Kuliah Sistem Fuzzy Pertemuan 1 “ Inteligensia Semu ” (IS)

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
KECERDASAN BUATAN VISKA ARMALINA, S.T., M.Eng..
Advertisements

Pengenalan Kecerdasan Buatan Oleh : Saatul Ihsan.
ARTIFICIAL INTELLIGENCE
PENGANTAR KECERDASAN BUATAN atau ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI)
Materi 1 Pengantar Kecerdasan Buatan
PERTEMUAN MINGGU KE-1.  Pengertian A.I  Merup. Sub-bid pengetahuan komp. yang ditujukan u/ membuat software (S/W) dan hardware (H/W) yang sepenuhnya.
PENGANTAR KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
KECERDASAN BUATAN PENDAHULUAN.
PENGERTIAN KECERDASAN BUATAN
Kuliah Sistem Pakar Pertemuan I “Inteligensia Semu” (IS)
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
TEKNOLOGI KECERDASAN ARTIFISIAL DALAM BISNIS
PENDAHULUAN.
Pengenalan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence / AI )
Pengenalan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence / AI )
Pengantar Intelegensia Buatan (IB)
Pengertian Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence)
Pengenalan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence / AI )
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
KONSEP DASAR AI PERTEMUAN MINGGU KE-1.
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
ARTIFICIAL INTELLIGENCE
Pengenalan Sistem Pakar
Qomariyah.  Artificial intelligence  Dari beberapa perspektif, AI dapat di pandang sebagai : 1. Perspektif kecerdasan : bagaimana membuat mesin yang.
ARTIFICIAL INTELLIGENCE
Soft Computing - Introduction
PENGANTAR INTELEGENSIA BUATAN (IB) M. Ezar Al Rivan.
Kuliah Sistem Pakar Pertemuan III “Sistem Pakar”
KECERDASAN BUATAN (3 SKS Teori). PENILAIAN UAS40 % UTS30 % TUGAS 15 % QUIZ15 % KEHADIRAN MINIMAL 80%
PENGANTAR KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELEGENT)
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
KECERDASAN BUATAN PERTEMUAN 1.
PENGANTAR KECERDASAN BUATAN
Teori Bahasa Otomata (1) Introduction
Teknologi terkini D. Sinaga, M.Kom.
MANAJEMEN PENGETAHUAN
PENGANTAR KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE) dan SISTEM PAKAR
Materi 1 Pengantar Kecerdasan Buatan
PENGANTAR PENGANTAR KECERDASAN BUATAN Artificial intelligence
ARTIFICIAL INTELLIGENCE Chapter 1
Kecerdasan buatan.
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
Artificial Intelligence
Artificial Intelligence
Pendahuluan Dr. Suyanto, S.T., M.Sc. HP/WA:
KECERDASAN BUATAN (Artificial Intelligence)
Fakultas Ilmu Komputer
Kecerdasan Buatan (AI/ Artificial Intelligence)
I Gusti Ayu Agung Diatri Indradewi, S.Kom
Artificial Intelegence
KONSEP KECERDASAN BUATAN
Pengenalan AI (Artificial Intelligent)
Pertemuan 1 Konsep Umum Pengetahuan
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELGENCE-AI)
PENGANTAR KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
KECERDASAN BUATAN.
PENGANTAR PENGANTAR KECERDASAN BUATAN Artificial intelligence
ARTIFICIAL INTELEGENCE
Introduction to Soft computing
PENGERTIAN KECERDASAN BUATAN
Kecerdasan Buatan Pokok Bahasan Pendahuluan Definisi Kecerdasan Buatan
KECERDASAN BUATAN By Serdiwansyah N. A..
Artificial Intelligence
Pengantar Intelegensi Buatan
PENGANTAR KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
Konsep Kecerdasan Buatan
PENGANTAR KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
KONSEP KECERDASAN BUATAN
Pengenalan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence / AI )
Kecerdasan Buatan Dr. Nindyo Cahyo Kresnanto. Mengapa Perlu AI? Hampir semua permasalahan dipecahkan dengan bantuan komputer Masalah semakin komplek tidak.
Transcript presentasi:

Kuliah Sistem Fuzzy Pertemuan 1 “ Inteligensia Semu ” (IS)

Inteligensia (Kecerdasan) Kemampuan manusia untuk memperoleh pengetahuan dan pandai melaksanakan pengetahuannya dalam praktek Semu (Buatan) Inteligensia Semu

Spektrum Inteligensia Rangkaian Sederhana Komputer IS Manusia ? RendahTinggi

Definisi Inteligensia Semu Turban, 1990 Levine et.al, 1990 Rich & Knight, 1991 Winston, 1992 Lugger & Stubblefield, 1993 Etc.

Tujuan Inteligensia Semu – Membuat mesin lebih pintar (tujuan utama) – Mengerti apa itu intelijen (tujuan pemenang Noble) – Membuat mesin lebih berguna (tujuan usahawan) (Turban, E)

Sudut pandang Kecerdasan Membuat mesin lebih “Cerdas” Sudut pandang Penelitian Membuat mesin (komputer) dapat melakukan sesuatu sebaik yang dilakukan manusia Sudut pandang Bisnis Sekumpulan peralatan yang sangat powerfull dan metodologis untuk menyelesaikan masalah bisnis Sudut pandang Pemrograman Studi tentang pemrograman simbolik, problem solving dan searching (Kusumadewi, Sri) Tujuan Inteligensia Semu (lanjutan)

Hirarki Pengetahuan Noise atau Gangguan Data : Kualitatif Kuantitatif Informasi Pengetahuan Meta Pengetahuan

Pemakai vs Mesin I Pengambilan Keputusan Pemrosesan Pengetahuan Sistem Pemrosesan Data File-File Data Pemrosesan Informasi Manusia Mesin DATA

Pemakai vs Mesin II Pengambilan Keputusan Pemrosesan Pengetahuan Sistem Pemrosesan Informasi Basis Data Manusia Mesin Informasi

Pemakai vs Mesin III Pengambilan Keputusan Sistem Pemrosesan Pengetahuan Pengetahuan Basis Pengetahuan Manusia Mesin

Bidang Aplikasi Inteligensia Semu Ilmu Kognitif Robotik Natural Interface  Expert System  Learning System  Fuzzy Logic  Neural Networks  Genetic Algorithm  Inteligent Agents  Visual Perception  Tactility  Dexterity  Locomotion  Navigation  Natural Languages  Speech Recognition  Mutisensory Interfaces  Virtual Reality  Augmenting Reality ?

12 AI Advantages Over Natural Intelligence More permanent Ease of duplication and dissemination Less expensive Consistent and thorough Can be documented Can execute certain tasks much faster than a human can Can perform certain tasks better than many or even most people

13 AI Disadvantages Over Natural Intelligence ?

Soft Computing ? Hard Computing ?

Metode-metode Soft Computing Fuzzy Logic, mengakomodasi ketidaktepatan Neural Network Theory, menggunakan pembelajaran Probabilistic Reasoning, mengakomodasi ketidakpastian Evolutionary Computing, optimasi

Karakteristik Soft Computing Memerlukan keahlian manusia Model komputasi diilhami oleh proses biologis Merupakan teknik optimasi baru Menggunakan komputasi numeris Memiliki toleransi kegagalan (meskipun kualitasnya berangsur-angsur memburuk)

Perbandingan Fuzzy, JST dll PembelajaranEkstrasi Pengetahuan Operasi Real-Time Representasi Pengetahuan Optimasi Fuzzy/ Probablistik Reasoning TidakYa Simbolik/ numerik Tidak JSTYaTidakYaNumerikTidak Sistem Evolusioner YaTidak NumerikYa Sistem AI Konvensional TidakYaTidakSimbolik/ numerik Tidak

Sampai Jumpa di Pertemuan II Selamat Belajar