Berpikir.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Teori-Teori Belajar IPA
Advertisements

KEGIATAN PEMBELAJARAN DAN PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
“ Senang sesaat, rusak selamanya ” SMP Negeri Kelas VIII.
MODEL-MODEL PEMBELAJARAN
KEPRIBADIAN DAN KEMAMPUAN
PRINSIP-PRINSIP BELAJAR DAN ASAS ASAS PEMBELAJARAN
Variabel Variabel adalah segala sesuatu yg dapat diberi berbagai macam nilai Nilai variabel dapat berupa angka atau atribut yg menggunakan ukuran atau.
Ruang Lingkup Psikologi
PERTEMUAN III Proses berpikir kreatif adalah pemikiran yang menghasilkan metode baru, konsep baru, pengertian baru, temuan baru dan pekerjaan baru.
PENGEMBANGAN DAN INOVASI PEMBELAJARAN
Pengambilan Keputusan, Sistem, Pemodelan dan Dukungan
Pengantar Intelegensia Buatan (IB)
Oleh: 1. Bernadeta Bertiyanti 2. Ardina Yulintasari 3. Terry Ayuk Desiana 4. Agatha Risky Ratri 5. Marcellino Fiki Susanto 6. Wahyu Bintoro Sumardani.
YENI WIDYASTUTI, S.Sos., M.Si
Problem Solving.
BERPIKIR / THINKING. DEFINISI  Pengaturan atau manipulasi informasi dari lingkungan dan simbol-simbol yang sudah ada di dalam memori. (simbol-simbol.
Kreatifitas Pertemuan ke 3.
KONSEP-KONSEP PERILAKU
KONSTRUKTIVISME DALAM PEMBELAJARAN ? P3AI-ITS.
ADAPTATION SKILLS.
PERDAGANGAN INTERNASIONAL
Hubungan Ilmu, Penelitian
Pemecahan Masalah dan Pengambilan Keputusan
PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Sistem Pendukung Keputusan (SPK)
Berpikir Kritis (Critical Thinking)
BERFIKIR Tujuan Pembelajaran : Memahami elemen Kognisi
Model problem based learning
PERTEMUAN 4 HARLINDA SYOFYAN, S.Si., M.Pd
DECISION SUPPORT SYSTEM (DSS)3
Kreatifitas Pertemuan ke 3.
TOPIK I : THINKING (BERPIKIR) Oleh : Sulis Mariyanti
ALAM PIKIRAN MANUSIA DAN PERKEMBANGAANYA
KEGIATAN PEMBELAJARAN DAN PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
Manajemen risiko Tim Dosen.
KEGIATAN PEMBELAJARAN DAN PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
Komunikasi Intrapersonal 2
PENGAMBILAN KEPUTUSAN
Metodologi Penelitian Desain
Penerapan model pembelajaran
MODEL PEMBELAJARAN MIKRO
Ruang Lingkup Psikologi
PROBLEM SOLVING [Pemecahan Masalah]
Penyandian  Penyimpanan  Pengingatan
HUMAN LEARNING : Verbal Learning
Berpikir dan Berbahasa
MEDIA PEMBELAJARAN By: Durinda Puspasari.
Pendekatan Ketrampilan Proses
Konsep Berfikir Kritis Dalam Keperawatan
TEORI PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Pengembangan Kreatifitas
NOVENDAWATI WAHYU SITASARI MANAJEMEN INFORMASI KESEHATAN
SELLING THE IDEA Oleh : Sulis Mariyanti
Pengertian Strategi Pembelajaran pkn Dick dan carey mengatakan “strategi pembelajaran adalah komponen umum dari suatu materi pembelajaran yang akan digunakan.
KEGIATAN PEMBELAJARAN DAN PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
Coping.
Kreatif dan Inovatif.
PENGAMBILAN KEPUTUSAN
Model problem based learning
Abstraction Andika Elok Amalia.
Pengaruh Faktor-Faktor Non-Rasional Dalam Pengambilan Keputusan
KEGIATAN PEMBELAJARAN DAN PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
Berpikir Kritis (Critical Thinking)
Pemecahan Masalah dan Pengambilan Keputusan Suksma Ratri.
Penyandian  Penyimpanan  Pengingatan
EVALUASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA TAKSONOMI MARZANO Kelompok 3 LATHIFAH YULYANISA( ) RADHIATUR RAHMI( ) RIMA ISMALYANTI( ) Dosen Pengampu:
KONSEP BERPIKIR DAN BERBAHASA
HOTS (Higher Order Thinking Skills)
KREATIVITAS.
Komunikasi Intrapersonal
Transcript presentasi:

berpikir

berpikir Memanipulasi informasi secara mental, seperti membentuk konsep2 abstrak, menyelesaikan berbagai masalah, mengambil keputusan dan melakukan refleksi kritis atau menghasilkan gagasan kreatif

