Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pemrograman Terstruktur

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pemrograman Terstruktur"— Transcript presentasi:

1 Pemrograman Terstruktur
Oleh : Epri Yuldi, S.Kom

2 SAP Identitas Mata Kuliah Tujuan Pemrograman Terstruktur 3 SKS
150 Menit Teknik Informatika Semester IV Tujuan Mampu Memahami Tentang Pemrograman Terstruktur, Serta Mengenal Software Aplikasi yang digunakan dalam pemrograman Terstruktur.

3 Materi Pengantar Borland Delphi Mengenal Borland Delphi Memulai Delphi
Penggunaan Pascal pada Delphi Langkah Umum Pembuatan Program Menjalankan Program Menyimpan file Program Membuka file Program Komponen Delphi

4 Pemrograman Terstruktur
Aplikasi Yang dipakai Adalah Borland Delphi 7.0

5 Pengenalan Delphi Delphi merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi, sehingga sangat memudahkan user untuk bermain-main di tool pemrograman ini Struktur syntax delphi adalah Pascal, atau bisa disebut delphi adalah ‘kakaknya’ pascal.

6 Delphi merupakan salah satu piranti pengembangan aplikasi bebasis windows yang dikeluarkanm oleh Borlan International. Bahasa Pemrograman Delphi awalnya dari bahasa pemrograman Pascal setingkat Visual C, Visual Basic dan sejenisnya.

7 Delphi dikemas sedemikian sehingga pemberian perintah untuk membuat obyek dapat dilakukan secara visual. Pemrogram tinggal memilih obyek apa yang ingin dimasukkan ke dalam form, lalu tingkah laku obyek tersebut saat menerima event/aksi tringgal dibuat programnya.

8 MENJALANKAN DELPHI Menjalankan Delphi dapat dilakukan dengan prosedur:
1. Start , All Program , Borland Delphi 7, Delphi 7. 2. Menggunakan icon Delphi 7 pada desktop

9

10 Tampilan Borland Delphi
Program Delphi dikenal dengan nama IDE (Integrated development Environment), yaitu lingkungan pengembangan aplikasi yang terpadu.

11 Melalui IDE ini dibangun aplikasi-aplikasi dari merancang tampilan untuk pemakai (antarmuka pemakai), menuliskan kode sampai mencari penyebab kesalahan (debugging).

12 Catatan Untuk Delphinya error bagian DELPHI32.DRO masuk ke C->Program File- >BorlandDelphibinDelphi32.DRO Hapus File DELPHI32.DRO

13 Tampilan pertama Borland Delphi adalah Proyek Baru yang diberi nama Project1. Pada
pengoperasian berikutnya nama yang muncul adalah Project2 dan seterusnya.

14 Di dalam Project1 terdapat formulir yang bernama Form1
Di dalam Project1 terdapat formulir yang bernama Form1. Formulir yang pertama bernama Form1. Formulir berikutnya bernama Form2 dan seterusnya. Aplikasi- aplikasi dibangun pada Project1 ini. Nama Project1 maupun Form1 dapat diubah.

15

16 Keterangan No Nama Keterangan 1 Menu Bar
Berisi menu perintah yang dikelompokkan dalan perintah-perintah sejenis ( Misalnya File, Edit, dsb.) 2 Speed menu Disebut juga Tool Bar, yang dapat dipilih untuk mempercepat perintah tanpa melalui Menu Bar 3 Component Palette Kumpulan obyek yang siap digunakan. Disebut VCL (Visual Component Library) atau biasa disingkat Component 4 Object Inspentor Berisi properti dan event untuk dipilih a. Properties : Bagian kiri adalah nama properti, bagian kanan adalah nilai properti b. Event : Bagian kiri adalah nama event, bagian kanan adalah nilai event 5 Form Designer Tempat meletakkan komponen yang telah dipilih 6 Code Editor Tempat mengetikkan kode program

17 Tombol – Tombol Penting
Fungsi F2 Menampilkan object inspector F9 Menjalankan program F12 Menampilkan Form Designer atau Code Editror

18

19 Meletakkan Komponen pada Formulir
Komponen yang tersedia dapa dilihat pada ComponentsPallete. Ada beberapa komponen yang dapat dipilih, seperti pada gambar di bawah ini.

