INSTRUCTIONAL Strategies Dr. Putu Sudira, M.P. – 08164222678

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
1 PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN.
Advertisements

MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING )
TEORI PENDIDIKAN KEJURUAN
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN BP-PAUDNI REGIONAL VI SENTANI
Research Design Problems Dr. Putu Sudira, M.P. –
MULTIMEDIA INTERAKTIF
Dr. Putu Sudira, M.P. Prodi PTK PPs UNY
MODEL-MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPETENSI
POPULASI DAN SAMPEL PENELITIAN
Dr. Putu Sudira, M.P. Prodi PTK PPs UNY
Dr. Putu Sudira, M.P. Prodi PTK PPs UNY Tahun 2012
METODE PENELITIAN EKSPERIMEN
TRAINING DESIGN / PENYUSUNAN PROGRAM TRAINING
1 Pertemuan > > 2 Learning Outcomes Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa akan mampu : Mahasiswa dapat mendemonstrasikan cara, langkah dan metode.
Dr. Putu Sudira, M.P. Prodi PTK PPs UNY
Dr. Putu Sudira, M.P. Prodi PTK PPs UNY
Cognitive Approaches Dr. Putu Sudira, M.P. – Sek.Prodi.
Dr. Putu Sudira, M.P. Prodi PTK PPs UNY
LEARNING Cultures Dr. Putu Sudira, M.P. – Sek.Prodi.
Distance Learning.
Teori dan Konsep Belajar Orang Dewasa Dosen: Unang Wahidin, M.Pd.I
Dr. Putu Sudira, M.P. Prodi PTK PPs UNY
ELEVEN PRICIPLES EFFECTIVE CHARACTER EDUCATION
COMPUTER BASED INSTRUCTION
Teachers and Technology
PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT-BASED LEARNING)
Pengantar Media Pendidikan
Konsep Pengembangan Modul dan Penerapan model model SCL
PENYUSUNAN RANCANGAN PEMBELAJARAN
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING )
PERTEMUAN 3 HARLINDA SYOFYAN, S.Si., M.Pd
PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKSTUAL
Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Collected by: Saiful Amien
BIMBINGAN TEKNIS IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
TEORI BELAJAR & APLIKASINYA
MODEL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
Penerapan model pembelajaran
“ Mahasiswa Dapat Melakukan Simulasi Terkait
PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT-BASED LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING)
MAGANG 1 Dr.R.Ika Mustika, M.Pd Latifah,M.Pd
APA DAN BAGAIMANA BELAJAR ?
PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT-BASED LEARNING)
Kurikulum Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan.
Model problem based learning
MODEL-MODEL PEMBELAJARAN DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN KEJURUAN
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS LESSON STUDY TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS 3 SMAN 3 BLITAR Oleh: HAMIDA.
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING)
Teori Hirarki Belajar dari
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING)
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DAN PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN MODEL PEMBELAJARAN.
Keterampilan Dasar Mengajar di PT
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DAN PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN MODEL PEMBELAJARAN.
MERANCANG DAN MENILAI PEMBELAJARAN ABAD KE 21 1 TUGAS MODUL 1 KEGIATAN BELAJAR 3 By KISWANTO.
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DAN PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN MODEL PEMBELAJARAN.
DISCOVERY LEARNING IN HIGHER EDUCATION
MODEL-MODEL PEMBELAJARAN STUDENT CENTERED LEARNING (SCL)
Transcript presentasi:

INSTRUCTIONAL Strategies Dr. Putu Sudira, M.P. – Sek.Prodi PTK PPs UNY, peneliti terbaik Hibah Disertasi 2011, lulusan cumlaude S2 TP PPs UGM – cumlaude S3 PTK PPS UNY; Kantor: Vocational and Technology Education Lantai II sayap timur Gedung Pascasarjana UNY Dr. Putu Sudira, M.P. Prodi PTK PPs UNY

