Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pengantar TI 2015/2016 PENGANTAR MULTIMEDIA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pengantar TI 2015/2016 PENGANTAR MULTIMEDIA."— Transcript presentasi:

1 Pengantar TI 2015/2016 PENGANTAR MULTIMEDIA

2 Scope Motivasi Definisi multimedia Perkembangan multimedia
Manfaat teknologi multimedia Peluangdalam industry multimedia

3 Motivasi Kemajuan teknologi informasi merupakan suatu perkembangan yang memberikan akses terhadap perubahan kehidupan masyarakat Akibat kemajuan media teknologi informasi, kehidupan masyarakat memasuki zone rekreatif (hiburan). Teknologi yang mampu menjawab berbagai kebutuhan tersebut adalah teknologi Multimedia

4 Mengapa multimedia? Menurut Riset Computer Technology Research (CTR)
Manusia mampu mengingat 20 % dari apa yang dia lihat Manusia mampu mengingat 30% dari yang dia dengar Manusia mampu mengingat 50% dari yang didengar dan dilihat Manusia mampu mengingat 70% dari yang dia lihat, didengar dan dilakukan

5 Pengaruh Media terhadap “Memory Recall’
90 80 70 Prosentase dari Fakta yang dapat diingat 60 50 40 30 20 10 Membaca Mendengar Melihat M’dengar dan melihat Saying and Treichler (1967) Doing

6 Definisi Multimedia MULTIMEDIA berasal dari dua kata MULTI dan MEDIA. MULTI dalam bahasa latin berarti banyak atau bermacam-macam, sedangkan MEDIUM berarti sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu. Kamus American Heritage Electronic Dictionary: MEDIUM : alat untuk mendistribusikan dan mempresentasikan informasi. Multimedia dapat diartikan sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk text, audio, grafik, animasi, dan video.

7 Definisi Multimedia Pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi) dgn menggabungkan link dan tool yg memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berinteraksi dan berkomunikasi. Output multimedia berbentuk citra digital -> gambar bergerak -> gambar tiga dimensi -> interaktif

8 History multimedia Komputer Multimedia adalah sebuah komputer yang dikonfigurasi sesuai dengan rekomendasi dan memiliki sebuah CD-ROM CD-ROM pada waktu itu dijadikan standard dikarenakan dahulu multimedia sebatas hanya kemampuan komputer untuk menampilkan video melalui sebuah CD-ROM saja

9 Jenis multimedia Multimedia, yang juga banyak dikenal dengan istilah many-media, secara sederhana dihubungkan dengan utilisasi (pendaya-gunaan) dari media atau kombinasi dari media-media yang tepat untuk topik tertentu dalam rangka untuk memaksimalkan kelancaran komunikasi. Pada perkembangannya Multimedia dibagi atas dua jenis yaitu Multimedia Linier Multimedia Interaktif.

10 Pengembangan bidang multimedia
Berikut ini beberapa bidang pengembangan Multimedia 1. Bidang Instructional Designer, meliputi: Software application, Role play template, Interactivity matter, Certification procedure, Learning Strategy 2. Bidang Art Designer, meliputi: Graphic Icon, Color Harmony, Software Aplication, Background & Layout, Role play template, Sound Recording, Animated Object 3. Bidang Software Engineer, meliputi: Development Process, Development Tools, Code Development, Software Testing, Software Maintenance

11 Dalam Proses pembuatan Multimedia atau Multimedia Production banyak melibatkan hal yang sama seperti pada proses pembuatan film diantaranya: Story board capturing Storyboard Making Graphics Production

12 Manfaat Multimedia Multimedia dapat digunakan dalam:
Bidang periklanan yang efektif dan interaktif Bidang pendidikan dalam penyampaian bahan pengajaran secara interaktif dan dapat mempermudah pembelajaran karena dididukung oleh berbagai aspek: suara, video, animasi, teks, dan grafik Bidang jaringan dan internet yang membantu dalam pembuatan website yang menarik, informatif, dan interaktif

13 Pengaruh Multimedia Multimedia merupakan media interaktif yang sangat ampuh mempengaruhi manusia. Dalam hal ini multimedia mampu: Mengubah tempat kerja. Dengan adanya teleworking, para pekerja dapat melakukan pekerjaanya tidak harus dari kantor. Contoh software yang mendukung teleworking/telecommuting: Netmeeting! Mengubah cara belanja. Homeshopping/teleshopping dapat dilakukan dengan menggunakan internet, kemudian barang datang dengan sendirinya. Mengubah cara bisnis. Nokia membuat bisnis telepon seluler, banyak perusahaan menggunakan sistem jual beli online, bank menggunakan cara online-banking.

