PUISI BARU SMAK PENABUR HI.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Bindo sepuluh II KD 14.1 Membahas isi puisi berkenaan dengan gambaran penginderaan, perasaan, pikiran, dan imajinasi melalui diskusi. Tujuan: Siswa dapat.
Advertisements

Rela Berbagi – Ikhlas Memberi
PENGANTAR KAJIAN SASTRA
Apresiasi Sajak dan Novel
BAHASA INDONESIA KELAS X Smtr. gazal Dra. Herlina Rusmaryanti, M. Pd.
MEDIA PEMBELAJARAN Oleh: DEDE SUSILAWATI.
Di suatu masa warna-warna dunia mulai bertengkar Semua menganggap dirinyalah yang terbaik yang paling penting yang paling bermanfaatyang paling disukai.
MAJAS PERBANDINGAN.
Maulfi Syaiful Rizal FIB UB
Ungkap Masa Ungkapan Majas Peribahasa.
Apakah puisi itu? puisi adalah ciptaan atau kreativitas penyair;
PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK SMA
Apresiasi Puisi herdito sandi pratama.
TUGAS BAHASA INDONESIA
Genre Sastra: Puisi Oleh Ki Puji Karyanto
Analisis Struktural dan Semiotik puisi
Analisis Struktural dan Semiotik puisi
MULTIMEDIA INTERAKTIF BAHASA INDONESIA
Puisi: Teori dan Apresiasi
Sedangkan dalam bahasa Inggris disebut “poem” atau “poetry”.
Oleh : SURYO ADI RAKHMAWAN (XII IPA 3 / 27)
Menulis Puisi maulfisr.lecture.ub.ac.id.
SECARA ETIMOLOGIS  BHS. LATIN  BHS YUNANI LOGOS: PERKATAAN, AKAL
Maulfi Syaiful Rizal FIB UB
PUISI.
Maulfi Syaiful Rizal FIB UB
Citraan dalam Puisi.
Kelas XI Bahasa Semester 1
Pendekatan Parafrastis dan Analaisis
ENGGAR DHIAN PRATAMANTI, PENGARUH BAHAN BACAAN TERHADAP GAYA PENULISAN PUISI PADA REMAJA KELAS XI BAHASA SMA N 1 SUKOREJO.
Pengantar Kesusastraan Umum
KUMPULAN PUISI WS RENDRA
Hakikat dan Fungsi Bahasa Hakikat dan Fungsi Bahasa.
KAJIAN KESASTRAAN KESUSASTRAAN = KE - SUSASTRA - AN
SASTRA ANAK (1) PERTEMUAN KE-13 Khusnul Fatonah, M.Pd. PGSD.
ADG3A3 – Creative Writing
JIWA MANUSIA KAN TERSENYUM KETIKA SEBUAH KARYA BERADA DI SETIAP PANGKUAN GENERASI MUDA MESKIPUN HASIL DARI SEBUAH LORONG NAN SEMPIT PUISI ADALAH SALAH.
SMK NEGERI 1 SITUBONDO Bidang Studi : Bahasa dan Sastra Indonesia
PUISI/PBIN4213 Sarana retorika Sarana Retorika: Sarana kepuitisan yang menuntut pembaca/pendengar untuk memikirkan efek yang ditimbulkannya (hal: 9.4).
Guru SMP NEGERI 3 JENGGAWAH
ADG3A3 – Creative Writing
Pertemuan 4 Analisis Puisi
STRUKTUR FISIK DAN STRUKTUR BATIN PUISI
MOTIVASI Temu 2 Psikologi Umum II.
Pengertian puisi Suatu karya yang menggunakan kata- kata indah dan mempunyai makna. Biasanya dalam puisi menggambarkan sesuatu. Ciri cirri umum puisi Pola.
MAJAS.
MAJAS Gaya Bahasa.
Rencana Tuhan Pasti Indah
Membacakan puisi karya sendiri
Majas adalah pemanfaatan kekayaan bahasa, pemakaian ragam tertentu untuk memperoleh efek-efek tertentu yang membuat sebuah karya sastra semakin hidup,
Kompetensi Dasar Memahami struktur dan kaidah teks novel, baik melalui lisan maupun tulisan.
Diksi dan Gaya Bahasa Oleh : Rahmat Hidayatullah Khairul Anwar.
MAJAS PERBANDINGAN.
MAJAS PERBANDINGAN oleh: Abdul Muis, S.Pd.
Menulis Puisi Bebas.
APRESIASI SASTRA DAN PENGAJARANNYA PERTEMUAN KE-2 -KHUSNUL FATONAH-
Creatif by:Nurlia Enda
MAJAS PERBANDINGAN.
PUISI.
Personifikasi Sesuatu benda, keadaan atau peristiwa yang diberikan perbandingannya dengan sifat manusia. Personifikasi juga merupakan satu unsur yang.
Personifikasi Sesuatu benda, keadaan atau peristiwa yang diberikan perbandingannya dengan sifat manusia. Personifikasi juga merupakan satu unsur yang.
MAJAS PERBANDINGAN.
1 Disusun Oleh : Farid Abdullah affandi Karnadi Totok Setiawan Vani Angga P. FRASA FRASA BAHASA INDONESIA 12.
KELOMPOK 2 ANGGOTA: 1.Antares Alvian Dinosa Agaki (08) 2.Arif Fahmi Rizal (09) 3.Arya Mahendra Asmara (10) 4.Kristo Roy Martahan Pasaribu (22) 5.Vira Nur.
JANGAN MENYERAH Tak ada manusia yang terlahir sempurna Jangan kausesali segala yang telah terjadi Kita pasti pernah dapat cobaan yang berat Seakan hidup.
Pengertian Puisi, Ciri, Jenis-Jenis, Unsur & Struktur Puisi Lengkap
CERPEN. KOMPETENSI DASAR 1.2 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan,
NAMA KELOMPOK 1.KETY ZAHRA 2.SEVIA ARDIANY 3.FATIMATUZ ZAHRO 4.APRILA PUTRI.Y.
Penulisan Kreatif 2015 Kelas 2NA Sekolah Menengah Clementi Town.
OLEH : DINA PERMATA SARI, S.Pd NIP
Transcript presentasi:

PUISI BARU SMAK PENABUR HI

Yang memiliki ciri tipografi tertentu dan bahasa yang khas PENGERTIAN Yang memiliki ciri tipografi tertentu dan bahasa yang khas Teks monolog

KWATRIN TENTANG SEBUAH POCI Pada keramik tanpa nama itu kulihat kembali wajahmu Mataku belum tolol, ternyata untuk sesuatu yang tak ada Apa yang berharga pada tanah liat ini selain separuh ilusi? Sesuatu yang kelak retak dan kita membikinnya abadi karya : Goenawan Mohamad

Tipografi Judul Larik – larik

DALAM KERETA Dalam kereta DALAM KERETA Dalam kereta. Hujan menebal jendela Semarang, Solo …, makin dekat saja Menangkup senja. Menguak purnama. Caya menyayat mulut dan mata. Menjengking kereta. Menjengking jiwa, sayatan terus ke dada. karya: Chairil Anwar / 15 Maret 1944

(penyimpangan pemakaian bahasa) Bahasa yang khas Bahasa figuratif (penyimpangan pemakaian bahasa) Elipsis Enjambemen

Isi Tema Sarana Retorika PUISI BARU Lambang / Simbol Makna Lambang / Simbol Isi Tema Sarana Retorika Majas Citraan / Imaji

SEBAB DIKAU Aku boneka engkau boneka Penghibur dalam mengatur tembang Di layar kembang bertukar pandang Hanya selagu, sepanjang dendang karya : Amir Hamzah

Isi Kita manusia biasa yang memiliki batasan dalam mengatur irama hidupnya di dunia. Pengatur utama adalah Dalang / Dikau yaitu Tuhan. Manusia hanya hidup sekali, berperanlah dalam totalitas positif semasa hidup

Tema KEHIDUPAN

Memperjelas gambaran angan Menciptakan efek tertentu MAJAS Bahasa yang digunakan Memperjelas gambaran angan Menciptakan efek tertentu

