Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PEMANFAATAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN DR. DWIJANTO, M.S. 25/06/2014 6:371.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PEMANFAATAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN DR. DWIJANTO, M.S. 25/06/2014 6:371."— Transcript presentasi:

1 PEMANFAATAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN DR. DWIJANTO, M.S. 25/06/2014 6:371

2 MEDIA PEMBELAJARAN DAN PBM Suatu medium (jamak: media) adalah perantara/pengantar pesan dari pengirim ke penerima pesan. Pengertian Media 25/06/2014 6:372

3 Kerucut Pengalaman Dale dan Ide Brunner Simbol Verbal Simbol visual Tape recorder/radio Film statis Film gerak Televisi Pertunjukan Karyawisata Demonstrasi Pengalaman dramatik Pengalaman buatan Pengalaman langsung Simbilik ikonik enactive 25/06/2014 6:373

4 Kesalahan komunikasi dapat terjadi karena: 1.Guru sebagai komunikator kurang mampu dalam cara penyampaian pesan. 2.Adanya perbedaan daya tangkap para siswa sebagai komunikan. 3.Jumlah siswa yang besar. MEDIA PEMBELAJARAN 25/06/2014 6:374

5 Fungsi Media Pembelajaran •memperjelas pesan agar tidak terlalu verbalistis. •mengatasi keterbatasan ruang, waktu tenaga dan daya indra. •menimbulkan gairah belajar, interaksi lebih langsung antara murid dengan sumber belajar. •memungkinkan anak belajar mandiri sesuai dengan bakat dan kemampuan visual, auditori & kinestetiknya. •memberi rangsangan yang sama, mempersamakan pengalaman & menimbulkan persepsi yang sama. 25/06/2014 6:375

6 Kontribusi Media Pembelajaran 1.Penyampaian pesan pembelajaran dapat lebih terstandar 2.Pembelajaran dapat lebih menarik 3.Pembelajaran menjadi lebih interaktif dengan menerapkan teori belajar 4.Waktu pelaksanaan pembelajaran dapat diperpendek 5.Kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan 6.Proses pembelajaran dapat berlangsung kapanpun dan dimanapun diperlukan 7.Sikap positif siswa terhadap materi pembelajaran serta proses pembelajaran dapat ditingkatkan 8.Peran guru berubahan kearah yang positif 25/06/2014 6:376

7 DAFTAR KELOMPOK MEDIA INSTRUKSIONAL MENURUT A NDERSON, 1976 (D ULU ) 25/06/2014 6:37 7 KELOMPOK MEDIAMEDIA INSTRUKSIONAL 1. Audio  pita audio (rol atau kaset)  piringan audio  radio (rekaman siaran) 2. Cetak  buku teks terprogram  buku pegangan/manual  buku tugas 3. Audio – Cetak  buku latihan dilengkapi kaset  gambar/poster (dilengkapi audio) 4. Proyek Visual Diam  film bingkai (slide)  film rangkai (berisi pesan verbal) 5. Proyek Visual Diam dengan Audio  film bingkai (slide) suara  film rangkai suara 6. Visual Gerak  film bisu dengan judul (caption) 7. Visual Gerak dengan Audio  film suara  video/vcd/dvd 8. Benda  benda nyata  model tirual (mock up) 9. Komputer  media berbasis komputer; CAI (Computer Assisted Instructional) & CMI (Computer Managed Instructiona

8 J ENIS - JENIS MEDIA PEMBELAJARAN A. Media Pemelajaran berupa Alat Peraga  Bangun datar  Luas daerah ndatar  Volum bangun ruang. B. Media Pembelajaran berupa Media Display  Charta / Chart  Grafik  Poster. C. Media Pembelajaran berupa OHT (Overhead Transparency)  Single transparency  Overlay transparency. D. Media Pembelajaran berupa Komputer  Komputer sebagai alat bantu  Komputer untuk multi media. 25/06/2014 6:37 8

9 M EDIA GRAFIS 25/06/2014 6:37 9 Media Grafis adalah media yang ditulis atau digambar. Contoh: Charta, Poster, OHT, dll. Empat Prinsip Media Grafis 1.Simplicity (sederhana) 2.Unity (kesatuan) 3.Emphasis (penekanan) 4.Balance (keseimbangan).

10 25/06/2014 6:37 10 Empat Prinsip Media Grafis 1.Simplicity (sederhana) 2.Unity (kesatuan) 3.Emphasis (penekanan) 4.Balance (keseimbangan). 1.Simplicity (sederhana) • Isinya singkat • Mudah dibaca dan dimengerti • Hanya menggunakan kata-kata kunci • Memakai huruf biasa. 2.Unity (kesatuan) • Isinya mrpk satu pengertian yg utuh • Bagian-bagian tidak terpisah-pisah • Digunakan tanda: panah, garis atau warna.

11 25/06/2014 6: Emphasis (penekanan) • Bagian-bagian yang penting, ditampilkan berbeda dengan yang lain • Digunakan tanda-tanda: panah, garis tebal, warna yang mencolok, tulisan yang berbeda. 4.Balance (keseimbangan) • Formal. • Informal.

12 25/06/2014 6: Balance (keseimbangan) • Formal. • Informal.

13 25/06/2014 6: Balance (keseimbangan) • Formal. • Informal.