14 Mengubah cara memperoleh informasi
Mengubah cara memperoleh informasi. Orang-orang mulai menggunakan internet dan berbagai software untuk mencari informasi. Misalnya: membaca koran online, detik.com, menggunakan software kesehatan, belajar gitar dari software dan masih banyak lagi. Mengubah cara belajar. Sekolah mulai menggunakan computer multimedia, belajar online, menggunakan e- book. Internet Multimedia juga mulai bersaing dengan televisi dan radio.

15 PERANGKAT LUNAK MULTIMEDIA
Perangkat lunak multimedia adalah komponen- komponen dalam data processing system, berupa program-program untuk mengontrol bekerjanya system multimedia. Perangkat lunak ini digologkan menjadi tiga bagian, yaitu bahasa pemrograman multimedia, perangkat lunak system multimedia dan perangkat lunak aplikasi multimedia.

16 Bahasa Pemrograman Multimedia
Bahasa pemrograman multimedia adalah bahasa computer yang digunakan programmer untuk membuat aplikasi multimedia. Contohnya Assembly, C, C++, Power Builder, Delphi, SQL, Visual Basic, Flash Programmer dan Java.

17 Perangkat Lunak Sistem (System Software)
Perangkat ini terdiri dari system operasi (operating system) misalnya DOS (Disc Operating System), Windows 95/98/ME, Windows XP, Windows Vista, UNIX, Linux dan Mac OS. Perangkat lunak lainnya adalah aplikasi utilitas (utility application) seperti aplikasi anti virus.

18 Perangkat Lunak Aplikasi Multimedia
Perangkat Pengolah Teks Perangkat Lunak pengolah Animasi dan Grafik 2D Aplikasi Pengolah grafik 2D dibagi menjadi : Grafik 2D Vektor misalnya corel draw, macromedia freehand, adobe illustrator, open draw dll Grafik 2D Raster, misalnya : Adobe Photoshop, Jast Paint shop pro, Gimp dll. Animasi, misalnya : Macromedia Flash, Adobe Image Ready dll. Perangkat Lunak pengolah Animasi dan Modelling Grafik 3D Contoh aplikasi animasi dan modeling 3D, misalnya : 3D studio maks, blender, maya, Softimage, Lighware dll. Perangkat Lunak Authoring Multimedia Perangkat Lunak Aplikasi Berbasis Web

19 SISTEM MULTIMEDIA Sebuah sistem multimedia adalah suatu sistem yang mendukung lebih dari satu media. Suatu sistem bisa disebut sebagai sistem multimedia jika terdapat: Kombinasi Media Independence 3. Computer-supported Integration

20 Beberapa alat yg digunakan dalam multimedia
Keyboard PC units Notebook CD Mikropon Speaker Monitor Scanner Printer Kamera digital Video cassete recorder Tape recorder Mouse dsb

21 Sistem multimedia

22 Pembagian sistem multimedia
Sistem Multimedia dapat dibagi menjadi: 1. Sistem Multimedia Stand Alone Sistem ini berarti merupakan sistem komputer multimedia yang memiliki minimal storage (harddisk, CD-ROM/DVD-ROM/CD-RW/DVD- RW), alat input (keyboard, mouse, scanner, mic), dan output (speaker, monitor, LCD Proyektor), VGA dan Soundcard. 2. Sistem Multimedia Berbasis Jaringan Sistem ini harus terhubung melalui jaringan yang mempunyai bandwidth yang besar.

23 Desain Sistem Multimedia
Dalam mendesain suatu sistem media, terdapat tiga hal pokok yang harus dipertimbangkan, yaitu: Media yang paling tepat untuk suatu task Lingkungan yang tepat untuk media tersebut Efek yang diharapkan dengan mengkombinasikan media-media tersebut.