Personifikasi Perbandingan benda mati yang seolah-olah hidup Contoh : Badai mengamuk dan merobohkan rumah penduduk

Personifikasi Perbandingan benda mati yang seolah-olah hidup Contoh : Badai mengamuk dan merobohkan rumah penduduk

MATA PISAU Mata pisau itu tak berkejap menatapmu: Kau yang baru saja mengasahnya Berfikir: ia tajam untuk mengiris apel yang tersedia di atas meja Sehabis makan malam Ia berkilat ketika terbayang olehnya urat lehermu karya: Sapardi Djoko Damono / 1982

Simile Perbandingan dengan menggunakan kata bagai, laksana, seumpama, seperti, bak, Contoh: Lambaiannya seperti tangan-tangan penari yang mengikuti irama hujan ….

ODE ASIA TENGGARA Hidupku dibayangi oleh dua raksasa :Rusia dan Amerika, KGB dan CIA ya,ya, aku hidup di dunia ketiga Mereka sudah siap mencaplok apa saja bagaikan siluman mereka pun bekerja Bagaikan air di bawah tanah kucinta Bagaikan air merembes ke dalam bumi …. karya: Linus Suryadi A.G. / 1986

METAFORA Kiasan yang menyatakan sesuatu sebagai hal sebanding dengan hal lain yang sesungguhnya tidak sama (Altenberg & Lewis, 1969) Ada dua unsur dalam metafora : pembanding (vehicle) dan yang dibandingkan (tenor) Contoh : Cinta adalah bahaya yang lekas pudar Sambal tomat pada mata

PERJALANAN Menyusuri langsai-langsai kehidupan Menyusuri luka demi luka Menyusuri gigiran abad padang-padang lengang Menyusuri matahari Dan laut abadi dahsyat sunyi …. karya: Korie Layun Rampan / 1981 Langsai: tirai, Gigiran : punggung

Sarana Retorika Muslihat intelektual / Gaya bahasa karena bahasa-bahasa yang digunakan dapat memengaruhi / menghipnotis intelektualitas seseorang Jenisnya: hiperbola, ironi, litotes, ambiguitas, paradoks, elipsis Hiperbola: melebih-lebihkan Ironi: pertentangan yg mengolok2 “kamu hebat ya, sampai tinggal kelas…!” Litotes: merendah; mengecilkan Ambiguitas: mengandung lebih dari satu makna Paradoks: pertentangan; “kesepian di tengah hiruk pikuk kota.” Elipsis: penghilangan unsur tertentu, “kami ke kota” (harusnya: kami pergi ke kota)

HIPERBOLA Gaya bahasa yang melebih-lebihkan Contoh : dengan seribu gunung, langit takkan runtuh dengan seribu perawan hati tak jatuh ….

CITRAAN / IMAJI / IMAGERY Gambaran-gambaran angan dalam puisi yang ditimbulkan melalui kata-kata

JENIS – JENIS CITRAAN Citraan pikiran Citraan penglihatan (visual imagery) Citraan pendengaran (auditory imagery) Citraan rabaan (thermal imagery) Citraan pencecapan (tactile imagery) Citraan penciuman (olfactory imagery) Citraan gerakan (kinesthetic imagery) Citraan pikiran

SEBAB DIKAU Aku boneka engkau boneka Penghibur dalam mengatur tembang Di layar kembang bertukar pandang Hanya selagu, sepanjang dendang karya : Amir Hamzah

Citraan rabaan : Sejuk pun singgah …. Citraan pencecapan : ingin kuhalau hidup yang terasa pahit tembakau, berganti manisnya madu

Citraan penciuman : kini kuhirup bau senja, bau kandil-kandil dan pesta, bau pembebasan …. Citraan gerakan : Akulah si telaga: berlayarlah di atasnya, berlayarlah menyibakkan riak-riak kecil yang menggerakkan bunga-bunga padma

Mata Pisau Mata pisau itu tak berkejap menatapmu: Kau yang baru saja mengasahnya Berfikir: ia tajam untuk mengiris apel Yang tersedia di atas meja Sehabis makan malam Ia berkilat ketika terbayang olehnya urat lehermu