E-Learning dan Implementasinya Maman Somantri Pusat Informasi & Teknologi Pendidikan LP2MP / Jurusan Teknik Elektro Universitas Diponegoro
Modus Belajar (Horton, Designing Web-Based Training, Wiley, 2000) Mendengarkan kuliah, diskusi, … Mendengarkan kuliah, diskusi, … Mencari saran dari dosen, ahli, … Mencari saran dari dosen, ahli, … Membaca buku, artikel, … Membaca buku, artikel, … Memperhatikan presentasi, demon- strasi, … Memperhatikan presentasi, demon- strasi, … Menyimak pameran, contoh-contoh, … Menyimak pameran, contoh-contoh, …
Modus Belajar Menerima kritik dari ahli, sejawat, … Menerima kritik dari ahli, sejawat, … Memodelkan karakteristik sistem, fenomena, … Memodelkan karakteristik sistem, fenomena, … Mengeksplorasi hal-hal baru, … Mengeksplorasi hal-hal baru, … Mendiskusikan ide dengan teman, ahli, guru, … Mendiskusikan ide dengan teman, ahli, guru, … Mempraktekkan kemampuan Mempraktekkan kemampuan Melakukan penelitian Melakukan penelitian
Bagaimana TI Membantu Belajar ? (Horton, Designing Web-Based Training, Wiley, 2000) Modus Belajar Dukungan TI Mendengarkan Web cast, video/audio conference, sekuen presentasi Mencari saran Mailing list, , chatting, video/audio conference, on-line mentoring Membaca Browsing Internet, buku on- line, perpustakaan digital Memperhatikan Sekuen presentasi, movie, papan tulis on-line
Bagaimana TI Membantu Belajar ? Modus Belajar Dukungan TI Menyimak Tour virtual, diskusi on-line Menerima kritik Diskusi on-line, video/audio conference, mailing list, on-line mentoring Memodelkan Simulasi, game on-line, kegiatan role-playing on-line Eksplorasi Eksperimen virtual, simulasi
Bagaimana TI Membantu Belajar ? Modus Belajar Dukungan TI Mendiskusikan ide Mailing list, video/audio conference, chatting, diskusi on-line, forum kolaborasi Mempraktekkan Eksperimen virtual, test on- line, game pembelajaran Meneliti Tutorial on-line, perpustakaan digital, WWW
Bagaimana TI Membantu Belajar ? Penggunaan perangkat keras komputer Penggunaan perangkat keras komputer Pemanfaatan jaringan komputer (termasuk Internet) Pemanfaatan jaringan komputer (termasuk Internet) Sumber informasi Sarana komunikasi Penggunaan perangkat lunak untuk beragam keperluan Penggunaan perangkat lunak untuk beragam keperluan E-Learning
Definisi E-Learning Lingkungan yang memberikan kesempatan bagi teknologi informasi untuk berperan dalam mendukung proses pembelajaran E-learning bukan hanya “pemakaian komputer” E-learning bukan hanya “pemakaian komputer” Ada komponen-komponen lain selain TI Ada komponen-komponen lain selain TI Proses pembelajaran melibatkan TI Proses pembelajaran melibatkan TI
Mengapa E-Learning ? Mengatasi rendahnya rasio dosen- mahasiswa Mengatasi rendahnya rasio dosen- mahasiswa Beban dosen dapat dikurangi dengan mengalihkan (sebagian) inisiatif pembe- lajaran kepada mahasiswa Fleksibilitas dalam pelaksanaan proses pembelajaran Fleksibilitas dalam pelaksanaan proses pembelajaran Melepaskan dari ketergantungan ruang dan waktu
Mengapa E-Learning ? Pengayaan (enrichment) dalam proses pembelajaran Pengayaan (enrichment) dalam proses pembelajaran Personalisasi proses pembelajaran Lingkungan belajar yang lebih interaktif Pengaturan kecepatan belajar oleh mahasiswa Ketersediaan materi belajar yang lebih banyak dan bervariasi
Mengapa E-Learning ? Kemungkinan perluasan layanan pendidikan Kemungkinan perluasan layanan pendidikan Setup program pendidikan yang lebih mudah dan cepat Dapat diterapkan untuk berbagai skenario layanan pendidikan Program-program konvensional Program-program konvensional Distance learning Distance learning Pendidikan terbuka (open learning) Pendidikan terbuka (open learning)
Lingkungan E-Learning Perangkat keras Perangkat lunak Jaringan komputer dan Internet Content: materi pembelajaran Dosen & tutor Mahasiswa
