...يَابُنَيَّ إنَّهاَ إنْ تَكُ مِثْقَالَ حَبَّةٍ مِنْ خَرْدَلٍ

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Studi islam 1 Hadits Nabi.
Advertisements

Kedudukan Laki-Laki Dalam Islam Antara Hak dan Kewajiban.
Esensi Puasa dari sudut pandang Hadits
BAB 8 IMAN KEPADA QADHA DAN QADAR
OLEH: MUHAMAD FATONI,M.Pd.I BAB III. Allah Menilai Hati Manusia عن أبي هريرة قال : قال رسول الله صلى الله عليه وآله وسلم : ' إن الله لا ينظر إلى صوركم.
ADAB / ETIKA MENUNTUT ILMU
Qs.al-zalzalah artinya: Goncangan
Surat dalam Al-Qur’an QA.Al-Zalzalah (Kegoncangan) Oleh :Febri 5B
ESKATOLOGI REDAKSI AYAT
SEBAB BERTAMBAHNYA IMAN
HUKUM MEMINTA-MINTA FATWA TARJIH.
TAFSIR AL FATIHAH Rosaria Indah.
MA’RIFATUSY SYAHADATAIN
AL QUR’AN Standar Kompetensi:
SK/KD BAB 8 ASPEK AKIDAH HOME Pengertian Iman Kepada Kitab-kitab Allah
JUJUR, SANTUN, MALU AKHLAK TERPUJI.
Membuat Presentasi Surat dalam Al-Qur'an
Proses Kehidupan Di Alam Akhirat.
Kajian QS. Ali Imran (3): , dan hadits terkait
BAB 3 AKHLAK PENGERTIAN AKHLAK AKHLAK KEPADA ALLAH SWT
Perkara yang akan dipelajari:
Sains & Teknologi.
ESENSI PUASA DARI SUDUT PANDANG HADITS
SK/KD BAB 8 ASPEK AKIDAH HOME Pengertian Iman Kepada Kitab-kitab Allah
Qodho’ dan Qodar Pengertian Dalil Jenis Kisah Hikmah.
وَمَا يَعْلَمُ جُنُودَ رَبِّكَ إِلَّا هُوَ
Sumber-sumber ilmu kalam, faktor-faktor pendorong lahirnya ilmu kalam, perbedaan metode ilmu kalam dengan keilmuan Islam lainnya. Pertemuan Ke dua.
Anak Didik dalam Islam Pendidkan Agama islam Disusun Oleh
Karya:Vira Muthia Rabi'ah/5B
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
عدم الخوف أو التخوف من هذه الليلة
PENILAIAN HARIAN IMAN KEPADA HARI AKHIR.
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
Tafsir Ayat dan Hadis tentang Mudharabah
AKIBAT BURUK MENJAUHI DAN MENINGGALKAN AL-QUR’AN
Etos (motivasi) Kerja Unggulan
Dipresentasikan oleh Ahmad Rifai
فَضَائِلُ الدَّعْوَةِ
Amalan Setelah Melahirkan
سِيمَاهُمْ فِي وُجُوهِهِمْ مِنْ أَثَرِ السُّجُودِ
Inilah Kunci Surga Surga, dengan segala kenikmatan yang belum pernah dilihat oleh mata, didengar oleh telinga dan terlintas dalam hati manusia, memiliki.
EKSISTENSI ALLAH REDAKSI AYAT
IMAN KEPADA HARI AKHIR Standar Kompetensi:
TAHAP PERKEMBANGAN MANUSIA DAN KARAKTERISTIKNYA DALAM ISLAM
Al-Fath (Lari Dari Perang)
TUHAN YANG MAHA ESA dan KETUHANAN
أتى الناس النبي فجعلوا ينادزنه ز هو في الحجرة ” يا محمد ! يا محمد !“
Murokabatullah يا رقيب
KEUTAMAAN MEMBACA AL-QURAN
Cinta yang membawa ke surga
Fifi Fitriani Laura Rachma Munyati Sulam Salwa Salsabila
STANDAR PERBUATAN.
IMAN KEPADA. KELOMPOK 2 Abdul Fattah Cepi supriatna M.Sahirly Ruslan Temi Juliana Khalid Thahaul.
BAB 8 IMAN KEPADA QADHA DAN QADAR BAB 8 IMAN KEPADA QADHA DAN QADAR.
Eksplorasi ayat-ayat al-qur’an dengan ilmu
Al-Fath (10) وَمَنْ لَمْ يُؤْمِنْ بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ فَإِنَّا أَعْتَدْنَا لِلْكَافِرِينَ سَعِيرًا Dan barangsiapa yang tidak beriman kepada Allah dan.
MENGENAL ALLAH Melalui asmaul husna
 Ketika Anda sedang berpuasa, merasa sangat lapar, dan tidak ada orang lain melihat Anda... KENAPA ANDA TIDAK MAKAN?  Puasa melatih muraqabah (rasa.
Oleh : Dr. Octaria Saputra SABAR dan BERSYUKUR.
TAAT PADA ATURAN TAAT PADA ATURAN. QS. An – Nisa’ 4 : 59 Hai orang-orang yang beriman, ta`atilah Allah dan ta`atilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara.
Cinta yang membawa ke surga
IMAN KEPADA HARI AKHIR Standar Kompetensi:
Cinta yang membawa ke surga
Kuliah 2 – Pemikiran Islam Sederhana
سُوْرَةُ التِّین بِسۡمِ اللهِ الرَّحۡمٰنِ الرَّحِيۡمِ 
Esensi Puasa dari sudut pandang Hadits Ust H. Abdurrahman Makatita, Lc MA Materi Kajian Islam Ramadhan (KISRA) Hari-2.
Esensi Puasa dari sudut pandang Hadits Ust H. Abdurrahman Makatita, Lc MA Materi Kajian Islam Ramadhan (KISRA) Hari-2.
BERIMAN KEPADA HARI AKHIR KELOMPOK 4 Tulus Satriadi( ) Putri Handayani ( ) Rosdiana Nanda P ( ) Linda Riana S( )
KEUTAMAAN BERINFAQ DI JALAN ALLAH. 1. Allah SWT Akan Melapangkan Rizqi-Nya Untuknya Bagaimana Allah mengganti dan menggambarkan balasan terhadap orang.
Toleransi, Kerukunan dan Menghindari Tindak Kekerasan Kelompok 1.
Transcript presentasi:

...يَابُنَيَّ إنَّهاَ إنْ تَكُ مِثْقَالَ حَبَّةٍ مِنْ خَرْدَلٍ بسم الله الرحمن الرحيم يَابُنَيَّ إنَّهاَ إنْ تَكُ مِثْقَالَ حَبَّةٍ مِنْ خَرْدَلٍ فَتَكُنْ فِي صَخْرَةٍ أوْ فِي السَّمَاوَاتِ أَوْ فِي الأَرْضِ يَأْتِ بِهَا الله ُإنَّ اللهَ لَطِيْفٌ خَبِيْرٌ . Wahai anakku, sungguh jika ada seberat biji sawi, dan berada dalam batu atau di langit atau di bumi, niscaya Allah akan memberinya (balasan). Sesungguhnya Allah Maha Halus Maha Teliti. (Qs.Lukman, 16) Tafsir: ...يَابُنَيَّ إنَّهاَ إنْ تَكُ مِثْقَالَ حَبَّةٍ مِنْ خَرْدَلٍ Wahai anakku, sungguh jika ada seberat biji sawi, dan berada dalam batu.. Ada riwayat yang mengatakan: أن ابن لقمان سأل أباه عن الحبة التي تقع في سفل البحر أيعلمها الله ؟ فراجعه لقمان بهذه الآية Putra Lukman bertanya kepada ayahnya tentang sebutir biji yang berada di bawah laut apakah Allah swt mengetahui keberadaannya ? Maka Lukman memberikan nasehat ini.

