MASUK DAN BERKEMBANGNYA ISLAM DI INDONESIA

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Perkembangan Agama dan Kebudayaan Islam di Indonesia
Advertisements

Start Perkembangan Islam Di Dunia
PROSES AWAL PENYEBARAN AGAMA ISLAM DI INDONESIA
Terbentuknya Jaringan Nusantara Melalui Jalur Perdagangan
BAHAN AJAR SEJARAH BERBASIS TIK
Perkembangan Tradisi Islam di Berbagai Daerah di Indonesia
PERTEMUAN KEEMPAT PERKEMBANGAN PENGARUH ISLAM DI ASIA TENGGARA.
KD : 1. Mendeskripsikan sejarah dan perkembangan Islam di Indonesia.
Nama : Angga Restu Pambudi Irfan Juliansyah Auliya Sarah Bachtiar
Proses Masuk dan Berkembangnya Islam di Indonesia &
KEBUDAYAAN ISLAM Oleh : Muhammad Hambali, SHI, M.E.I
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
ISLAMISASI NUSANTARA Materi Ke 2
KELOMPOK 1.
TEORI MASUKNYA ISLAM KE INDONESIA
Kerajaan sriwijaya.
Pengaruh Kebudayaan Asing dalam Arsitektur Indonesia Pertemuan
Kesultanan Samudera Pasai dan Pelopor Kejayaan Kesultanan Islam
Pengaruh Hindu-Buddha di Indonesia
LALU LINTAS PERDAGANGAN NUSANTARA
Islamisasi dan silang budaya di Nusantara
PERKEMBANGAN ISLAM TERHADAP KEHIDUPAN MASYARAKAT INDONESIA.
SEJARAH INDONESIA.
A.    SEJARAH MASUKNYA ISLAM DI INDONESIA.
Proses Masuk dan Berkembangnya Islam di Nusantara
Aliyana afiyati kautsar Anissa silviana novita
Kedatangan dan penyebaran islam di indonesia
Sejarah seni rupa indonesia
sejarah masuknya islam di nusantara
Oleh : WALDI NOPRIANSYAH
Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan
Bab III Pembaharuan Islam di Indonesia
PENGARUH HINDU-BUDHA DI INDONESIA
PINTU MASUK DAN SALURAN PENYEBARAN AGAMA ISLAM
Sejarah Maritim Kelompok 2 Syarifa Wulan
Penyebaran Islam di Indonesia pada masa Orde Lama
GERAKAN ISLAMISASI NUSANTARA
BEBERAPA TEORI TENTANG MASUKNYA ISLAM
KERAJAAN HINDU-BUDHA DAN ISLAM
Sejarah Masuknya Islam ke Indonesia
GERAKAN ISLAMISASI NUSANTARA
CINDE ILAU SATU KAJIAN SEJARAH SOCIAL TENTANG ORANG MELAYU DI JALUR PERDAGANGAN INDONESIA BAHAGIAN TIMUR ABAD KE Mukhlis.
Perkembangan Islam di Asia Tenggara
Mal An Abdullah Nilai-nilai Kearifan dan Religiusitas Masyarakat Melayu dalam Konteks Berbangsa dan Bernegara.
Peninggalan Sejarah Islam di Indonesia
Nama : AINA LIESYEIFILLA HABIBAH Npm :
Sa hyunh.
Summative Assessment Unit 3
Sejarah Peradaban Islam pada Masa Pra dan Pasca Kemerdekaan di Indonesia Kelompok 12 : Ulfa Muwahidah Vony Juliantika.
Start Perkembangan Islam Di Dunia
BAB 7 ISLAM DI ASIA TENGGARA.
BAB 7 ISLAM DI ASIA TENGGARA.
MASUKNYA ISLAM DI JAWA DISUSUN OLEH: 1.DHEA LIVIE P.B 2.AMMA AGUS 3.ARUNG S. MAKKASAU 4.EMZA 5.ARDI 6.AIDUL.
BAB 7 ISLAM DI ASIA TENGGARA.
BAB 2 INTERAKSI ANTARA TAMADUN.
BBM 3104 Kuliah 1 (M1) Pengertian bahasa Melayu Klasik
BAB 5 : KEDATANGAN ISLAM DI ASIA TENGGARA
Sejarah Perkembangan Tulisan Jawi Dr. Hirman Mohamed Khamis
Pengaruh Islam dalam karya Melayu Klasik
BAB 4 : KEDATANGAN ISLAM KE ASIA SELATAN DAN ASIA TIMUR
BBM 3104 Kuliah 1 (Minggu 1) Pengertian bahasa Melayu Klasik
Interaksi masyarakat di berbagai daerah dengan tradisi Hindu-Budha
Pengaruh Islam dalam karya Melayu Klasik
TEORI MASUKNYA AGAMA DAN BUDAYA ISLAM KE INDONESIA PPG DALAM JABATAN
BBM 3104 Kuliah 1 (Minggu 1) Pengertian bahasa Melayu Klasik
BBM 3104 Kuliah 1 (Minggu 1) Pengertian bahasa Melayu Klasik
BAB 7 ISLAM DI ASIA TENGGARA.
SEJARAH MASUKNYA ISLAM DI NUSANTARA SEJARAH MASUKNYA ISLAM DI NUSANTARA SK/ KD Materi.
Masuknya Islam di Indonesia. TUJUAN PEMBELAJARAN Setelah selesai pembelajaran dengan menggunakan model Discovery Learning, peserta didik diharapkan mampu:
ISLAMISASI DAN SILANG BUDAYA DI NUSANTARA Oleh :.
Transcript presentasi:

MASUK DAN BERKEMBANGNYA ISLAM DI INDONESIA M. Nur Rokhman 08122752596 FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERITAS NEGERI YOGYAKARTA

SLUKU SLUKU BATHOK Sluku sluku bathok (ghuslu ghuslu batinu) Bathoke ela elo (batinu La Illaha Illalloh) Sirama menyang sala (sirama (mandi/bersuci) nyang / ndang shalat) Leh olehe payung motha (La Illaha Illalloh hayyun Mauta) Mak jenthit lolo obah (kematian itu hanya sak jenthit (dekat sekali dan bisa kapan saja, dimana saja, situasi apa saja) Wong mati ora obah Nek obah medeni Bocah Nek urip goleka dhuwit

Masuk dan Berkembanganya Islam ke Indonesia ADA 2 MASALAH UTAMA YANG MENARIK WAKTU Abad XIII Abad XI Abad VII-VIII ASAL India (Gujarat) Cina Persia Arab Langsung

Masuk dan Berkembanganya Islam ke Indonesia Waktu Abad XIII Tokoh: Snouck Hurgronje, Nj. Kroom, Van Den Bergh, R. Soekmono Dasar: Nisan S. Malik AL Shaleh 689 H (1297 M) Abad XI Dasar: Nisan Fatimah binti Maemon 475 H (1082 M)

Abad VII-VIII (I H) TW Arnold (The Preaching of Islam) Riwayat Cina (674 ada imigran Arab di Pantai Timur Sumatra) Ramainya Kegiatan Pelayaran & Perdagangan[1] DGE Hall (The History of Shouth East Asia) Abad VII Para pedagang Arab Muslim banyak berdagang dengan kerajaan-kerjaan Nusantara [1]Jauh sebelum Islam disampaikan Nabi Muhammad, wilayah Nusantara sudah dikenal bangsa luar. Abad 1-2 M orang-orang Greek (Yunani) telah mengenal Nusantara. Abad 3 orang Persia (Sasa) telah mengenal wilayah nusantara. Bahkan Ptolomeus dalam petanya (catatannya) pernah menyebutkan nama Tabih, Argue, Posi Lam Wuli, Rommi, Lameri. Termasuk juga para pedagang dan pelayar dari wilayah Arab, India, dan juga kawasan Cina, mereka telah terbiasa berdagang, berlayar dan lalu lalang di wilayah Nusantara. Pertemuan berbagai bangsa telah membawa pengaruh (saling pengaruhi) agama dan Budaya. Jaman Hindu dan Budha (sekitar abad 4 M) masuklah pengaruh Hindu dan Budha. Pada jaman muncul dan perkembangan Islam pun terjadi hal yang demikian.

H Agus Salim Masuknya islam ke Nusantara bersamaan dengan masuknya Islam ke Tiongkok (Cina-Nusantara sudah ramai terjalin hub dagang) Zainal Arifin Abbas Orang orang Arab muslim telah menjalin hubungan dengan Nusantara Hamka Orang-orang Arab telah memegang peranan penting di Selat Malaka Adanya Catatan Cina: tentang Ta-Cheh/Ta-Chi/Ta-jih (674 ada utusan ke Holing – di Cho-Pho (Jawa). Jarak Cho Pho - Ta Che : 5 hr berlayar. Di Kawasan Aceh ada nama wilayah Ta Jihan A Hasjmy Berdasar keterangan Dr. Ilyas Ismail (Imam Masjid Besar Filipina) Islam masuk Aceh pada masa Ustam bin Affan (Dr. Ilyas mendasarkan catatan pada pedagang Arab dlm naskah tua di Manila)

Tambahan Tahun 100 H (718) Raja Sriwijaya Jambi (Srindravarman) mengirim surat kepada Khalifah Umar bin Abdul Aziz: “Dari Raja di Raja yang adalah keturunan seribu raja, yang istrinya juga seribu raja, yang di dalam kandang binatangnya terdapat seribu gajah, yang di wilayahnya terdapat dua sungai yang mengairi pohon gaharu, bumbu-bumbu wewangian, pala dan kapur barus yang semerbak wanginya hingga menjangkau jarak 12 mil, kepada Raja Arab yang tidak menyekutukan tuhan-tuhan lain dengan Tuhan. Saya telah mengirim kepada anda hadiah, yang sebenarnya merupakan hadiah yang tak begitu banyak, tetapi sekedar tanda persahabatan. Saya ingin Anda mengirimkan kepada saya seorang yang dapat mengajarkan Islam kepada saya dan menjelaskan kepada saya tentang hukum-hukumnya”.