UNTUK APA MENGAJAR? Dr. Putu Sudira, M.P. Prodi PTK PPs UNY

PRINSIP-PRINSIP BELAJAR Dr. Putu Sudira, M.P. Prodi PTK PPs UNY  Peserta didik belajar dengan baik jika siap belajar (law of readiness);  Peserta didik cenderung mengulang belajar jika hasilnya memuaskan (law of effect);  Peserta didik cenderung belajar terbaik jika sering latihan (law of exercise);  Peserta didik cenderung belajar terbaik jika motivasi belajarnya tinggi;

PRINSIP-PRINSIP BELAJAR Dr. Putu Sudira, M.P. Prodi PTK PPs UNY  Peserta didik belajar terbaik jika tertarik;  Peserta didik belajar terbaik jika ada kebutuhan yang jelas;  Peserta didik belajar terbaik dengan melakukan;  Peserta didik belajar terbaik jika informasi/ pengetahuan baru dapat dihubungkan dengan pengalaman yang lalu;

PRINSIP-PRINSIP BELAJAR Dr. Putu Sudira, M.P. Prodi PTK PPs UNY  Peserta didik belajar terbaik jika bagian-bagian bahan pelajaran diintegrasikan menjadi keseluruhan yang bermakna;  Peserta didik belajar terbaik jika kondisi belajar menyenangkan;  Peserta didik belajar terbaik jika tujuannya jelas;

PRINSIP-PRINSIP BELAJAR Dr. Putu Sudira, M.P. Prodi PTK PPs UNY Peserta didik belajar terbaik jika kondisi fisiknya sehat; Peserta didik belajar terbaik jika mereka tahu kegunaan/nilai belajar; Peserta didik belajar terbaik jika stimulus diterima lewat beberapa indera (katakan-tunjukkan-kerjakan);

PRINSIP-PRINSIP BELAJAR Dr. Putu Sudira, M.P. Prodi PTK PPs UNY Peserta didik akan mengingat lebih lama jika pembelajaran dilakukan secara impresif; Setiap individu berbeda dalam minat, kemampuan dan pengalaman; Peserta didik mengembangkan kebiasaan, keterampilan dan ide-ide melalui pengulangan; Niteni, Nirokke, Nambahi (Tri N); Ngerti, Ngrasa, Nglakoni (Tri Nga)

PRINSIP-PRINSIP BELAJAR Dr. Putu Sudira, M.P. Prodi PTK PPs UNY Peserta didik belajar lebih baik jika ikut berpartisipasi (terlibat penuh); Peserta didik belajar lebih meningkat melalui pemecahan masalah; Peserta didik belajar lebih efektif jika segera diikuti aplikasinya, hasil belajar jelas, dekat, realistik dan relevan; Peserta didik belajar positif jika dengan penghargaan (reward).

PRINSIP-PRINSIP BELAJAR Dr. Putu Sudira, M.P. Prodi PTK PPs UNY Setiap Peserta didik akan mencapai kompetensi maksimal jika tersedia bahan pembelajaran yang berkualitas dan cukup waktu. Kondisi lingkungan belajar yang menyenangkan.

KONSEP: Instructional Strategies Kerangka pemandu dalam mencapai kompetensi pembelajaran. Perencanaan aktivitas didasarkan pada tujuan pembelajaran dan latar belakang siswa. Didasarkan pada tujuan, motivasi, kapasitas/kemampuan, dan gaya belajar siswa dalam berpartisipasi pada pembelajaran. Dr. Putu Sudira, M.P. Prodi PTK PPs UNY

KONSEP: Sasaran belajar di SMK Dr. Putu Sudira, M.P. Prodi PTK PPs UNY SKL Mapel SK KD (Normatif, Adaptif, Produktif) SKL Kel. Mapel SKL SMK Generik 22 Kejuruan

KONSEP: Instructional Strategies Instructional strategies should seek to accommodate : student’s motivation for learning, the students’ rates of learning, and the each student’s learning style. Branch, R.M. (2009) Dr. Putu Sudira, M.P. Prodi PTK PPs UNY