Bentuk Realisasi E-Learning Stand-alone & off-line E-Learning Stand-alone & off-line E-Learning Dapat dijalankan pada komputer yang tidak terhubung dengan jaringan Dipakai untuk pembelajaran mandiri Web-Based Training (WBT) Web-Based Training (WBT) Lingkungan belajar berbasis Web dan teknologi Internet Lebih kaya dan interaktif Dapat digunakan untuk pembelajaran mandiri maupun kolektif
E-Learning Sebagai Komplemen Pembelajaran Konvensional E-Learning akan termanfaatkan secara optimal jika diikuti dengan perubahan peran tiap-tiap komponen dalam lingkungan pembelajaran memanfaatkan potensi TI dalam mencari, mengolah, dan menyajikan informasi
E-Learning dan Paradigma Pembelajaran E-learning akan paling efektif jika digabungkan dengan paradigma belajar yang memberikan keluasan ruang bagi siswa untuk mengeksplorasi berbagai sumber informasi E-learning akan paling efektif jika digabungkan dengan paradigma belajar yang memberikan keluasan ruang bagi siswa untuk mengeksplorasi berbagai sumber informasi → Pembelajaran berpusat siswa (student- centered learning) dan variasi-variasinya (Problem-Based Learning, Project-Based Learning, Collaborative Learning, dsb)
Belajar pada Era Informasi Sumber-sumber pembelajaran Sumber-sumber pembelajaran Dosen Sesama mahasiswa Narasumber lain Koleksi perpustakaan Artikel di web Wiki dan situs-situs komunitas Informasi dari mailing list, forum, dsb Belajar jaman sekarang tidak ada sumber belajar default
Mahasiswa sekarang : C generation C Generation adalah Era baru dalam masyarakat modern dimana orang banyak memanfaatkan perkembangan teknologi dalam kehidupannya Mahasiswa sekarang berada di era dimana teknologi (TIK) sangat berpengaruh TIK tidak hanya sebagai alat bantu tetapi menjadi transformer dan enabler masyarakat berpengetahuan
Makna C Generation: generasi baru yang dicirikan oleh Connection, Convergence, Collaboration, Content Creative, dan Contextual. Mahasiswa sekarang adalah C Generation
C Generation dan Dunia Pendidikan saat ini Memerlukan pengembangan dan pengayaan dalam metode pembelajaran untuk menyesuaikan dengan tuntutan teknologi dan pengembangan ilmu pengetahuan Membutuhkan dukungan Infrastruktur IT Software : aplikasi-aplikasi pendukung Perangkat keras dan Jaringan Sumber daya manusia ???
iTunes MP3 MMORPGs Avatars iMovie CGI YouTube iPod DV cam Blogs PSP Xbox Apps Wifi AV remixes USB MySpace Chat rooms IM Camera phones Twitter Facebook Mash-ups Skype Sidekick / Hiptop UGC Nokia Online profiles iPhone Flickr L8R ;-) File sharing WiFi WikiHD Widgets Torrent VOIP Facebook Blackberry Blogs Bluetooth
Proses bisnis aplikasi- aplikasi internet → menjadi inspirasi dalam metode pembelajaran Perkaya media pendidikan dan layanan dengan : e- learning, blog, facebook, twitter,ebook, dll
Persiapan SDM Semua elemen SDM perlu disiapkan karena mereka akan masuk ke dalam sebuah lingkungan yang baru perlu adaptasi Semua elemen SDM perlu disiapkan karena mereka akan masuk ke dalam sebuah lingkungan yang baru perlu adaptasi Pandangan terhadap proses belajar- mengajar Attitude Ketrampilan bekerja dengan TI Ketrampilan bekerja dengan informasi
Persiapan SDM: Dosen Dalam lingkungan yang sarat dengan pemanfaatan TI, dosen bukan lagi satu-satunya sumber informasi yang autentik Dalam lingkungan yang sarat dengan pemanfaatan TI, dosen bukan lagi satu-satunya sumber informasi yang autentik Dosen lebih cocok berperan sebagai Dosen lebih cocok berperan sebagai Inisiator Fasilitator Motivator Mentor
Persiapan SDM: Mahasiswa Mahasiswa perlu disiapkan karena mereka menjadi subyek pembelajaran inisiatif belajar berada di tangan mereka Mahasiswa perlu disiapkan karena mereka menjadi subyek pembelajaran inisiatif belajar berada di tangan mereka Dalam peran sebagai subyek, mahasiswa memerlukan bantuan Dalam peran sebagai subyek, mahasiswa memerlukan bantuan Dosen: memberikan pemahaman, mengarahkan, memotivasi Sejawat (peer): bersama-sama membentuk pengetahuan (mencari, mengolah, menganalisis, dan menarik kesimpulan)
