Yufis Azhar – T.Informatika - UMM

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
TURUNAN/ DIFERENSIAL.
Advertisements

Sistem Operasi (pertemuan 1) Memori Razief Perucha F.A
Pencarian Rekaman pada Berkas
OLEH : KELOMPOK 2 1. CRISTIANA RIWU KANA 2. EFRIYANTI SALMAY 3. SYAHRUL NURDIN.
PENERAPAN KECERDASAN BUATAN
TEKNIK PENCARIAN (SEARCHING)
Kisi-kisi Jawaban UTS Semester Pendek Genap 2008/09.
KETENTUAN SOAL - Untuk soal no. 1 s/d 15, pilihlah salah satu
GAME PLAYING ( METODE MINIMAX )
Workshop Project 2 Tic Tac Toe Game
Kuliah Sistem Fuzzy Pertemuan 11 Evaluasi Pekerjaan Di Lingkungan Fuzzy.
LIMIT FUNGSI LIMIT FUNGSI ALJABAR.
TURUNAN DIFERENSIAL Pertemuan ke
Mengelola Konflik dan Negosiasi
TEORI PERMAINAN.
Teori Permainan Teori Permainan [ game theory] banyak digunakan dalam analisis pemasaran atau perencanaan strategi perusahaan Konsep dasar teori permainan.
SEARCHING ( PENCARIAN )
Algoritma Runut-balik (Backtracking)
Algoritma dan Struktur Data
Luas Daerah ( Integral ).
Algoritma dan Struktur Data
FUNGSI MATEMATIKA DISKRIT K- 6 Universitas Indonesia
Mendefinisikan masalah dalam ruang sistem informasi berbasis kecerdasan buatan Pertemuan 2 Sumarsono, S.Si, M.MT -- Poltek NSC Surabaya.
Lecture 9 Single Linked List Sandy Ardianto & Erick Pranata © Sekolah Tinggi Teknik Surabaya 1.
Slide 7 – Penjadwalan Process
Pengantar Matematika Diskrit
Problem Solving Game Playing
Manajemen Proses Meliputi : Pengelolaan sisklusi hidup proses
TEORI PERMAINAN BAB 8.
Bahan Kuliah IF2211 Strategi Algoritma
Assalamu’ Alaikum Wr. Wb. Ricky Novrica. AD(098) Andika Noviantoro(126) Wahyu Iman. E(101) Qhoirul Wibisono(143) Zulfrizal F(119)
Games Theory By Wasis A.Latief by Wasis A.Latief.
Problem Solving Search -- Uninformed Search
Dasar Pemrograman ARRAY/LARIK.
Bahan Kuliah IF2091 Struktur Diskrit
Algoritma Branch and Bound
Karakteristik Respon Dinamik Sistem Lebih Kompleks
Teknik Pencarian.
Game playing Kecerdasan Buatan Pertemuan 5 IT-EEPIS.
Kompleksitas Algoritma
Pencarian Tanpa Informasi
Dasar probabilitas.
PENDAHULUAN STRUKTUR DISKRIT K-1 Program Studi Teknik Komputer
Game Playing Stmik mdp Pengantar Games adalah fasilitas yang sangat menarik dalam komputer Ide games pertama kali dimunculkan oleh Calude Shannon.
Bahan Kuliah IF2120 Matematika Diskrit
KEJADIAN dan PELUANG SUATU KEJADIAN
Pohon (bagian ke 6) Matematika Diskrit.
P OHON 1. D EFINISI Pohon adalah graf tak-berarah terhubung yang tidak mengandung sirkuit 2.
Lecture 5 Minimax dengan αβ Pruning Erick Pranata
1 Pertemuan 16 Game Playing Continued Matakuliah: T0264/Intelijensia Semu Tahun: Juli 2006 Versi: 2/2.
Created by: Juju Juhaeriyah. Pengantar Fish game merupakan aplikasi mobile game java sederhana yang dibuat dengan menggunakan Game canvas. Mengandung.
1 Pertemuan 15 Game Playing Matakuliah: T0264/Intelijensia Semu Tahun: Juli 2006 Versi: 2/1.
TEORI PERMAINAN.
Game Playing.
Branch and Bound Lecture 12 CS3024.
GAME THEORY Modul 11. PENELITIAN OPERASIONAL Oleh : Eliyani
Lecture 8 : Pengambilan Keputusan dalam Kondisi Konflik (Game Theory)
Pertemuan 10 Teori Permainan
Modul VI. Teori Permainan Untuk Dasar Penentuan Strategi
TEORI PERMAINAN.
TEORI PERMAINAN.
Pengambilan Keputusan Dalam Kondisi Konflik
Teori Permainan (Game Theory) Pertemuan 9
CSG3F3/ Desain dan Analisis Algoritma
Penyelesaian Masalah Berdasarkan Teknik AI.
Algoritma AI 1.
Oleh : Yusuf Nurrachman, ST .,MMSI
PEMROGRAMAN GAME TIC TAC TOE DENGAN MENGGUNAKAN Jimmy Rinaldo
Games Theory By Wasis A.Latief by Wasis A.Latief.
PEMBUATAN GAME TIC TAC TOE ANIME ENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI ECLIPSE
Transcript presentasi:

