DALAM KEHIDUPAN BERAGAMA

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pengertian, Kedudukan, dan Fungsi Al-Quran
Advertisements

Oleh: Prof. Dr. M. Ghalib M., M.A
PENJELASAN TATA CARA SHALAT Bagian 12/13
ALQUR’AN SEBAGAI SUMBER HUKUM ISLAM
KEMBALI FITRAH KEMBALI KE SYARIAH
HADITS KEDUAPULUH DUA.
Syari’ah Bab 6 Pertemuan ke 9.
Penjelasan GBPP & Kontrak Perkuliahan
SUMBER HUKUM ISLAM Pengertian Hukum dan Sumber Hukum Islam
Wahyu tuhan, teks dan ijtihad akal manusia; aspek ushul dan Furu’ dalam Islam Muhlisin.
LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH
A GAMA I SLAM DISUSUN OLEH: MISNANI. S.Ag. M.Pd. I.
IMAN KEPADA KITAB KITAB ALLAH
PENYESUAIAN DAN PEMBINAAN PENDAPAT YANG BERBEDA
UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG
Berinteraksi dengan sunnah
Hukum Islam dan kontribusi Umat islam Indonesia
SUMBER AGAMA DAN AJARAN ISLAM
SUMBER AGAMA DAN AJARAN ISLAM
PENGERTIAN SUMBER HUKUM ISLAM DAN PENGERTIAN AL-QURAN SECARA BAHASA DAN ISTILAH Oleh kelompok 1 xiis1.
Pendidikan Agama Hadits sebagai ajaran islam February 28,
ISTILAH-ISTILAH HADITS
Drs. HASYIM, MM MANAJEMEN SYARIAH DOSEN MODUL ‘12 Manajemen Syariah 1
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
HADITS KEDUAPULUH SATU
BERIMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
IMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
Iman Kepada Kitab Pertemuan Ke-VI.
IMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Oleh: Rohmansyah, S.Th,I., M.Hum
SEJARAH PEMBUKUAN HADITH & IDEOLOGI ORIENTALIS MENGENAI HADITH
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
BAHASAN HARI INI PENGERTIAN & FUNGSI AL-SUNNAH & AL-HADITS
Amalan Setelah Melahirkan
BERIMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH
Anang Zubaidy Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia April 2013
CREATED BY: MARETTA DANIATY
SUDAHKAH ANDA SIAP??? BERKONSENTRASILAH!!!!!.
Ciri Aliran Sesat Oleh Nanang Kohar, SH.
ISLAMIC FUNDAMENTALS ON PATIENT MANAGEMENT
SUDAHKAH ANDA SIAP??? BERKONSENTRASILAH!!!!!.
MATA KULIAH TAUHID AKIDAH AKHLAK
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
MAKNA MAKANAN DAN MINUMAN HALAL
Kelompok 4 hadis sosial definisi dan karakteristik atau tipologi serta hadis yang berkaitan dengan hubungan antar manusia Nama kelompok : Lutfiatus.
MENINGKATKAN KEIMANAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
KLASIFIKASI AYAT AL-QUR’AN (MAKKIYAH MADANIYAH)
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Kesempurnaan Islam.
Makna ilmu hadits Prof. Dr. Hasbi al-Siddiqi, sebagaimana dikutib Syuhudi Ismail dan Nur Sulaiman, mengartikan ilmu Hadits sebagai segala pengetahuan.
ISLAM DALAM DISIPLIN ILMU
By : 1. Rizal hartono 2.Muhammad fajar
SUMBER AJARAN ISLAM Bagus Setiawan Dwi Ayu Setyaningrum
ISLAM SEBAGAI IDEOLOGI
Disusun Oleh: Muhammad Ridwan, S.Pd.I
BAB 12: AL-QURAN DAN HADIS PANDUAN HIDUP MUKMIN.
ALIRAN SESAT CIRI-CIRI DAN CARA-CARA MENGHINDARINYA
 Kedudukan sunnah (hadis) dalam Islam sebagai sumber hukum. Para ulama juga telah berkonsensus bahwa dasar hukum Islam adalah Al- Quran dan sunnah (hadis).
TAAT PADA ATURAN TAAT PADA ATURAN. QS. An – Nisa’ 4 : 59 Hai orang-orang yang beriman, ta`atilah Allah dan ta`atilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara.
Pengertian Agama Islam
Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh
Terjemahan Surah Al-Kaafirun Dengan nama Allah, Yang Maha Pemurah, lagi Maha Mengasihani
KELOMPOK. Pengertian Hukum Islam. Pengertian Hukum Islam Menurut Ahmad Rofiq, Pengertian Hukum Islam adalah seperangkat kaidah-kaidah hukum yang didasarkan.
PUNCA UTAMA PENYELEWENGAN DALAM TAFSIR
AQIDAH AKHLAK KELAS : X / 1 HM. SHOLEH SYAR’I. TUJUAN HIDUP AllahSurga Bumi Sukses Gagal Surga Neraka Manusia = Makhluk surga, bukan makhluk bumi Bahagia.
Belajar Beribadah Sesuai Tuntunan Syariat Islam
AL HADIST RAJA BATAR HASIBUAN PMI-B FDK UINSU 2019 DOSEN: H. MOHD IQBAL A. MUIN, LC,MA.
Transcript presentasi:

DALAM KEHIDUPAN BERAGAMA MEMPOSISIKAN BID’AH DALAM KEHIDUPAN BERAGAMA

PENGERTIAN BID’AH SECARA BAHASA Bid’ah adalah kosa kata arab yang berarti menciptakan sesuatu tanpa contoh sebelumnya.

PENGERTIAN BID’AH DALAM HADITS Hadist yang diriwayatkan dari al-irbadh bin sariyah dan dikeluarkan oleh Abu Daud, Tirmizi,Ibnu Majah dan Ibnu Hibban:” ‘alaikum bisunnatii…….wa iyyakum wa muhdatsatil umuri fa inna kulla muhdatsatin bid’ah wa kullu bid’atin dolalah”. Artinya memahami bid’ah harus didahului dengan pemahaman tentang sunnahnabi saw.

PENGERTIAN BID’AH SECARA ISTILAH 1. Imam As-Syatiby telah memberikan definisi bid’ah dalam kitab al-muwafaqat dan al-I’tisom: sebuah tatacara (toriqoh) dalam lingkup agama/dien yang diciptakan menyerupai tatacara yang legal dalam syariah dengan maksud menambah nilai ibadah kepada Allah ta’ala.

PENGERTIAN BID’AH SECARA ISTILAH 2. Syekh Muhammad al-ghazali mendefinisikan dalam kitab Kunuz minas-sunnah: menciptakan sesuatu ibadah dari diri sendiri lalu menyatakannya sebagai ciptaan syariah dan jalan yang lurus.

Pandangan Syariat Terhadap Bid’ah Para pelaku bid’ah secara langsung atau tidak telah mendudukan dirinya sebagai sumber syariat sejajar dengan Allah dan rasulNya sebagaimana yang disinyalir dalam surah as-syuro: 21.

Pandangan Syari’at Terhadap Bid’ah 2. Para pelaku bid’ah menyangka bahwa ajaran islam masih membutuhkan tambahan agar semakin lengkap dan sempurna. Bukankah Allah swt telah menyempurnakan ajaranNya seperti yang dinyatakan dalam surah al-Maidah: 3…?

Pandangan Syari’at Terhadap Bid’ah 3. Para pelaku bid’ah telah mempersulit aplikasi ajaran Islam di tengah masyarakat.

Pandangan Syari’at Terhadap Bid’ah 4. Perbuatan bid’ah mengancam eksistensi sunnah yang telah ditanamkan oleh rasulullah saw.

Pandangan Syari’at Terhadap Bid’ah 5. Perbuatan bid’ah mematikan kreatifitas positif dalam bidang sains dan tekhnologi.

Pandangan Syari’at Terhadap Bid’ah 6. Perbutan bid’ah berpotensi memicu perpecahan dalam tubuh ummat islam.

CIRI-CIRI PERBUATAN BID’AH 1. Perbuatan bid’ah hanya dalam cakupan ibadah mahdoh/langsung kepada Allah swt. 2. Perbuatan bid’ah tidak memiliki pijakan valid dari Al-quran, sunnah atau para sahabat nabi saw baik secara redaksionil ataupun isyarat.

CIRI-CIRI PERBUATAN BID’AH 3. Perbuatan bid’ah lahir dari penafsiran yang tidak di dukung data ilmiyah dan hanya sebuah dorongan nafsu/ambisi seseorang. 4. Perbuatan bid’ah lahir dari hadist-hadist yang tidak diperdebatkan kepalsuannya.

ASAL-USUL TIMBULNYA BID’AH Semangat beragama yang tidak di-iringi dengan semangat belajar keislaman. Mengadopsi beragam kepentingan dalam bermasyarakat tanpa pegangan fundamental. Adanya kepentingan pragmatis yang terselubung dari individu ataupun kelompok masyarakat.