PETA DAGANG

Ilustrasi gbr Perdagangan Kuno di Pelabuhan Banten

Asal INDIA: (Gujarat, Malabar, Decan)  mayoritas bermazhab Hanafi Moquete  didukung Van den Bergh dan Kraemer Islam dari Gujarat: Bentuk Nisan Pasai berlanggam Gujarat Windstet Islam dari Gujarat: Bentuk nisan Pasai, Gresik dan malaya berlanggam Gujarat Pijnapel Orang-orang bermazhab Syafii menetap dulu di di Gujarat batu kemudian membawa Islam ke Nusantara Snouck Hurgronje  mengembangkan teori Moquete Mula-mula penyebar Islam di Nusantara dari Decan, baru kemudian orang-orang Arab (Keturunan Sayyid dan Syarif) Mudah diterima karena telah mengalami Hinduisasi Mubaligh muncul sebagai Priest dan Priest Princes Coromandel Morrison Menentang teori Moquete: (Ketika di Nusantara telah berkembang Kasultanan Islam, Gujarat masih Hindu) Gujarat dikuasai Islam baru tahun 699/1298

Persia Cina PA Hoesein Djayadiningrat Mucas Moens Adanya pengaruh ejaan Parsi Huruf Sin tak bergigi Mucas Pasai dari kata Parsi Abad ke 3 - 5 M, orang Parsi jaman sasa telah ramai di Nusantara Moens Ketika Ibn Batutah sampai di Aceh (1345) ditemui dua ulama Parsi: Sajjudin Asj Syirazi dan Sayyid Syarif al Asbahani Cina Emanuel Godinho de Eradie (Spanyol, 1613) Aqidah Muhammad diterima di Patani dan Pam (1411) di pantai Timur kemudian disebarkan oleh Permaicuri (Parameswara)

Arab Langsung TW Arnold Keijzer Naquib Al Alatas Hamka Catatan Cina: Abad VII sekelompok masyarakat Arab telah membentuk; * pemukiman Arab di pantai pesisir Sumatra * Kawin (nikah) dengan penduduk lokal * Melakukan penyebaran Islam Keijzer Mazhab Syafii merupakan mazhab umum masyarakat Mesir Naquib Al Alatas Menentang teori Moquete, nisan dari Gujarat berdasar kedekatan Literatur keagamaan Islam / historiografi lokal sebelum abad XVII tidak mencatat satu orang pun pengarang atau karya dari India, yang muncul justru nama nama Arab dan Parsi Historigrafi lokal: Hikayat Raja Raja Pasai; bahkan menyebut utusan Makkah, Syaikh Ismail (yang berhasil membuat Marah Silu/S. Malik Al Shaleh, masuk Islam) Riwayat Aceh: Islam diperkenalkan oleh Syaikh Abdullah Arif (orang Arab) Hamka Gelar Sultan Pasai Sultan Malik Al Shaleh, dekat dengan Mesir. Malikush Shaleh Ayub adalah pendiri dinasti Mameluk Mesir. Raja raja Mameluk memakai gelar Al Malik. Mazhab Syafii yang merupakan maszhab mayoritas muslim Nusantara adalah Mazhab umum masyarakat Mesir dan Syarif Mekkah Malabar berasal dari kata Ma’bar, mu’tabar, yang berarti tempat/pantai yang disediakan bagi para penyeberang, bukan nama suatu temapt khusus/wilayah.

Simpulan ? Waktu; dibagi dalam 3 babakan ? Kedatangan : VII – VIII M Penyebaran : VIII (Perlak !) Perkembangan dan membentuk kekuatan politik: IX Asal : ada dari Arab, Cina, Persia, Gujarat

MANA YANG BENAR ? ???

Cara Masuknya Islam Perdagangan Perkawinan Pendidikan (pesantren) Tasawuf Dakwah Kesenian dan Budaya

MENGAPA MUDAH DITERIMA Situasi sosial politik Indonesia waktu itu Pacific penetration .> .> .> .> Mubaligh selaraskan diri pd lingkungan Setiap muslim pendakwah Cara masuk dan peribadatan yang mudah Islam demokratis KeTuhanan yg sublim Nabi Muhammad sbg manusia sempurna Ajaran Islam sempurna

Bahan diskusi Cara masuknya Islam Pembawa Islam Faktor yang mempermudah Islam Masuk