Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Merancang Model Matematika yang Berkaitan dengan Pertidaksamaan satu Variabel.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Merancang Model Matematika yang Berkaitan dengan Pertidaksamaan satu Variabel."— Transcript presentasi:

1

2 Merancang Model Matematika yang Berkaitan dengan Pertidaksamaan satu Variabel

3 Dalam Perhitungan matematika dalam kehidupan sehari-hari, suatu masalah kadang-kadang dapat diterjemahkan dalam model matematika yang berbentuk pertidaksamaan variabel

4 Pertidaksamaan satu variabel yang diperoleh dapat berbentuk: 1.Pertidaksamaan linear 2.Pertidaksamaan kuadrat 3.Pertidaksamaan irasional, atau 4.Pertidaksamaan nilai mutlak.

5 Jika dalam suatu masalah memuat kata-kat seperti: “kurang dari”, “tidak lebih dari”, “lebih dari”, atau “tidak kurang dari, maka merupakan indikasi bahwa masalah tersebut berkaitan dengan model matematika yang berkaitan dengan peridaksamaan satu variabel.

6 Selanjutnya masalah tersebut dipecahkan melalui langkah- langkah sebagai berikut: 1.Tentukan besaran dalam masalah yang drancang sebagai variabel pertidaksamaannya. 2.Rumuskan pertidaksamaan yang merupakan model matematika dari masalah. 3.Tentukan penyelesaian dari model matematika. 4.Berikan tafsiran terhadap hasil yang diperoleh.

7 CONTOH Jumlah dua bilangan tidak kurang dari 100 m dan bilangan kedua sama dengan tiga kali bilangan pertama. Tentukan batas-batas nilai dari kedua bilangan itu !

8 JAWAB  Misalkan bilangan pertama x maka bilangan kedua sama dengan 3x.  Berdasarkan ketentuan yang ada dalam soal, diperoleh model matematika: x + 3x ≥ 100  4x ≥ 100

9 Model matematika yang berbentuk pertidaksamaan linear satu variabel itu diselesaikan sebagai berikut: 4x ≥ 100  x ≥ 25 Jadi, batas-batas nlai bilangan pertama tidak kurang dari 25 dan batas-batas nilai bilangan kedua tidak kurang dari 75.


Download ppt "Merancang Model Matematika yang Berkaitan dengan Pertidaksamaan satu Variabel."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google