20 Jumlah komponen sangat banyak, misalnya :
Tombol (button dan BitBtn) Kotak edit (Edit) Kotak kombo (Comboox) Kota daftar (ListBox) Tombol radio (radioButton) Kotak cek (checkbox) Label

21 Untuk memilih komponen yang dikehendaki dapat dilakukan dengan 2 (dua) cara, yaitu:
1. Dobel klik komponen tersebut, maka akan muncul pada formulir..

22 2. Klik komponen tersebut, kemudian pada
formulir ditentukan tempat untuk meletakkan komponen, kemudian klik. Maka komponen akan muncul di tempat tersebut. Ukuran komponen dapat diubah dengan cara mengubah ukuran persegi panjang yang melingkupi komponen itu.

23 Properti Tiap-tiap formulir maupun komponen memiliki karakteristik tertentu, dapat dipilih oleh programmer. Properti dapat dipilih melalui Object Inspector, pada halaman Properties. Jika tidak muncul Object Inspector, Pilih menu View, kemudian Object Inspector atau tekan tombol F11.

24 Pada Object Inspector terdapat dua halaman (tab) yaitu Properties dan Event. Properties digunakan untuk mengganti property (kepemilikan) sebuah obyek/komponen. Event digunakan untuk membuat prosedur yang diaktifkan (trigerred) lewat sebuah event.

25

26 Mengubah Caption Form1 menjadi HELLO
Bila baru pertama tampil, pada bagian kiri layar Form1, yaitu kotak dialog Object Tree View, hanya muncul Form1. otomatis yang aktif hanyalah Form1. Bila sudah membuka form lain atau mengisi komponen, maka kita harus memilih form atau komponen mana yang akan diolah. Dalam hal ini Form1. Pada Object Inspector, pilih halaman Properties, pada Caption ganti Gorm1 dengan HELLO. Maka nama formulir berubah dari Form1 menjadi HELLO.

27 Untuk mengubah warna layar HELLO, pada Object Inspector, pilih halamam Properties, pada Color, pilih warna yang dikehendaki. Maka warna layar akan berubah sesuai pilihan.

28 Mengubah Name Form1 menjadi FrmHello
Beda antara Caption dan Name adalah, bahwa Caption mengubah tampilan pada layar, tetapi Name mengubah nama formulir menjadi nama yang dapat dipanggil untuk diakses. Nama ini sebaiknya disesuaikan dengan isi formulir, sehingga mudah diingat. Pada Kali ini diambil nama frmHello karena jenisnya adlah formulir dan captionnya adalah Hello. cara merubahnya dengan memilih halaman Properties pada Object Inspector, kemudian pada baris Name, ganti Form1 menjadi frmHello. Setelah nama diganti, maka pada Object Tree View, nama Form1 berubah menjadi frmHello.

29 Mengubah Warna Layar Formulir lewat Program
Layar formulir dapat diubah warnanya dengan meletakkan elemen Button pada formulir itu, kemudian diberikan action untuk mreubah warna. Misalnya akan diubah menjadi merah, maka langkah-langkahnya adalah: 1. Letakkan komponen Button pada layar. Komponen label terletak pada formulir. 2. Pada Properties, ganti isi Caption dengan &Merah. Maka pada tombol, tulisan Button1 merubah menjadi Merah. Isian Captoin bebas, tetapi karena akan merubah warna menjadi merah, maka diisi dengan &Merah. Tanda & di depan huruf M menyatakan bahwa huruf M diginakan sebagai short key, artinya tombol dapat diakses dengan menekan tombol Alt bersama dengan huruf M. Perhatikan tulisan pada tombol, huruf M diberi garis bawah.

30 Pada Event, klik ganda isian OnClick. Maka muncul layar Code Editor
Pada Event, klik ganda isian OnClick. Maka muncul layar Code Editor. Pada Code Editor, tulis statement sebagai berikut: FrmHello.Color := clRed; Statement itu dituliskan di antara baris yang bertuliskan begin dan end;, berfungsi untuk mengubah warna layar formulir FrmHello mejadi merah. Cl singkatan dari color. Jadi clRed berarti warna merah..