TEORI: Instructional Strategies the organization and sequence of learning activities. to facilitate the interpretation, construction, and manifestation of knowledge and skills for a student. vary depending on the context, resources, and needs of the students. Should have beginning activities, middle activities, and ending activities mark each episode. Branch, R.M. (2009) Dr. Putu Sudira, M.P. Prodi PTK PPs UNY

Aktivitas Pembuka Aktivitas Motivasional (memperkuat perhatian siswa). Menjelaskan Tujuan dan harapan pembelajaran. Konfirmasi prasayarat atau review pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk memulai episode materi baru. Dr. Putu Sudira, M.P. Prodi PTK PPs UNY

Aktivitas Inti Interacksi antara siswa, guru, dan materi/content. 1.Demonstrasi 2.Role playing/ Permainan Peran 3.Simulasi 4.Diskusi 5.Presentasi 6.Latihan Berbasis Kasus 7.Latihan Berbasis Projek 8.Games/Permainan 9.Observasi 10.Group question development 11.Peer teaching 12.Peer review Dr. Putu Sudira, M.P. Prodi PTK PPs UNY

Pedoman Praktis Aktivitas Inti Menumbuhkan Siswa dari Pengetahuan yang sudah diketahui ke pengetahuan yang belum diketahui, Dari mudah ke hal yang sulit, Dari sederhana ke hal yang komplek, dan Dari koenkret ke abstrak. Dr. Putu Sudira, M.P. Prodi PTK PPs UNY

Aktivitas Akhir Aktivitas Penutup membantu Siswa menghubungkan Pengetahuan, Keterampilan, Prosedur/langkah yang telah dipelajari. 1.Debriefs at the end of activities 2.Transitions from one episode to another episode 3.Review activities 4.Summaries 5.Action Plans Dr. Putu Sudira, M.P. Prodi PTK PPs UNY

ADDIE model

Dr. Putu Sudira, M.P. Prodi PTK PPs UNY Gagné’s Nine Events of Instruction TEORIAKTIVITASCONTOH Reception1. Gaining Attention a.Share a current event about a classmate b.Begin with question: “What do you think?” c.Initiate the class in a foreign language or jargon Executive Control 2. Inform Learner of Lesson Objectives d.Review course objectives in terms of WIIFM e.Post objectives in outline form f.Video demonstrations of actual performance Retrieval3. Stimulating Recall of Prior Learning g.Pre-test of existing skills or knowledge h.h. Draw concept map of current perceptions about topic i.Students summarize prerequisite knowledge and skills

Dr. Putu Sudira, M.P. Prodi PTK PPs UNY Gagné’s Nine Events of Instruction TEORIAKTIVITASCONTOH Selective Perception 4. Presenting Stimulus with Distinctive Features j.Multimedia introduction of knowledge and skills k.Content information presented in a storytelling format l.Subject matter expert as a guest presenter Semantic Encoding 5. Guided Learning m.Demonstrate skill or knowledge application n.Conduct experiment with teacher-student collaboration o.Use physical model to portray relationships Response Organizati on 6. Eliciting Performance p.Role play based on genuine scenarios q.Rehearsed simulation games r.Construct job aids displaying relevant skills

Dr. Putu Sudira, M.P. Prodi PTK PPs UNY Gagné’s Nine Events of Instruction TEORIAKTIVITASCONTOH Reinforce ment 7. Providing Informative Feedback s.Peer critique during the instructional episode t.Suggest alternatives to achieve same results u.Provide “what if” questions Activate Retrieval 8. Assessing Performance v.est of new knowledge and skill presented w.Learner fabricates alternatives to those presented x.Learner constructs summary of new information Providing cues 9. Enhancing Retention and Learning Transfer. y.Hand out job aids relevant to the topic. z.Learners adopt a set of authentic examples. aa.Recommend knowledge and skills required to succeed.

Terimakasih Belajar, Berkarya, Melayani Orang Lain Budayanya orang Hidup Panji Sudira Dr. Putu Sudira, M.P. Prodi PTK PPs UNY