Athik Dwi Prastiwi D32210059 Menurut At-Taftazani, tasawuf falsafi mulai muncul dalam Islam sejak abad keenam Hijriyah. Sejak itu, tasawuf ini terus.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Oleh : Abd. Shamad Nur Khalimatus Sa’diyah
Advertisements

STATUS ONTOLOGIS OBJEK ILMU
jadibersabarlah doakankamiagartetapbersamaorang-orangyangbersabar.
A. Makna Anak Didik dan Hakikatnya Anak didik adalah anak (manusia terdidik) yang sedang belajar, berguru dan bersekolah. Dalam terminologi (istilah) lain.
KERANGKA KITAB MAFAHIM HT
MENUTUP AURAT ITU WAJIB
HOME DEMOKRASI DLM ISLAM
PARADIGMA KEPERAWATAN ISLAM Fakultas Ilmu Kesehatan
Keilmuan dari Khazanah Islam. Prof Mulyadhi Kartanegara.
SEJARAH PERKEMBANGAN HADIS NABI SAW
PEMIKIRAN FILSAFAT IBNU MISKAWAIH
Oleh: Ahmad Khoeruddin Muhammad Rosyid R. Muhamad Ramdan Rijal Tamami
DISUSUN OLEH: MISNANI. S.Ag. M.Pd. I
IBNU ARABI (560 .H/1164 M – 638 H/1240 M) Muhammad Ibn ‘Ali Ibn Muhammad Ibn al-‘Arabi al-Tha’i al-Hatimi.
Devine Revelation menurut Fazlur Rahman Oleh : zainul adzvar Al-Qur ’ an  Verbal (tidak hanya makna dan ide saja)
Pemikiran Filsafat Ibnu Rusyd
PERTEMUAN KESEBELAS ALIRAN MU’TAZILAH.
Welcome in Our Presentation
Kerangka Dasar Agama Islam Dan Ajaran Hukum Islam (Bagian Pertama)
Pemikiran Filsafat Al-Farabi
Present by Nila Purnama Sari
IBNU BAJJAH AIK – 3 (Kimia dalam Perspektif Islam)
NAMA : - Maya Indah. S ( ) -Sri Hardiyanti ( )
KONSEP KETUHANAN DALAM ISLAM
I. Arti dan Ruang lingkup agama Islam
BAB II IMAN DAN TAQWA.
A. Manusia dan Alam Semesta
PETA PEMIKIRAN ISLAM.
AL-KHAWARIZMI ( M) Oleh : Lia Lu’lu’ul Lutfiyah B2C014002
Masyarakat Madani Nurhasan, M. Ag.
Ruang Lingkup Dan Perkembangan Studi al-Qur’an
METODE PENAFSIRAN AL-QUR’AN BERDASA,RKAN CORAK / KECENDERUNGAN
ETIKA PROFESI ISLAM DALAM PANDANGAN FILSAFAT
Qodho’ dan Qodar Pengertian Dalil Jenis Kisah Hikmah.
UNIVERSITAS PAKUAN PROGRAM PASCA SARJANA JURUSAN ADMINISTRASI PENDIDIKAN 2015 Hakikat Ilmu Filsafat Diajukan untuk memenuhi tugas mata kuliah : FILSAFAT.
ILMU AKHLAK Oleh AH.ZAKKI FUAD,M.Ag.
Filsafat Ketuhanan Muhammad Noor, M.H.I.
Perkembangan Peradaban Islam pada Masa Kejayaan
Tema-tema Pengantar, Penjelasan Out Line Mata Kuliah
PEMIKIRAN TASAWUF DALAM ISLAM
Alamat : Bungah Gresik Indonesia Blog : tukarpendapat.wordpress.com
Perkuliahan Tatap Muka Ke-4 Ilmu Tasawuf 8 November 2008
MASA PEMBINAAN, PENGEMBANGAN, DAN PEMBUKUAN (ABAD VII-X M)
Fungsi Tafsir Tarbawi Dan Macam-Macam tafsir   Di Susun Oleh   Nama : ANGGI SYAHPUTRA LISA UMAIRAH.
PETA KONSEP : TUHAN YANG MAHA ESA DAN KETUHANAN
Dekonstruksi Kebenaran (Pengantar ke Pemikiran Aliya Harb)
Materi ALAM PIKIRAN MANUSIA DAN PERKEMBANGANNYA 1 OUTLINE
SEJARAH ISLAM APA YANG DIMAKSUD DENGAN SEJARAH?
KONSEP TUHAN MANUSIA & ALAM
Memahami hakikat ilmu pengetahuan
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
MASA KEJAYAAN ISLAM YANG DINANTIKAN KEMBALI Periodesasi Sejarah Islam Kemajuan Islam pada Periode Klasik Tokoh-tokoh Kejayaan Islam Menelaah Perkembangan.
ASSALAMU’ALAIKUM WR.WB ESSENSIALISME
AL-QURAN SEBAGAI DASAR AJARAN ISLAM.
MENUTUP AURAT ITU WAJIB
Al-Islam dan Kemuhammadiyahan “Sejarah Terbentuknya Muhammadiyah”
KONSEP KETUHANAN DALAM ISLAM
O. Solihin Blog: Akidah Islamiyyah Katakanlah: "Dia-lah Allah, Yang Maha Esa. Allah adalah Tuhan yang.
BAB 1 DASAR-DASAR PENCARIAN KEBENARAN
O. Solihin Blog: Akidah Islamiyyah Katakanlah: "Dia-lah Allah, Yang Maha Esa. Allah adalah Tuhan yang.
PLURALISME DALAM ISLAM
NILAI-NILAI AGAMA DAN BUDAYA YANG RELEVAN
Materi 2 Imaniyyah Herry Syafrial, S.Pd., M.A..
Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh
KLASIFIKASI FILSAFAT Filsafat BaratFilsafat Timur Filsafat Timur Tengah KLASIFIKASI FILSAFAT, SEJARAH LAHIRNYA FILSAFAT DAN SEJARAH PERKEMBANGAN FILSAFAT.
PUNCA UTAMA PENYELEWENGAN DALAM TAFSIR
ETIKA DAN MORAL. MANUSIA AHLAK ETIKA MORAL Makna Etika dan Moral Etika adalah filsafat moral. Antara etika dan moral dapat dijadikan sebagai bentuk konsep.
PRESENTASI WORKPLAN PIC AKHLAK. Menuju Akhlak Mulia Workplan Anggaran Target TAHAPAN-TAHAPAN PROGRAM.
HUBUNGAN HUKUM ISLAM DG AGAMA ISLAM. Pendahuluan Sebelum masuknya hukum Islam, rakyat Indonesia menganut hukum adat yang bermacam-macam sistemnya dan.
Modul ke: Fakultas Program Studi Pendidikan Agama Islam Etos Kerja Islam Dian Febrianingsih, M.S.I 08 PSIKOLOGI Psikologi.
Transcript presentasi:

