Aliran Sesat Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, sesat diartikan “tidak melalui jalan yang benar; salah jalan; berbuat tidak senonoh; menyimpang dari kebenaran”.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
DATA AJARAN/ALIRAN SESAT DAN MENYESATKAN YANG TELAH DI FATWAKAN MUI MAUPUN YANG SUDAH DILARANG ATAU BELUM OLEH PEMERINTAH.
Advertisements

TOLERANSI DALAM BERAGAMA
Matan Keyakinan dan Cita-Cita Hidup Muhammadiyah
Iman Kepada Rasul Allah SWT
Akidah Islamiyah.
SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
Pengertian, Kedudukan, dan Fungsi Al-Quran
Oleh: Prof. Dr. M. Ghalib M., M.A
MU’JIZAT AL-QURAN.
MEDIA DAKWAH BERBASIS INTERNET
Latar Belakang Masalah
Aliran Sesat dan Cara Menghindarinya
Oleh Muhammad Rahmat Kurnia (dengan sedikit revisi)
BEBERAPA CONTOH ALIRAN/FAHAM SESAT DAN MENYESATKAN
PERBEDAAN KONSEP AKIDAH SYI’AH DAN KHAWARIJ
PENDIDIKAN ISLAM PADA MASA RASULULLAH DAN SAHABAT
UNIVERSITAS GUNADARMA
Penjelasan GBPP & Kontrak Perkuliahan
Disusun Oleh : Kelompok 6
Muhammad Bahrul Ilmi, SE Lecturer of Accounting Economic Faculty STIE Surakarta.
Pendidikan Agama Islam
KERUKUNAN UMAT BERAGAMA
“MEMPERSATUKAN UMAT MELALUI DAKWAH” Pancasila
Anggota : 1.Puspa Nurmawati Novita Selfiani Muhammad Yusuf efendi Galang Septi Bayu A Vicka Nandhya R
UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG
Berinteraksi dengan sunnah
KERUKUNAN ANTAR UMAT BERAGAMA
Fungsi Wahyu dan Akal dalam Memahami Akidah
ALIRAN MURJI’AH, QADARIAH DAN JABARIAH
KELOMPOK 2 aliran sesat.
Kerangka Dasar Agama Islam Dan Ajaran Hukum Islam (Bagian Pertama)
Oleh : Drs. H. Mughni Labib, MSI
MEMBANGUN KERUKUNAN ANTAR UMAT BERAGAMA: Perspektif Sosiologis
AIK PROGRAM PASCASARJANA (S-2 dan S-3) PTM
BAB IX KERUKUNAN UMAT BERAGAMA
BAB II IMAN DAN TAQWA.
UPAYA PEMBINAAN DAN MENCEGAH PAHAM RADIKALISME
BERIMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
Sumber hukum islam.
MATERI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
MATA KULIAH TAUHID AQIDAH AKHLAK Dosen : Sarah Wulan, S.Ag, M.Pd
Materi I AQIDAH Oleh: Ahmad Arif Rifan, SHI., MSI.
PENANGANAN AJARAN SESAT DAN MENYIMPANG
Kontribusi Agama dalam Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Riset
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Shabrina Luthfiani Hadiwirosa
1. Konsep Masyarakat Madani Pengertian Masyarakat Madani
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
SUDAHKAH ANDA SIAP??? BERKONSENTRASILAH!!!!!.
Ciri Aliran Sesat Oleh Nanang Kohar, SH.
ISLAM MABDA.
2 1 3.
KODE D.11.2 TAFSIR SURAT ASY-SYU’ARA 214 OBJEK PENDIDIKAN
Summative assessment By: Rio & BAYU.
STUDI ISLAM III Ferizka emirza Ina setiadewi
KLASIFIKASI AYAT AL-QUR’AN (MAKKIYAH MADANIYAH)
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SYAHADAT DAN SHALAT
By : 1. Rizal hartono 2.Muhammad fajar
TOLERANSI SEBAGAI ALAT PEMERSATU BANGSA
Hubungan antara Akidah dan Akhlak
Disusun Oleh: Muhammad Ridwan, S.Pd.I
O. Solihin Blog: Akidah Islamiyyah Katakanlah: "Dia-lah Allah, Yang Maha Esa. Allah adalah Tuhan yang.
ALIRAN SESAT CIRI-CIRI DAN CARA-CARA MENGHINDARINYA
UNIVERSITAS GUNADARMA
O. Solihin Blog: Akidah Islamiyyah Katakanlah: "Dia-lah Allah, Yang Maha Esa. Allah adalah Tuhan yang.
AQIDAH UNIT 1 Kelas Bimbingan Dewasa.
Pendidikan Agama Islam
PRODI - S1 AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS GUNADARMA PRODI - S1 AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS GUNADARMA 1 1 AKUNTANSI SYARIAH.
Pertemuan 1 1. Pengertian Aqidah 2. Istilah lain Aqidah 3. Ruang lingkup Aqidah 4. Urgensi Aqidah.
IMAN KEPADA MALAIKAT. 1. Pengertian malaikat Allah Kata ‘malaikat’ berasal dari kata malak, bentuk jamaknya adalah malaikah. Kata malak memiliki arti.
Transcript presentasi:

Aliran Sesat Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, sesat diartikan “tidak melalui jalan yang benar; salah jalan; berbuat tidak senonoh; menyimpang dari kebenaran”. Bahasa Arab sesat disebut dengan dhollun, menyimpang. Dalam konteks ini, kebenaran berasal dari Tuhan. Persoalannya kebenaran agama sesungguhnya kebenaran yang relatif tergantung pemahaman seseorang.