24 Memilih media yang tepat dalam desain multimedia
Gunakan media audio jika: Informasi sederhana Informasi pendek Informasi hanya dibutuhkan saat itu Informasi berisi event dalam waktu Informasi yang dibawakan membutuhkan respon langsung Sistem visual dari manusia terlalu sibuk Lokasi terlalu gelap atau terlalu terang Manusia harus terus bergerak dalam melakukan tugasnya

25 Gunakan media visual jika:
Informasi kompleks Informasi panjang Informasi masih dibutuhkan beberapa saat kemudian Informasi berisi lokasi dalam ruang Informasi yang dibawakan tidak membutuhkan respon langsung Sistem audio dari manusia terlalu sibuk Lokasi terlalu bising Manusia bisa tetap diam pada suatu posisi tertentu dalam melakukan tugasnya.

26 berbagai Aplikasi dalam multimedia
Aplikasi multimedia dalam Bisnis meliputi: Presentasi , company profile Pemasaran (Telemarketing) Periklanan Demo produk Katalog dll Aplikasi Multimedia dalam Pendidikan meliputi Tutorial Simulasi dan pelatihan E-Learning dll

27 Multimedia Applications
Education Health Care Consumer Electronics Geographical IS Navigational Systems Business and Finance High Quality Communications Digital Libraries Entertainment Telecommuting Publishing Virtual Reality Commercial Electronics Cooperation Advertisement [Gray97]

28 Aplikasi Multimedia dalam Hiburan meliputi
Games; virtual game, virtual driving Film : animasi Olah raga dan hobi Video-on-demand (VOD) : Pengguna bebas mengakses data multimedia yang tersedia pada media server (dokumen berita, entertaintment, film, musik, dll) Aplikasi kepentingan publik atau institusi Militer Pariwisata Kesehatan seperti animasi penunjuk kesehatan dll

29 Alasan mengapa perlu aplikasi multimedia?
Keterangan Presentasi bisnis Multimedia digunakan sebagai media komunikasi yang efektif untuk menyajikan atau memasarkan produk/servis ataupun gagasan ke audien. Pelatihan berbasis computer(CBT/Computer Based Trianing) Multimedia digunakan untuk mempermudah pembelajaran tentang penguetahuan yang menuntut penyajian visual. Contoh,CBT digunakan untuk menunjukkan cara membersihkan dan menguji busi. Dengan cara seperti ini, tidak hanya tata cara membersihkan busi yang dapat di visualisasikan, tetapi bunyi percikan api ketika busi ditest juga diperdengarkan Pendidikan Multimedia digunakan dalam program-program permainan untuk membentuk suasana yang lebih menarik dan interaktif. Hiburan Multimedia digunakan memvisualisasikan pelajaran-pelajaran yang sulit diterangkan dengcara konvensional Penyajian Informasi Multimedia dapat Dipakai untuk membentuk enslikopedia atau kamus yang melibatkan teks, gambar, dan suara. Selain itu multimedia juga memungkinkan penerbitan elektronis baik dalam bentuk buku maupun Koran Kios interaktif Kios adalah tempat informasi yang biasa dijumpai pada tempat-tempat umum. Pemakai dapat berinterakasi dengan layar sentuh untuk mempermudah dalam mencari informasi Telekonferensi Multimedia digunakan untuk bertemu muka dan bercakap-cakap melalui kamera kecil yang dihubungkan  ke masing-masing komputer pemakai yang digunakan

30 Contoh aplikasi multimedia dalam kesehatan buatan microsoft

31 Contoh aplikasi dalam pembelajaran

32 Aplikasi multimedia dalam pembelajaran bahasa

33 Aplikasi multimedia dalam jaringan; www.youtube.com

34 Masa depan multimedia Untuk kedepannya implementasi teknologi multimedia tergantung pada teknologi seperti : Sistem perancangan grafis komputer Sistem operasi dan teknik implementasi Sistem Jaringan (network) Content Management Sytem HCI (Human Computer Interaction)

35 Berikut ini beberapa teknologi multimedia yang terus berkembang pesat:
Video Digital video Digitalization ASF (Advanced System Format) MPEG (Motion Picture Expert Group) DivX dsb