Athik Dwi Prastiwi D

Menurut At-Taftazani, tasawuf falsafi mulai muncul dalam Islam sejak abad keenam Hijriyah. Sejak itu, tasawuf ini terus hidup dan berkembang, terutama di kalangan para sufi yang juga filosof. Meskipun adanya pemaduan antara tasawuf dan filsafat dalam ajaran tasawuf falsafi ini, orisinalitasnya sebagai tasawuf tetap dan tidak hilang. Sebab, para tokohnya tetap berusaha menjaga kemandirian ajaran aliran mereka, terutama bila dikaitkan dengan umat Islam.

Ibnu khaldun, sebagaimana yang telah dikutip oleh At- Taftazani, dalam karyanya Al-Muqaddimah, menyimpulkan bahwa ada empat objek utama yang menjadi perhatian para filosof : Latihan rohaniah dengan rasa, intuisi, serta introspeksi diri yang timbul darinya.

o Peristiwa-peristiwa dalam alam maupun kosmos yang berpengaruh terhadap berbagai bentuk kekeramatan atau keluarbiasaan. Penciptaan ungkapan-ungkapan yang pengertiannya sepintas samar-samar. Selain karakteristik umum di atas, tasawuf filosofis mempunyai beberapa karakteristik secara khusus, diantaranya : Pertama, tasawuf ini banyak mengonsepsikan pemahaman ajaran-ajarannya dengan menggabungkan antara pemikiran rasional-filosofis dan perasaan.

Keempat, para penganut filosofis ini selalu menyamarkan ungkapan-ungkapan tentang hakikat realitas-realitas dengan berbagai simbol atau terminologi. Diantara tokoh-tokoh tasawuf falsafi adalah Ibn ‘Arabi, Al- Jili, Ibn Sab’in, dan Ibn Masarrah.

Setelah berusia 30 tahun, beliau mulai berkelana ke berbagai kawasan Andalusia dan kawasan Islam bagian barat. Seseorang yang yang mempengaruhi ajaran-ajaran Ibn ‘Arabi diantaranya adalah deretan guru-gurunya, seperti Abu Madyan Al-Ghauts At-Talimsari dan Yasmin Musyaniyah (seorang wali dari kalangan wanita).

Masyahid Al-Asrar, Mathali’ Al-Anwar Al- Ilahiyyah, Hilyat Al-Abdal, Kimiya’ As- Sa’adat, Muhadharat Al-Abrar, Kitab Al- Akhlaq, Majmu’ Ar-Rasa’il Al-Ilahiyyah, Mawaqi’ An-Nujum, Al-jam’ wa At-Tafshil fi Haqa’iq At-Tanzil, Al-Ma’rifah Al-Ilahiyyah, dan Al-Isra’ ila Maqam Al-Atsna.

Menurut Ibn Taimiyah, wahdat al-wujud adalah penyamaan Tuhan dengan alam. Menurut penjelasnya, orang-orang yang mempunyai paham wahdat al-wujud mengatakan bahwa wujud itu sesungguhnya hanya satu dan wajib al-wujud yang dimiliki oleh Khaliq juga mungkin dimiliki oleh makhluk. Selain itu, orang-orang yang mempunyai paham wahdat al-wujud itu juga menyatakan bahwa wujud alam sama dengan wujud Tuhan, tidak ada perbedaan.

Kedua, wujud Haqiqah Muhammadiyah sebagai emanasi pertama dari wujud Tuhan dan dari sini muncul segala yang wujud dengan proses tahapan-tahapannya. Dengan demikian, Ibn ‘Arabi menolak ajaran yang mengatakan bahwa alam semesta ini diciptakan dari tiada. Ibn ‘Arabi kadang menyebut hakikat ini dengan Quthb atau kadang pula menyebutnya dengan ruh al-khatam.

Haqiqah Muhammadiyah Dari konsep wahdat al-wujud, muncul lagi dua konsep yang merupakan cabang dari wahdat al-wujud, yaitu al-hakikat al- muhammadiyah dan wahdat al-adyan.

 Solihin, M, dan Anwar, Rosihon, 2008, Ilmu Tasawuf, Bandung: CV Pustaka Setia  wordpress.com/2010/11/2 9/tasawuf-falsafi/