Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

OLEH: SHANFARIZA NEVADA VIII-5/29. PENCEMARAN MINYAK BUMI 1.Pendahuluan 2.Dampak dari minyak bumi 3.Pemantauan 4.Penanggulangan 5.Epilog.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "OLEH: SHANFARIZA NEVADA VIII-5/29. PENCEMARAN MINYAK BUMI 1.Pendahuluan 2.Dampak dari minyak bumi 3.Pemantauan 4.Penanggulangan 5.Epilog."— Transcript presentasi:

1 OLEH: SHANFARIZA NEVADA VIII-5/29

2 PENCEMARAN MINYAK BUMI 1.Pendahuluan 2.Dampak dari minyak bumi 3.Pemantauan 4.Penanggulangan 5.Epilog

3 PENDAHULUAN  Minyak mentah (crude oil) atau minyak bumi (petroleum, berasal dari bahasa Yunani yaitu petros berarti batuan dan oleum berarti minyak)  Terbentuk dari sisa tanaman atau hewan jutaan tahun lampau sebagai akibat dari pemanasan internal Bumi.  Minyak Bumi tersebut merupakan senyawa kimia yang amat kompleks sebagai gabungan dari senyawa hidrokarbon ( dari unsur karbon dan hidrogen ) dan non hidrokarbon ( dari unsur oksigen, sulfur, nitrogen dan trace metal).

4 PENDAHULUAN  Jutaan tahun lampau sebelum manusia memiliki kemampuan memanfaatkan minyak bumi, pencemaran minyak di lautan sebetulnya telah terjadi.  Material mengandung minyak yang memasuki lautan berasal dari pembusukan tumbuhan dan hewan secara alami dan melalui presipitasi hidrokarbon dari atmosfer. Hanya saja sebagian besar pencemar akan di biodegradasi (diuraikan) oleh organisme secara alami (meskipun dalam jangka waktu lama) sehingga dampak buruk terhadap lingkungan menjadi sangat kecil.

5 PENDAHULUAN  Kini, tumpahan minyak diakibatkan oleh kegiatan penambangan lepas pantai, kebocoran dan kecelakaan kapal tanker, kebocoran saluran pipa minyak, dan lainnya, telah menimbulkan kerusakan yang hebat pada tingkat lokal baik bagi tumbuhan, hewan ataupun pada manusia (secara tidak langsung).

6 What’s you’re comment??

7

8 DAMPAK 1.Mengakibatkan kerusakan biologis 2.Rusaknya estetika pantai 3.Pertumbuhan bakteri laut akan terhambat 4.Penurunan populasi alga dan protozoa 5.Terjadinya kematian pada burung- burung laut

9 What’ you’re comment??

10 PEMANTAUAN 1.Pengamatan secara visual 2.Penginderaan jauh (remote sensing)

11 PEMANTAUAN 1.Pengamatan secara visual melalui pesawat merupakan teknik yang reliable, namun sering terjadi pada peristiwa tumpahan minyak yang besar dengan melibatkan banyak pengamat, laporan yang diberikan sangat bervariasi.

12 PEMANTAUAN 2.Penginderaan jarak jauh dilakukan dengan berbagai macam teknik seperti Side- looking Airborne Radar (SLAR) yang telah digunakan secara luas, teknik Micowave Radiometer, Infrared-ultraviolet Line Scanner dan LANDSAT Satellite System

13 What’s you’re comment??

14 PENANGGULANGAN 1.In-situ burning 2.Penyisihan secara mekanis 3.Bioremediasi 4.Penggunaan sorbent 5.Penggunaan bahan kimia dispersan 6.Hemat BBM dengan Eco Drive

15 PENANGGULANGAN 1.In-situ burning adalah pembakaran minyak pada permukaan air sehingga mampu mengatasi kesulitan pemompaan minyak dari permukaan laut. 2.Penyisihan secara mekanis melalui dua tahap yaitu melokalisir tumpahan dengan menggunakan booms dan melakukan pemindahan minyak ke dalam wadah dengan menggunakan peralatan mekanis yang disebut skimmer.

16 PENANGGULANGAN 3. Bioremediasi yaitu mempercepat proses yang terjadi secara alami, misalkan dengan menambahkan nutrien, sehingga terjadi konversi sejumlah komponen menjadi produk yang kurang berbahaya seperti CO2, air dan biomass. 4. Penggunaan sorbent yang bisa menyisihkan minyak melalui mekanisme adsorpsi (penempelan minyak pada permukaan sorbent) dan absorpsi (penyerapan minyak ke dalam sorbent). Sorbent ini berfungsi mengubah fasa minyak dari cair menjadi padat sehingga mudah dikumpulkan dan disisihkan.

17 PENANGGULANGAN 5.Penggunaan bahan kimia dispersan yaitu dengan memecah lapisan minyak menjadi tetesan kecil (droplet) sehingga mengurangi kemungkinan terperangkapnya hewan ke dalam tumpahan. 6.Eco Drive adalah cara mengemudi kendaraan bermotor yang dapat menghemat bahan bakar dan lebih ramah lingkungan.

18 What’s you’re comment??

19 EPILOG  Bagaimanapun juga luas wilayah laut Indonesia sebesar 2/3 dari seluruh wilayah nusantara, dan pantai sepanjang lebih dari km begitu berharga dan harus dijaga. Terlebih bila mengingat bahwa sekarang ini sebagian besar wilayah pantai tersebut telah mengalami kerusakan parah akibat ketidaktahuan, keteledoran, dan penggunaan yang menyalami rambu- rambu keamanan lingkungan.  Tampaknya perlu diberikan aturan yang tegas di dalam hal eksplorasi dan eksploitasi minyak serta penggunaan bahan bakar minyak pada sarana transportasi laut. Dan hukuman yang setimpal bila terjadi penyalahgunaan aturan yang ada.

20 MOHON MAAF BILA ADA KESALAHAN KATA DAN PERBUATAN


Download ppt "OLEH: SHANFARIZA NEVADA VIII-5/29. PENCEMARAN MINYAK BUMI 1.Pendahuluan 2.Dampak dari minyak bumi 3.Pemantauan 4.Penanggulangan 5.Epilog."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google