Penggalian Ide (Brainstorming)

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PEMBELAJARAN BERMAKNA OLEH : SAPARUDDIN P.p
Advertisements

PENILAIAN POTENSI KEPEMIMPINAN
Teknik Presentasi Sambas Miharja, SST.
Manajemen Proyek Sistem Informasi DAY-4
Panji Bahari Noor Romadhon
Management Tutorial dan The Seven Jumps
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
Departemen Psikiatri FKUI-RSCM
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
MENGENAL CARA BELAJAR DEDE TRIE KURNIAWAN D1C
Berdiskusi yang bermakna dalam konteks bekerja
MEMBACA KRITIS A. SYUKUR GHAZALI.
Oleh: Michael Jhon dan Alfiando M
Episode 9 Season 2 BRAINSTORMING
METODE PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI SMK
SAINS DI SEKOLAH DASAR IMANUEL SAIRO AWANG PRODI PGSD
Teknik Presentasi.
Intervensi Pengembangan Team
BRAINSTORMING DALAM MANAJEMEN PRODUKSI IKLAN
LESSON STUDY DALAM KERANGKA PPL
Model discovery learning
PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Universitas Bina Nusantara 12 Maret 2001
PERTEMUAN 4 HARLINDA SYOFYAN, S.Si., M.Pd
Departemen Psikiatri FKUI-RSCM
PENGANTAR SEMINAR.
Kebutuhan untuk menjawab Tantangan abad 21
SEPULUH TIPS MENGEMBANGKAN BUDAYA INOVASI
KETRAMPILAN INTERPERSONAL
MIND MAPPING.
MENGAMBIL KEPUTUSAN Seorang wirausaha harus kreatif, terutama dalam mengambil keputusan. Kemampuan mengambil keputusan inilah yang membedakan seorang wirausaha.
Unik Ambar Wati STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF DI SD Unik Ambar Wati
Tes Wawasan Kebahasaan
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
REVIEW JURNAL ILMIAH.
Sesi 3 Identifikasi Kesenjangan dan Rekomendasi Pemenuhan SPM
JABATAN PROFESIONAL DAN TANTANGAN GURU DALAM PEMBELAJARAN
Modul 5 : Mengaplikasikan Pengolaha Kata Modul 6 : Mengenal Multimedia Modul 7 : Mengaplikasikan Multimedia Modul 8 : Mengenal Lembar Kerja Apa cara umum.
LESSON STUDY DALAM KERANGKA KPL
DHINA SETYAWATI LUSI FEBRIARTI PUSPITA SARI NUR AFIATI ANGGRAENI HANIF MARSUDI ANNISA AFIANINGRUM.
Materi 2 - Komputer Multimedia
Administrasi Efektif.
3 Keterampilan Dasar Bertanya
METODE PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI SMK
Decision Making Process
Brainstorming A. Adriana AT P
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
Penelitian Tindakan Kelas
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING)
MACAM METODE BERPIKIR KREATIF (1)
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
Mindset, Kreativitas dan Inovasi
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
MENGGALI KREATIVITAS UNTUK JURNALISTIK
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
MEMBACA KRITIS A. SYUKUR GHAZALI. PERINGKAT MEMBACA MEMBACA PERINGKAT RENDAH MENGENAL BENTUK HURUF MENGENAL UNSUR KEBAHASAAN (KATA, FRASE, KALIMAT, DLL.
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DAN PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN MODEL PEMBELAJARAN.
H. M. JUPRI RIYADI Kepala Dinas Pendidikan. Keterampilan dasar mengajar yaitu keterampilan yang bersifat mendasar atau umum yang harus dikuasai oleh setiap.
Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNUD. KELOMPOK 8 Luh Putu Utami Kartika Dewi I Made Aditya Pramartha Luh Nopia Yudiastuti
Transcript presentasi:

Penggalian Ide (Brainstorming) Manajemen Sains Penggalian Ide (Brainstorming) Eko Prasetyo Teknik Informatika Univ. Muhammadiyah Gresik 2011

