Pengenalan FLASH Dr. Lily Wulandari.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Penggunaan Symbol di dalam Movie Flash
Advertisements

Dasar Penggunaan Flash Macromedia
Pertemuan 4 Pengolahan teks.
Perkenalan lingkungan kerja dan tools-tools
Pembuatan Interaksi di dalam Movie Flash (1)
Menggambar dengan Macromedia Flash
Penuntun Kelas VIII Semester 2
Membuat Template Web Website yang baik adalah website yang konsisten. Konsisten di sini berarti memiliki bentuk, layout dan navigasi yang sama antar satu.
Pertemuan 2.  Dreamweaver adl salah satu program pembuatan website yang mempunyai banyak sekali menu-menu dan tool-tool yang dapat dipergunakan untuk.
FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI1DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110 – 3 SKS © 2009 Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur Jl. Ciledug Raya Petukangan.
Metode Animasi & Action Script
Pengenalan Program Macromedia Flash
Variasi Animasi dalam Flash
Langkah langkah Penyuntingan Video Klip
Pengenalan Action di dalam Movie Flash
Interaktive Presentation Berbasis Windows Kelompok 6 : Yani Dyah Rachmadyanti Chanya Paripurastu Sasongko Fiska Nurzahra.
Animasi Dasar 2.
MACROMEDIA FLASH. Pertemuan III Symbol / Library Symbol : Graphic Lesson 3 : Symbol Symbol : Movie Clip.
Mengimport Symbol, Instance dan Library Pengolahan Layer & Frame
PERTEMUAN 2 NOMOR KODE/SKS : VCD0029 / 3 SKS / Semester III - Agustus 2010 / 13 Week DOSEN PEMBINA : Andre Oentoro : Rudi Margono TUTOR : Agus Susanto.
Langkah membuat gerak planet
Animasi.
PERTEMUAN 2 NOMOR KODE/SKS : VCD0029 / 3 SKS / Semester III - Agustus 2010 / 13 Week DOSEN PEMBINA : Andre Oentoro : Rudi Margono TUTOR : Agus Susanto.
PROGRAM S1 TEKNIK INFORMATIKA SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI NURUL JADID MOH. FURQAN, S. Kom.
Macromedia Flash Animasi dasar terbagi menjadi 3 = Gerak, skala, putar. M. Flash menyediakan 2 teknik pembuatan Animasi Frame by frame (dalam animasi.
MACROMEDIA FLASH. PERTEMUAN II Lesson 04 : Layers Movie Properties (Ctrl + M) Stage : Interface ( View | Rulers dan Grid) Tweening : MOTION Tweening :
NOMOR KODE/SKS : VCD0029 / 3 SKS / Semester III - Agustus 2010 / 13 Week DOSEN PEMBINA : Andre Oentoro : Rudi Margono TUTOR : Agus Susanto : David Junaedi.
IMPLEMENTASI PEMBUATAN ANIMASI
MACROMEDIA FLASH. PERTEMUAN I Interface Drawing Latihan.
Macromedia Flash.
Penjelasan Umum Ms. Powerpoint
MINI GAME PILOT ASTRONOT MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS 3 Bayu Putra Kurniawan for further detail, please visit
PENGENALAN PEMROGRAMAN APLIKASI MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH Pertemuan 1 D3 Manajemen Informatika Universitas Trunojoyo.
Macromedia Flash Animasi dasar terbagi menjadi 3 = Gerak, skala, putar. M. Flash menyediakan 2 teknik pembuatan Animasi Frame by frame (dalam animasi.
Area Kerja Macromedia Flash 8
ANIMASI MOTION SHAPE PROGRAM S1 TEKNIK INFORMATIKA
Selamat Mengikuti Pelatihan Multimedia.
Animasi Banner dengan Flash
Animasi Banner dengan Flash
Produksi 3D untuk Desainer
MODUL DASAR ( MODUL 2 ) PERTEMUAN 7.
MEDIA PEMBELAJARAN KUIS BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8.0
MENAMBAH ANIMASI, SOUND, MOVIE
Tutorial Adobe Premiere Pro.
Macromedia Flash.
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI Created by Silvia Adiswan, S.Kom.
Area Kerja Dreamweaver
MENGIDENTIFIKASI FUNGSI MENU DAN IKON PADA PENGOLAH ANIMASI
Frame by frame Buat objek lingkaran dengan menggunakan oval tool (warna garis hitam dan warna dalam merah)
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI Created by Silvia Adiswan, S.Kom.
Macromedia Flash.
By: Angelia Ester B. Zebua
5. Kegiatan Belajar 5: Teknik Animasi Berputar atau Baling-Baling
3. Kegiatan Belajar 3: Teknik Animasi Tweening
Animasi Tweening.
#2 Animasi Sigit Pambudi, M.Eng
Kegiatan Belajar 2: Teknik Animasi Tweening
4. Kegiatan Belajar 4: Teknik Animasi Motion Guide
Membuat Slide Presentasi Sederhana Menggunakan Adobe Flash CS 6
Multimedia Matematika – Pertemuan 1
Motion Guide Ambil gambar (kupu-kupu) dengan klik kiri File > Import > Import to Library.
Animasi Banner dengan Flash
MENGENAL MACROMEDIA/ADOBE FLASH
SELAMAT DATANG!!! Loading... ? Animasi Tweening MENU UTAMA Tujuan Indikator Materi Pokok Video Silakan Anda ganti judul utama, kelas dan semesternya.
Macromedia Flash.
TUJUAN PEMBELAJARAN Setelah Mendengar Penjelasan siswa akan dapat menjelaskan pengertian teknik animasi tweening. Setelah berdiskusi dan menggali informasi,
Symbol (Movie clip, Button, Graphic)
PENGENALAN ADOBE FLASH Adobe Flash CS3 (dahulu bernama macromedia flash) adalah hasil akuisi dilakukan oleh Adobe yang salah satu perangkat lunak komputer.
SELAMAT DATANG!!! Loading... ? Animasi Tweening MENU UTAMA Tujuan Indikator Materi Pokok Video Silakan Anda ganti judul utama, kelas dan semesternya.
SELAMAT DATANG!!! Loading... ? Animasi Tweening MENU UTAMA Tujuan Indikator Materi Pokok Relaksasi Silakan Anda ganti judul utama, kelas dan semesternya.
Transcript presentasi:

Pengenalan FLASH Dr. Lily Wulandari

Macromedia Flash

Pendahuluan Adobe Flash (dahulu bernama Macromedia Flash) adalah salah satu perangkat lunak komputer yang merupakan produk unggulan Adobe Systems. Adobe Flash digunakan untuk membuat gambar vektor maupun animasi gambar tersebut. Berkas yang dihasilkan dari perangkat lunak ini mempunyai file extension .swf dan dapat diputar di penjelajah web yang telah dipasangi Adobe Flash Player. Flash menggunakan bahasa pemrograman bernama ActionScript yang muncul pertama kalinya pada Flash 5.

Pendahuluan Macromedia Flash merupakan perangkat lunak yang dipakai untuk menggabungkan antara multimedia, grafis, animasi dan suara. Banyak digunakan untuk membangun game animasi Bisa dimanfaatkan sebagai media interaktif untuk pembelajaran

Pendahuluan Keunggulan yang dimiliki oleh Flash ini adalah ia mampu diberikan sedikit code pemograman baik yang berjalan sendiri untuk mengatur animasi yang ada didalamnya atau digunakan untuk berkomunikasi dengan program lain seperti HTML, PHP, dan Database dengan pendekatan XML, dapat dikolaborasikan dengan web, karena mempunyai keunggulan antara lain kecil dalam ukuran file outputnya

Tampilan Muka Macromedia Flash Menu Bar Time Line Color Panel Kanvas Toolbox

Toolbox Macromedia Flash

Layer Layer dapat dianalogikan sebagai kanvas suatu lukisan. Jumlah layer bisa lebih dari satu (berlapis), layer yang paling atas adalah kanvas yang terdepan Layer bawah Layer Tengah Layer Atas

TimeLine Timeline atau garis waktu mempunyai fungsi untuk membantu penempatan obyek pada fungsi waktu Angka pada timeline menunjukkan garis waktu disebut sebagai frame. Menggunakan satuan fps, jika 12 fps maka setiap frame akan ditampilkan 1/12 detik