Yufis Azhar – T.Informatika - UMM AI in Game Playing Yufis Azhar – T.Informatika - UMM

Kenapa Game ? Kriteria menang dan kalah jelas Permasalahan dapat dipelajari Fun Memiliki Search space yang besar (misalnya catur memiliki 35100 nodes dalam search tree)

Seberapa Hebat AI ? Garry Kasparov VS Deep Blue © 1997

Seberapa Hebat AI ? Garry Kasparov VS Deep Blue © 1997

Game yang dipelajari Game yang dimainkan oleh 2 player (Computer/Human) Player bermain secara bergiliran (Turn Based) Zero-Sum  Kerugian seorang pemain adalah keuntungan bagi pemain yang lain Tidak mengandung probabilistik (seperti dadu) Contoh : Tic-tac-toe, Chess, Nim, Othello, dll

Search Space in Game Contoh search space tree untuk game Tic-Tac-Toe

MINIMAX algorithm John von Neumann pada tahun 1944 menguraikan sebuah algoritma search pada game, dikenal dengan nama minimax, yang memaksimalkan keuntungan pemain serta meminimalkan keuntungan lawan

MINIMAX algorithm

MINIMAX in NIM game + + + Diawali serangkaian batang Setiap pemain harus memecah serangkaian batang tersebut menjadi 2 kumpulan dimana jumlah batang di tiap kumpulan tidak boleh sama dan tidak boleh kosong Seorang pemain dinyatakan menang jika lawan tidak bisa memecah rangkaian batang menurut aturan yang ditetapkan + + +

Misalkan jumlah awal batang = 7 6 - 1 5 - 2 4 - 3 5 - 1 - 1 4 - 2 - 1 4 - 1 - 2 3 - 2 - 2 3 - 1 - 3 4-1-1-1 3-2-1-1 3-1-2-1 3-1-1-2 2-1-2-2 2-1-1-3 3-1-1-1-1 2-1-2-1-1 2-1-1-2-1 2-1-1-1-2 2-1-1-1-1-1

ASUMSI Terdapat 2 pemain yaitu MIN dan MAX MIN jalan lebih dulu Evaluation Function Nilai 1  MAX menang Nilai 0  MIN menang

7 6 - 1 5 - 2 4 - 3 5 - 1 - 1 4 - 2 - 1 4 - 1 - 2 3 - 2 - 2 3 - 1 - 3 4-1-1-1 3-2-1-1 3-1-2-1 3-1-1-2 2-1-2-2 2-1-1-3 3-1-1-1-1 2-1-2-1-1 2-1-1-2-1 2-1-1-1-2 2-1-1-1-1-1 1 MIN 1 1 1 MAX 1 1 1 1 MIN 1 1 1 1 1 MAX 1 1 1 1 1 MIN MAX

Alpha-Beta Pruning Merupakan improvisasi dari minimax Basic Idea “If you have an idea that is surely bad, don’t take the time to see how truly awful it is” (Pat Watson)

Alpha-Beta Pruning

Alpha-Beta Pruning

Alpha-Beta Pruning