JENIS & SARANA BERPIKIR Jenis Berpikir 1. Autistic Thinking Simbol-simbolnya personal meaning (private). Contoh : Mimpi 2. Directed Thinking Berpikir yg digunakan untuk problem solving, creating something new Sarana Berpikir 1. Dikomunikasikan melalui BAHASA Misal :Mengkhawatirkan ortu sakit keras, Cerita tentang mimpi buruk ke ortu Manusia banyak menggunakan simbol2 yg telah

disimpan di LTM  dapat diekspresikan kembali melalui bahasa disimpan di LTM  dapat diekspresikan kembali melalui bahasa. Bahasa adalah “tool of thought” Bahasa dapat menentukan proses berpikir yg mungkin dilakukan manusia. Berpikir disebut juga “inner speech” (talking to your self) 2. Melalui IMAGES Bepikir dengan cara menggambarkan obyek/ kejadian yg secara fisik tidak ada di depan mata kita  membuat “visual map” Misal : Menceritakan aktivitas si sulung di pagi hari saat mandi (tanpa melihat secara langsung) Data “incomplete”, tidak seperti aslinya, merupakan abstraksi dari beberapa ciri-ciri pengalaman

SIMBOL Simbol bahasa yg terpenting adalah KONSEP KONSEP adalah konstruksi simbolis yg mere- presentasikan beberapa ciri-ciru umum dan ciri-ciri yg biasa ada dari obyek/kejadian Misal : Anjing (mengetahui ciri-ciri umum anjing yaitu dari suara, kaki 4, berbulu, berekor dst Kemampuan membentuk konsep memungkinkan manusia membuat kategori/pengelompokan. Contoh : Merah (apel,rambutan,wortel,dst) Setelah ada konsep, manusia akan berpikir atau bersikap sama terhadap “konsep” tsb Konsep  membantu manusia berpikir tentang dunianya, atau mengatasi masalah yg ada.

BAGAIMANA KONSEP/BAHASA DIPELAJARI (DIBENTUK)? Melalui PROSES ALAMIAH Yaitu belajar secara natural (sehari-hari), yg mengandalkan proses kerja otak & pemilihan informasi. Misal : warna hijau,buah-buahan, binatang kucing dsb Melalui DISCRIMINATION LEARNING Yaitu belajar membedakan konsep yg benar, melalui reinforcement (reward,dll).Misal : bisa membedakan apel yg mana dan jeruk yang mana beri acungan jempol

Melalui KLASIFIKASI /KATEGORISASI Yaitu belajar mengelompokan konsep/simbol yg sama.Misal : konsep warna merah (segala benda warna merah dikumpulkan dst) Melalui DEFINISI Yaitu belajar menguraikan/mendifinisikan konsep tertentu.Misal : Motivasi adalah …… Melalui ANALISA CONTOH DALAM KONTEKS YG BERBEDA Yaitu dengan melihat konteks konsep ttt melalui contoh yg berbeda. Misal : “Nyimeng”  Teman saya kemarin diciduk polisi di café dlm keadaan teler dan kemudian ditahan 5 hari,karena polisi menemukan 7 butir obat sisa “nyimeng”.

Proses-proses berpikir Problem Solving Decision MAKING Creative thinking

Pemecahan masalah Pemecahan masalah : suatu pemikiran yg terarah secara langsung untuk menemukan solusi/jalan keluar untuk suatu masalah yang spesifik. Tahap2 pemecahan masalah (Hayes): Mengidentifikasi masalah Representasi masalah Merencanakan sebuah solusi Merealisasikan rencana Mengevaluasi rencana Mengevaluasi solusi

Decision making Adalah proses menelusuri sebuah pilihan, dengan mempertimbangkan baik&buruk dari altrnatif yg ada. Pengambilan keputusan didefinisakan secara universal sebagai pemilihan alternatif Proses pengambilan keputusan; - aktivitas intelegensi - aktivitas desain - aktivitas memilih

Perilaku pengambilan keputuasan Membuat pilihan : model pengganti  strategi yg memungkinkan atribut positif untuk mengimbangi atribut negati model non pengganti  strategi yg menolak alternatif yg memiliki atribut negatif, tanpa mempertimbangkan atribut positif mereka 2. Memperkirakan kemungkinan heuristik ketersediaan  kemudahan yg muncul di dpikiran heuristik keterwakilan  tdk hanya ketersediaan tetapi besarnya hubungan dg seberapa sama dengan ciri esesnsial populasi 3. Kerangka keputusan  melihat berbagai dimensi resiko

Proses kreatif (Wallas): Creative thingking : suatu aktivitas kognitif yg menghasilkan suatu pandangan baru mengenai suatu bentuk permasalahan & tidak dibatasi pada hasil yg pragmatis Proses kreatif (Wallas): persiapan memformulasikan masalah &membuat usaha awal Inkubasi  tdk ada usaha & perhatian dialihkan sejenak ke hal yg lain Iluminasi  memperoleh insight Verifikasi  menguji pemahaman yg didapat& membuat solusi

6 atribut kreativitas (Sternberg&lubart) Proses intelegensi gaya intelektual Kepribadian Motivasi Konteks lingkungan