Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH SMA NEGERI 1 KALIS Selasa, 19 Juli 2016 CARA BELAJAR EFEKTIF DAN EFISIEN

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH SMA NEGERI 1 KALIS Selasa, 19 Juli 2016 CARA BELAJAR EFEKTIF DAN EFISIEN"— Transcript presentasi:

1 PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH SMA NEGERI 1 KALIS Selasa, 19 Juli 2016 CARA BELAJAR EFEKTIF DAN EFISIEN

2 Belajar Efektif dan Efisien

3 Pengertian Belajar Belajar merupakan kegiatan berproses dan merupakan unsur yang sangat penting bagi setiap jenjang pendidikan. Belajar adalah proses atau usaha yang dilakukan setiap orang dengan tujuan untuk memperoleh perubahan tingkah laku baik dalam bentuk pengetahuan, keterampilan maupun sikap.

4 Sedangkan menurut para ahli, pengertian belajar adalah “ proses mental yang mengarah pada penguasaan pengetahuan, kecakapan skill, kebiasaan atau sikap yang semuanya diperoleh, disimpan dan dilakukan sehingga menimbulkan tingkah laku yang progresif dan adaptif”.

5 Persiapan Belajar 1. Doa Sebelum mulai belajar, biasakan berdoa terlebih dahulu. Tujuannya supaya apa yang akan kita pelajari dapat lebih mudah masuk, dan mudah dicerna oleh otak.

6 2. Tingkatkan Minat dan Mood Belajar Sebelum belajar, lebih baik menyiapkan minat dan mood yang baik, tujuannya agar kita dapat merasakan nyaman selama belajar berlangsung dan agar lebih fokus terhadap apa yang kita pelajari.

7 3. Kondisi Jasmani Jika kondisi jasmani sedang tidak seperti biasanya atau sedang sakit, maka ia harus minum obat lebih dahulu sebelum mulai belajar. Kesehatan adalah mahkota yang sangat mahal harganya. Tujuannya agar dapat bersemangat, bergairah dan senantiasa siap untuk belajar dan bekerja.

8 4. Kondisi Rohani Selain kesehatan jasmani yang baik, kita juga harus memiliki ketenangan jiwa dan fikiran. Rasa benci, dendam, takut, kahwatir, cemas, irihati dan sejenisnya harus di buang jauh- jauh.

9 5. Tempat Untuk belajar sebaiknya memilih tempat yang memenuhi syarat-syarat kesehatan. Tempat itu harus bersih, udara yang selalu berganti, sinar matahari bisa masuk, ada penerangan yang cukup, tidak terlalu lemah dan menyilaukan.

10 6. Suasana Suasana belajar sangat berhubungan dengan tempat belajar. Kalau tempat baik maka suasana pun menjadi baik. Suasana belajar dapat diciptakan dan diperbaiki.

11 7. Waktu Kapankah seorang siswa harus belajar, pagi, sore siang atau malam? Sebaiknya kita belajar sewaktu kondisi dan suasana memungkinkan. Waktu belajar yang paling efektif adalah sebelum tidur, dan sesudah bangun tidur. Pelajaran lebih dapat dicerna dan dipahami.

12 8. Alat-alat Persiapkan alat-alat yang akan digunakan selama proses belajar berlangsung.

13 Strategi Belajar yang Efektif dan Efisien Buat suasana belajar yang nyaman Buat susana belajar senyaman mungkin. Berikut cara untuk membuat mood belajar muncul: belajar sambil mendengarkan musik, belajar ditempat yang menurut kalian nyaman.

14 Merangkum pokok pembelajaran Rangkum atau mengambil intisari dari pembelajaran tersebut. Dapat dilakukan dengan cara mencatat intisari tersebut. Selain dapat mengingat materi tersebut, kita juga dapat memahaminya.

15 Belajar bersama Suasana belajar berkelompok akan membuat otak menjadi rileks menerima materi yang akan diserap.

16 Belajar dengan praktik Belajar sambil praktik sangatlah efektif. Cara ini tidak akan menimbulkan rasa bosan. Belajar rutin tapi jangan lama Cara ini memudahkan kita agar dapat mengingat apa yang telah dipelajari. Waktu belajar yang efektif adalah saat pagi 45 menit, siang 25 menit, sore 50 menit, dan malam 1 jam.

17 Mengerti bukan menghafal Mengerti pembelajaran lebih jauh efektif daripada menghapalnya.

18 Gaya Belajar dan Prinsip Belajar Gaya belajar merupakan suatu kombiasi dari bagaimana ia menyerap, kemudian mengatur serta mengolah informasi. Gaya belajar bukan hanya berupa aspek ketika menghadapi informasi, melihat, mendengar, menulis dan berkata tetapi juga aspek pemrosesan informasi sekuensial, analitik, global, atau otak kiri otak kanan, aspek lain adalah ketika merespon sesuatu atas lingkungan belajar.