Menurut Martin van Bruinessen (1997) aliran sesat adalah aliran yang menyimpang dari mainstream keagamaan. Namun batasan ini bersifat rancu. Dalam konteks Indonesia, mainstream Islam diwakili oleh MUI, Muhammadiyah dan NU. Bagi komunitas Islam Aboge (Alif Rabo Wage) dan Islam Wetu Telu Sasak mereka menganggap bahwa Islam versi mereka adalah Islam yang benar, tidak sesat seperti selama ini diklaim oleh mainstream Islam.

Kendati demikian, ada beberapa karakteristik utama aliran sesat Kendati demikian, ada beberapa karakteristik utama aliran sesat. Pertama, kultus individu. Modernisasi dan kemajuan teknologi berdampak kehausan pemenuhan kebutuhan spiritual. Manusia modern memerlukan Tuhan dan Rasul yang eksistensial, bukan sekadar dalam gambaran yang abstrak. Agama konvensional terlalu kering untuk menghadirkan oase spiritual yang melimpah. Akibatnya, ortodoksi agama ditabrak serta mengimajinasikan seorang sebagai nabi yang menghubungkan langsung dengan Tuhan.

Kedua, ekslusif dan terisolasi Kedua, ekslusif dan terisolasi. Berbagai kasus aliran sesat mengisyaratkan kemampuan membangun jaringan sel yang berlapis sehingga eksistensinya tidak diendus masyarakat. Kadangkala mereka membentuk sebuah komunitas kecil yang terpisah dan tersembunyi dari masyarakat. Kadangkala mereka pula menarik diri dari interaksi sosial.

Ketiga, Memiliki amalan-amalan khusus yang tidak berdasar dan menjanjikan penebusan dosa dengan amalan itu. Salamullah (lia Eden) Menurut MUI dalam Rakernas MUI 2007, menetapkan beberapa kriteria aliran sesat: Mengingkari rukun iman dan rukun Islam Meyakini atau mengikuti akidah yang tidak sesuai dengan dalil syar’i

3. Meyakini turunnya wahyu setelah Al Qur’an 4. Mengingkari otentisitas dan kebenaran Al Qur’an 5. Melakukan penafsiran yang tidak sesuai dengan kaidah tafsir Mengingkari kedudukan hadith Nabi sebagai sumber ajaran Islam Melecehkan atau merendahkan para nabi dan rasul Mengingkari Nabi Muhammad sebagai nabi dan rasul terakhir Mengubah pokok-pokok ibadah yang telah ditetapkan Mengkafirkan sesama Muslim tanpa berlandaskan dalil syar’i

Beberapa Aliran Sesat Lantaran istilah sesat sesungguhnya istilah yang sumir dan tidak jelas, kadangkala satu aliran sesat dianggap tidak sesat bagi yang lain. Begitupula sebaliknya. Bahkan, yang menarik adalah kasus kesesatan LDII (lembaga dakwah Islamiyah Indonesia) yang ditetapkan sesat oleh MA tahun 1981, tetapi hingga kini tetap mendapatkan pengikut dan berkembang luar biasa. 1. Lia Eden (Salamullah) 2. Al Qiyadah Al Islamiyah

Namun, ada beberapa aliran sesat yang memang sesat 1. Lia Eden (Salamullah) 2. Al Qiyadah Al Islamiyah 3. Satrio Piningit Weteng Buwono 4. NII (Negara Islam Indonesia) 5. Shalat Dwi Bahasa Yusman Roy 6. Ahmadiyah 7. Syi’ah 8. Baha’i

Krisis Islam? Kemunculan aliran sesat menyembulkan pertanyaan, apakah agama (Islam) sedang mengalami krisis yang akut sehingga tidak mampu menyediakan oase spritual bagi umat? Aliran sesat tampaknya merupakan fenomena global yang hampir terjadi dalam setiap agama. Sejak awal 1970, Amerika dilanda serbuan aliran pseudo-agama. Aliran ini menyerupai aliran sesat. Dalam waktu dua dasawarsa (1990) tercatat sekitar 20 juta orang Amerika terlibat dalam pseudo-agama. Beberapa contoh gerakan ini, misalnya Church of Scientology, Children of God, Unification Church, dan Hare Krishna.

Bahkan, beberapa aliran melakukan bunuh diri massal lantaran keyakinan datangnya kiamat, seperti James Jone (1977), David Koresh (1995), dan Heaven’s Gate (1997). Berdasarkan penelitian psikiatri, maraknya aliran ini bersimetri dengan psikopatologi pemimpin dan pengikutnya (Dadang Hawari, 2002).

Dengan semangat spiritualitas baru (new age), potensi tumbuhnya aliran sesat terbuka lebar. Karena itu, pemahaman yang tepat terhadap sebuah agama menjadi faktor penting menyaring tumbuhnya gerakan-gerakan yang dianggap sesat.