ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE)

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
KONSEP-KONSEP DASAR PENDIDIKAN Oleh : KUNTJOJO Universitas Nusantara PGRI Kediri /19/20141.
Advertisements

PENGEMBANGAN POTENSI DIRI
MEMAHAMI TYPE-TYPE KECERDASAN ANAK by. MOH. YANI,S.Ag, MM,M.Pd.I
DASAR-DASAR PENDIDIKAN
PEDOMAN LATIHAN ATLET MUDA
Oleh : Yanti Riyantini, MKep.Sp.Kep.An.
Oleh : KUNTJOJO D3 Kebidanan Kediri, Poltekes Malang /16/20141.
TIPE BERMAIN FUNCTIONAL PLAY Bentuk paling sederhana
Oleh: KUNTJOJO D3 Kebidanan Kediri, Poltekes Malang /18/2014Designed by Kuntjojo, UNP Kediri1.
Pada Masa ini anak sangat aktif
KONSEP-KONSEP DASAR PENDIDIKAN
PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK 12/18/ PROSES PENDIDIKAN sbg INTERAKSI SOSIAL 12/18/2014Designed by Kuntjojo, UNP Kediri2 PENDIDIK PESERTA DIDIK PESERTA.
Pendidikan Inklusi di Sekolahku My School
Oleh : KUNTJOJO UNP Kediri 2008
APE SESUAI DENGAN TUGAS-TUGAS PERKEMBANGAN
Designed by Kuntjojo, UNP Kediri
MASALAH-MASALAH PENDIDIKAN
PENGEMBANGAN KURIKULUM PAUD
MUSIK UNTUK ANAK BEGERAK DALAM MUSIK.
PENDIDIKAN SEBAGAI SUATU SISTEM
Oleh : KUNTJOJO UNP Kediri 2008
KETERAMPILAN MOTORIK PPM-Aprilia Tina Lidyasari PPM TK ABA KSATRIAN KP-by. aprilia.
Oleh : KUNTJOJO Universitas Nusantara PGRI Kediri 2008
PENDIDIKAN SEUMUR HIDUP
Designed by Kuntjojo, UNP Kediri
Materi Pelatihan Attachment Parenting
TUGAS AKHIR PROGRAM (TAP)
Oleh : KUNTJOJO D3 Kebidanan Kediri, Poltekes Malang 2008
TUGAS AKHIR PROGRAM (TAP)
Bermain, Kegunaan APE dan Jenis-Jenis APE Pertemuan ke-3
BERMAIN DAN JENIS PERMAINAN
BAKAT Oleh: Abdul khalid, S.Pd.
KECERDASAN KINESTETIK
STIMULASI PERKEMBANGAN ANAK
MODEL PERMAINAN AKUATIK BAGI ANAK USIA DINI
BERMAIN DAN PERMAINAN ANAK
PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN
STIMULASI PENINGKATAN PERKEMBANGAN FISIK, KOGNITIF, DAN PSIKOSOSIAL PADA ANAK USIA 6-9 TAHUN WASMANA.
Permainan puzzle geometri
Oleh : Visvidya Husna Pratiwi NIM :
TUMBANG USIA BALITA DAN PRA SEKOLAH
Oleh: KUNTJOJO UNP Kediri
Kemampuan Gerak Dasar.
( PapAN penJUmLahan ) Sebagai Alat Permainan Matematika pada
Oleh : Ria Nugraha Sari ( )
By Nur Amelia Hidayah Nip
Konsep-Konsep dasar Penelitian
Deskripsikan Benda di bawah ini!
Designed by Kuntjojo, UNP Kediri
Bermain Bayi Usia 0-2 thn.
PENGGUNAAN ALAT PERAGA EDUKATIF “RUGAMI” SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PENCAPAIAN PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA ANAK KELOMPOK A TK TUGU 01 JUMANTONO KABUPATEN.
DDST (Denver Development Screening Test)
Oleh: Adhyatman Prabowo, S.Psi
KEMUNGKINAN DAN KEHARUSAN PENDIDIKAN
Oleh: KUNTJOJO UNP Kediri
Peranan Guru Untuk Membantu Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Anak
Kelompok 4 PENGEMBANGAN SARANA DAN PRASARANA kelas A
Nama Kelompok : Aulia Fiva Larasati ( ) Dinda Andreanti ( )
Kelompok 3 Emy Linda Suraeni ( ) Zhaffira Fairuz S ( ) Febri Cahyaningtyas ( ) Ike Nuri Pratiwi ( )) Peran.
Oleh: KUNTJOJO UNP Kediri 2009
ANGGOTA : Kelompok 2 ENDAH SETIYARINI NIM
PERKEMBANGAN ANAK USIA 4 -6 TAHUN
MANFAAT DAN TUJUAN PERMAINAN EDUKATIF
Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak Usia 4-5 Tahun.
Tumbuh Kembang 1 Iis Sri Patmawati, S.Kep. TUMBUH KEMBANG USIA BAYI.
Kecerdasan Majemuk.
Gangguan rentang Perkembangan
Fitri Febriani Vina Vatrikatresna Riva Fakhia F Cita Adi Rachman Dewi Triani Ai Ulvi Zulfiah Hani Annisa R
By. Faradilla Safitri, S.ST., M.Kes
KREATIVITAS Oleh: Chandra Andriawan Guru SMK PB. Soedirman Oleh: Chandra Andriawan Guru SMK PB. Soedirman
Transcript presentasi:

ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) Oleh : KUNTJOJO D3 Kebidanan Kediri, Poltekes Malang 2008 4/8/2017

Designed by Kuntjojo, UNP Kediri A. PENGERTIAN APE APE : Sarana yang dapat merangsang aktivitas anak untuk mempelajari sesuatu tanpa anak menyadarinya, baik menggunakan teknologi modern, konvensional, dan tradisional. 4/8/2017 Designed by Kuntjojo, UNP Kediri

Designed by Kuntjojo, UNP Kediri B. KATEGORI APE 1.Diperuntukkan bagi anak balita Yakni mainan yang memang sengaja dibuat untuk merangsang berbagai kemampuan dasar pada balita. 2.Multifungsi Dari satu mainan bisa didapat berbagai variasi mainan sehingga stimulasi yang didapat anak juga lebih beragam. 4/8/2017 Designed by Kuntjojo, UNP Kediri

Designed by Kuntjojo, UNP Kediri 3.Melatih problem solving Dalam memainkannya anak diminta untuk melakukan problem solving. Dalam permainan pasel misalnya, anak diminta untuk menyusun potongan-potongannya menjadi utuh. 4. Melatih konsep-konsep dasar Lewat permainan ini, anak dilatih untuk mengembangkan kemampuan dasarnya seperti mengenal bentuk, warna, besaran, juga melatih motorik halus. 4/8/2017 Designed by Kuntjojo, UNP Kediri

Designed by Kuntjojo, UNP Kediri 5. Melatih ketelitian dan ketekunan Dengan mainan edukatif, anak tak hanya sekadar menikmati tetapi juga dituntut untuk teliti dan tekun ketika mengerjakannya. 6. Merangsang kreativitas Permainan ini mengajak anak untuk selalu kreatif lewat berbagai variasi mainan yang dilakukan. Bila sejak kecil anak terbiasa untuk menghasilkan karya, lewat permainan rancang bangun misalnya, kelak dia akan lebih berinovasi untuk menciptakan suatu karya, tidak hanya mengekor saja 4/8/2017 Designed by Kuntjojo, UNP Kediri

Designed by Kuntjojo, UNP Kediri C. MANFAAT APE 1.Melatih kemampuan motorik Stimulasi untuk motorik halus diperoleh saat anak menjumput mainannya, meraba, memegang dengan kelima jarinya, dan sebagainya. Sedangkan rangsangan motorik kasar didapat anak saat menggerak-gerakkan mainannya, melempar, mengangkat, dan sebagainya. 4/8/2017 Designed by Kuntjojo, UNP Kediri