Brainstorming Saat ada permasalahan yang memerlukan solusi cemerlang atau saat merencanakan ide kegiatan yang menarik, teknik brainstorming sangat efektif digunakan. Brainstorming adalah suatu teknik kreativitas kelompok dengan kelompok yang mencoba untuk mencari solusi untuk masalah yang spesifik dengan mengumpulkan daftar ide spontan disumbangkan oleh para anggotanya. Dipopulerkan oleh Alex Osborn Faickney pada tahun 1953 melalui buku Applied Imagination. Osborn tidak hanya mengusulkan metode brainstorming, tetapi juga mendirikan aturan efektif untuk hosting sesi brainstorming Teknik Informatika UMG 2011

Brainstorming Brainstorming telah menjadi teknik berkelompok yang populer dan telah menimbulkan perhatian di kalangan akademisi. Beberapa studi telah dilakukan untuk menguji postulasi Osborn brainstorming yang lebih efektif daripada individu yang bekerja sendiri dalam menghasilkan ide-ide. Beberapa peneliti telah menyimpulkan bahwa pernyataan tersebut palsu (brainstorming tidak efektif), sementara yang lain ditemukan kelemahan dalam penelitian dan menetapkan bahwa hasilnya tidak meyakinkan. Selain itu, para peneliti telah membuat modifikasi atau variasi brainstorming yang diusulkandalam upaya untuk meningkatkan produktivitas brainstorming. Namun, tidak ada bukti empiris yang menunjukkan bahwa variasi lebih efektif dibandingkan dengan teknik asli. Teknik Informatika UMG 2011

Alasan dilakukan Brainstorming Penggunaan brainstorming adalah untuk menjaring sebanyak mungkin ide-ide alternatif yang dapat dipertimbangkan guna pengambilan keputusan. Mengidentifikasi masalah yang akan diselesaikan Mengidentifikasi alternatif pemecahan masalah Mengidentifikasi faktor penyebab suatu permasalahan Mengidentifikasi pertanyaan untuk kuisioner Dll. Teknik Informatika UMG 2011

Langkah-langkah penggabungan ide Mulailah dari masalah yang harus diselidiki. Buat ide tersebut dengan jelas. Temukan sebanyak-banyaknya solusi dan jawaban atas masalah tersebut. Hilangkan ide-ide yang duplikat, dan tidak relevan Pilih beberapa (kira-kira lima atau enam) ide paling Anda sukai. Beri skor setiap ide. Teknik Informatika UMG 2011

7 aturan pokok dalam brainstorming 1  | Ide Tanpa Batas Semua pendapat diterima. Tak ada yang boleh mengkritik, menyanggah atau melewatkan satu ide pun. Segila apapun ide itu, entah logis atau tidak logis, semua diterima. Jangan biarkan satu orangpun ragu untuk mengungkapkan setiap ide yang terlintas di kepala mereka. Siapa tahu solusi jitu yang dicari berawal dari sebuah ide yang dianggap aneh atau tak masuk akal. 2  | Batasi Waktu Waktu yang terbatas akan membuat pikiran bekerja lebih keras. Batasi proses brainstorming dengan singkat, sekitar 10 sampai 20 menit. Pastikan brainstorming dimulai dan diakhiri tepat waktu. Singkatnya waktu juga penting untuk mengurangi candaan yang tidak perlu, meskipun tidak dilarang. Karena ide cemerlang kadang keluar saat kita mencari ide yang konyol untuk bercanda. Teknik Informatika UMG 2011

7 aturan pokok dalam brainstorming 3  | Catat Yang tak boleh tertinggal dalam brainstorming adalah satu orang yang cukup cekatan untuk mencatat semuanya. Semua usulan yang masuk wajib dicatat. Lebih baik jika catatan dibuat dengan model “mind maping” sehingga pada akhirnya mudah di riview dan diambil kesimpulan. J angan ragu untuk mencatat dengan alat yang paling kamu anggap efektif. Misalnya white board, lembaran kertas kecil, notebook, atau bahkan merekamnya. 4  | Utamakan Kuantitas, Bukan Kualitas Tujuan utama brainstorming adalah mencari ide sebanyak mungkin. Jangan berhenti sejenak untuk melihat dan menilai ide-ide yang telah terkumpul. Prinsipnya, semakin banyak ide yang masuk, semakin besar kemungkinan salah satu dari ide-ide itu adalah solusi yang paling cemerlang. Teknik Informatika UMG 2011