Membuat Dokumen Baru Membuat dokumen baru Dialog pembuatan

Jenis File Flash File Utama (.fla) File yang menyimpan obyek-obyek flash. File ini dapat diedit atau diubah isinya. File Hasil Export (.swf) File hasil export yang tidak bisa diedit. Untuk membuka masih membutuhkan flash player File Publikasi Hasil publish menghasilkan .exe, .html, .swf dll. Bisa dibuka tanpa perlu installasi flash player atau macromedia flash

Jenis Animasi di Flash Keyframe to Keyframe atau biasa disebut frame by frame Pembuatan animasi yang dilakukan frame demi frame. Biasanya dilakukan untuk membuat film kartun Motion Tween Animasi perubahan bentuk secara instance Contoh dalam kategori ini : Shape Tweening, Motion Guide Action Script Action script merupakan bahasa pemprograman di flash yang digunakan untuk pengontrolan object

KeyFrame to KeyFrame Animation Buat Dokumen Baru di Flash Buat gambar1 pada frame1 Klik Kanan Frame, Insert Blank Frame buat gambar dua pada frame2 Klik kanan Frame, Insert BlankFrame dan buat gambar 3 pada Frame3 Dst sampai frame terakhir Untuk menjalankan tekan Ctrl-Enter pada keyboard Klik Kanan pada Frame dan pilih Insert BlankFrame

Frame By Frame dengan MultiLayer Digunakan untuk membuat animasi jika ada bagian yang bergerak dan ada bagian yang tidak bergerak Hanya yang bergerak yang perlu kita gambar ulang Perlu dipilah : mana obyek yang bergerak dan tidak berbergerak Dibuat layer sendiri-sendiri Yang tidak bergerak ikut gambar sebelumnya

Motion Tweening Buat dokumen baru Gambar pada frame 1 Arahkan kursor ke frame20 klik kanan dan pilih keyframe Geser Gambar pada frame1 ke tempat yang kita inginkan Arahkan kursor antara frame1-frame20 klik kanan dan pilih create motion tween Untuk melihat efek ketik ctrl-enter

Animasi Shape Tweening Buat dokumen baru Pada kanvas gambar object yang anda inginkan Arahkan kursor ke Frame 20 insert Blank Frame Pada posisi yang sama pada frame1 gambar object yang benar-benar berbeda dari frame1 Select Frame1 s/d frame20 pada properties pilih shape pada isian tween Ketik Ctrl-enter untuk melihat efek animasinya NB. Jika obyek bukan shape harus kita rubah dulu menjadi shape dengan cara dari menu modify  Break Apart

Animasi Shape Tweening: Shape Hints Kadang hasil animasi Shape Tweening tidak sesuai dengan harapan kita Kita bisa menentukan mana yang berubah mana tidak sehingga perubahan menjadi bagus Cara : Klik KeyFrame1, dari menu modify  Shape  Add Shape Hint. Pindahkan lingkaran kecil ke awal perubahan Selanjutnya klik Keyframe20, pindahkan lingkaran kecil ke akhir yang ingin kita rubah Ulangi langkah diatas untuk mengkorespondensi awal dan akhir perubahan. Semakin banyak semakin bagus Korespondensi Titik shape hint

Animasi Shape Tweening: Shape Hint … Korespondensi Titik shape hint

Animasi dengan motion Guide Berguna untuk membuat animasi sesuai dengan jalur yang sudah ditentukan, cnt : putaran planet ke matahari, animasi roket yang meluncur, dll Pembuatan animasi dengan motion guide Bangun dokumen baru Buat object yang akan digerakkan pada frame1 Buat layer Guide dari menu Insert  Timeline  MotionGuide Dengan pencil tools buat jalan yang akan dilalui object Insert KeyFrame40 dan gerakkan object ke tempat yang diinginkan Pada frame1 pastikan object ada di ujung path dan frame40 object ada di akhir path Pilih frame1-frame40 dan click kanan pilih Create motion tween Pastikan Snap to Object aktif pada menu view  snapping  snap to objects Pada properties object pastikan Orient to Path dicentang untuk supaya arah object real