Kebutuhan Infrastruktur Pada umumnya diperlukan: Pada umumnya diperlukan: Komputer untuk pengembangan contents materi pembelajaran Terminal-terminal akses (umum atau pribadi) Piranti-piranti periferal (printer, CD-drive, scanner, dsb) Jaringan lokal Internet
Contoh-Contoh aplikasi e- learning
Virtual Laboratory
Situs-Situs Koleksi Materi Pembelajaran www. ilmukomputer. org Koleksi artikel
Perpustakaan Digital portal.acm.org
KULiah Online Undip
Implementasi E-learning di Undip Dikembangkan dengan CMS MOODLE 2005 di Elektro 2006 di FT 2007 di Universitas >500 dosen + > mhs (angk 2008,2009,2010) terdaftar
Implementasi... CMS (Content Management System) → software untuk pengelolaan konten pembelajaran sebagai alat bantu perkuliahan → Blended Learning / Hybrid Learning Web Based bisa diakses lewat internet Diinstal di sebuah server untuk bisa diakses oleh client melalui jaringan komputer 3 katagori LMS/CMS dipasaran: Open Source sumber program terbuka Commercial komersial Proprietary dimiliki/berlaku untuk kalangan tertentu
Moodle Moodle → Modular Object Orientation Development Learning Environment Open Source software Moodle adalah sebuah CMS (Content Management System) yang bersifat open source yang dapat digunakan untuk membantu memberikan akses ke dalam sebuah konten pembelajaran. Development based LAMP (Linux Apache MySQL PHP)
Apa yang membuat Moodle Spesial? Free dan Open Source – Open source → user dapat mengakses kode dan melakukan modifikasi sesuai dengan keinginan – Free → gratis, setiap orang dapat mendownload dan menginstalkannya di banyak server – Sejalan dengan nilai-nilai kebebasan komunitas akademik, sharing pengetahuan, peer review Philosopy pendidikan – Dikembangkan oleh Martin Dugiamas yang ahli dalam dunia pendidikan dan komputer Komunitas – Lebih dari 70 bahasa – Lebih dari situs menggunakan moodle – Lebih dari orang teregister di moodle.org
Fasilitas Pengguna : Administrator, Dosen, Mahasiswa Pengguna disediakan antar muka grafis yang memudahkan penggunaan Petunjuk tersedia di setiap bagian Tidak perlu background web editing atau web programming Pengguna dosen hanya perlu menyiapkan content
E-learning sebagai media Sumber daya pembelajaran Materi text : txt, word, openoffice, pdf Web File (semua jenis file) Image (gambar)
E-learning sebagai media Aktivitas Chat untuk diskusi live dan interaktif dg ruang chat Daftar Kata glosary utk daftar istilah Forum diskusi teks Jurnal penulisan Kuis ujian Pelajaran Pilihan utk jajak pendapat Ruang Kerja Survei Tugas Wiki wikipedia, sejenis web blog
Fasilitas Sistem mengadop kelas tatap muka Yang bisa masuk ke dalam kelas adalah yang telah teregistrasi Mahasiswa hanya bisa membaca dan mengunduh (download) materi-materi pembelajaran, serta mengikuti kegiatan-kegiatan (chat, forum diskusi, wiki, dll) Dosen bisa mengedit, menambah materi, menyiapkan ruang kegiatan interaktif, dll Dosen bisa mendaftarkan / mengeluarkan mahasiswa dari kelas Perkuliahan mendukung team teaching
E-learning sebagai media pembelajaran Media naratif → upload materi Media interaktif → web, Media komunikatif → chat, forum Media adaptif → bisa menyesuaikan antara keinginan dosen dan mhs Media produktif → bisa digunakan untuk membimbing riset sbg produk
Berbagai aspek Kuliah Online Access & accessability → optimal jika infrastruktur (jaringan internet, dan komputer untuk mhs dan dosen) untuk akses tersedia Use & usability → kemampuan menggunakan perangkat lunak Motivasi menggunakan sarana kuliah online (Reward, hibah, dll)
Kendala Implementasi Dukungan dari top management perlu motivasi (reward, dll), perlu aturan yang mendukung Sosialisasi Budaya ICT
Terima Kasih