Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TURUNAN FUNGSI ALJABAR TURUNAN FUNGSI ALJABAR Aplikasi Turunan Fungsi Oleh : Agus Setiawan, S.Pd Media Pembelajaran Matematika SMA XI IPS.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TURUNAN FUNGSI ALJABAR TURUNAN FUNGSI ALJABAR Aplikasi Turunan Fungsi Oleh : Agus Setiawan, S.Pd Media Pembelajaran Matematika SMA XI IPS."— Transcript presentasi:

1 TURUNAN FUNGSI ALJABAR TURUNAN FUNGSI ALJABAR Aplikasi Turunan Fungsi Oleh : Agus Setiawan, S.Pd Media Pembelajaran Matematika SMA XI IPS

2 APLIKASI TURUNAN FUNGSI A. Karakteristik Masalah yang Berkaitan dengan Ekstrim Fungsi Penggunaan konsep turunan fungsi dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan nilai ekstrim (nilai maksimum dan minimum) sangatlah luas. Contoh permasalahan yang model matematikanya berkaitan dengan nilai ekstrim fungsi antara lain sebagai berikut. -Keuntungan maksimum yang diperoleh -Mengusahakan bahan baku sehemat-hematnya untuk menghasilkan jenis barang dengan volum tertentu -Biaya minimum yang diperlukan untuk memproduksi suatu barang Contoh masalah diatas memuat kata maksimum dan minimum atau kata lain yang searti dengan maksimum atau minimum merupakan indikator bahwa masalah tersebut adalah karakteristik masalah yang model matematikanya berkaitan dengan nilai ekstrim fungsi. Bagaimana cara memecahkannya?

3 APLIKASI TURUNAN FUNGSI B. Langkah-langkah Pemecahan Masalah Langkah-langkah yang dilakukan dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan nilai ekstrim fungsi adalah sebagai berikut. 1.Tetapkan besaran yang ada dalam masalah sebagai variabel (dilambangkan dengan huruf-huruf) 2.Merumuskan semua hubungan yang dapat diterjemahkan dari masalah tersebut yang merupakan model matematika dari masalah. 3.Menentukan penyelesaian optimum (maksimum atau minimum) dari model matematika yang diperoleh pada langkah 2 4.Menafsirkan hasil yang diperoleh pada langkah 3 dengan menyesuaikan dengan masalah semula.

4 Contoh Soal dan Penyelesaiannya 1.Tentukanla dua bilangan asli uang jumlahnya 16 agar hasil kali salah satu bilangan dengan kuadrat bilangan yang lainnya menjadi maksimum. 2.Suatu kotak tanpa tutup dengan alas berbentuk persegi akan dibuat dari selembar karton, jika volum yang diinginkan 8 dm 3. Tentukan ukuran kotak ini agar bahannya minimum.

5 Contoh Soal dan Penyelesaiannya Contoh Soal: Jumlah dua bilangan adalah 24. Agar hasil kali kedua bilangan itu maksimum, tentukan bilangan-bilangan itu dan tentukan pula hasil kalinya Jawab: Misal bilangan I = x dan bilangan II = y Maka, x + y = 24 y= 24 – x Hasil kali kedua bilangan tersebut H= x. y = x (24 – x) = 24x – x 2 Hasil kali kedua bilangan itu maksimum diperoleh pada saat H / = 0 H / = 24 – 2x  0 = 24 – 2x  2x= 24  x= 12 x = 12 y = 24 – x = 24 – 12 = 12 Jadi kedua bilangan itu adalah 12 dan 12, sehingga hasil kali maksimumnya H maksimum = = 144

6 Contoh Soal dan Penyelesaiannya Contoh Soal: Suatu kotak tanpa tutup dengan alas berbentuk persegi akan dibuat dari selembar karton, jika volum yang diinginkan 32 dm 3. Tentukan ukuran kotak ini agar bahannya minimum. Jawab: Misal : panjang alas kotak = x tinggi kotak = y Volum kotak = 32 Luas alas x t= 32 x 2 y = 32 y = Luas bahan = luas alas + luas dinding L= x 2 + 4xy = x 2 + 4x. = x 2 + = x x –1 L / = 2x – 128x –2

7 Contoh Soal dan Penyelesaiannya Agar luas bahan minimum maka L / = 0  2x – 128x –2 = 0  2x –  2x 3 – 128 = 0  2x 3 = 128  x 3 = 64  x = 4 x = 4 Jadi agar luas bahannya minimum maka ukuran kotak adalah Panjang alas kotak 4 dm Tinggi kotak 2 dm

8 Latihan Soal


Download ppt "TURUNAN FUNGSI ALJABAR TURUNAN FUNGSI ALJABAR Aplikasi Turunan Fungsi Oleh : Agus Setiawan, S.Pd Media Pembelajaran Matematika SMA XI IPS."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google