31 Warna layar akan berubah setelah program dijalankan
Warna layar akan berubah setelah program dijalankan. Setelah program selesai dijalankan dan kembali ke formulir editing , maka warna kembali ke warna asal. Untuk mengubah warna yang lain, caranya sama dengan cara di atas.

32 Meletakkan Tombol Exit
Tombol untuk keluar dari eksekusi program dapat dibuat dengan cara: Letakkan komponen Button pada layar. Komponen label terletak pada formulir. 2. Pada Properties, ganti isi Caption dengan E&xit. Maka pada tombol tuilisan Button1 berubah menjadi Exit dengan x diberi garis bawah. 3. Pada Properties, ganti isi Name dengan cmdExit. Cmd singkatan dari command,. Nama pengganti tidak harus cmdExit, tetapi untuk memudahkan mengingat nama itu cukup baik. 4. Pada Event, klik ganda isian OnClick. Maka muncul layar Code Editor. Pada Code Editor, tulis statement sebagai berikut:

33 ApplicationTerminate;
ApplicationTerminate berarti aplikasi diakhiri.

34 Menyimpan Proyek Pada menu File pilih Save Project As…., kemudian buat atau cari folder yang akan digunakan untuk menyimpan proyek. .Perhatikan bahwa extension file yang disimpan adalah PAS, sehingga file yang disimpan adalah Code Editor dalam bahasa Pascal. Pada folder itu, simpan unit dengan nama Hello Kotak dialog yang muncul kemudian adalah kotak dialog penyimpanan proyek

35 Perhatikan bahwa extension yang digunakan adalah dpr
Perhatikan bahwa extension yang digunakan adalah dpr. Simpan dengan nama Hello. Sesudah proyek disimpan, pada folder tersimpan 6 file dengan nama sama tetapi extension berbeda, yaitu: Hello.PAS : berkas induk dalam bahasa Pascal Hello.DFM : berkas formulir Hello.DOF : berkas opsi-opsi proyek ( pengaturan linker, compiler, direktori dsb.) Hello.DPR : berkas proyek Hello.CFG : berkas jonfigurasi proyek Hello.RES : berkas resource

36 Menjalankan Proyek Proyek atau program dapat dijalankan setalah proyek disimpan. Menjalankan program dapat dilakukan dengan 3 cara, yaitu: Melalui MenuBar. Klik Run, kemudian pilih perintah Run. Maka program akan dijalankan Melalui Speed Menu, Klik Tanda ( segitiga berwarna hijau) Menekan tombol F9.

37 Setelah proyek/program dijalankan, maka apabila kita menekan tombol Merah pada layar hasil eksekusi, maka layar berubah menjadi warna merah. Hal ini dapat juga dilakukan dengan menekan tombol Alt bersama dengan M. Apabila kita menekan tombol Exit atau Alt + x, eksekusi diakhiri dan kembali ke formulir editing.

38 Dalam menjalankan program sring-sering program sebelumnya belum ditutup, sehingga program tidak dapat dijalankan. Demi amannya, tutup dulu program yang lain dengan perintah Close All. Perintah ini ada pada menu File. Setelah perintah itu, muncul kotak dialog yang menanyakan apakah proyek itu akan disimpan? Jawabannya: Yes untuk menyimpan kembali proyek No tidak menyimpan proyek

39 Membuka Proyek Seperti program aplikaisi lainya, membuka proyek dengan perintah Open. Setelah muncul kotak dialog, cari folder tempat menyimpan proyek Setalah ketemu, klik nama proyek yang dikenhendaki. Maka proyek itu akan muncul di layar.

40 Tugas Buatlah proyek baru dengan ketentuan sbb.:
1. Menggunakan 3 (tiga) tombol untuk merubah warna tampilan, . 2. Menggunakan tombol untuk mengakhiri eksekusi dengan Caption: Keluar.


Download ppt "Pemrograman Terstruktur"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google