14 K LASIFIKASI & J ENIS M EDIA 25/06/2014 6:37 14 KLASIFIKASIJENIS MEDIA Media yang tidak diproyeksikan Realia, model, bahan grafis, display Media yang diproyeksikan OHT, Slide, Opaque Media audio Audio K aset, Audio V ission, aktive Audio Vission Media videoVideo Media berbasis komputer Computer Assisted I nstructional ( Pembelajaran Berbasis Komputer) Multimedia kitPerangkat praktikum

15 M EDIA YANG T IDAK D IPROYEKSIKAN Realita : Benda nyata yang digunakan sebagai bahan belajar Model : Benda tiga dimensi yang merupakan representasi dari benda sesungguhnya Grafis : Gambar atau visual yang penampilannya tidak diproyeksikan (Grafik, Chart, Poster, Kartun) Display : Medium yang penggunaannya dipasang di tempat tertentu sehingga dapat dilihat informasi dan pengetahuan di dalamnya. 25/06/2014 6:37 15

16 M EDIA V IDEO Kelebihan  Dapat menstimulir efek gerak  Dapat diberi suara maupun warna  Tidak memerlukan keahlian khusus dalam penyajiannya.  Tidak memerlukan ruangan gelap dalam penyajiannya Kekurangan  Memerlukan peralatan khusus dalam penyajiannya  Memerlukan tenaga listrik  Memerlukan keterampilan khusus dan kerja tim dalam pembuatannya 25/06/2014 6:37 16

17 M EDIA B ERBASISKAN K OMPUTER • Praktek dan latihan (drill & practice) • Tutorial • Permainan (games) • Simulasi (simulation) • Penemuan (discovery) • Pemecahan Masalah (Problem Solving) 25/06/2014 6:37 17

18 PERSOALAN YANG SEBAIKNYA MENJADI BAHAN PERTIMBANGAN PENGAJARAN BERBASIS KOMPUTER : Perangkat keras dan lunak yang mahal dan cepat ketinggalan jaman Teknologi yang sangat cepat berubah, sangat memungkinkan perangkat yang dibeli saat ini beberapa tahun kemudian akan ketinggalan zaman. Pembuatan program yang rumit serta dalam pengoperasian awal perlu pendamping guna menjelaskan penggunaannya. Hal ini bisa disiasati dengan pembuatan modul pendamping yang menjelaskan penggunaan dan pengoperasian program. 25/06/2014 6:37 18

19 P EMAKAIAN K OMPUTER DALAM K EGIATAN P EMBELAJARAN Untuk Tujuan Kognitif Komputer dapat mengajarkan konsep- konsep aturan, prinsip, langkah-langkah, proses, dan kalkulasi yang kompleks. Komputer juga dapat menjelaskan konsep tersebut dengan dengan sederhana dengan penggabungan visual dan audio yang dianimasikan. Sehingga cocok untuk kegiatan pembelajaran mandiri. 25/06/2014 6:37 19

20 P EMAKAIAN K OMPUTER DALAM K EGIATAN P EMBELAJARAN Untuk Tujuan Psikomotor Dengan bentuk pembelajaran yang dikemas dalam bentuk games & simulasi sangat bagus digunakan untuk menciptakan kondisi dunia kerja. Beberapa contoh program antara lain; simulasi pendaratan pesawat, simulasi perang dalam medan yang paling berat, simulasi sistem antrian dalam teori antrian dan sebagainya. 25/06/2014 6:37 20

21 P EMAKAIAN K OMPUTER DALAM K EGIATAN P EMBELAJARAN Untuk Tujuan Afektif Bila program didesain secara tepat dengan memberikan potongan clip suara atau video yang isinya menggugah perasaan, pembelajaran sikap/afektif pun dapat dilakukan mengunakan media komputer. 25/06/2014 6:37 21

22 Berikut Contoh Menjalankan program Derive untuk mencari turunan, integral suatu fungsi, grafik fungsi berdimensi dua maupun dimensi tiga. 25/06/2014 6:37 22

23 25/06/2014 6:37 23 Menu Derive

24 25/06/2014 6:37 24 Menuliskan fungsi pada Derive melalui: Author, Expression.

25 25/06/2014 6:37 25

26 25/06/2014 6:37 26

27 25/06/2014 6:37 27

28 25/06/2014 6:37 28 Menghitung/mencari turunan fungsi: misalnya turunan sin(x). Calculus, Differentiate

29 25/06/2014 6:37 29

30 25/06/2014 6:37 30

31 25/06/2014 6:37 31

32 25/06/2014 6:37 32

33 25/06/2014 6:37 33 Masuk lagi ke sin (x)

34 25/06/2014 6:37 34 Mencari Integral fungsi sinus: Sorot Sin(x), Pilih Calkulus, Integrate

35 25/06/2014 6:37 35

36 25/06/2014 6:37 36

37 25/06/2014 6:37 37

38 25/06/2014 6:37 38 Selanjutnya untuk membuat grafik, misalnya y = sin(x): Sorot sin(x), klik icon

39 25/06/2014 6:37 39

40 25/06/2014 6:37 40 Menulis fungsi:

41 25/06/2014 6:37 41 Selanjutnya bila dibuat grafiknya diperoleh seperti grafik berikut.

42 25/06/2014 6:37 42

43 25/06/2014 6:37 43 Selanjutnya grafik untuk tiga dimensi kita buat:

44 25/06/2014 6:37 44 Grafik

45 25/06/2014 6:37 45 Grafik Fungsi:


Download ppt "PEMANFAATAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN DR. DWIJANTO, M.S. 25/06/2014 6:371."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google