Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BAHASA INDONESIA “Penulisan Tanda Baca Koma dan Titik Koma” Poppy Nitiranda Faizah 1315011090 Jurusan Teknik Sipil Universitas Lampung 2013.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BAHASA INDONESIA “Penulisan Tanda Baca Koma dan Titik Koma” Poppy Nitiranda Faizah 1315011090 Jurusan Teknik Sipil Universitas Lampung 2013."— Transcript presentasi:

1 BAHASA INDONESIA “Penulisan Tanda Baca Koma dan Titik Koma” Poppy Nitiranda Faizah Jurusan Teknik Sipil Universitas Lampung 2013

2 Ada banyak sekali tanda baca, namun banyak dari kita masih bingung dalam penempatan maupun kegunaan dari beberapa tanda baca tersebut. Oleh karena itu, berikut akan dijelaskan bagaimana cara penulisan dan kegunaan dari beberapa tanda baca, yaitu koma dan titik koma.

3 Tanda Baca Koma

4 Tanda koma adalah tanda baca yang memiliki bentuk mirip apostrof atau tanda petik tunggal tapi diletakkan di garis dasar teks. Beberapa jenis huruf menggambarkannya sebagai suatu garis kecil yang agak melengkung atau kadang lurus, atau seperti angka sembilan yang diisi bagian lubangnya.

5 Tanda koma digunakan dalam banyak konteks dan bahasa, umumnya sebagai pemisah. Menurut Oxford English Dictionary, kata ini berasal dari bahasa Yunani: komma (κόμμα) yang berarti sesuatu yang dipotong atau klausa pendek.

6 Bagaimana tata cara penggunaan tanda koma ?

7 1.Tanda koma dipakai di antara unsur-unsur dalam suatu pemerincian atau pembilangan.

8 Contoh: Saya menjual baju, celana, dan topi. Contoh penggunaan yang salah: Saya membeli udang, kepiting dan ikan.

9 2. Tanda koma dipakai untuk memisahkan kalimat setara yang satu dari kalimat setara yang berikutnya, yang didahului oleh kata seperti, tetapi, dan melainkan.

10 Contoh: Saya ingin datang, tetapi hari hujan. Didi bukan anak saya, melainkan anak Pak Kasim.

11 3. Tanda koma dipakai untuk memisahkan anak kalimat dari induk kalimat apabila anak kalimat tersebut mendahului induk kalimatnya.

12 Contoh: Kalau hari hujan, saya tidak akan datang. Karena sibuk, ia lupa akan janjinya.

13 4. Tanda koma tidak dipakai untuk memisahkan anak kalimat dari induk kalimat apabila anak kalimat tersebut mengiringi induk kalimat.

14 Contoh: Saya tidak akan datang kalau hari hujan. Dia lupa akan janjinya karena sibuk.

15 5. Tanda koma dipakai di belakang kata atau ungkapan penghubung antara kalimat yang terdapat pada awal kalimat. Termasuk di dalamnya oleh karena itu, jadi, lagi pula, meskipun begitu, akan tetapi.

16 Contoh: Oleh karena itu, kamu harus datang. Jadi, soalnya tidak semudah itu.

17 6. Tanda koma dipakai di belakang kata-kata seperti o, ya, wah, aduh, kasihan, atau kata-kata yang digunakan sebagai sapaan, seperti Bu, Dik, atau Mas dari kata lain yang terdapat di dalam kalimat.

18 Contoh: O, begitu. Wah, bukan main. Hati-hati, ya, jalannya licin. Mas, kapan pulang? Mengapa kamu diam, Dik? Kue ini enak, Bu.

19 7. Tanda koma dipakai untuk memisahkan petikan langsung dari bagian lain dalam kalimat.

20 Contoh: Kata adik, "Saya sedih sekali". “Saya gembira sekali”, kata Ibu, “karena kamu lulus”.

21 8. Tanda koma dipakai di antara (i) nama dan alamat, (ii) bagian- bagian alamat, (iii) tempat dan tanggal, dan (iv) nama tempat dan wilayah atau negeri yang ditulis berurutan.

22 Contoh: Medan, 18 Juni 1984 Medan, Indonesia. Surat-surat ini harap dialamatkan kepada Dekan Fakultas Kedokteran, Universitas Indonesia, Jalan Raya Salemba 6, Jakarta.

23 9. Tanda koma dipakai untuk menceraikan bagian nama yang dibalik susunannya dalam daftar pustaka.

