Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

(sumber gambar : Nama Kelompok : Emeir Abi Aufa Fadhil Aryananta Gustaf Sailendra.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "(sumber gambar : Nama Kelompok : Emeir Abi Aufa Fadhil Aryananta Gustaf Sailendra."— Transcript presentasi:

1 (sumber gambar : Nama Kelompok : Emeir Abi Aufa Fadhil Aryananta Gustaf Sailendra Ramot Tua Sinaga Rizky Banianom

2 Apa itu e-Government ? E-Government atau yang bisa disebut e-Gov merupakan bentuk elektronik dari pelayanan publik. Selain itu e-Gov bisa disebut juga interaksi digital antara pemerintah dan rakyat (sumber gambar :

3 Manfaat e-Government 1.Pelayanan servis yang lebih baik kepada masyarakat. Informasidapat disediakan 24 jam, 7 hari dalam seminggu, tanpa harus menunggu dibukanya kantor. Informasi dapat dicari dari kantor, rumah, tanpa harus secara fisik datang ke kantor pemerintahan. (sumber gambar :

4 Manfaat e-Government 2.Peningkatan hubungan antara pemeritah, pelaku bisnis, dan masyarakat umum. Adanya keterbukaan [transparansi ] maka diharapkan hubungan antara berbagai pihak menjadi lebih baik. Keterbukaan ini menghilangkan saling curiga dan kekesalan dari semua pihak. (sumber gambar :

5 Manfaat e-Government 3.Pemberdayaan masyarakat melalui informasi yang mudah diperoleh. Dengan adanya informasi yang mencukupi, masyarakat akan belajar untuk dapat menentukan pilihannya. Sebagai contoh, data-data tentang sekolah; jumlah kelas, daya tampung murid, passing grade, dan sebagainya, dapat ditampilkan secara online dan digunakan oleh orang tua untuk memilih sekolah yang pas untuk anaknya. (sumber gambar :

6 Kerugian e-Government 1. Kurangnya interaksi atau komunikasi antara admin (pemerintah) dengan masyarakat, karena e- government dibuat untuk saling berinteraksi antara pemerintah, masyarakat, dan pihak lain yang berkepentingan (sumber gambar :

7 Kerugian e-Government 2. Pelayanan yang diberikan situs pemerintah belum ditunjang oleh system manajemen dan proses kerja yang efektif karena kesiapan peraturan,prosedur dan keterbataasan SDM sangat membatasi penetrasi komputerisasi ke dalam system pemerintahan (sumber gambar :

8 Contoh e-Government OTOMASI PERKANTORAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN LAYANAN MASYARAKAT LAYANAN INFORMASI PUBLIK - -word processing -spread sheet -database -grafik presentasi -e-documment -mail-tracking -dll -SIM-keuangan -SIM-personel -SIM-perlengkapan -dll -e-KTP -e-SIM/STNK -e-Pajak -e-Pabean -e-paspor/visa -e-voting -e-procurement -e-pegawai -dll -Hukum -Tanda jasa -Pariwisata -website -dll

9 Contoh e-Government

10 Apa itu e-KTP ? Electronic-KTP (e-KTP) adalah Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang dibuat secara elektronik, dalam artian baik dari segi fisik maupun penggunaannya berfungsi secara komputerisasi. Program e-KTP diluncurkan oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia pada bulan Februari 2011 dimana pelaksanannya terbagi dalam dua tahap. (sumber gambar :

11 Apa itu e-KTP ? (lanjutan) Tahap pertama dimulai pada tahun 2011 dan berakhir pada 30 April 2012 yang mencakup 67 juta penduduk di 2348 kecamatan dan 197 kabupaten/kota. Sedangkan tahap kedua mencakup 105 juta penduduk yang tersebar di 300 kabupaten/kota lainnya di Indonesia. Secara keseluruhan, pada akhir 2012, ditargetkan setidaknya 172 juta penduduk sudah memiliki e-KTP. (sumber gambar :

12 Fungsi dan Format e-KTP Fungsi e-KTP : 1.Sebagai identitas jati diri 2.Berlaku nasional, sehingga tidak perlu lagi membuat KTP lokal untuk pengurusan izin, pembukaan rekening Bank, dan sebagainya 3.Mencegah KTP ganda dan pemalsuan KTP 4.Terciptanya keakuratan data penduduk untuk mendukung program pembangunan (sumber gambar :

13 Fungsi dan Format e-KTP(lanjutan) Format e-KTP : Struktur e-KTP terdiri dari sembilan layer yang akan meningkatkan pengamanan dari KTP konvensional. Chip ditanam di antara plastik putih dan transparan pada dua layer teratas. Chip ini memiliki antena didalamnya yang akan mengeluarkan gelombang jika digesek. Gelombang inilah yang akan dikenali oleh alat pendeteksi e-KTP sehingga dapat diketahui apakah KTP tersebut berada di tangan orang yang benar atau tidak. (sumber gambar :

14 Fungsi dan Format e-KTP(lanjutan) Untuk menciptakan e-KTP dengan sembilan layer, tahap pembuatannya cukup banyak, diantaranya: 1.Hole punching, yaitu melubangi kartu sebagai tempat meletakkan chip 2.Pick and pressure, yaitu menempatkan chip di kartu 3.Implanter, yaitu pemasangan antenna (pola melingkar berulang menyerupai spiral) 4.Printing,yaitu pencetakan kartu 5.Spot welding, yaitu pengepresan kartu dengan aliran listrik 6.Laminating, yaitu penutupan kartu dengan plastik pengaman

15 Prosedur Pengurusan e-KTP

16 (sumber gambar :

17 Keunggulan dan Kelemahan e-KTP Keunggulan E-KTP juga mempunyai keunggulan dibandingkan dengan KTP biasa/KTP nasional, keunggulan-keunggulan tersebut diantaranya: 1.Identitas jati diri tunggal 2.Tidak dapat dipalsukan 3.Tidak dapat digandakan 4.Dapat dipakai sebagai kartu suara dalam Pemilu atau Pilkada (E-voting)

18 Keunggulan dan Kelemahan e-KTP Kelemahan Dalam pelaksanaannya, penggunaan e-KTP terbukti masih memiliki kelemahan. Misalnya tidak tampilnya tanda tangan sipemilik di permukaan KTP. Ketika melakukan transaksi dengan lembaga perbankan, e- KTP tidak di akui karena tidak adanya tampilan tanda tangan. Ada beberapa kasus pemegang e-KTP tidak bisa bertransaksi dengan pihak bank karena tidak adanya tanda tangan. Tanda tangan yang tercetak dalam chip itu tidak bisa dibaca bank karena tak punya alat (card reader). Akhirnya pihak pemegang e-KTP terpaksa harus meminta rekomendasi dari Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil untuk meyakinkan bank.

19 (sumber gambar :


Download ppt "(sumber gambar : Nama Kelompok : Emeir Abi Aufa Fadhil Aryananta Gustaf Sailendra."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google