الصخرة تحت الأرضين السبع وعليها الأرض Ada yang mengatakan: المعنى أنه أراد الأعمال ، المعاصي والطاعات ; أي إن تك الحسنة أو الخطيئة مثقال حبة يأت بها الله Yang dimaksud adalah ‘amal-amal’ baik yang mengandung maksiat atau keta’atan. Bila kebaikan atau kesalahan sebesar biji sawi Allah swt akan mendatangkannya.. Berkata Muqatil rhm: Putranya Lukman bertanya kepada ayahnya; يا أبت إن عملت الخطيئة حيث لا يراني أحد كيف يعلمها الله ؟ فقال لقمان له : يابني إنها إن تك مثقال حبة من خردل فتكن في صخرة الآية . فما زال ابنه يضطرب حتى مات Wahai ayahku, jika aku melakukan kesalahan di tempat yang tidak terlihat seorangpun, bagaimana Allah swt mengetahuinya ?, maka Lukman berkata kepadanya: (يَابُنَيَّ إنَّهاَ إنْ تَكُ مِثْقَالَ حَبَّةٍ مِنْ خَرْدَلٍ ). Putranya itu terus gelisah hingga wafat. فَتَكُنْ فِي صَخْرَةٍ... Ibnu Abbas ra: الصخرة تحت الأرضين السبع وعليها الأرض “As-Sakhrah” yaitu suatu tempat yang berada di bawah tujuh lapis bumi

Niscaya Allah akan memberinya ... As-Suddiy rhm: هي صخرة ليست في السماوات والأرض ، بل هي وراء سبع أرضين عليها ملك قائم ; لأنه قال : أو في السماوات أو في الأرض وفيهما غنية عن قوله : فتكن في صخرة “Sakhrah” suatu tempat yang tidak berada di langit atau bumi, tapi berada di belakang bumi yang dijaga oleh satu Malaikat. Karena di ayat itu dikatakan “ Di langit (yang berjumlah tujuh) atau di bumi..” penyebutan keduanya sebenarnya sudah cukup dari perkataan “ Fatakun Fi Sakhratin..” Ada yang mengatakan: فتكن في صخرة تأكيد ; كقوله : اقرأ باسم ربك الذي خلق خلق الإنسان من علق ، وقوله : سبحان الذي أسرى بعبده ليلا . Kalimat “Fatakun Fi Sakhratin” sebagai penguat, sebagaimana kalimat “Iqra...” dan kalimat ” Subhanalladzi..”. يَأْتِ بِهَا الله... Niscaya Allah akan memberinya ... أي أحضرها الله يوم القيامة حين يضع الموازين القسط وجازى عليها إن خيرا فخير وإن شرا فشر كما قال تعالى " فمن يعمل مثقال ذرة خيرا يره ومن يعمل مثقال ذرة شرا يره "

Sesungguhnya Allah Maha Halus Maha Teliti Allah swt akan menghadirkan di hari Kiamat ketika diletakkan timbangan dengan penuh keadilan dan memberikan balasan, yang baik akan diberikan kebaikan dan yang buruk akan dibalasan dengan keburukan, sebagaimana firman Allah swt: “Siapa yang melakukan kebaikan walau sebesar Dzarrah niscaya dia akan melihatnya, dan siapa yang melakukan keburukan walau sebesar Dzarrah niscaya dia akan melihatnya”. إن الله لطيف خبير Sesungguhnya Allah Maha Halus Maha Teliti Pengetahuan Allah swt meliputi seluruh alam semesta dan tidak ada satupun yang luput dari pengetahuannya. Abu Said al-Khudri ra, Rasul saw: لَوْ أنَّ أحَدَكُمْ يَعْمَلُ فِي صَخْرَةٍ صَمَّاءَ لَيْسَ لَهاَ بَابٌ وَ لاَ كُوَّةً لَخَرَجَ عَمَلُهُ لِلنَّاسِ كَائِناً مَا كَانَ Seandainya salah seorang diantara kalian melakukan suatu amalan di tengah padang pasir yang tidak ada pintu atau penutupnya niscaya akan keluar amal itu kepada manusia bagaimanapun. (HR.Ahmad, Abu Ya’la, Ibnu Hibban, Haitsami, dan Hakim, kedudukan hadits ini ada yang meng-Hasan dan ada juga yang melemahkannya)

Hikmah ayat: Menanamkan pada jiwa anak bahwa, Allah swt itu adalah Zat Yang Maha Mengetahui tentang mahluk-Nya serta tidak ada satupun dari mereka yang luput dari pengetahuannya. Allah swt Maha Mengetahui semua amal mahluk-Nya dan kelak akan memberikan balasannya. Menanamkan kepada anak agar selalu ber-amal ikhlas karena Allah swt. Menanamkan sifat ‘Muraqabah’ selalu merasa di awasi oleh Allah swt.