24 Contoh: Lanin, Ivan Cara Penggunaan Wikipedia. Jilid 5 dan 6. Jakarta: PT Wikipedia Indonesia. Alisjahbana, Sutan Takdir Tata Bahasa Baru Bahasa Indonesia. Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT Pustaka Rakjat.

25 10. Tanda koma dipakai di antara nama orang dan gelar akademik yang mengikutinya untuk membedakannya dari singkatan nama diri, keluarga, atau marga.

26 Contoh: Rinto Jiang, S.E. Ny Khadijah, M.A. Bambang Irawan, S.H. Siti Aminah, S.E., M.M. Catatan: Bandingkan Siti Khadijah, M.A. dengan Siti Khadijah M.A. (Siti Khadijah Mas Agung).

27 11. Tanda koma dipakai di muka angka desimal atau di antara rupiah dan sen yang dinyatakan dengan angka.

28 Contoh: 33,5 m Rp10,50 27,3 kg Rp750,00

29 12. Tanda koma dipakai untuk mengapit keterangan tambahan yang sifatnya tidak membatasi.

30 Contoh : Guru saya, Pak Ahmad, pandai sekali. Di daerah kami, masih banyak orang laki-laki yang makan sirih. Semua siswa, baik yang laki-laki maupun yang perempuan, mengikuti latihan paduan suara.

31 13. Tanda koma dipakai untuk menghindari salah baca di belakang keterangan yang terdapat pada awal kalimat.

32 Contoh: Dalam pembinaan dan pengembangan bahasa, kita memerlukan sikap yang bersungguh- sungguh. Atas bantuan Agus, saya mengucapkan terima kasih.

33 14. Tanda koma tidak dipakai untuk memisahkan petikan langsung dari bagian lain yang mengiringinya dalam kalimat jika petikan langsung itu berakhir dengan tanda tanya atau tanda seru.

34 Contoh: ”Jangan buka pintu itu!” perintahnya. "Di mana Saudara tinggal?" tanya Karim.

35 Tanda Baca Titik Koma

36 Tanda titik koma adalah tanda baca dengan beberapa penggunaan, terutama untuk jeda pada kalimat dan pemotongan pada suatu daftar. Dalam bahasa Inggris, semicolon, istilah bahasa Inggris untuk tanda titik koma, digunakan secara umum mulai tahun Ben Jonson adalah penulis berbahasa Inggris terkemuka pertama yang menggunakan tanda ini dengan sistematis.

37 Bagaimana tata cara penggunaan titik koma ?

38 1.Tanda titik koma dapat dipakai untuk memisahkan bagian-bagian kalimat yang sejenis dan setara di dalam kalimat majemuk setara.

39 Contoh: Malam makin larut; kami belum selesai juga. Bulan makin terang; si Budi belum juga pulang ke rumah. Hari sudah malam; anak-anak masih membaca buku-buku yang baru dibeli ayahnya.

40 2. Tanda titik koma dapat dipakai untuk memisahkan dua kalimat setara atau lebih apabila unsur- unsur setiap bagian itu dipisah oleh tanda baca dan kata hubung.

41 Contoh: Ibu memasak nasi di dapur; ayah memperbaiki televisi; adik bermain petak umpet. Agenda rapat ini meliputi pemilihan ketua, sekretaris, dan bendahara; penyusunan anggaran dasar, anggaran rumah tangga, dan program kerja; pendataan anggota, dokumentasi, dan aset organisasi.

42 3. Tanda titik koma digunakan untuk mengakhiri pernyataan perincian dalam kalimat yang berupa frasa atau kelompok kata. Dalam hubungan itu, sebelum perincian terakhir tidak perlu digunakan kata dan.

43 Contoh : Syarat-syarat penerimaan pegawai negeri sipil di lembaga ini: (1) berkewarganegaraan Indonesia; (2) berijazah sarjana S1 sekurang-kurangnya; (3) berbadan sehat; (4) bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

44 Daftar Pustaka Wikipedia “Tanda Koma”. 29 September Kamus EYD “Penggunaan Tanda KOMA (,) EYD”. 29 September Aditio “Fungsi dan Penggunaan Tanda Baca”. penggunaan-tanda-baca/. 29 September Wikipedia “Tanda Titik Koma”. 29 September Prayogi, Icuk “Antara Titik Dua dan Titik Koma”. titik-koma html. 29 September 2013.

45 Terima Kasih


Download ppt "BAHASA INDONESIA “Penulisan Tanda Baca Koma dan Titik Koma” Poppy Nitiranda Faizah 1315011090 Jurusan Teknik Sipil Universitas Lampung 2013."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google