MASA NABI SAW DAN KHULAFAURRASYIDIN

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
KETELADANAN RASULULLAH SAW dalam Membina Ummat PERIODE MADINAH
Advertisements

TEOLOGI ISLAM.
KODIFIKASI AL-QUR’AN (PEMELIHARAAN, PEMBUKUAN, PERCETAKAN)
IJTIHAD SUMBER HUKUM ISLAM YANG KETIGA PGSD 1 E.
SEJARAH NABI MUHAMMAD SAW
Pendidikan Agama Islam
1 SISTEM POLITIK ISLAM
ALIRAN TEOLOGI DALAM ISLAM (SEJARAH DAN PEMIKIRAN)
PERBEDAAN KONSEP AKIDAH SYI’AH DAN KHAWARIJ
MPK AGAMA ISLAM HOME GROUP A:
PENDIDIKAN ISLAM PADA MASA RASULULLAH DAN SAHABAT
Syari’ah Bab 6 Pertemuan ke 9.
NABI MUHAMMAD SAW. DAN PERUBAHAN MASYARAKAT ARAB
HUKUM WARIS ISLAM (the Islamic Law of Inheritance)
ZAKAT PADA MASA ROSULULLAH SAW DAN KHALAFAUR RASYIDIN
IJMA’ SEBAGAI SUMBER HUKUM ISLAM
Pada Masa Umar bin al Khaththab
DAKWAH ISLAM & MASA DEPAN UMAT BAB 1 DAKWAH RASULULLAH DAN MASA KINI.
SEJARAH PERKEMBANGAN HADIS NABI SAW
Materi Pertemuan 10 Sejarah Hukum Islam I
MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Dakwah Rasulullah di Madinah
Dakwah Rasulullah Periode Madinah
KETELADANAN RASULULLAH PERIODE MADINAH
Al Qur’an sebagai sumber Utama Hukum Islam
Masnur As-Siyasah Masnur
hijrah nabi muhammad Saw ke madinah dan piagam madinah
HUBUNGAN DENGAN MEKKAH DAN NEGARA- NEGARA LAIN
KETELADANAN RASULULLAH SAW PERIODE MADINAH
SMA NEGERI I WURYANTORO
SISTEM POLITIK ISLAM.
DAKWAH RASULULLAH PERIODE MADINAH
DAKWAH NABI PERIODE MADINAH
AI MIDA USMIATI SEMESTER VII A
MASA KHULAFAURRASYIDIN
SEJARAH DAN PERKEMBANGAN HUKUM ISLAM
Perjuangan Nabi Muhammad saw.
PERJANJIAN AQABAH.
SEJARAH DAKWAH RASULULLAH SAW PERIODE MADINAH
PETA PENYEBARAN ISLAM KHULAFAURRASYIDIN.
Sejarah Hukum Islam I : masa kenabian dan khulafaurrasyidin
PERKEMBANGAN ISLAM AWAL
Hajar nava khunafi Akselerasi 1
ISLAM dan PERKEMBANGAN ISLAM
Islam dan Perkembangannya di Indonesia
Sejarah dan Perkembangan F I Q H
الوحدة اﻹسلأمية ضروريتها الحياتية للمسلمين
PERADABAN ISLAM MASA KHULAFAUR RASYIDIN
Strategi Dakwah & Manifestasi Tabligh Dalam Kehidupan Masyarakat
POLITIK, HAM DAN DEMOKRASI DALAM ISLAM
Materi Pertemuan 10 Sejarah Hukum Islam I
bab 29 ABU BAKAR AS SIDDIQ R.A.
1.
A. PERJUANGAN DAKWAH NABI MUHAMMAD SAW Faktor pendorong Rasulullah saw. hijrah ke Madinah : 1.Penduduk Madinah yang berikrar memeluk Islam di Bukit Aqaba.
SYI’AH DAN MURJI’AH
BAB 4 : KHALIFAH UTHMAN BIN AFFAN R.A.
Manusia dan Masyarakat Di Zaman Khulafa’ Rashidin
Sejarah dan Perkembangan F I Q H
Sejarah & Tamadun Islam
LEADERSHIP AND ENTREPRENEURSHIP
Keteladanan Rasulullah Periode Madinah
Sebuah Kisah yang Membanggakan
KERAJAAN ISLAM DI MADINAH OBJEKTIF PEMBELAJARAN
BAB 2 : RASULULLAH S.A.W. BERHIJRAH KE MADINAH
Meneladani Perjuangan Dakwah Rasulullah Saw di Mekah
Sejarah dan Perkembangan F I Q H
1 Sejarah Peradaban Islam dari masa Ke Masa Sejarah Peradaban Islam dari masa Ke Masa By: Hendra Bakti PDM Kota Payakumbuh.
Diploma Pengajian Islam (DPI)
Diploma Pengajian Islam (DPI)
Transcript presentasi:

MASA NABI SAW DAN KHULAFAURRASYIDIN PEMIKIRAN ISLAM AWAL MASA NABI SAW DAN KHULAFAURRASYIDIN

PEMIKIRAN ISLAM MASA NABI SAW Tokohnya : Rasulullah SAW Sumbernya : al-Qur’an dan Sunnah Masanya : 23 TAHUN Lokasinya : Mekkah 13 tahun dan Madinah 10 tahun

MASA KHULAFAURRASYIDIN Tokohnya : Khalifah yang empat Sumbernya : al-Qur’an, al-Sunnah dan Ijtihad Masanya : 35 TAHUN Lokasinya : Jazirah Arab, sebagian wilayah Persia, sebagian wilayah Mesir.

