahap terakhir dari proses batik tradisional TERMIONOGY

JENIS MOTIF/CORAK/POLA BATIK Berdasarkan letak geografis, batik dapat diklasifikasi menjadi dua: Batik Pedalaman Warna: coklat-hitam-putih Motif: Keraton (mengandung makna filosofis, diambil dari candi) Batik Pesisir Warna: cerah, warna-warni Motif: diambil dari alam

JENIS MOTIF/CORAK/POLA BATIK Berdasarkan perubahan jaman dan perkembangannya, motif batik dapat diklasifikasi menjadi tiga: Motif Batik Klasik atau Tradisional Motif Batik Dinamis Motif Batik Bebas

motif batik KLASIK Motif batik Klasik dapat dibagi menjadi: Motif Parang Motif Geometri Motif Banji Motif Tumbuh-tumbuhan Menjalar Motif Tumbuh-tumbuhan Air Motif Bunga Motif Satwa dan alam kehidupannya Referensi: Batik Klasik-Djembatan motif batik KLASIK

JENIS MOTIF/CORAK/POLA BATIK Berdasarkan bentuk dan susunan ornament, motif batik dapat diklasifikasi menjadi: Motif Geometris, contoh: Ceplok, kawung, banji, parang, anyaman, dan gonggong, dsb. Motif Non Geometris, contoh: Semen, boketan, lung-lungan, dsb.

UNSUR-UNSUR MOTIF BATIK Motif Pokok Adalah motif yang secara keseluruhan tampil dominan, mengandung makna dan menjadi nama dari batik tersebut. contoh: Motif Garuda/Burung, Semen, Pohon Hayat, Lidah Api, dsb. Motif Pelengkap Motif yang berfungsi melengkapi atau mengisi ruangan diantara beberapa motif pokok Contoh : Tangkai dan Daun, Tangkai, Daun, Bunga, dsb. Terkadang ada batik yang hanya terdiri dari Motif Pokok dan Isen-Isen, tanpa Motif pelengkap

UNSUR-UNSUR MOTIF BATIK Isen-Isen Motif yang berbentuk garis lurus, garis lengkung, bulatan, titk-titik, dsb. yang terletak di dalam motif pokok/pelengkap dan berfungsi untuk memperindah batik secara keseluruhan Contoh : Cecel, Sawut, Ukel, dsb. Terkadang ada batik yang hanya terdiri dari Motif Pokok dan Isen-Isen, tanpa Motif pelengkap

Bagaimana bila motifnya bukan berasal dari asli kebudayaan Indonesia? Apakah Indonesia mempunyai budaya visual yang asli Indonesia, tanpa pengaruh dari budaya luar? Berasal dari manakah bangsa Indonesia? Kapan lahirnya budaya Indonesia? Apakah batik dapat didefinisikan dari definisi no. 1 saja? Apakah tidak ada budaya di luar Indonesia yang menggunakan teknik yang sama? Apakah batik hanya ada di budaya Jawa? PERTANYAAN

Batik luar negeri dengan Batik Indonesia Pertemuan ke-4: Perbandingan : Batik luar negeri dengan Batik Indonesia Ganti gambarnya

Roketsuzome (Rozome) Drying Rozome printing wheel Finished Rozome Jepang, tahun..... bahan perintang: lilin beeswax alat: printing wheel / kuas motif: aplikasi: kimono warna: indigo Roketsuzome Yamamoto References: Review of The World of Rozome: Wax-Resist Textiles of Japan by Betsy Sterling Benjamin Drying Rozome printing wheel Finished Rozome Applying the wax Dyeing

BATIK Djawa Hokokai

“BATIK” Luar Negeri Pysanky-Eastern European egg decorating Ukrania, tahun... bahan perintang: lilin alat: kistka motif: Pysanky uses a wax-resist process. You start with the lightest color, white (if you use a white egg). Everything that you want to remain white, you cover with wax, using the kistka (stylus). Then, you dye the egg, usually yellow. Wherever there is wax, the yellow dye will not be able to penetrate. This preserves the white part of the design under the wax. On your yellow egg, you mark with wax all the parts of the design that you want to remain yellow. Then dye it in the next dye bath, in progressively darker colors, add more wax, and so on. In the end, you will have an egg with a great deal of wax on it - if black is your finishing color, you will end up with a virtually black egg. Then, using the side of a candle flame, you melt away the wax, revealing the colors that were protected underneath.