36 Contoh pengembangan kedepan dalam multimedia
A. Virtual reality/ Augmented Reality teknologi yang memungkinkan seseorang melakukan suatu simulasi terhadap suatu objek nyata dengan menggunakan komputer yang mampu membangkitkan suasana tiga dimensi sehinggga membuat pemakai seolah-olah terlibat secara fisik. Sistem seperti ini dapat digunakan untuk perancang obat, arsitek, dan bahkan orang awam untuk melakukan aktifitas-aktivitas yang meniru dunia nyata. Sebagai contoh, pilot dapat meggunakan sistem virtual reality untuk melakukan simulasi penerbangan sebelum melakukan penerbangan yang sesungguhnya.   Untuk mewujudkan suasana yang menyerupai dunia nyata, virtual reality menggunakan peralatan-peralatan yang dinamakan glove, headset, dan Walter.

37 Contoh Virtual reality/ AR

38 Cara kerja VR/AR S Cara kerja virtual reality /AR system pada prinsipnya adalah seperti berikut. Pemakai melihat suatu dunia semu, yang sebenarnya berupa gambar-gambar yang bersifat dinamis. Melalui perangkat headphone atau speaker, pemakai dapat mendengar suara yang realities. Melalui headset, glove, dan walker, semua gerakan pemakai dipantau oleh system dan system memberikan reaksi yang sesuai sehingga pemakai seolah merasakan sedang berada pada situasi yang nyata, baik secara fisik maupun psikologis. 

39 B. Video conference Video conferencing adalah alat komunikasi jarak jauh yang menampilkan suara dan gambar secara langsung artinya dengan waktu yang bersamaan melalui jaringan komputer. Sekarang ini video conference juga dapat diakses melalui handphone 3G. Semua peserta Video Conference harus mempunyai 3G ponsel dan dalam wilayah layanan 3G untuk dapat berpartisipasi dalam Video Conference. Tiap peserta yang ikut serta dalam video conference tersebut bertanggung jawab atas biaya video call mereka masing- masing.Oleh sebab itu aplkasi video call termasuk aplikasi yang cukup mahal dalam soal biaya koneksi.

40 Karir di bidang Multimedia
Bidang pemasaran Animasi Perekaman CD/DVD Desain isi multimedia Electronic publishing Desain game Desain presentasi dan simulasi Perencanaan konstruksi multimedia Produksi Video

41 Mengubah Media Menjadi Bit Digital
Digitisasi Media

42 Digital Multimedia All data is now numeric: Images, video and sound is digitized into numbers. Digital data can be processed in a computer into compressed formats. Data is stored on disk (rather than VHS tapes or audio cassette Data is transmitted digitally with additional information to help correct errors

43 Digital Advantages Digital data not affected by processing
Compression => more data /channel Processing costs: analog but digital Complexity costs: analog but digital

44 Kompresi Bit-Bit Media
Menghemat Bit Untuk Multimedia Kompresi Bit-Bit Media

45 Tujuan Kompresi Multimedia
Tujuan Utama Untuk menghemat penggunaan bit bagi representasi digital yang efektif dari sinyal multimedia Sinyal Multimedia Ucapan, audio/musik, citra, video, dll Aplikasi Komunikasi, Internet, Broadcasting, Storage

46 Apa itu Kompresi Suatu teknik pemampatan data sehingga diperoleh file (jumlah bit) dengan ukuran yang lebih kecil daripada ukuran aslinya. Kompresi bekerja dengan mencari pola-pola perulangan (redundansi) pada data dan menggantinya dengan sebuah penanda tertentu.

47 TANYA KENAPA? Jika sebuah lagu pada CD Audio ≈ 50 MB,
sementara lagu yang sama dengan format MP3 ≈ 5 MB TANYA KENAPA?

48 Multimedia Development
Input Output Process Capture from device Read from a file Receive over the network Apply effect filters and transforms Compress or decompress Convert between formats Present Save to a file Send across the network

49 Summary Teknologi multimedia adalah ‘the next- revolution’
Kuncinya adalah digitisasi media Kompresi harus dilakukan untuk efisiensi media penyimpanan maupun transmisi It is just a beginning …..

50 Maturnuwun


Download ppt "Pengantar TI 2015/2016 PENGANTAR MULTIMEDIA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google