19 Berikut adalah macam-macam gaya belajar: Gaya Belajar Visual Gaya belajar visual merupakan gaya belajar dengan cara melihat. Karakteristik gaya belajar visual berhubungan dengan visualitas. Pertama, adalah kebuthan melihat sesuatu baik informasi maupun pelajaran secara visual, lalu memperhatikan segala sesuatu dan menjaga penampilan, dan yang terakhir adalah akan membuat kita lebih mudah mengingat jika dibantu gambar, serta lebih suka membaca dari pada dibacakan.

20 Ciri-ciri orang yang memiliki gaya belajar visual adalah kebutuhan yang tinggi untuk melihat dan menangkap informasi secara visual sebelum ia memahaminya.

21 Gaya Belajar Auditorial Gaya belajar auditorial merupakan gaya belajar dengan mendengarkan. Kita harus mendengar, baru kemudian kita bisa mengingat dan memahami informasi itu. Ada beberapa pendekatan yang bisa dilakukan untuk belajar bila kita termasuk orang yang memiliki kesulitan-kesulitan belajar. Pertama, menggunakan tape perekam sebagai alat bantu. Kedua, dengan wawancara atau terlibat didalam kelompok diskusi.

22 Ketiga, mencoba membaca informasi, kemudian diringkas dalam bentuk lisan dan direkam untuk kemudian didengarkan dan dipahami. Keempat, melakukan review secara verbal dengan teman atau pengajar.

23 Gaya Belajar Kinestetik Gaya belajar ini mengharuskan individu yang bersangkutan menyentuh sesuatu yang memberi informasi agar ia bisa mengingtnya. Ada beberapa karakteristik model belajar seperti ini yang tidak semua orang bisa melakukannya. Pertama, menempatkan tangan sebagai alat penerima informasi utama agar bisa terus mengingatnya

24 . Kedua, dicontohkan sebagai orang yang tidak tahan duduk manis berlama-lama mendengarkan penyampaian pembelajaran.

25 Prinsip belajar diantara lain sebagai berikut: Mempelajari apa yang siap untuk dipelajari. Mempelajari yang terbaik dari apa yang pernah kita lakukan. Belajar dari kesalahan yang telah diperbuat. Belajar lebih mudah terhadap sesuatu yang kita kenal. Menyukai adanya perbedaan sense dalam belajar.

26 Kita tidak dapat mempelajari sesuatu yang tidak dimengerti. Belajar melalui latihan. Belajar lebih baik ketika kita mengetahui kemajuan kita. Kita menanggapi dengan lebih baik ketika apa yang kita pelajari disajikan secara unik terhadap setiap orang

27 Modalitas Belajar dan Ciri-Cirinya Modalitas adalah cara termudah untuk mendapatkan informasi. Informasi dapat diserap dengan 3 cara: Visual, dengan melihat. Auditorial, mendengar. Kinestetik, bergerak, bekerja, ataupun menyentuh.

28 Ciri-ciri masing masing modalitas Modalitas Visual: Rapih dan teratur Berbicara dengan cepat Pengatur jangka panjang yang baik Teliti Mementingkan penampilan Pengeja yang baik Pembaca cepat dan tekun Mempunyai masalah untuk mengingat instruksi verbal

29 Tidak terganggu oleh keributan Lebih suka membaca daripada dibacakan Mencoret-coret tanpa arti selama berbicara ditelpon maupun rapat Lupa menyampaikan pesan kepada orang lain Sering menjawab pertanyaan dengan singkat Lebih suka melakukan demostrasi daripada berpidato Lebih suka seni lukis daripada seni musik

30 Modalitas Auditorial: Berbicara kepada diri sendiri Mudah terganggu oleh keributan Mengucpkan tulisan dibuku ketika membaca Senang membaca dengan keras Dapat mengulangi dan menirukan nada, birama dan warna suara Kesulitan menulis tetapi hebat dalam bercerita

31 Berbicara dengan irama berpola Pembicara yang fasih Lebih suka seni musik daripada seni lukis Suka berbicara, berdiskusi dan menjelaskan dengan panjang lebar Mempunyai masalah dengan pekerjaan yang melibatkan visualisasi Lebih pandai mengeja daripada menulis Lebih suka gurauan lisan daripada membaca komik

32 Modalitas Kinestik: Berbicara dengan perlahan Menanggapi penampilan fisik Menyentuh orang untuk mendapatkan perhatian mereka Berdiri dekat dengan orang yang sedang berbicara dengannya Banyak bergerak Menghafal dengan cara berjalan dan melihat Menggunakan jari ketika membaca Banyak menggunakan isyarat tubuh Tidak dapat duduk diam terlalu lama Belajar melalui praktik

33 Thank You


Download ppt "PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH SMA NEGERI 1 KALIS Selasa, 19 Juli 2016 CARA BELAJAR EFEKTIF DAN EFISIEN"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google