PEMIKIRAN ISLAM MASA NABI SAW TAUHID HUKUM SOSIAL DAN POLITIK

DALAM BIDANG TAUHID Melanjutkan ajaran Nabi terdahulu, terutama Nabi Ibrahim. Keberhasilan Nabi SAW mengajarkan tauhid tercermin dalam peristiwa fathul makkah. Masyarakat menerima ajaran tauhid tanpa adaperbedaan, karena setiap permasalahan langsung ditanyakan kepada Nabi SAW. Tauhid yang diajarkan Nabi berhasil mengikat umat Islam sebagai umat yang satu, berawal dari peristiwa hijrah Nabi SAW dari makkah ke madinah dengan berlandaskan agama yang satu.

BIDANG HUKUM Dalam 2 priode makkah dan medinah: Periode Makkah dikenal dengan periode penanaman aqidah dan akhlak. Periode Medinah masa pertumbuhan dan pembinaan hukum Islam. Ciri2 pemikiran Hukum masa Nabi SAW: 1. penetapan hukum secara tadarruj (bertahap). 2. berwawasan luas dan akomodatif, 3. bersifat kondisional.

BIDANG POLITIK Bai’at Aqabah pertama: 12 orang mengucapkan janji setia (bai’at) kepada Nabi untuk tidak menyekutukan Allah, tidak mencuri, tidak berzina, tidak berdusta, serta tidak mengkhianati Nabi. Bai’at Aqabah kedua: 75 orang mengucapkan janji setia (bai’at) kepada Nabi untuk tidak menyekutukan Allah, tidak mencuri, tidak berzina, tidak berdusta, serta tidak mengkhianati Nabi dan berjanji akan membela Nabi sebagaimana membela anak istri mereka, Kedua bai’at tersebut terjadi pada tahun sebelas dan dua belas kenabian. Tahun 13 kenabian Nabi SAW hijrah ke Medinah.

NEGARA MEDINAH Warga negera Medinah terdiri dari tiga kelompok: Pertama kaum muslimin yang terdiri dari kaum Muhajirin dan Anshar, dan ini adalah kelompok mayoritas. Kedua, kaum musyrikin, yaitu orang-orang suku Aus dan Kharaj yang belum masuk Islam, kelompok ini minoritas. Ketiga, kaum Yahudi yang terdiri dari empat kelompok. Untuk mengatur tata kehidupan masyarakat Nabi SAW dan perwakilan setiap kelompok sepakat membuat semacam undang-uandang negara, yang dikenal dengan PIAGAM MEDINAH.

LANJUTAN...... Piagam Madinah: bukti pengakuan adanya nilai demokratis yang dikembangkan oleh Nabi SAW, baik dalam bidang politik, hukum, sosial, dan lainnya. Piagam Madinah: Konstitusi Negara tertulis pertama di dunia. Piadam Madinah: konstitusi negara yang berasaskan Islam dan disusun sesuai dengan syariat Islam

NABI SAW SEBAGAI KEPALA NEGARA Nabi SAW mengangkat : 1. WAZIR sebagai lembaga eksekutif 2. QADHI sebagai legislatif dan yudikatif. Nabi SAW mengirim surat ke luar negera Medinah untuk mengajak mereka masuk Islam.

MASA KHULAFAURRASYIDIN

BIDANG POLITIK Mengembangkan empat pilar pemerintahan,: 1.      Kedaulatan di tangan syara’. 2.      Kekuasaan milik ummat. 3.      Mengangkat Khalifah hukumnya fardhu bagi seluruh kaum muslimin. 4.      Hanya khalifah yang berhak melakukan istimbath terhadap hukum-hukum syara’.

BIDANG HUKUM Pada periode ini, metode dalam pembentukan dan pembinaan hukum, dilaksanakan dengan mengambil langkah-langkah sebagai berikut: 1. Penelitian 2. Mencari informasi 3. Bermusyawarah atau diskusi 4. Mengistinbatkan hukum

Contoh ijtihad mereka..... Abu Bakar, mengambil kebijakan (ijtihad) terhadap orang yang enggan membayar zakat, dan mereka boleh diperangi. Umar bin Khatab membatalkan pemberian zakat kepada orang-orang muallaf (orang-orang yang perlu di bujuk hatinya), karena menurutnya ilatnya sudah berubah dimana Islam sudah menjadi kuat , dengan umat yang banyak. (at-Taubah (9): 60). Usman bin Affan, melaksanakan sholat taraweh dengan jumlah rakaat yang lebih banyak yakni 36 rakaat. Ali bin Abi Thalib,

BIDANG TAUHID Pada masa Abu bakar, Umar, Usman pemikiran Tauhid tidak ada perkembangan, masih sama dengan masa Nabi SAW. Pada masa Ali, mulai terjadi perbedaan paham, terutama ketika terjadinya pembunuhan terhadap Usman, dan diangkatnya Ali menjadi Khalifah. Terjadi perpecahan politik, antara kelompok Ali dan kelompok Muawiyah (keluarga Usman). Kelompok Ali kemudian dikenal dengan kelompom Syi’ah, dan kelompok Mu’awiyah kemudian menyebut dirinya kelompok Ahlu Sunnah. Perpecahan politik ini kemudian meluas menjadi perpecahan dalam pemikiran Tauhid atau teologi dalam Islam, yang kemudian memunculkan bermacam aliran dalam teologi Islam, seperti khawarij, murji’ah dll.

BIDANG AGAMA PROSES PEMELIHARAAN AL-QURAN PROSES PEMBUKUAN AL-QURAN Munculnya MUSHAF USMANI, sebagai Al-Quran standar untuk seluruh umat Islam di seluruh dunia