7 aturan pokok dalam brainstorming 5  | Gunakan Kedua Belah Otak Orang yang sedang berpikir serius biasanya hanya menggunaka otak kiri. Di sisi lain, ide kreatif memerlukan otak kanan kita. Itulah pentingnya tak ada larangan untuk bercanda, asal porsinya tak terlalu banyak. Cara mencatat ide yang terkumpul dengan pena berwarna dan format menarik juga merangsang kerja otak kanan kita. 6  | Have Fun Sangat penting membuat suasana saat brainstorming tetap menyenangkan. Makanya seorang pemimpin diskusi harus mampu mengawali diskusi dengan sesuatu yang membuat suasana menyenangkan. Teknik Informatika UMG 2011

7 aturan pokok dalam brainstorming 7  | Sekali lagi, JANGAN TERLEWATKAN Seaneh apapun ide itu, sekalipun seperti tak ada hubungannya dengan masalah yang dibahas, jika memang terlintas di pikiran jangan sampai tidak disampaikan. Keragu-raguan untuk mengungkapkan ide yang terlintas akan beresiko membuat ide bagus terlewatkan. Teknik Informatika UMG 2011

Conclusion Prinsip brainstorming seperti memilih mangga terbaik. Semakin banyak mangga dihadapan kita, semakin besar kemungkinan kita menemukan mangga dengan kualitas terbaik. Group problem solving atau menyelesaikan masalah bersama-sama akan sangat efektif jika kita memperhatikan 7 aturan brainstorming di atas. Brainstorming adalah metode interaksi berkelompok yang populer dalam bidang pendidikan dan bisnis. Meskipun telah ada argumen tentang produktivitasnya, brainstorming masih merupakan metode yang banyak digunakan dimasa mendatang dengan solusi yang kreatif. Metode ini masih menjadi area penelitian dan perbaikan atau variasinya yang masih dalam proses pengembangan Teknik Informatika UMG 2011

VIDEO PRODUK Teknik Informatika UMG 2011

Persiapan Brainstorming Siapkan satu orang sebagai pencatat Siapkan satu orang sebagai penghitung waktu Waktu yang diberikan 15 menit Keluarkan semua ide dalam pikiran, jangan ragu untuk mengucapkan, dan dicatat. Tidak boleh saling mengkritik, membaca ide sebelumnya, berkomentar, berbicara, apalagi menertawakan ide orang lain. Fokus untuk mendapatkan ide baru sesuai topik Teknik Informatika UMG 2011

Menggali ide produk “Televisi masa depan” Televisi adalah perangkat elektronik untuk menangkap siaran informasi kedalam bentuk multimedia suara dan gambar. Perangkat fisik berupa sebuah mesin yang berisi perangkat untuk menangkap gelombang siaran, memprosesnya kemudian ditampilkan. Biasanya dilengkapi remote control untuk mengubah-ubah setting tampilan. Teknik Informatika UMG 2011

Menggali ide produk “ponsel” Ponsel adalah perangkat komunikasi mobile menggunakan gelombang mikro dengan frekuensi tertentu. Bentuknya seukuran dompet, dapat dimasukkan ke saku dan dibawa kemana saja. Bisa digunakan selama masih dalam jangkauan whitespot. Bisa digunakan untuk berkomunikasi suara, gambar dan data (internet). Saat ini sudah terintegrasi dengan radio, kamera, MP3 player, video player. Teknik Informatika UMG 2011

Menggali ide “kampus/perguruan tinggi masa depan” Tempat belajar mahasiswa untuk mepelajari ilmu pengetahuan Yang pelajari : hardskill (keterampilan sesuai profesi) dan softskill (kemandirian, kepemimpinan, sosial, berorganisasi, dll) Umumnya dilaksanakan di satu tempat yang sudah ditetapkan. Saat ini ada yang sudah menggunakan sistem e-learning untuk pembelajaran jarak jauh. Teknik Informatika UMG 2011