PEMBENTUKAN KARAKTER MELALUI PEMBENTUKAN SIKAP
SECARA KOGNITIF BERDASARKAN APA YANG DIKETAHUI (TAHU ATAU TIDAK TAHU) APA YANG DIPERCAYA (BENAR ATAU SALAH) APA YANG DIPIKIRKAN (LOGIS / TIDAK LOGIS)
SECARA AFEKTIF
SECARA KONATIF
MEMILIH MEDIA PEMBELAJARAN
MEDIA VISUAL YANG PERLU DIPERTIMBANGKAN: 1.SIAPA TOKOH YANG DIKENAL DAN DISUKAI? 2.BAGAIMANA LINGKUNGANNYA? 3.BAGAIMANA PENYAJIANNYA? 4.ADAKAH TOKOH ANTAGONIS/PROTAGONISNYA? 5.APA TEMA YANG DIUSUNG?
MEDIA AUDIO
MEDIA AUDIO VISUAL YANG PERLU DIPERTIMBANGKAN 1. TEMA MEDIA TEMA MEDIA 2.PESAN YANG DIBAWA 3.PANJANG / DURASI MEDIA 4.ASPEK SOSIO-KULTURAL MEDIAASPEK SOSIO-KULTURAL MEDIA
Computer-based education (CBE) and and computer based learning (CBL) MENGACU kepada pemakaian multimedia komputer dalam dunia pendidikan, yang meliputi: latihan-latihan, tutorial, simulasi, permainan dll.
PROJECT-BASED LEARNING AND PROBLEM-BASED LEARNING MELIBATKAN pembelajar dalam konteks dunia nyata (authentic, “real world” tasks). Guru menjadi fasilitator Siswa dapat dikelompokkan dalam grup yang lebih kecil untuk efisisensi waktu.
SIMULASI DAN BERMAIN PERAN mengacu kepada latihan-latihan menghadapi persoalan sehari-hari dan cara pemecahannya. Misalnya: bagaimana bersikap empati terhadap teman, bagaimana mengambil sebuah keputusan dll.
Bagaimana BERSIKAP?BERSIKAP
MENGENALI DIRI SENDIRIDIRI SENDIRI
SIAPA SAYA
Enaknya berteman
Enaknya berbagiberbagi
TUJUAN DAN CITA-CITACITA-CITA
KERJASAMA
CARA BERKOMUNIKASI
Sekian terimakasih