Designed by Kuntjojo, UNP Kediri 2.Melatih konsentrasi Mainan edukatif dirancang untuk menggali kemampuan anak, termasuk kemampuannya dalam berkonsentrasi. Saat menyusun pasel, katakanlah, anak dituntut untuk fokus pada gambar atau bentuk yang ada di depannya -- ia tidak berlari-larian atau melakukan aktivitas fisik lain sehingga konsentrasinya bisa lebih tergali. Tanpa konsentrasi, bisa jadi hasilnya tidak memuaskan. 4/8/2017 Designed by Kuntjojo, UNP Kediri

Designed by Kuntjojo, UNP Kediri 3.Mengenalkan konsep sebab akibat Contohnya, dengan memasukkan benda kecil ke dalam benda yang besar anak akan memahami bahwa benda yang lebih kecil bisa dimuat dalam benda yang lebih besar. Sedangkan benda yang lebih besar tidak bisa masuk ke dalam benda yang lebih kecil. Ini adalah pemahaman konsep sebab akibat yang sangat mendasar. 4/8/2017 Designed by Kuntjojo, UNP Kediri

Designed by Kuntjojo, UNP Kediri 4. Melatih bahasa dan wawasan Permainan edukatif sangat baik bila dibarengi dengan penuturan cerita. Hal ini akan memberikan manfaat tambahan buat anak, yakni meningkatkan kemampuan berbahasa juga keluasan wawasannya. 4/8/2017 Designed by Kuntjojo, UNP Kediri

Designed by Kuntjojo, UNP Kediri 5.Mengenalkan warna dan bentuk Dari mainan edukatif, anak dapat mengenal ragam/variasi bentuk dan warna. Ada benda berbentuk kotak, segiempat, bulat dengan berbagai warna; biru, merah, hijau, dan lainnya. 4/8/2017 Designed by Kuntjojo, UNP Kediri

Designed by Kuntjojo, UNP Kediri JENIS-JENIS APE PUZZLE KNOB GEO Fungsi: Membantu anak mengembangkan motorik halus melatih pengenalan bentuk geometri dan warna untuk usia 1-3 tahun 4/8/2017 Designed by Kuntjojo, UNP Kediri

Designed by Kuntjojo, UNP Kediri KERETA ANGKA TARIK Fungsi: Untuk mengenalkan konsep angka dan urutan melatih lokomotorik anak melatih keseimbangan untuk usia 2-4 tahun 4/8/2017 Designed by Kuntjojo, UNP Kediri

Designed by Kuntjojo, UNP Kediri HANOI TOWER Fungsi: Untuk melatih logika, konsentrasi, pemecahan masalah (untuk anak 5 – 12 tahun) 4/8/2017 Designed by Kuntjojo, UNP Kediri

Designed by Kuntjojo, UNP Kediri MAZE PREWRITING Fungsi: mengembahgkan motorik halus, mengenal warna, dan pola garis untuk melatih keterampilan menulias (untuk anak usia 1 – 3 tahun). 4/8/2017 Designed by Kuntjojo, UNP Kediri

Designed by Kuntjojo, UNP Kediri LUNCURAN KELERENG Fungsi: Untuk mengenalkan konsep kemiringan konsep jalur dan laju fun untuk anak (untuk anak usia 3-5 tahun 4/8/2017 Designed by Kuntjojo, UNP Kediri

Designed by Kuntjojo, UNP Kediri D. JENIS-JENIS APE 4/8/2017 Designed by Kuntjojo, UNP Kediri

Designed by Kuntjojo, UNP Kediri 4/8/2017 Designed by Kuntjojo, UNP Kediri

Designed by Kuntjojo, UNP Kediri 4/8/2017 Designed by Kuntjojo, UNP Kediri

Designed by Kuntjojo, UNP Kediri 4/8/2017 Designed by Kuntjojo, UNP Kediri

Designed by Kuntjojo, UNP Kediri 4/8/2017 Designed by Kuntjojo, UNP Kediri