Pemrograman Bergerak Lokalisasi Aplikasi 1.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Konsep Basis Data di Web
Advertisements

Komponen Class Item (2) As’ad Djamalilleil
Pemrograman Dasar Fungsi.
Prepared by : Sri Wahyuni Usfita Kiftiyani Ramdhani Bima Arista Afan Amarullah.
Free Powerpoint Templates Page 1 Free Powerpoint Templates Mobile Computing Dengan Android Pertemuan 7 View Component Oleh: Adam Arif Budiman STMIK Bani.
PERTEMUAN 3 PAB Bahasan: Layout,Class,Trigger Button Intent.
DIALOG Android Oleh Yanuangga.
Pemrograman Bergerak Pembuatan Resource. What is XML? XML stands for EXtensible Markup Language XML is a markup language much like HTML XML was designed.
Struktur Project Android
Mobile Programming Pertemuan 3 Presented by Mulyono
UI Controls dengan Widget TextView, EditText dan Button
Pengelolaan Database Lanjutan
Mengenal IDE Delphi DELPHI II UNSERA 2016.
Pemrograman Mobile Android # 5
Content Provider pada Android
Pengenalan Visual Basic
Pemrograman Perangkat Mobile
Materi Agung Brastama Putra.
As’ad Djamalilleil Komponen Class Item (2) As’ad Djamalilleil
As’ad Djamalilleil Struktur Android As’ad Djamalilleil
Pemrograman Bergerak Pembuatan Activity 1.
Layouting Tampilan Pengenalan Layout Android
Struktur Dasar PHP.
Mekanisme penyimpan data pada Android
Algoritma & Pemrograman Chapter 2
Mobile Computing Oleh: Adam Arif Budiman
Komponen GUI Menambahkan Komponen.
MANAJEMEN FILE.
Struktur Aplikasi Android
Content Provider pada Android
An’ Anqinudin Lahitama, S.Kom
Pemrograman Perangkat Mobile
KOMPONEN APLIKASI ANDROID
DISKUSI PERTEMUAN 3 Pemrograman mobile 2 Ti 15 D
PEMROGRAMAN MUTLIMEDIA
Pertemuan 3 : Komponen Aplikasi Android
Diskusi Pertemuan 4 Anggota : Kukuh Prasetyo Adhi ( ) Warsito Aji ( ) Karima Dewi R ( ) Alfano Kurniawan W ( ) Bagus.
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Android Multimedia Pertemuan 7.
Belajar Pemrograman Mobile Part 2.
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Moh.Solahudin ( )
Komponen Aplikasi Android
KELOMPOK 1 : PEMROGRAMAN MOBILE PERTEMUAN KE 3
Android Multimedia Vidio, Musik dan Gambar
ANDROID MULTIMEDIA.
Android Multimedia Nur Dwi Ramadani
Android Multimedia Anggota kelompok: Kukuh Prasetyo Adhi ( )
Anggota Kelompok: 1. Rinta Setyo Nugroho 2. Anan Ar Rozzaq
PEMROGRAMAN MOBILE 2 KELOMPOK 7 TI 15 D.
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Dina Murniati Putri (NIM )
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2
FRAGMENT KELOMPOK 3 Abdurahman Agung Edi W Eko Prasetyo Fahrul Rosi
Komponen Aplikasi Android
Pengenalan Pemrograman Mobile PART 5 - FRAGMEN.
Kelompok 3 Khoerul Umam Dwi Yulianto K.W
FRAGMENT Nama anggota :
PERTEMUAN 5 KELOMPOK 2.
Dilla Alfianur Kumalasari 0238
PENGENALAN Pemrograman MOBILE 2
Klompok 2 Dedi wahyudi ( ) Muhammad ichan ( )
ANDROID MULTIMEDIA Nama anggota :
Mobile Programming Folder Resources (Res) dan tata kelolanya
PEMROGRAMAN MOBILE 1.
PEMROGRAMAN MOBILE I KELOMPOK 4
Pemrograman Perangkat bergerak Dosen: RBD
Pemrograman Perangkat bergerak Dosen: RBD
Pengenalan Visual Basic
Pemrograman Perangkat bergerak Dosen: RBD
PEMROGRAMAN MOBILE 1 PERTEMUAN 4
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Pemahaman XML Parsing.
Komponen activity Dosen: Maimun, S.T., M.T.. 1. Activity Kegiatan apa yang akan ditampilkan dan dilakukan user pada sebuah window Berisi lifecycle / daur.
Transcript presentasi:

Pemrograman Bergerak Lokalisasi Aplikasi 1

Tujuan Lokalisasi Aplikasi Android dapat digunakan diberbagai region, dan mencapai user yang luas sehingga aplikasi perlu dirancang untuk menangani tulisan, file audio, angka, mata uang dan grafik dengan cara yang sesuai dengan lokasi pemakai.

Pengaturan Resources Android menyimpan Resources pada directory /res, dan Android secara default dapat memilih dan memuat sumber daya dari directory yang berbeda berdasarkan konfigurasi locale pada peralatan. Untuk mendukung lokalisasi, aplikasi anda perlu membuat resources untuk masing-masing locale yang didukung dan disertasi dengan resource default.

Contoh Resources Keterangan Isi file File resource Keterangan Isi file /res/values-en-rUS/strings.xml Resource untuk language English Region US <?xml version="1.0" encoding="utf-8"?> <resources> <string name="hello">Halo dunia, PersegiActivity!</string> <string name="app_name">Persegi</string> <string name="length">panjang</string> <string name="width">lebar</string> <string name="calculate">hitung</string> <string name="result">hasil</string> </resources> /res/values-en/strings.xml Resource untuk language English <string name="hello">Hello world, PersegiActivity!</string> <string name="app_name">Rectangle</string> <string name="length">length</string> <string name="width">width</string> <string name="calculate">calculate</string> <string name="result">result</string> /res/values/strings.xml Default resource

android:orientation="vertical" android:layout_height="fill_parent"> <?xml version="1.0" encoding="utf-8"?> <LinearLayout xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android" android:orientation="vertical" android:layout_width="fill_parent" android:layout_height="fill_parent"> <TextView android:id="@+id/textView1" android:layout_width="wrap_content" android:layout_height="wrap_content" android:text="@string/length"></TextView> <EditText android:layout_height="wrap_content" android:layout_width="match_parent" android:id="@+id/editPanjang"> <requestFocus></requestFocus> </EditText> <TextView android:id="@+id/textView2" android:text="@string/width"></TextView> android:id="@+id/editLebar"></EditText> <Button android:id="@+id/buttonHitung" android:text="@string/calculate" android:onClick="hitungOnClick"></Button> <TextView android:id="@+id/textView3" android:text="@string/result"></TextView> </LinearLayout>

Misalkan locale pada perangkat adalah 'en-US', maka android akan mencari nilai R.string.length berdasarkan aturan pencarian sebagai berikut: res/values-en-rUS/strings.xml res/values-en/strings.xml res/values/strings.xml Jika pencarian akan berhenti sesuai dengan hasil pencarian yang ditemukan pertama kalinya berdasarkan urutan diatas.

Penamaan Menurut ISO Lokalisasi juga dapat dilakukan pada resource lainnya dengan menggunakan aturan penamaan yang sama pada sufiks folder yang mengikuti standard kode ISO. Flag image Target folder Italian drawable-it-rIT/flag.png French drawable-fr-rFR/flag.png French (Canada) drawable-fr-rCA/flag.png English (Canada) drawable-en-rCA/flag.png Russian drawable-ru-rRU/flag.png US English drawable-en-rUS/flag.png Default (Indonesia) drawable/flag.png

Kesimpulan Agar aplikasi yang anda buat dapat mendukung banyak bahasa berdasarkan setting language dan regional, berikut ini adalah hal yang perlu anda perhatikan: Jangan melakukan hard-code pada string ataupun konstanta string; sebagai gantinya gunakan definisi string tersebut pada resource string.xml dan genakan referensi R.string. Hal yang sama juga berlaku untuk image atau layout; gunakan R.drawable dan R.layout Terjemahkan masing-masign nilai pada file string.xml dan tempatkan string.xml hasil terjemahan ke folder yang sesuai.

Sekian & Terima Kasih 9